Laptop Gaming ROG Bertenaga Intel Core Gen ke-13 Resmi Meluncur Laptop Gaming ROG Bertenaga Intel Core Gen ke-13 Resmi Meluncur ~ Teknogav.com

Laptop Gaming ROG Bertenaga Intel Core Gen ke-13 Resmi Meluncur

Teknogav.com – ASUS ROG resmi meluncurkan serangkaian laptop gaming terkini di Mall of Indonesia (MoI) pada Kamis, 4 Mei 2023. Tentu saja jajaran laptop gaming ROG terkini lebih bertenaga berkat dukungan kinerja prosesor Intel Core Gen ke-13. Laptop-laptop tersebut adalah ROG Strix SCAR 16/18, ROG Zephyrus M16, ROG Zephyrus G16, ROG Strix G16/18, dan ROG Flow Z13. Selain itu, tersedia juga laptop gaming TUF Gaming F15 terbaru. Jajaran laptop tersebut dapat dijajal langsung pada pameran yang digelar selama 3-7 Mei 2023 di Main Atrium 1B, MoI.

Pameran tersebut mengusung tajuk ROG Innovation Beyond Performance dan menghadirkan serangkaian laptop gaming yang bertenagakan Intel Core Gen ke-13. Tak hanya kinerja yang lebih baik, jajaran laptop ini siap memenuhi kebutuhan para gamers. Pada pameran, tersedia diskon khusus, hadiah langsung, dan door prize berupa ROG Phone 6. Selain itu, digelar juga kompetisi gaming dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Baca juga: ASUS ROG Tawarkan Pilihan Lengkap Laptop Gaming Bertenaga Intel Core Gen ke-13

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, ASUS ROG kali ini kembali menghadirkan jajaran laptop gaming terbaru dengan pilihan yang paling lengkap. Ini merupakan komitmen kami dalam menghadirkan yang terbaik untuk semua gamers di Indonesia. Jajaran laptop gaming ROG terbaru kali ini tidak hanya sekadar tampil lebih tangguh berkat prosesor 13th Gen Intel® Core™. Namun, juga dibekali berbagai upgrade mulai dari sistem pendingin hingga kualitas layar. ROG menjadi pilihan paling tepat dan terlengkap para gamers di tahun 2023,” ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Asia Tenggara.

Kinerja Intel Core Gen ke-13

Prosesor Intel Core Gen ke-13 dirancang khusus untuk menyajikan kinerja yang baik. Saat ini, aptop gaming ROG yang paling tangguh menggunakan prosesor Intel Core Gen ke-13 HX Series. Salah satu varian prosesor tersebut adalah Intel Core i9-13980HX yang kinerjanya paling tinggi. Prosesor ini memiliki 24 inti prosesor, daya dasar 55 W dan kecepatan clock sampai 5,6 GHz. Jika dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya, maka kinerja Intel Core i9-13980HX lebih tinggi sampai 11%. Sementara, peningkatan kinerja multitasking sampai 49% lebih tinggi.

Berbagai teknologi yang hadir pada Intel Core i9-13980HX mencakup Intel Killer™ WiFi 6E, Bluetooth® LE Audio, dan Thunderbolt 4. Prosesor ini mendukung kegiatan para gamers, konten kreator, sampai peneliti di bidang teknik serta sains yang membutuhkan kinerja komputasi terbaik.

Laptop ROG juga menggunakan prosesor Intel Core Gen ke-13 H Series. Varian tertinggi prosesor ini adalah Intel® Core™ i9-13900H. Prosesor tersebut memiliki 20 inti, daya dasar 45 W, dan kecepatan clock sampai 5,4 GHz. Keluarga prosesor ini juga didukung teknologi konektivitas terkini dan dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan komputasi sehari-hari. Berbagai kebutuhan tersebut mulai dari bermain game, live streaming, video conference, sampai multitasking.

