Raih Penghargaan dari AWS, ICS Compute Terus Tawarkan Solusi Inovatif Raih Penghargaan dari AWS, ICS Compute Terus Tawarkan Solusi Inovatif ~ Teknogav.com

Raih Penghargaan dari AWS, ICS Compute Terus Tawarkan Solusi Inovatif

Teknogav.com - ICS Compute kembali meraih penghargaan dari Amazon Web Services (AWS) di tahun 2023, yaitu sebagai ‘Indonesia Partner of the Year’. Sebelumnya, ICS Compute meraih penghargaan ‘Rising Star Partner of the Year’ pada tahun 2020. Pengakuan dari AWS tersebut pun berlanjut di tahun 2021 dengan menyabet predikat ‘Consulting Partner of the Year’. Pengakuan dari AWS tersebut menegaskan kompetensi dan kepemimpinan ICS Compute sebagai integrator sistem yang fokus pada solusi cloud computing.

Selain serangkaian penghargaan tersebut, ICS Compute juga berhasil menambah Kompetensi Migrasi pada April 2023. ICS Compute juga berhasil menjadi mitra lokal AWS pertama di Indonesia yang mendapatkan Channel Partner Private Offers (CPPO). Peran sebagai CPPO ini memungkinkan pelanggan ICS Compute untuk membeli perangkat lunak atau lisensi TI sesuai kebutuhan melalui AWS Marketplace. Katalog digital tersebut berisi ribuan daftar perangkat lunak dari 310.000 penyedia teknologi, termasuk vendor perangkat lunak independen.

Baca juga: ICS Compute dan AWS Berkolaborasi Percepat Transformasi Digital Indonesia

penghargaan yang diterima ICS Compute dari AWS

Pelanggan dapat lebih hemat ketika membeli perangkat lunak melalui mitra CPPO, invoice yang diterima pun digabungkan dalam satu invoice. Pemantauan biaya infrastruktur di AWS pun bisa lebih mudah dilakukan. Keberhasilan ICS Compute ini mencerminkan upaya berkelanjutan ICS Compute untuk memicu inovasi setiap industri vertikal dan semua segmen. Langkah ini juga memperkuat kemitraan dengan AWS yang akan menyediakan dukungan terbaik bagi seluruh pelanggan ICS.

Pengakuan yang diterima ICS Compute selaras dengan kinerja bisnis ICS Compute secara keseluruhan. Pada tahun 2022, ICS Compute mengalami pertumbuhan mencapai 120%. Lini bisnis consulting yang mencakup professional services & managed services juga tumbuh 63% di periode yang sama.

Baca juga: Metrodata dan AWS Berkolaborasi Dukung Transformasi Digital Perusahaan-perusahaan dengan Cloud

Budhi Wibawa, CEO ICS Compute

Budhi Wibawa, CEO ICS Compute, mengungkapkan bahwa penghargaan yang diterima merupakan pengakuat terhadap kompetensi ICS Compute. Dalam melakukan transformasi digital bagi perusahaan, ICS Compute memiliki pemahaman mendalam terhadap tantangan, peluang dan kebutuhan-kebutuhan berbagai industri di Indonesia. Penghargaan yang diterima membuktikan kuatnya komitmen ICS Compute dalam menghadirkan keandalan, solusi inovatif dan layanan terbaik. Hal ini juga menunjukkan kontribusi dan dedikasi perusahaan dan berkelanjutan dalam menyediakan solusi teknologi bagi pelanggan di Indonesia.

“Sebelum pandemi, ketika bertemu dengan pelanggan, ICS Compute masih harus memperkenalkan mengenai Cloud. Ketika pandemi berlangsung, konsumen sudah melek cloud atau berada di tahap cloud adoption. Cloud adoption memang terakselerasi berkat pandemi. Saat perusahaan ingin menerapkan cloud computing, perencanaan aspek security juga harus dilakukan sejak awal,” ucap Budhi.

