Lonjakan Trafik Ramadan dan Lebaran Berhasil Dilayani Smartfren Lonjakan Trafik Ramadan dan Lebaran Berhasil Dilayani Smartfren ~ Teknogav.com

Lonjakan Trafik Ramadan dan Lebaran Berhasil Dilayani Smartfren

Teknogav.com – Selama Ramadan dan lebaran tahun 2023 seperti biasa terjadi lonjakan trafik. Smartfren berhasil memberikan layanan yang memadai pada lonjakan trafik Ramadan dan lebaran tersebut. Akses layanan data di momen perayaan tersebut terlihat meningkat dari tahun ke tahun.

Jika dibandingkan hari biasa, akses layanan data Smartfren meningkat 10% pada momen Ramadan dan lebaran tahun 2022. Peningkatan akses data pun makin tinggi pada tahun 2023, yaitu mencapai 14% di atas hari biasa.  Jika dibandingkan lebaran tahun 2022, maka terjadi peningkatan akses sebesar 14% pada tahun 2023.

Baca juga: Smartfren Tetap Lancar Layani Lonjakan Trafik Ramadan dan Lebaran 2022

Jawa Tengah mengalami trafik data paling tinggi, yaitu 23%. Daerah berikutnya adalah Jawa Timur dan Jawa Barat yang peningkatannya masing-masing 13% dan 10%. Peningkatan trafik ini dipicu kebutuhan digital masyarakat, yang mencakup aplikasi untuk memanggil layanan transportasi, e-commerce, pembayaran dan komunikasi real-time.

“Momen Ramadan, Idul Fitri dan mudik tahun ini Smartfren melihat peningkatakan akses internet yang lebih tinggi. Pemicunya selain karena sudah tidak adanya aturan PPKM juga karena perubahan perilaku dan pola penggunaan internet di masyarakat. Saat ini makin banyak kebutuhan dan kegiatan sehari-hari yang mengandalkan koneksi internet. Tentu saja Smartfren terus melakukan peningkatan kapasitas jaringan dan optimisasi jaringan. Upaya ini dilakukan agar pelanggan dapat menikmati kualitas terbaik dari jaringan internet Smartfren kapan pun dan di mana pun berada,” ucap Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren.

Baca juga: Antisipasi Mudik Lebaran, Smartfren Tingkatkan Kualitas Jaringan dan Coverage

Smartfren mencatat peningkatan akses yang signifikan di sejumlah aplikasi digital selama momen Ramadan, lebaran dan mudik dibandingkan dengan hari biasa. Beberapa aplikasi yang mengalami peningkatan tersebut adalah sebagai berikut:

  • TikTok 28%
  • YouTube 9%
  • WhatsApp 6%

Peningkatan juga terjadi pada media sosial seperti Facebook dan Instagram, serta game esports seperti Mobile Legends, Free Fire dan sejenisnya. Kisaran peningkatan trafik pada aplikasi-aplikasi tersebut berada di kisaran 2%- 5%.

Baca juga:  Trafik Data Indosat Naik 25% saat Malam Takbiran Lebaran 2023

“Smartfren juga telah menerapkan teknologi-teknologi terbaru yang menigkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah implementasi content delivery network di sejumlah titik, sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman akses internet pelanggan dan memperkecil latensi. Teknologi ini akan memberikan pengalaman positif saat bertanding online menggunakan jaringan Smartfren,” ucap Agus Rohmat.

Sejumlah inisiatif juga telah dilakukan Smartfren untuk meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi. Salah satu inisiatif ini adalah dengan pemasangan serat optik untuk menyongsong era 5G. Teknologi ini penting untuk diterapkan demi meningkatkan kapasitas layanan telekomunikasi yang trafik datanya tinggi. Peningkatan jangkauan pun senantiasa dilakukan, termasuk dengan menambah BTS dengan total 4.000 BTS di seluruh wilayah operasional Smartfren.

Share:

Artikel Terkini