ASUS ROG Tawarkan Pilihan Lengkap Laptop Gaming Bertenaga Intel Core Gen ke-13 ASUS ROG Tawarkan Pilihan Lengkap Laptop Gaming Bertenaga Intel Core Gen ke-13 ~ Teknogav.com

ASUS ROG Tawarkan Pilihan Lengkap Laptop Gaming Bertenaga Intel Core Gen ke-13



Teknogav.com
- Serangkaian laptop gaming ASUS ROG yang sudah ditenagai prosesor Intel Core Gen ke-13 siap hadir di Indonesia. Seri laptop gaming tersebut mencakup ROG Strix SCAR yang tangguh dan ROG Flow yang inovatif dengan desain convertible atau detachable. Jajaran laptop gaming ROG tahun 2023 hadir dengan pembaruan hardware dan fitur yang dirancang khusus bagi gamer dan kreator. Canggihnya, laptop gaming tertangguh yang hadir kali ini telah ditenagai dengan Intel Core i9-13950HX, prosesor laptop tercepat dari Intel.

Intel Core i9-13950HX memiliki 24 inti prosesor dengan base power 55 W dan kecepatan clock sampai 5,6 Hz. Jika dibandingkan dengan Intel Core i9-12900HX yang merupakan prosesor generasi sebelumnya, kinerja single thread Intel Core i9-13950HX 11% lebih tinggi. Sementara itu, kinerja multitask meningkat sampai 49%. Prosesor ini juga mendukung konektivitas dengan teknologi Intel Killer Wi-Fi 6E, Bluetooth LE Audio dan Thunderbolt 4. Kinerja komputasi dan teknologi tersebut sangat cocok untuk gamer, pembuat konten, serta memenuhi kebutuhan penelitian di bidang teknik dan sains.

Baca juga: Serangkaian Laptop Gaming ASUS ROG Terkini Diperkenalkan di CES 2023

Laptop gaming ROG juga ada yang ditenagai prosesor Intel Core H-Series Gen ke-13. Varian tertinggi prosesor seri-H tersebut adalah Intel Core i9-13900HK yang memiliki 20 inti prosesor dan base power 45 W. Kecepatan clock prosesor tersebut sampai 5,4 GHz dan prosesor tersebut juga sudah dibekali teknologi konektivitas terkini. Kemampuan tersebut siap memenuhi kebutuhan komputasi sehari-hari seperti bermain game, live streaming, video conference dan multitasking.

Layar Lebih Berkualitas dengan ROG Nebula Display


Pengalaman gaming optimal pada laptop gaming ROG terkini juga didukung kualitas layar dengan ROG Nebula Display yang diperkenalkan tahun 2022. Standar ROG Nebula Display sangat ketat demi menjamin gamers mendapat layar yang responsif, kecerahan tinggi dan kaya warna. Di tahun 2023 ini, lebih banyak lini laptop gaming yang mengusung sertifikasi ROG Nebula dibandingkan tahun 2022. Lini tersebut termasuk laptop gaming dengan layar 13 inci sampai laptop berkinerja tinggi dengan layar 18 inci. Serangkaian laptop gaming tersebut memberikan lebih banyak pilihan laptop gaming dengan layar ROG Nebula bagi gamer.

Sistem Pendingin Canggih

ASUS ROG juga meningkatkan kinerja sistem pendingin eksklusifnya, yaitu ROG Intelligent Cooling Technology. Solusi sistem pendingin ini memadukan kinerja pendinginan dan akustik secara menyeluruh. Kinerja optimal sistem pendingin laptop berkinerja tinggi dihadirkan oleh efisiensi pada sistem tersebut. Efisiensi dan optimasi kinerja pendinginan dihadirkan ROG pada sistem pendingin dengan full-width heatsink dan Tri-Fan Technology. 

sistem pendingin tiga kipas pada ROG Strix SCAR

Desain full-width heatsink ini membentang di bagian belakang bodi laptop sehingga area pelepasan panas lebih luas dan sistem pendinginan lebih efisien. Full-width heatsink kini diadopsi laptop gaming ROG Zephyrus M16 terbaru, serta ROG Strix varian 16-inci dan 18-inci terbaru. Sesuai nama, Tri-Fan Technology menggunakan tiga kipas untuk mendinginkan seluruh komponen pada laptop gaming ROG. Tiga kipas tersebut memungkinkan udara mengalir lebih baik ke dalam sistem pendinginan dan mengoptimalkan proses pendinginan. Tri-Fan Technology menyajikan kinerja lebih baik tanpa mengorbankan tingkat kebisingan.

ROG Strix SCAR 16 dan SCAR 18

Prosesor yang digunakan pada ROG Strix SCAR terkini adalah Intel Core Gen ke-13 sampai Intel Core i9 13980HX. Konfigurasi prosesor ini memiliki 8 Performance-core dan 16 Efficient-core. Sementara itu, pemrosesan grafis pada laptop gaming ini didukung chip grafis sampai NVIDIA GeForce RTX™ 4090 dengan TGP 175 W. Dukungan layar ROG Nebula dan ROG Nebula HDR menjadikan ROG Strix SCAR tahun ini juga cocok digunakan para pembuat konten. 