Baca juga: Serangkaian Laptop Gaming ASUS ROG Terkini Diperkenalkan di CES 2023

ROG Nebula Display™

Kualitas layar juga menjadi perhatian ROG dalam menyajikan pengalaman gaming yang optimal. ROG Nebula Display diperkenalkan ROG pada tahun 2022 untuk memudahkan gamers mendapat kualitas layar terbaik. Sertifikasi layar ini sangat ketat demi menjamin gamer mendapat layar yang cepat, responsif, kaya warna dan tingkat kecerahan tinggi. Kini, lebih banyak lini laptop gaming yang menghadirkan layar dengan sertifikasi ROG Nebula™ ke lebih banyak lini laptop gaming. Lini tersebut mencakup laptop gaming ringkas 13 inci sampai laptop berkinerja tinggi dengan layar 18-inci. Gamer pun memiliki lebih banyak opsi laptop dengan layar ROG Nebula™.

ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18

ASUS ROG memenuhi kebutuhan para hardcore gamer dengan laptop gaming tangguh ROG Strix SCAR. Prosesor yang digunakan pada laptop tersebut sampai Intel Core i9-13980HX. Konfigurasi prosesor ini menggunakan 8 inti prosesor Performance (p-core) dan 16 inti prosesor Efficient (e-core).  Kinerja prosesor tersebut didukung RAM DDR5 4800 MHz dengan kapasitas 32 GB. Media penyimpanan sudah menggunakan SSD PCIe Gen 4.0 dengan kapasitas 2 TB. Selain itu, tersedia juga satu slot tambahan untuk upgrade.

ROG Strix SCAR 16

Kinerja grafis laptop mengandalkan NVIDIA GeForce RTX 40 Series, sampai NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP 175 W.  Perpaduan komponen tersebut menjadikan laptop ini tangguh bagi gamer. Laptop ini juga cocok bagi konten kreator berkat dukungan layar ROG Nebula™ dan ROG Nebula™ HDR.

ROG Strix SCAR juga tersedia dalam dua pilihan ukuran layar, yaitu 16 inci dan 18 inci dengan dimensi yang ringkas. Dimensi bodi laptop ini tidak jauh berbeda dengan pendahulunya yang memiliki layar berukuran 15 inci dan 17 inci. Layar ROG Nebula HDR hadir pada varian 16 inci, sedangkan varian 18 inci hadir dengan layar ROG Nebula. Kedua varian tersebut menggunakan layar dengan resolusi QHD.

Kestabilan kinerja gaming dari ROG Strix SCAR dijaga dengan teknologi ROG Intelligent Cooling. Sistem pendingin tersebut menggunakan full-width heatsink, full-surround vents, teknologi tiga kipas dan Thermal Grizzly Conductounaut Extreme liquid metal. Penggunaan logam cair tersebut diterapkan langsung pada CPU dan GPU sehingga meningkatkan kinerja pendinginan pada laptop. Kinerja laptop ini pun bisa makin ditingkatkan dengan kehadiran thermal headroom. Harga yang dibanderol pada laptop gaming ini mulai dari Rp66.999.000.

ROG Zephyrus M16

ROG Zephyrus M16

Jika dibandingkan model tahun sebelumnya, ROG Zephyrus M16 bisa bekerja pada TDP 25 W lebih tinggi berkat sistem pendingin baru. Sistem pendingin ini menggunakan full-width heatsink dan Tri-fan technology sehingga dapat mengoptimalkan kinerja. Prosesor yang digunakan pada laptop ini adalah Intel Core i9-13900H. Kartu grafis yang digunakan pun sampai NVIDIA GeForce RTX 4080. Semua dikemas dengan desain yang lebih stylish dan tangguh, serta dimensi tetap portabel.

Teknologi MUX Switch tetap diusung ROG Zephyrus M16 dan didukung juga dengan NVIDIA Advanced Optimus untuk memaksimalkan pengalaman gaming. Kini laptop tersebut juga dibekali AniMe Matrix LED yang membuatnya terlihat menonjol dibandingkan laptop gaming 16 inci lain. Laptop ini menggunakan layar ROG Nebula yang siap memenuhi kebutuhan gamer dan konten kreator. Layar tersebut memiliki resolusi QHD, color gamut 100% DCI-P3, refresh rate 240 Hz dan sudah menyandang sertifikasi PANTONE Validated Display. Harga yang dibanderol pada ROG Zephyrus M16 mulai dari Rp44.999.000.

