Program AWS Lift Dukung Transformasi Digital UKM dengan Hemat Program AWS Lift Dukung Transformasi Digital UKM dengan Hemat ~ Teknogav.com

Program AWS Lift Dukung Transformasi Digital UKM dengan Hemat

Teknogav.com – Amazon Web Services (AWS) resmi meluncurkan program AWS Lift di Indonesia. Program ini dapat diikuti pelanggan baru dan lama untuk mendapatkan paket perdana Kredit AWS selama 12 bulan. AWS menyediakan sampai USD83.500 atau sekitar Rp1,2 miliar kredit AWS bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Kredit tersebut dapat digunakan untuk mengakses 200 layanan dengan fitur yang lengkap di AWS. Penawaran ini dapat dimanfaatkan UKM untuk mulai melakukan transformasi digital bisnisnya.

Serangkaian manfaat program AWS Lift disampaikan oleh Anthony Amni, Head of Small and Medium Businesses (SMB), Indonesia, Amazon Web Services.  Setiap peserta program bisa memperoleh Kredit AWS senilai USD750 atau sekitar Rp11,1 juta dalam akun mereka. Kredit AWS tersebut diberikan untuk satu dolar pertama yang ditagihkan layanan AWS yang digunakan. Setiap peningkatan penggunaan layanan terdapat imbalan berupa kredit AWS yang dapat mengimbangi tagihan. Batas kredit AWS tersebut sampai dengan USD83.500 atau setara Rp1,2 miliar selama 12 bulan. Penawaran ini tentunya membuat UKM tak perlu lagi mengkhawatirkan masalah biaya.

Baca juga: Pemanfaatan Cloud Optimalkan Kontribusi Startup dalam Mendukung UMKM

Anthony Amni, Head of Small and Medium Businesses (SMB), Indonesia, Amazon Web Services


AWS Lift membantu untuk menghemat biaya dengan tagihan minimum hanya USD1. Skema dbiaya tersebut ditawarkan tanpa ikatan yang mewajibkan berlangganan selama periode tertentu atau biaya tersembunyi. Progam AWS Lift juga menawarkan pendekatan berbasis komitmen bagi UKM untuk mulai menggunakan layanan AWS dengan skema pembayaran sesuai penggunaan. Model pembayaran pay-as-you-go yang ditawarkan AWS ini dilakukan demi mengembangkan pilar-pilar operasional dan mentransformasi proses untuk mendukung pertumbuhan pendapatan baru.

“Dalam lingkungan makroekonomi saat ini, para pelaku UKM ingin mengadaptasikan model bisnis mereka, dan di sinilah teknologi dapat nembantu. AWS memberdayakan UKM dengan kemampuan untuk menjadi lebih inovatif dan tangguh sambil mempercepat transformasi di tengah berbagai ketidakpastian dan perubahan. Program seperti AWS Lift, membuktikan komitmen kami untuk berinvestasi dan memberdayakan UKM dengan berbagai ukuran dan dari berbagai sektor industri di Indonesia dalam rangka digitalisasi bisnis agar mereka dapat mengungkap potensi ekonomi sejati mereka,“ ucap Anthony Amni.

Baca juga: Berca Paparkan Keandalan Cloud untuk Pengembangan Bisnis Berbagai Sektor Industri

AWS telah membantu mengubah bisnis UKM di Indonesia dari berbagai industri menjadi digital dengan memanfaatkan layanan cloud AWS. Berikut ini adalah beberapa pelanggan dari industri yang berbeda:

  • Lira Medika yang bergerak di sektor layanan kesehatan
  • Paragon Technology and Innovation di sektor retail
  • Jawa Pos, Harapan Rakyat, dan Promedia di sektor media dan hiburan
  • Waizly di sektor logistik

Kuatnya minat bisnis di Indonesia terhadap cloud diungkapkan dalam laporan IDC 2H21 Cloud Services Country Report – Southeast Asia. Berdasarkan laporan tersebut, pertumbuhan adopsi cloud akan mencapai 24,1% per tahun secara manjemuk selama tahun 2021-2026.

Komunitas APN Berperan dalam Mendukung Transformasi Digital UKM

AWS Partner Network (APN) adalah komunitas global dengan anggota lebih dari 100.000 mitra AWS di lebih dari 150 negara. Tujuan komunitas tersebut adalah membantu pelanggan AWS di seluruh dunia dalam melakukan transformasi digital di cloud. Hampir 70% dari para mitra tersebut berkantor pusat di luar wilayah Amerika Serikat.  Berikut ini adalah beberapa mitra AWS dan pelanggan yang berhasil  memigrasikan operasional on-premise ke cloud AWS:

  • PT Central Data Technology (CDT) telah membantu UKM Vivere yang merupakan perusahan solusi perabotan rumah tangga. Belanja infrastruktur UKM Vivere berhasil dikurangi sampai 25% dengan migrasi dari on-premise ke Cloud AWS. CDT merupakan salah satu penyedia solusi Teknologi Informasi (TI) yang merupakan mitra AWS tingkat Advanced. Perusahaan tersebut bahkan telah berhasil menyabet penghargaan AWS Partner of the Year 2022 Award di Indonesia.
  • PT Innovation Cloud Services (ICS) yagn membantu majalah berita mingguan online, Tempo.co untuk memigrasikan operasional on-premise ke Cloud AWS. Migrasi ini berhasil mempertahankan waktu aktif sebesar 99,99% sehingga memastikan pembaca tetap dapat memperoleh informasi. Platform tersebut pun tetap dapat menyajikan informasi dengan lancar walau ada berita besar dan terjadi lonjakan situs sampai 400%.