ROG Strix Scar 16

ROG Strix SCAR tersedia dalam dua varian, yaitu ukuran 16 inci dan 18 inci. Kendati mengusung ukuran layar lebih lapang, dimensi bodi kedua laptop layaknya laptop dengan ukuran layar 15 inci dan 17 inci. ROG Strix SCAR 18 dibekali layar ROG Nebula™, sedangkan ROG Strix SCAR 16 menggunakan layar ROG Nebula™ HDR. Kedua laptop gaming tersebut menggunakan layar dengan resolusi QHD.

Baca juga: Review ROG Strix SCAR 17 SE (G733C) Laptop Gaming Tercanggih

Solusi sistem pendingin terkini ROG Intelligent Cooling Technology pun sudah mendukung kinerja gaming maksimal ROG Strix SCAR terkini. Kinerja pendinginan ROG Strix SCAR terkini juga didukung Thermal Grizzly Conductonaut Extreme liquid metal yang diterapkan langsung CPU dan GPU. Peningkatan kinerja lebih lanjut pun didukung oleh thermal headroom pada laptop gaming ini.

ROG Zephyrus M16

Perpaduan prosesor Intel Core i9 13900H dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4090 mendukung kinerja ROG Zephyrus M16 lebih optimal. Jika dibandingkan dengan model tahun lalu, laptop gaming ini dapat bekerja pada TDP 25 W lebih tinggi. Laptop gaming yang makin stylish dan tangguh ini mengusung desain baru yang tetap mempertahankan portabilitas dengan sistem pendingin terkini. ROG Zephyrus M16 dirancang untuk gamer dan pembuat konten.

ROG Zephyrus M16

Keandalan grafis pada ROG Zephyrus M16 kembali didukung fitur MUX Switch. Namun, kini hadir juga fitur NVIDIA Advanced Optimus demi memaksimalkan pengalaman gaming. Layar laptop gaming ini juga sudah dilengkapi AniMe Matrix™ LED sehingga tampil beda dibandingkan laptop gaming 16-inci lainnya. Layar ROG Zephyrus M16 sudah menggunakan ROG Nebula dengan resolusi QHD, color gamut 100% DCI-P3 dan refresh rate 240 Hz. Akurasi warna layar tersebut sudah menyandang sertifikasi PANTONE Validated Display. Desain portabel yang dipadukan dengan kinerja tinggi membuat ROG Zephyrus M16 terbaru cocok bagi para konten kreator.

ROG Zephyrus G16

Prosesor Intel Core i9-13900H juga digunakan pada ROG Zephyrus G16. Sementara itu pemrosesan grafis yang digunakan sampai NVIDIA GeForc RTX 4070. Tampilan grafis juga sudah didukung fitur MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus. Spesifikasi ini menjadikan ROG Zephyrus G16 sebagai laptop 16 inci yang ringkas dan tetap tangguh, serta cocok digukan pembuat konten. ROG Zephyrus G16 juga sudah mengusung standar layar ROG Nebula dan rasio layar-ke-bodi sampai 94% yang siap memanjakan kreator. Layar tersebut dapat menampilkan warna yang kaya dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3 dan sudah mendapat sertifikasi PANTONE Valdated Display.

ROG Flow Z13

Kini ROG Flow Z13 hadir dengan fitur lebih baru dan canggih sehingga tangguh untuk kebutuhan gaming dan membuat konten. Fitur-fitur tersebut mencakup Thunderbolt 4, desain detachable yang fleksibel dan layar ROG Nebula, sehingga hadir sebagai perangkat komputasi yang ringkas dan tangguh. Layaknya pendahulunya, ROG Flow Z13 juga bisa dihubungkan ke perangkat GPU eksternal ROG XG Mobile. Perangkat GPU eksternal ini juga dilengkapi dengan berbagai port yang mencakup DisplayPort, HDMI dan USB tipe-A. Ketersediaan port ini mendukung koneksi ke berbagai perangkat, termasuk monitor eksternal.

Baca juga: ASUS ROG Flow Z13 (GZ301) Andalkan Intel Core Gen ke-12

ROG Strix G16/18

ROG Strix G16/G18


Prosesor yang digunakan pada ROG Strix G16 dan Strix G18 ini sampai Intel Core i9-13980HX. Kinerjanya tentu saja lebih tangguh dan dilengkapi dengan desain dan fitur baru. Dari sisi grafis, laptop gaming ini didukung chip grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 4080. Tersedia juga opsi layar ROG Nebula yang memberikan tampilan visual berkualitas. Kestabilan kinerja laptop ini juga didukung oleh sistem pendingin baru yang didukung tiga kipas dan full-width heatsink.

TUF Gaming F15

Prosesor Intel Core Gen ke-13 juga dihadirkan pada TUF Gaming F15 yaitu sampai Intel Core i9-13900H. Pemrosesan grafis pada laptop gaming tangguh yang ‘worth it’ ini juga sudah didukung NVIDIA GeForce RTX 4000 Series. Layar TUF Gaming F15 ini juga memiliki frame rate sampai 144 Hz, color gamut 100% sRGB dan NVIDIA G-Sync. 


Ketangguhan laptop gaming pun dijamin dengan sertifikasi berstandar militer MIL-STD-810H. Sistem pendingin pada laptop juga telah diperbarui dengan lima heatpipe berbahan tembaga dan dua kipas dengan empat jalur udara panas. Pembaruan pada sistem pendingin tersebut siap memaksimalkan kinerja pendinginan.

Share:

Artikel Terkini