Leica Pegasus TRK Dukung Digitalisasi Aset Perkotaan dengan Pemetaan 3D Leica Pegasus TRK Dukung Digitalisasi Aset Perkotaan dengan Pemetaan 3D ~ Teknogav.com

Leica Pegasus TRK Dukung Digitalisasi Aset Perkotaan dengan Pemetaan 3D

Teknogav.com – Dalam mengelola aset perkotaan, kendala yang kerap dihadapi adalah pemanfaatan lahan yang tak tepat. Kendala-kendala tersebut termasuk pembangunan fasilitas publik dan kurang baiknya pengelolaan aset data geografis suatu daerah. Leica Pegasus TRK merupakan pemindai laser 3D tekini dari Leica Geosystems yang bisa mengatasi hal tersebut. Solusi ini dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan sensor Light Detection and Ranging (LiDAR).

Pengumpulan data kondisi dan bangunan di perkotaan secara 3D dapat dilakukan secara real-time menggunakan Leica Pegasus TRK ini. Data-data tersebut termasuk informasi jalan, bangunan, jembatan, taman dan infrastruktur kota lain. Proses pengumpulan data dan perencanaan pembangunan bisa dilakukan para pakar pemetaan perkotaan dengan cepat dan akurat menggunakan Leica Pegasus TRK. Berbagai manfaat dapat diperoleh dengan pengelolaan aset yang baik, termasuk untuk penanggulangan pascabencana, perencanaan pembangunan dan pemanfaatan lahan yang tepat.

Baca juga: Laser Scanner 3D Paracosm PX-80, Praktis Pindai Area dengan Mudah



PT Datascrip yang merupakan distributor resmi produk-produk Leica Geosystems di Indonesia pun menghadirkan Leica Pegasus TRK di Indonesia. Solusi pemetaan 3D ini dapat mendukung digitalisasi aset pemetaan. Leica Pegasus TRK dapat mengumpulkan data pemetaan 3D secara cepat dan akurat menggunakan mobil. Kecepatan pengumpulan data Leica Pegasus TRK sampai 130 km/jam sehingga dapat memperecpat penyelesaian proyek pemetaan dengan efisien. 

Leica Pegasus TRK 700

Solusi ini cocok untuk proyek pemetaan besar seperti jalan raya, jembatan, dan bendungan. Teknologi LiDAR pada perangkat ini dapat menghasilkan gambar 3D yang sangat detail dari lingkungan sekitar kendaraan. Data yang dikumpulkan LiDAR dapat diproses menggunakan perangkat lunak yang dapat terhubung secara real-time dengan perangkat tablet dalam mobil.

Sistem navigasi GPS pada Leica Pegasus TRK memungkinkan mengetahui posisi kendaraan dengan sangat akurat. Kemampuan tersebut cocok untuk pemetaan area yang sangat luas. Sistem pencatatan data inersia pada solusi ini dapat memberikan informasi percepatan, kecepatan  dan posisi mobil dengan sangat akurat.

Leica Pegasus TRK 500

Baca juga: FARO Focus Premium, Laser Scanner 3D User Friendly Berbasis Cloud

"Kehadiran Leica Pegasus TRK, melengkapi produk yang telah ada sebelumnya yaitu Leica BLK360 dan Leica DSX. Kami berharap dapat membantu para ahli di bidang pemetaan perkotaan untuk mencapai tujuan mereka dengan lebih efektif dan efisien. Ketiga solusi ini telah dilengkapi dengan teknologi AI terbaru yang dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan pemetaan perkotaan. Solusi-solusi tersebut juga membantu proses digitalisasi aset pemetaan perkotaan dengan lebih cepat dan akurat," ucap Danang Kurniawarman, Marketing Manager PT Datascrip.

PT Datascrip menghadirkan varian Leica Pegasus TRK 500 Neo dan Leica Pegasus TRX 700 Neo du Indonesia. Perbedaan kedua tipe tersebut terletak pada kecepatan pengambilan data. Kecepatan TRK  700 dalam mengambil data sampai 500 Hz, sedangkan kecepatan TRK 500 adalah 250 Hz

Leica BLK360 dan Leica DSX

Sebelumnya, Datascrip telah menghadirkan Leica BLK360 dan Leica DSX. Leica BLK360 merupakan pemindai laser portabel dengan desain ringkas dan ringan. Solusi tersebut dapat memindai struktur bangunan atau ruang dalam model 3D dengan cepat dan akurat, hanya dalam 20 detik. Hasil tangkapan gambar yang detail dan jelas disajikan oleh 4 kamera beresolusi 13 MP dan 5 bracket HDR. Situasi lingkungan dapat dipahami secara detail, sehingga insinyur sipil dan kontraktor bisa lebih tepat menentukan strategi pembangunan.

Leica BLK360

Baca juga: Leica BLK360, Pemindai Laser 3D dengan Akurasi dan Kecepatan Tinggi 

Solusi pemetaan bawah tanah pun dapat diatasi dengan produk Leica, yaitu Leica DSX yang merupakan Ground Penetrating Radar (GPR). Solusi ini bisa dipakai mengumpulkan informasi di bawah tanah seperti jaringan kabel, jalur pipa dan infrastruktur bawah tanah lain. Teknologi pada Leica DSX memudahkan kontraktor mengumpulkan data yang akurat tanpa harus menggali tanah secara manual. PT Datascrip sebagai distributor resmi Leica juga menyediakan layanan purnajual yang mencakup pelatihan penggunaan alat. 

Leica DSX
Share:

Artikel Terkini