Indosat dan Mastercard Berkolaborasi Tingkatkan Pengalaman Solusi Pembayaran Digital Indosat dan Mastercard Berkolaborasi Tingkatkan Pengalaman Solusi Pembayaran Digital ~ Teknogav.com

Indosat dan Mastercard Berkolaborasi Tingkatkan Pengalaman Solusi Pembayaran Digital


Teknogav.com
– Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dan Mastercard menjalin kemitraan strategis untuk menghadirkan solusi dan produk unttuk mempercepat inklusi keuangan digital. Kolaborasi dilakukan demi meningkatkan pengalaman digital secara signifikan dalam lanskap pembayaran sehingga mendukung konsumen dan pelaku usaha dalam ekonomi digital. Kemitraan kedua perusahaan ini dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani di Jakarta, Rabu 24 Mei 2023.

MoU ditandatangani Ritesh Singh, Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison dan Navin Jain, President Director, PT Mastercard Indonesia. Penandatanganan disaksikan Vikram Sinha, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison; M. Buldansyah, Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison; Ari Sarker, President, Asia Pacific, Mastercard; dan Safdar Khan, Division President, Southeast Asia, Mastercard.

Baca juga: Tingkatkan Inklusi Keuangan, Ayoconnect dan Mastercard Berkolaborasi Bangun Solusi Inovatif

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison

 “Kolaborasi strategis ini sejalan dengan tujuan kami yang lebih besar untuk menghubungkan dan memberdayakan Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa. Peningkatan kecakapan digital dan perluasan inklusi keuangan, terutama di daerah pedesaan, merupakan kunci membuka dan memaksimalkan potensi setiap orang Indonesia. Upaya bersama Mastercard dengan semangat gotong royong memungkinkan kami menciptakan solusi keuangan tanpa batas demi mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” ucap Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Indonesia merupakan negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Nilai ekonomi digital di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Diperkirakan nilai tersebut akan meningkat dua kali lipat menjadi USD130 miliar pada tahun 2025. Nilai tersebut pun diperkirakan akan meningkat menjadi USD220 miliar sampai USD360 miliar pada tahun 2030. Pertumbuhan tersebut seiring dengan perubahan demografi dan perilaku konsumen yang drastis dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: DANA dan Mastercard Tawarkan Voucher Bayar Tagihan di Aplikasi DANA 

Adopsi metode pembayaran digital yang menawarkan kenyamanan, fleksiblitas dan keamanan lebih baik terus meningkat seiring peningkatan penggunaan smartphone. Fenomena ini mempercepat transisi dari penggunaan uang tunai ke penggunaan dompet digital, super app dan pembayaran digital. Hal ini berlaku baik antar individu atau person-to-person (P2P), maupun dari individu ke pedagang atau person-to-merchant (P2M). Tren digitalisasi yang sesuai gaya hidup konsumen ini juga makin diadopsi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Mereka mencari solusi yang nyaman dan mudah digunakan, serta pilihan pembayaran digital yang terus berkembang.

Ari Sarker, President, Asia Pacific, Mastercard

“Digitalisasi menjadi pilar utama dalam perjalanan menuju ekonomi yang benar-benar inklusif. Ekonomi digital menjanjikan peluang yang lebih luas bagi banyak orang, tetapi untuk meraih potensi tersebut, diperlukan kolaborasi yang erat. Mastercard sangat antusias dapat berkolaborasi dengan Indosat, mitra yang memiliki komitmen sama dengan Mastercard. Kolaborasi ini bertujuan mendukung masyarakat Indonesia menuju masa depan digital, membawa lebih banyak lagi individu dan UKM ke dalam ekosistem digital, dan membantu memajukan pertumbuhan inklusif bagi perekonomian Indonesia. Kemitraan ini juga menegaskan komitmen Mastercard untuk membawa satu miliar orang dan 50 juta usaha mikro dan kecil ke dalam ekonomi digital secara global pada tahun 2025,” ucap Ari Sarker, President, Asia Pacific, Mastercard.

Peningkatan keamanan dan pengalaman yang personal bagi konsumen merupakan tuntutan pada transaksi nontunai. Kolaborasi Indosat dan Mastercard dirancang untuk meningkatkan standar keamanan dan membangun kepercayaan lebih tinggi bagi semua pengguna ekosistem digital. Upaya ini dilakukan untuk menciptakan ekonomi digital yang lebih aman dan lebih inklusif, serta dapat diikuti dan dimanfaatkan semua orang. 

Kedua organisasi berkomitmen untuk bekerja sama dalam memperkenalkan produk dan solusi terukur yang memadukan kemampuan keselamatan dan keamanan siber. Langkah ini demi menyajikan pengalaman digital yang aman dan lancar sesuai gaya hidup, cara bekerja, dan bertransaksi di era digital. Kemitraan juga bertujuan mendukung UKM dengan menyediakan alat dan sumber daya terkini agar dapat bersaing di dunia digital-first pascapandemi.

Baca juga: Ayoconnect dan Mastercard Berkolaborasi Luncurkan Solusi Virtual Cards

Indosat bersama Mastercard akan mengeksplorasi solusi bagi konsumen yang fokus pada penggunaan pembayaran digital dengan kartu dan pembayaran berbasis akun. Selain itu, akses ke kredit seperti Buy Now Pay Later (BNPL) dan keamanan metode pembayaran.juga akan ditingkatkan. Kedua perusahaan akan meningkatkan keterlibatan dan penghargaan bagi pelanggan.

Di lingkup bisnis, kolaborasi tersebut akan memperkenalkan solusi yang makin memicu adopsi pembayaran digital dan membantu mengelola kehadiran secara digital. Selain itu, akses ke kredit pun ditingkatkan, serta menawarkan solusi produktivitas bisnis lainnya. Solusi-solusi tersebut mencakup akutansi dan pengelolaan pengeluaran.

Kolaborasi kedua organisasi akan diprioritaskan dari segi keamanan. Hal ini pun didukung kehadiran ratusan juta pelanggan yang mengetahui banyaknya layanan dan memiliki pilihan yang menekankan pada keamanan. Pelaku UMKM pun dapat menjalankan bisnisnya dengan baik sehingga bisa berkembang. Nantinya pun akan ada lebih banyak mitra-mitra lain yang akan dilibatkan dalam kolaborasi. Sasaran dari kolaborasi ini adalah untuk membuka banyak peluang bagi UMKM, Indosat pun akan senantiasa untuk membantu mereka berkembang.

Share:

Artikel Terkini