“CDT sangat senang melihat peluncuran program AWS Lift di Indonesia. Kami melihat peluang luar biasa bagi pelanggan kami melalui inisiatif ini. Kami berharap dapat mendukung para pelanggan dalam perjalanan Cloud mereka untuk mempercepat adopsi teknologi melalui AWS Lift. Program bebas komitmen ini akan membantu mereka mengoptimalkan pengeluaran cloud mereka. Kami sangat senang dengan nilai tambah yang diberikan kepada komunitas UKM di Indonesia," ucap Immanuel Andreas S, Manajer Cloud di CDT.

AWS berkomitmen mendukung dunia bisnis di Indonesia

Sejak tahun 2018, AWS beroperasi melalui kantor perwakilannya di Jakarta. AWS memiliki komitmen jangka panjang mendukung transformasi digital dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Berdasarkan proyeksi Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia di tahun 2023 sekitar 4,5% sampai 5,3%. Angka ini terus meningkat menjadi sekitar 4,7% sampai 5,5% di tahun 2024. Pertumbuhan ekonomi tersebut didukung oleh konsumsi swasta, investasi dan kinerja ekspor yang positif di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Komitmen AWS dibuktikan melalui investasi untuk infrastruktur lokal dan dukungan bagi UKM lokal. Upaya ini dilakukan karena UKM merupakan tulang punggun perekonomian Indonesia. Total ada 64,5 juta UKM di Indonesia yang membuka peluang bagi 119,5 juta angkatan kerja.

Baca juga: AWS Asia Pacific (Jakarta) Region Dukung Pemberdayaan Developer Lokal

Salah satu wujud investasi yang dilakukan AWS adalah peresmian AWS Asia Pasific (Jakarta) Region pada tahun 2021. Secara langsung dan tak langsung, Region Jakarta tersebut akan menciptakan 24.700 kesempatan kerja. Perkiraan nilai rencana investasi AWS adalah sebesar USD5 miliar atau sekitar Rp71 triliun untuk ekonomi lokal. Proyeksinya, Region (Jakarta) akan berkontribusi sebesar USD10,9 miliar atau sekitar Rp155 triliun pada Produk Domestik Bruto (PDB) dalam 15 tahun.

AWS Lift dilandasi komitmen AWS bagi Indonesia dan merupakan salah satu dari banyak program AWS yang membantu pertumbuhan dunia bisnis. Dukungan AWS bagi UKM mencakup memberikan kredit, dukungan teknis, dan pelatihan untuk membantu perusahaan rintisan. Sejak tahun 2020, Amazon telah menyediakan kredit AWS senilai lebih dari USD2 miliar untuk mendukung percepatan dan pertumbuhan bisnis startup. Beberapa layanan yang telah memanfaatkan AWS Activate adalah perusahaan jasa pengiriman Paxel dan penyedia platform marketplace Ula. Manfaat AWS Activate telah dirasakan ratusan ribu perusahaan di seluruh dunia.

Penggunaan Solusi AWS oleh Vmedis dan Arya Noble

Salah satu contoh keberhasilan AWS mendukung transformasi digital adalah penggunaan-penggunaan solusi AWS oleh Vmedis. Solusi-solusi AWS digunakan Vmedis untuk menyediakan perangkat lunak apotek dan klinik. Aplikasi manajemen Vmedis telah berhasil membantu ribuan apotek dan klinik untuk mengelola stok obat dan keuangannya.  Berikut ini adalah beberapa manfaat solusi AWS yang telah dirasakan Vmedis:

  • Kemudahan membangun beberapa arsitektur microservice di AWS, sehingga Vmedis bisa mendapatkan server dengan spesifikasi tinggi dengan biaya rendah
  • Layanan DynamoDB yang membantu memberikan laporan mengenai data mereka secara otomatis dengan biaya sangat rendah
  • AWS Cloudwatch untuk mmembantu memantau sistem Vmedis dan memberikan peringatan mengenai berbagai hal baru yang dibutuhkan untuk menjaga sistem berjalan baik
  • Amazon EventBridge Rules yang memungkinkan Vmedis mengintegrasikan Klikdokter, BPJS dan pihak-pihak lain secara otomatis. Solusi ini sangat mudah diterapkan dan dipelihara.

Ahmad Siddiq, Chief Executive Officer Vmedis


Ahmad Siddiq, Chief Executive Officer Vmedis mengungkapkan bahwa solusi-solusi AWS memungkinkan Vmedis lebih cepat diluncurkan dengan sedikit sumber daya. Selain itu, berkat pengunaan solusi-solusi AWS, Vmedis dapat bekerja lebih efisien dan mulus, keamanan yang kuat dan hemat biaya.
Hal senada juga disampaikan Yonathan Moniaga, Chief Information Officer, Arya Noble. Arya Noble merupakan perusahaan  Investasi strategis yang bergerak dalam bidang dermatologi, farmasi, layanan kesehatan dan kuliner di Indonesia.  

Yonathan Moniaga, Chief Information Officer, Arya Noble

Saat ini, Arya Noble memiliki 4 usaha yang telah dikenal luas, salah satunya adalah Erha Clinic. Pengadopsian cloud AWS memungkinkan Arya Noble untuk menghemat biaya perusahaan dan mendorong pertumbuhan bisnis. Hal ini dilakukan melalui pendekatan manajemen data yang lebih cerdas. Setelah mengadopsi cloud AWS, Arya Noble bisa lebih melakukan inovasi bisnis, menyesuaikan skalabilitas dengan mudah dan lebih gesit.

Share:

Artikel Terkini