Tingkatkan Inklusi Keuangan, Ayoconnect dan Mastercard Berkolaborasi Bangun Solusi Inovatif Tingkatkan Inklusi Keuangan, Ayoconnect dan Mastercard Berkolaborasi Bangun Solusi Inovatif ~ Teknogav.com

Tingkatkan Inklusi Keuangan, Ayoconnect dan Mastercard Berkolaborasi Bangun Solusi Inovatif

Teknogav.com – Platform Open Finance API Ayoconnect menjalin kemitraan  strategis dengan Mastercard untuk memodernisasi pembayaran berbasis rekening bank. Kolaborasi tersebut juga bertujuan untuk menciptakan solusi open finance di Indonesia secara bersama-sama. Solusi baru yang dikembangkan kedua perusahaan akan menyajikan pengalaman pembayaran yang mulus, sederhana dan aman saat checkout dari merchant. Pembayaran pun akan didebet langsung dari rekening bank pilihan konsumen.

“Kunci untuk mempercepat ekosistem pembayaran Indonesia adalah kolaborasi antara semua sektor, industri, dan pemangku kepentingan. Open banking yang terdapat di dalam ekosistem open finance menciptakan peluang bagi para pelaku bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka. Mendapatkan kepercayaan dari Mastercard adalah wujud komitmen kami dalam membangun lapisan infrastruktur yang memungkinkan interoperabilitas ekosistem open finance untuk memberikan pengalaman pembayaran digital yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih aman. Selain itu, kolaborasi penting dalam ekosistem API seperti ini dapat mendorong inovasi dan mekanisme berbagi data yang sesuai peraturan yang berlaku. Ke depannya, API Ayoconnect akan terus memberdayakan pertumbuhan bisnis di Indonesia,” ucap Jakob Rost, CEO & Founder Ayoconnect.

Baca juga: Ayoconnect Jalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri dan ICON+

Jakob Rost, CEO & Founder Ayoconnec

Kolaborasi antara Ayoconnect dan Mastercard akan memungkinkan pengelolaan pembayaran tagihan yang lebih efisien. Para penyedia yang mengeluarkan tagihan pun dapat menerima pembayaran tepat waktu karena dapat menghilangkan berbagai kendala pembayaran yang dapat terjadi. Beberapa kendala yang dapat dikurangi mencakup kegagalan checkout, penagihan tepat waktu dengan metode pembayaran yang lebih baik. Solusi yang dikembangkan Ayoconnect dan Mastercard juga melindungi pelanggan dan dapat menyelesaikan masalah lebih baik tak seperti pembayaran antar rekening.

Konektivitas Ayoconnect ke API open banking dari bank-bank di Indonesia akan dimanfaatkan pada kemitraan kedua perusahaan tersebut. Sementara itu, Mastercard akan memberikan kapabilitas keamanan yang mencakup tokenisasi, kecerdasan siber, dan teknologi anti-penipuan.  Hal tersebut tentunya akan menyajikan pengalaman lebih efisien dengan keamanan transaksi yang lebih baik. Peluncuran dan penerapan solusi baru kedua perusahaan tersebut akan dilakukan pada tahun 2023 di merchant tertentu.

Baca juga: Product Tech Connect by Ayoconnect Bahas Prediksi Ekosistem Fintech 2023

Berdasarkan data theasianbanker.com, 51% populasi di Indonesia belum tersentuh layanan perbankan. Mereka dapat mengakses berbagai produk keuangan dengan open banking yang mendorong terciptanya solusi alternatif dan inovatif untuk mempermudah akses konsumen. Jejak finansial digital pun dapat diakses penuh nasabah, dan data keuangan tersebut dipergunakan untuk memahami kondisi finansial mereka secara keseluruhan. Kondisi tersebut mencakup tabungan, deposito, perilaku belanja dan pembayaran bulanan layaknya membayar langsung dari rekening bank masing-masing.

Navin Jain, President Director, PT Mastercard Indonesia

“Kebutuhan konsumen di era digital saat ini berkembang dengan cepat, dan mereka menginginkan pengalaman yang lebih baik. Open banking menempatkan bisnis dan konsumen sebagai pusat di mana dan bagaimana data keuangan mereka digunakan, serta akses lebih lanjut ke layanan yang mereka inginkan dan butuhkan. Kemitraan strategis dengan Ayoconnect ini memungkinkan Mastercard memberikan nilai lebih bagi para pemangku kepentingan di ekosistem ini, dan menjadi yang terdepan dalam inovasi dengan menghadirkan solusi ke pasar secara lebih cepat. Kolaborasi ini juga sejalan dengan prioritas Mastercard untuk menawarkan berbagai solusi pembayaran yang mudah diakses, aman dan nyaman, sekaligus mendukung pembangunan ekonomi Indonesia,” ucap Navin Jain, President Director, PT Mastercard Indonesia.

Pesatnya perkembangan lanskap open banking berpotensi menyederhanakan proses pembayaran dan lebih aman. Hal ini seiring peningkatan harapan konsumen akan pengalaman pembayaran yang lebih baik. Peningkatan pengalaman proses pembayaran tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan inklusi keuangan, khususnya di Indonesia.

Baca juga: DANA dan Mastercard Tawarkan Voucher Bayar Tagihan di Aplikasi DANA

Berdasarkan Mastercard New Payments Index 2022, konsumen di kawasan Asia Pasifik termasuk pengguna pembayaran digital paling antusias di dunia. Sebanyak 69% responden di Asia Pasifik menambahh penggunaan setidaknya satu metode pembayaran digital dalam setahun terakhir. 

Hasil penelitian Statista terkini menunjukkan bahwa pertumbuhan transaksi pembayaran digital di Indonesia mencerminkan peningkatan literasi keuangan digital masyarakat. Berdasarkan riset tersebut, jumlah pengguna pembayaran digital di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat. Peningkatan jumlah pengguna e-commerce akan meningkat lebih dari 45% dan peningkaatan pengguna mobile payment 18% selama tahun 2022-2027.

Ayoconnect dan Mastercard juga akan membangun solusi open finance yang dapat menghasilkan keputusan kredit lebih baik dan mendorong inklusi keuangan. Kapabilitas Open Banking dan Data & Services Mastercard dipadukan konektivitas Ayoconnect dengan berbagai lembaga keuangan dan wawasan data ekosistem pembayarannya.

Share:

Artikel Terkini