Pertumbuhan bisnis ICS Compute yang signifikan tentunya tak lepas dari kepercayaan market Indonesia. Laporan International Data Corporation (IDS) menunjukkan bahwa pasar cloud Indonesia diperkirakan akan melampaui USD1,3 miliar pada tahun 2025. Selama periode 2020-2025, tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) akan mencapai 28,1%. Berdasarkan data tersebut, ICS Compute optimistik akan pertumbuhan bisnisnya.

Baca juga: Berca Paparkan Keandalan Cloud untuk Pengembangan Bisnis Berbagai Sektor Industri

“Kami tetap berkomitmen untuk menyediakan solusi mutakhir berkolaborasi dengan Tim AWS, ISV Partner untuk mendorong transformasi digital dan kesuksesan bisnis di Indonesia. ICS Compute akan terus menambah kapabilitas dan kapasitasnya agar terus mampu memberikan dukungan terbaik bagi pelanggan. Dukungan ini terutama bagi pelanggan yang telah berpindah ke cloud dan ingin menggunakan fitur-fitur tingkat lanjut AWS untuk kebutuhan mereka. Fitur-fitur tingkat lanjut tersebut seperti Data Analytics, Internet of Things (IOT), Artificial Intelligence dan Machine Learning. ICS Compute akan meluncurkan solusi fitur-fitur tingkat lanjut akhir tahun ini terutama untuk pelanggan manufaktur, jasa keuangan, healthcare, dan retail,” ucap Budhi.

Selama lima tahun perjalanannya, ICS Compute makin memantapkan kapabilitas di ranah komputasi awan. Hal ini dicapai melalui penambahan Kompetensi Migrasi dari AWS setelah sebelumnya meraih Kompetensi Development Operation (DevOps). Pencapaian tersebut juga membuktikan keahlian ICS Compute dalam membantu pelanggan untuk melakukan migrasi ke platform cloud dan menyediakan solusi terbaik. Solusi tersebut dihadirkan sesuai standar AWS yang mencakup keamanan infrastruktur, keandalan operasional, efisiensi kinerja, optimasi biaya dan keberlanjutan infrastruktur.

SmartAI Shop, Solusi Cerdas untuk Retail

ICS Compute menghadirkan SmartAI Shop yang merupakan kios retail yang menggunakan teknologi-teknologi AWS untuk memberikan pengalaman belanja revolusioner bagi pelanggan. Beberapa teknologi yang digunakan tersebut mencakup Amazon Rekognition, AWS Amazon SageMaker, AWS IoT, dan Amazon Managed Service for Grafana. 

Teknologi Amazon Rekognition akan mengidentifikasi pelanggan secara individu saat memasuki toko. Hal ini memungkinkan SmartAI Shop menyajikan pengalaman belanja yang personal sesuai preferensi pelanggan tersebut. Kios ini dapat merekomendasikan produk dan meningkatkan kepuasan berdasarkan riwayat belanja dan preferensi pelanggan yang terdeteksi.

Agnes Emanulia Meilani, CTO ICS Compute dan Budhi H. Wibawa, Founder & CEO ICS Compute

Kecerdasan buatan atau AI pada layanan Amazon SageMaker memungkinkan kios untuk mempelajari pola belanja pelanggan. Analisa yang dilakukan pun dapat memprediksi tren belanja yang akan datang. Pemilik toko pun dapat mengoptimalkan stok produk, menentukan penawaran khusus dan merancang strategi pemasaran secara lebih efektif. SmartAI Shop menyajikan pengalaman belanja yang dipersonalisasi dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

SmartAI Shop memanfaatkan teknologi IoT AWS dengan sensor suhu dan sensor kelembapan untuk memantau dan menganalisis data. Data tersebut akan dipantau dengan Amazon Managed Service for Grafana untuk memastikan kondisi dan mutu produk terjaga dengan baik. ICS Compute juga sedang mengembangkan produk-produk dengan AI dan machine learning seperti Face Recognition, Object Detection, TextTrack, OCR dan lain-lain. Teknologi IoT AWS dimanfaatkan ICS Compute untuk membantu pelanggan yang membutuhkan solusi berbasis cloud untuk memantau perangkat dan sensor IoT.

Share:

Artikel Terkini