Paparkan Inovasi Terkini, MediaTek Ungkap Dukungan untuk Sektor Edukasi Indonesia Paparkan Inovasi Terkini, MediaTek Ungkap Dukungan untuk Sektor Edukasi Indonesia ~ Teknogav.com

Paparkan Inovasi Terkini, MediaTek Ungkap Dukungan untuk Sektor Edukasi Indonesia


Teknogav.com – Perusahaan semikonduktor, MediaTek memaparkan inovasi terkini dan pencapaian perusahaan pada MediaTek Media Briefing Indonesia 2023. Pada kesempatan tersebut, MediaTek juga mengungkap teknologi yang dihadirkan untuk mendukung sektor edukasi di Indonesia. Inovasi dan teknologi yang dihadirkan MediaTek sesuai komitmen dalam memberdayakan kehidupan masyarakat melalui berbagai kecanggihan solusi teknologi.

Agenda dari acara Media Briefing tersebut mencakup perkembangan terkini perusahaan dan teknologi-teknologi yang dihadirkan. Kemudian dipaparkan pula mengenai dukungan MediaTek untuk kehadiran ChromeBook yang mendukung sektor edukasi melalui chipset Kompanio, Selain itu, dipaparkan pula informasi terkini mengenai MediaTek Genio yang mendukung platform IoT.

Update Pencapaian Perusahaan

Acara dibuka oleh pemaparan update perusahaan dan teknologi terkini oleh Finbarr Moynihan, Vice President, Corporate Marketing, MediaTek. Sepanjang tahun 2022 total pendapatan perusahaan mencapai USD18,5 miliar. Kontribusi chipset mobile phone MediaTek pada pendapatan tersebut masih mendominasi, yaitu mencapai 54%. Persentase tersebut diikuti oleh chipsset untuk platform Smart Edge yang mencakup perangkat IoT, yaitu sebesar 39%. Pada kuartal pertama tahun 2023, proporsi kontribusi pendapatan bergeser dengan peningkatan kontribusi platform Smart Edge menjadi 47%. Sementara itu, kontribusi chipset untuk mobile phone mengalami penurunan menjadi 46%. 

Baca juga: Paparkan Update Terkini, MediaTek Ungkap Kolaborasi dengan Prasimax

Finbarr Moynihan, Vice President, Corporate Marketing, MediaTek
“Pangsa pasar MediaTek masih menempati posisi pertama. Pada tahun 2021, pangsa pasar MediaTek mencapai sekitar 41%-42%. Penurunan pangsa pasar terjadi di tahun 2022, tetapi masih tetap bertahan di atas 35%. Hal ini disebabkan kelangkaan chip yang kini sudah berangsur pulih,” ucap Finbarr Moynihan.

Selama beberapa tahun terakhir, MediaTek mengalami pertumbuhan pendapatan yang kuar dengan portofolio produk yang terdiversifikasi. Selain itu, tertumbuhan juga terjadi di segemen 5G dan flagship atau premium mobile. Investasi pun dilakukan MediaTek di beberapa sektor yang memiliki pertumbuhan baru.  Sektor-sektor tersebut mencakup Auto, Operator Broadband, Enterpise, Industri dan IoT. Fokus pasar global MediaTek saat ini sedang mencari pemicu pertumbuhan baru di Asia Tenggara.

Teknologi MediaTek Terkini

Finbarr Moynihan juga memaparkan platform MediaTek Dimensity yang diluncurkan baru-baru ini, yaitu sebagai berikut:

  • Platform Flagship MediaTek Dimensity 9200 yang diluncurkan pada November 2022. Chipset ini memiliki pangsa pasar 20% smartphone flagship Android di Tiongkok pada tahun 2022. Jajaran smartphone yang menggunakan chipset ini antara lain adalah Vivo X90, Vivo X90 Pro dan Oppo Find X6
  • Platform Premium MediaTek Dimensity 8200 yang diluncurkan pada Desember 2022. Chipset ini memiliki pangsa pasar yang kuat di segmen Premium. Jajaran smartphone yang menggunakan chipset ini antara lain adalah Vivo S16 Pro, iQoo Neo 75E dan Redmi K60E
  • Platform High-End MediaTek Dimensity 7200 yang diproduksi dengen teknologi 4 nm TSMC generasi ke-2. Chipset ini merupakan flagship di segmen kamera.
Selain itu, beberapa chipset MediaTek berikut ini juga digunakan pada jajaran smartphone yang diluncurkan baru-baru ini, yaitu sebagai berikut:
  • MediaTek Dimensity 9000+ digunakan pada ASUS ROG 6D/Ultimatee, Xiaomi 12 Pro, Oppo Find N2 Flip dan Tecno Phantom V Fold
  • MediaTek Dimensity 9000 digunakan pada OnePlus Pad, OnePlus Ace 2V, OPPO Find X5 Pro, Redmi K50 Pro dan Vivo X80 Pro
MediaTek juga mempekenalkan chipset Dimensity 9200+ dengan perbandingan spesifikasi dengan Dimensity 9200 sebagai berikut:
spesifikasi MediaTek Dimensity 9200+ dan MediaTek Dimensity 9200

