Ancaman Siber terhadap Bisnis di Asia Tenggara Menurun pada 2022 Ancaman Siber terhadap Bisnis di Asia Tenggara Menurun pada 2022 ~ Teknogav.com

Ancaman Siber terhadap Bisnis di Asia Tenggara Menurun pada 2022

Teknogav.com – Solusi bisnis Kaspersky berhasil menangkal 49.042.965 ancaman siber lokal yang mengincar perusahaan di Asia Tenggara selama tahun 2022. Secara total, angka ancaman siber lokal tersebut mengalami penurunan dari total  69.405.052  pada tahun 2021 di Asia Tenggara. Penurunan tersebut juga terjadi pada masing-masing negara di Asia Tenggara. Negara yang paling banyak mengalami serangan pada tahun 2022 adalah Indonesia, yaitu 19.614.418 insiden. Kemudian diikuti Vietnam sebanyak 17.834.312 dan Thailand sebanyak 5.838.460.

Jumlah ancaman lokal terhadap perusahaan di Asia Tenggara memang terlihat mengalami penurunan stabil dari tahun ke tahun. Namun, jumlah ini masih lebih tinggi dibanding ancaman online yang dipantau dan diblokir Kaspersky tahun lalu.

Baca juga: Serangan Siber ke Perusahaan-perusahaan di Asia Tenggara Meningkat 45%

“Puncak pandemi pada tahun 2020 memperlihatkan 92 juta infeksi lokal yang dicegah oleh Kaspersky. Kemudian angka tersebut menurun tahun 2021 dengan 69 juta insiden dan kembali turun tahun lalu dengan 49 juta insiden. Jumlah tersebut hampir setengah dari jumlah total tahun 2020. Terlepas dari tren penurunan, bisnis atau perusahaan tetap harus waspada karena USB yang dipersenjatai dan drive yang dapat dilepas masih dapat menjadi sumber malware efektif yang dapat membahayakan jaringan, server, bahkan perangkat keras Anda,” ucap Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky.

Baca juga:  Solusi Berbasis Intelijen Jadi Tips Kaspersky Tangkal APT dan Ransomware

Solusi antivirus harus dapat menangani objek yang terinfeksi, firewall, fungsi anti-rookit dan pengendalian atas perangkat yang bisa dipindahkan. Kemampuan-kemampuan tersebut dibutuhkan untuk melindungi terhadap serangan offline. Jika flash disk atau perangkat USB lainnya bisa menginfeksi sistem, maka sebaiknya bisnis memiliki konsep pertahanan komprehensif. Pertahanan ini harus bisa melengkapi, menginformasikan dan memandu tim IT dalam melawan serangan dunia maya tercanggih dan yang ditargetkan. 

Baca juga: Solusi Enterprise Kaspersky Siap Lindungi Berbagai Skala Bisnis

Salah satu contoh pertahanan yang dapat digunakan adalah platform Kaspersky Extended Detection and Response (XDR). Tersedia juga dua tahun perlindungan titik akhir tingkat perusahaan. Jadi pelanggan hanya perlu membayar satu layanan saja untuk bisa mendapatkan keduanya. Pilihan solusi yang tersedia mencakup Kaspersky Endpoint Security for Business atau Cloud atau Kaspersky Endpoint Detection and Response Optimum. Seluruh solusi tersebut didukung layanan pelanggan melalui telepon 24x7. Jika tertarik, maka dapat menghubungi alamat email sea.sales@kaspersky.com.

Share:

Artikel Terkini