Sukses Jalankan Strategi Go-to-Market, Kinerja Keuangan Q1 2023 Indosat Gemilang Sukses Jalankan Strategi Go-to-Market, Kinerja Keuangan Q1 2023 Indosat Gemilang ~ Teknogav.com

Sukses Jalankan Strategi Go-to-Market, Kinerja Keuangan Q1 2023 Indosat Gemilang

Teknogav.com – Laporan kinerja keuangan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) pada kuartal pertama tahun 2023 menunjukkan hasil yang solid. Prestasi ini diraih berkat keberhasilan Indosat dalam menjalankan strategi Go-to-Market yang tepat. Keberhasilan Indosat ini terlihat baik dari sisi keuangan maupun operasional.

Pertumbuhan pendapatan total Indosat di kuartal pertama tahun 2023 naik 9,9% dari tahun sebelumnya menjadi Rp11.945 miliar. Pencapaian ini berkat kontribusi kinerja positif di semua lini bisnis Indosat. Peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi memicu pendapatan selular naik 9,4% dari tahun sebelumnya. Pendapatan Multimedia, Data Communication and Internet (MIDI) meningkat lebih tinggi, yaitu 11,2% dari tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut dipicu oleh pendapatan layanan TI dan Internet Tetap. Kenaikan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan Tetap juga meningkatkan pendapatan Telekomunikasi Tetap sebesar 24,4%.

Baca juga: Laporan Tahunan Huawei 2022 Ungkap Peningkatan Pengeluaran Litbang

Kinerja top-line Indosat tumbuh solid sehingga meningkatkan EBITDA 21,7% dari tahun sebelumnya menjadi Rp5.329,1 miliar. Margin EBITDA persentasenya bertambah 4,3 poin dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 44,6%. Laba Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk naik 621,6% dari tahun sebelumnya menjadi Rp929,1 miliar.

“Kami sangat senang dapat mengumumkan pencapaian laporan keuangan dan operasional Indosat untuk kuartal pertama tahun 2023. Eksekusi strategi Go-to-Market kami yang tepat menjadi pendorong utama pertumbuhan kami. Berbagai pencapaian positif di sepanjang kuartal ini, termasuk penyelesaian integrasi jaringan kami, akan mempercepat pertumbuhan transformasi digital Indonesia. Pencapaian ini hanya bisa terwujud melalui kolaborasi dengan para mitra strategis kami dan ini baru sebuah permulaan. Terima kasih kepada semua pelanggan dan pemegang saham kami atas dukungan dan kepercayaan yang tanpa henti kepada Indosat,” ucap Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca juga: Berhasil Rampungkan Integrasi Jaringan 100%, Indosat Siap Antisipasi Trafik Lebaran

Pada kuartal pertama tahun 2023, Basis pelanggan Indosat berhasil mencapai 98,5 juta pelangan. Angka tersebut meningkat 3,9 juta dibandingkan kuarta pertama tahun sebelumnya. Jumlah pengguna data 4G mencapai 73,4 pengguna atau meningkat 5,1 juta dibandingkan tahun sebelumnya. Pencapaian dari sisi operasional tersebut didukung oleh makin meningkatnya jumlah pelanggan berkualitas. Hal ini menyebabkan peningkatan Pendapatan Rata-rata Per Pengguna (Average Revenue Per User/ARPU) menjadi Rp32.900, dari Rp32.000 dari tahun sebelumnya.

Seiring perkembangan basis pelanggan berkualitas, trafik data pun meningkat menjadi 3.375,7 Petabyte pada kuartal 1 tahun 2023. Angka tersebut naik17,3% dibandingkan kuartal 1 tahun sebelumnya. Infrastruktur jaringan Indosat pun terus diperluas ke seluruh Indonesia menjadi 152 ribu BTS 4G atau meningkat 26,7% dari tahun sebelumnya. Peluasan ini dilakukaun untuk melayani trafik data yang terus meningkat. 

Penyerapan Capital Expenditure (CAPEX) pun meningkat menjadi Rp2.443,3 miliar pada kuartal pertama tahun 2023. Angka tersebut mengalami kenaikan 2,9% dibandingkan kuartal pertama tahun sebelumnya. Alokasi sekitar 91,4% CAPEX diperuntukkan memperkuat bisnis selular dan mendukung peningkatan permintaan layanan data. Sisanya dialokasikan untuk mengembangkan MIDI, infrastruktur dan TI.

Baca juga:  Trafik Data Indosat Naik 25% saat Malam Takbiran Lebaran 2023

Indosat telah berhasil mengintegrasikan jaringannya 100% menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN) pada Maret 2023. Integrasi dilakukan di lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia. Hasilnya, jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan tersedia bagi pelanggan Indosat. Kualitas layanan dalam ruangan pun lebih baik dengan tambahan 32% populasi. Kecepatan internet pun meningkat sampai dua kali lipat. Kecepatan unduh dan penurunan latensi jaringan pun meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan video streaming dan gaming sampai 20%.

“Kini kami dapat memaksimalkan kekuatan spektrum frekuensi kami dengan jaringan yang sudah terintegrasi 100%. Berbagai potensi masyarakat akan terus terbuka berkat makin luasnya jangkauan jaringan dan makin cepatnya pengalaman internet. Manfaat ini terutama dirasakan di Indonesia bagian timur. Kami di Indosat berkomitmen penuh memberikan pengalaman mengesankan kepada pelanggan dan menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia,” pungkas Vikram.

Share:

Artikel Terkini