Sebagai dukungan terhadap sektor edukasi, MediaTek menghadirkan Kompanio yang mencakup 500 Series, 800 Series dan 1000 Series. MediaTek berkolaborasi juga dengan Google dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Indonesia untuk mendukung ekosistem pendidikan di Indonesia. Keandalan MediaTek Kompanio mendukung penghematan daya sehingga baterai bisa bertahan 1,9x lebih lama. Selain itu, Kompanio juga mendukung pelestarian lingkungan dengan menurungkan gas buang karbon dioksida sekitar 40-60%. Kinerja multitasking pun19%-69% lebih cepat dengan hening dan tetap dingin. Dimensi perangkat pub bisa hadir lebih tips dan ringan.

Dukungan untuk pengembangan perangkat IoT pun diberikan MediaTek melalui MediaTek Genio yang merupakan SDK unified open platform untuk seluruh chipset. Platform ini dapat digunakan sebagai sumber daya pengembang, ekosistem mitra dan keberlangsungan produk-produk. Berikut ini adalah keandalan dari platfrom MediaTek Genio:
  • Kinerja tinggi dengan konsumsi daya rendah dan bisa menyajikan kinerja multi-core
  • Keberlangsungan produk yang lebih lama dengan dukungan jangka panjang untuk pembaruan sistem operasi dan patch atau tambalan keamanan
  • Konektivitas 5G dan Wi-Fi yang mendukung koneksi setiap saat dan di mana saja
  • Multimedia canggih yang ditenagai AI dengan inti APU terdedikasi dan akselerator AI untuk membuat perangkat edge yang pintar
  • Keamanan tinggi yang dapat dipercaya pelanggan
  • Satu platform untuk banyak aplikasi, ini merupakan SDK terunifikasi yang bisa mengurangi biaya pengembangan dan mempercepat waktu untuk peluncuran ke pasar

Chinlin Low, Technical Account Manager, APAC, MediaTek
Serangkaian inovasi MediaTek 5G pun disampaikan oleh Chinlin Low, Technical Account Manager MediaTek Asia Pasifik. Kemampuan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dihadirkan MediaTek pada modem 5G. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari teknologi tersebut:
  • respons yang real-time
  • efisiensi daya uang lebih baik
  • pemrosesan terisolasi
  • tidak bersaing dengan aplikasi-aplikasi pengguna AI yang berjalan
Chinlin juga memaparkan mengenai MediaTek ATSSS (Access Traffic Steering, Switching and Splitting) untuk berbagai transmisi. Ini merupakan konvergensi data Wi-Fi dan seluler 5G terstandarisasi 3GPP pertama di dunia. Keandalan-keandalan dari MediaTek ATSSS adalah sebagai berikut:
  • Menggabungkan jaringan-jaringan nirkabel yang biasanya terpisah. Kemampuan ini memaksimalkan potensi 5G dan Wi-Fi
  • Penggunaan SoC sepenuhnya, perangkat keras ini sudah tersedia
  • Peningkatan pengalaman pengguna yang terhubung dengan koneksi lebih cepat, latensi lebih rendah dan lebih andal

Baca juga: MediaTek Kompanio 520 dan Kompanio 528 Siap Tingkatkan Kinerja Chromebook

Cedric Chang, Deputy Director of Corporate Sales, Southeast Asia, MediaTek
"Teknologi telah mengubah gaya hidup kita termasuk cara bekerja dan belajar. Chromebook telah menjadi fasiitas belajar yang penting, MediaTek pun memberdayakan teknologi ini agar dapat dinikmati semua. Demi mendukung ekosistem pendidikan di Indonesia, MediaTek berkolaborasi dengan Google, Kementerian dan lain-lain. MediaTek akan segera menghadirkan MediaTek Kompanio Chromebook di Indonesia," ucap Cedric Chang, Deputy Director of Corporate Sales, Southeast Asia, MediaTek. 

MediaTek Kompanio 520 dan MediaTek Kompanio 528 menggunakan arsitektur 8 inti prosesor dan mendukung penghematan daya baterai sepanjang hari. Chipset ini mendukung konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth 5, serta menggunakan keamanan yang canggih. Kecepatan clock Kompanio 520 adalah 2 GHz, sedangkan Kompanio 528 adalah  2,2 Ghz. 

MediaTek Genio 

Cedric juga menjelaskan mengenai platform MediaTek Genio yang dapat dimanfaatkan di segmen konsumer & enterprise dan industri. Pemanfaatan di bidang konsumer dan enterprise mencakup perencanaan rute, deteksi objek, menhindari tubrukan dan pengendalian suara. Sedangkan untuk industri dapat dimanfaatkan untuk penempatan operasional, pengambilan otomatis dan inspeksi kerusakan. Saat ini MediaTek Genio 700 EVK sudah dapat dipesan dengan kisaran harga Rp20,2 jutaan. 

Share:

Artikel Terkini