ROG Zephyrus G16

Kinerja ROG Zephyrus G16 didukung prosesor sampai Intel Core i9-13900H dan kartu grafis diskret sampai NVIDIA GeForce RTX 4070. Kemampuan grafis laptop ini juga didukung MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus. Layar laptop sudah menggunakan standar ROG Nebula dan memiliki rasio layar-ke-bodi sampai 94%. Color gamut 100% DCI-P3 dan sertifikasi PANTONE Validated Display menjamin tampilan layar kaya warna dan akurat. Semua dikemas dalam dimensi laptop 16 inci yang ringkas. Harga yang dibanderol pada ROG Zephyrus G16 (GU603Z) mulai dari Rp28.999.000.

ROG Flow Z13

ROG Flow Z13 merupakan laptop yang merangkap tablet gaming revolusioner. Kini perangkat tersebut kembali hadir lebih tangguh dengan fitur-fitur baru yang lebih canggih. Laptop ini mengandalkan prosesor Intel Core i9-13900H yang kinerjanya didukung RAM berkapasitas 16 GB. Kemampuan grafisnya didukung kartu grafis diskret sampai  NVIDIA GeForce RTX 4060. Fitur-fiturnya mencakup layar ROG Nebula dan koneksi Thunderbolt 4. Harga yang dibanderol pada perangkat ini mulai dari Rp29.999.000.

ROG Flow Z13

Jika ingin meningkatkan kinerja grafis, maka bisa menyambungkan perangkat ini dengan GPU eksternal ROG XG Mobile. Perangkat GPU eksternal tersebut juga didukung konektivitas yang lengkap untuk menghubungkan berbagai perangkat lain. Port yang tersedia mencakup HDMI, DisplayPort, dan USB tipe-A. 

Baca juga: ASUS ROG Flow Z13 (GZ301) Andalkan Intel Core Gen ke-12

ROG Strix G16/18

Prosesor yang digunakan ROG Strix G16/18 sampai Intel Core i9-13980HX yang kinerjanya didukung RAM DDR5 4800 MHz berkapasitas 32 GB. Kemampuan grafisnya didukung kartu grafis diskret sampai NVIDIA GeForce RTX 4080, sehingga kinerjanya lebih tangguh. Kestabilan kinerja ROG Strix G16/18 juga didukung sistem pendingin baru yang menggunakan Tri-fan teknologi dan full-width heatsink. Sumber daya laptop mengandalkan baterai 90 Qh yang didukung dengan teknologi pengisian daya cepat. Pengisian daya baterai dapat dilakukan melalui port USB tipe-C.


Laptop ini tersedia dalam dua pilihan ukuran layar, yaitu 16 inci dan 18 inci. Kualitas visual layar tersebut didukung dengan opsi layar ROG Nebula. Layar tersebut memiliki rasio aspek 16:10, resolusi QHD, refresh rate 240 Hz, waktu respon 3 milidetik dan kecerahan 500 nits. Kemampuan grafis juga didukung oleh teknologi MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus. Harga yang dibanderol pada laptop ini mulai dari Rp23.999.000.

TUF Gaming F15

Prosesor Intel Core Gen ke-13 juga dihadirkan pada TUF Gaming F15, yaitu sampai Intel Core i9-13900H. Kinerja prosesor tersebut didukung RAM DDR4 32 GB. Kemampuan grafis laptop ini mengandalkan kartu grafis diskret sampai NVIDIA GeForce RTX 4060 yang didukung DDR6 8 GB. Layar laptop gaming ini memiliki resolusi FHD, refresh rate 144 Hz, dan color gamut 100% sRGB. Kemampuan grafisnya juga didukung NVIDIA G-Sync. Media penyimpanan menggunakan teknologi SSD PCIe Gen 4.0 dengan kapasitas sampai 2 TB.

Kestabilan kinerja tersebut didukung sistem pendingin yang menggunakan lima pipa panas berbahan tembaga. Sistem pendingin tersebut juga didukung dua kipas dengan empat jalur udara panas untuk memaksimalkan pendinginan. Laptop gaming tangguh ini juga sudah menyandang sertifikasi MIL-STD-810H yang merupakan standar militer Amerika Serikat. Harga yang dibanderol pada laptop ini mulai dari Rp22.999.000.

Demikianlah serangkaian laptop gaming terkini dengan prosesor Intel Core Gen ke-13 yang telah resmi diluncurkan ASUS ROG.

Share:

Artikel Terkini