Trafik Data Indosat Naik 25% saat Malam Takbiran Lebaran 2023 Trafik Data Indosat Naik 25% saat Malam Takbiran Lebaran 2023 ~ Teknogav.com

Trafik Data Indosat Naik 25% saat Malam Takbiran Lebaran 2023

Teknogav.com  - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) telah berhasil menyelesaikan integrasi jaringan 100% di 46 ribu sites di seluruh Indonesia, sampai tingkat kecamatan. Keberhasilan tersebut menghasilkan peningkatan kualitas jaringan dan jangkauan untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan, apalagi yang mudik ke kampung halaman. Pada malam takbiran, trafik data pelanggan mengalami peningkatan tertinggi, yaitu 25% dibandingkan lebiaran tahun sebelumnya.

Periode libur lebaran tahun 2023 ini telah diantisipasi Indosat dengan meningkatkan kapasitas, pengawasan intensif dan dukungan pelayanan pelanggan yang prima. Berbagai kegiatan peningkatan kualitas jaringan dilaksanakan secara terpusat dan di lapangan demi memastikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan.

Baca juga: Berhasil Rampungkan Integrasi Jaringan 100%, Indosat Siap Antisipasi Trafik Lebaran

Tim internal dan mitra di command center fisik di kantor pusat dan regional melakukan pengawasan intensif untuk menjaga kinerja jaringan. Upaya ini dilakukan demi mengantisipasi mobilitas dan kebutuhan pelanggan yang dinamis. Kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan dipantau terus menerus dan proaktif dengan peralatan dan dashboard khushus selama 24/7. Sebanyak 74% tiket pengaduan pelanggan berhasil ditangani kurang dari 24 jam setelah pelaporan. Indosat juga senantiasa menjaga kualitas layanan telekomunikasi dasar lain di level tertinggi, seperti telepon dan SMS.

Berdasarkan data statistik di masa libur lebaran tahun-tahun sebelumnya, antisipasi arus mudik dilakukan Indosat di berbagai kota di Pulau Jawa. Kota-kota tersebut mencakup Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang, Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, dan Tuban. Peningkatan trafik data juga terjadi di beberapa kota lain di luar Pulau Jawa. Kota-kota tersebut adalah Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit, dan Pare-pare. 

Baca juga: Huawei Dukung XL Axiata Tingkatkan Jaringan Demi Lancarkan Trafik Telekomunikasi  

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari kolaborasi yang baik dengan para mitra kami dalam memberikan marvelous experience kepada seluruh pelanggan Indosat. Tingginya kenaikan trafik data membuktikan bahwa pelanggan menikmati jaringan terintegrasi Indosat yang memberikan jangkauan lebih luas, kualitas layanan indoor yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat,” ucap Agus Sulistio, SVP - Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison.

Penggunaan berbagai aplikasi di smartphone mengalami peningkatan selama periode libur lebaran tahun 2023. Berikut ini urutan peningkatan penggunaan tertinggi dibandingkan periode lebaran tahun lalu:

  • Peningkatan penggunaan aplikasi media sosial sebesar 45%
  • Peningkatan penggunaan aplikasi messaging dan video call sebesar 28%
  • Peningkatan penggunaan mobile gaming sebesar 14%
  • Peningkatan penggunaan aplikasi streaming video dan musik sebesar 10%

Baca juga: Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 68,53% Saat Liburan Lebaran 

Kegiatan yang paling banyak dilakukan pelanggan Indosat saat periode lebaran adalah TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook. Berbagai game pun banyak dimainkan pelanggan, seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG. Jika dibandingkan hari biasa tahun ini, maka terjadi peningkatan trafik data pelanggan Indosat sebesar 15% di masa libur lebaran. 

Peningkatan juga terjadi pada pengguna aktif aplikasi self-service bima+ dan myIM3 selama bulan Ramadan tahun ini. Aplikasi tak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar telekomunikasi, tetapi juga untuk mengikuti berbagai program dan promosi menarik di aplikasi. Penggunaan aplikasi tersebut menunjukkan tren kenaikan yang sama di bulan Ramadan dibandingkan hari biasa. Ini pertanda makin luasnya tren pemanfaatan kanal layanan digital oleh pelanggan Indosat.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan, menyesuaikan kebutuhan dan gaya hidup mereka dengan jaringan Indosat yang 100% terintegrasi. Hal ini sejalan dengan visi Indosat untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia,” pungkas Agus.

Share:

Artikel Terkini