ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), Tertipis dan Ramah Lingkungan ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), Tertipis dan Ramah Lingkungan ~ Teknogav.com

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), Tertipis dan Ramah Lingkungan

Teknogav.com - ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan laptop dengan layar OLED berukuran 13,3 inci yang paling tipis dan ringan. Ketebalan laptop ini hanya 1 cm dan bobotnya 1 kg. Teknik canggih dan material khusus digunakan untuk mencapai spesifikasi tersebut dibandingkan generasi sebelumnya. Tentu saja semua itu dicapai tanpa mengorbankan kinerja, konektivitas dan efisiensi baterai. Laptop seri Zenbook yang juga ramah lingkungan ini akan segera dihadirkan oleh ASUS di Indonesia..

“Zenbook S 13 OLED (UX5304) memadukan portabilitas dan konektivitas lengkap dalam desain tipis dan ringan. Kinerja komputasi pun tetap kuat dan menyajikan pengalaman visual yang mengesankan. Inovasi ASUS tidak hanya fokus pada perangkat, tetapi juga dampak lingkungan yang berkelanjutan dari perangkat tersebut. Zenbook S 13 OLED hadir sebagai laptop ramah lingkungan paling ringkas di Indonesia,”ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia.

Kinerja Intel Core Gen-13 dan Layar ASUS Lumina OLED

Prosesor Intel Core i7-1355U yang merupakan prosesor Intel Core generasi ke-13 menjadi otak dari Zenbook S13 OLED (UX5304).  Konfigurasi prosesor tersebut memiliki 10 inti dan 12 thread dengan kecepatan boost maksimal sampai 5 GHz. Grafis pada laptop didukung oleh GPU terintegrasi Intel Iris X yang kinerjanya cukup kuat untuk kebutuhan komputasi sehari-hari. Chipset grafis tersebut bahkan bisa digunakan untuk memainkan game kasual.

Kinerja prosesor tersebut didukung RAM LPDDR5 berkapasitas 16 GB dan media penyimpanan SSD PCIe 4..0. Perpaduan keduanya memastikan Zenbook S 13 OLED (UX5304) dapat beroperasi dengan cepat dan nyaman untuk multitasking. Sumber daya pada laptop ini mengandalkan baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 63 Whrs. Daya pada baterai tersebut sanggup bertahan sampai 14 jam untuk streaming video. Berbagai fitur-fitur canggih seperti Intel Quick Sync yang mempercepat proses enkoding dan dekoding video.

Baca juga:  ASUS ZenBook S (UX393), Laptop Premium dengan Sertifikasi Intel EVO

Laptop ini telah menyandang sertifikasi Intel Evo platform yang menjamin laptop dapat menyajikan pengalaman penggunaan terbaik. Pengguna dapat belajar, bekerja, menikmati hiburan dan bahkan berkarya dan menciptakan konten yang kreatif. Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, Zenbook S 13 OLED (UX5304) dibekali dengan kinerja dan pendinginan yang lebih baik. Efisiensi energi sangat tinggi dan sudah melebihi standar ENERGY STAR sampai 43%. Seluruh upaya ini dilakukan agar Zenbook S 13 OLED dapat berperan menjadi laptop dengan zero carbon emission.

Audio Video

Pengalaman audio berkualitas tinggi disajikan sistem audio dengan sertifikasi Harman Kardon. Sistem audio ini sudah didukung teknologi Dolby Atmos®, Smart Amp, dan ASUS Audio Booster. 

Zenbook S 13 OLED (UX5304) dibekali layar ASUS Lumina OLED yang merupakan standar tertinggi layar laptop saat ini. Layar tersebut memiliki resolusi 2,8K dengan tampilan yang sangat kaya warna dan presisi berkat berbagai fitur, teknologi dan inovasi canggih. Laptop dengan layar ASUS Lumina OLED sudah teruji dan dapat menampilkan color gamut 100% DCI-P3. 

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Asus Lumina OLED juga mendukung teknologi HDR dan menyandang sertifikasi VESA DisplayHDR True Black dan sertifikasi PANTONE Validated Display. Seluruh konten yang ditampilkan ASUS Lumina OLED dijamin presisi sesuai keinginan pencipta konten. Hal ini karena ASUS Lumina OLED dirancang berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif.

Rasio aspek layar 16:10 sehingga menyajikan area kerja lebih lapang dan kegiatan sehari-hari pun lebih produktif. ASUS Lumina OLED juga didukung fitur Eye Care yang mengurangi spektrum cahaya biru berbahaya untuk mata sehingga mencegah kerusakan mata. Layar tersebut juga menyandang sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Tampilan visual layar yang baik mendukung pengguna berkegiatan lebih lama tanpa perlu mengkhawatirakan dampak negatif layar bagi kesehatan mata.

Baca juga: ASUS Zenbook S 13 OLED, Laptop Ringan yang Ramah Lingkungan

Konektivitas Lengkap

Zenbook S 13 OLED (UX5304) hadir dengan konektivitas yang lengkap, sambil tetap mempertahankan portabilitas dan efisiensi daya. Berbagai port I/O mendukung konektivitas pada laptop ini, sehingga tidak perlu membawa dongle atau adaptor saat melakukan perjalanan. Jajaran port tersebut mencakup dua port USB Tipe-C® Thunderbolt™ 4, port USB 3.2 Gen 2 Tipe-A dan port HDMI® 2.1. Selain itu, tersedia juga jack audio 3,5 mm.

Dua port USB tipe=C pada laptop ini mendukung pengisian daya cepat dan bisa dihubungkan dengan tampilan eksternal beresolusi 4K. Port tersebut juga mampu melakukan transfer data berkecepatan 40 Gbps. Pengalaman konferensi video pada laptop ini didukung kamera IR FHD yang dilengkapi efek visual khusus dan AI noise-cancelling. Kamera tersebut juga mendukung sistem login Windows Hello melalui fitur pemindaian wajah.

Touchpad ASUS ErgoSense pada Zenbook S 13 OLED (UX5304) kini muncul dengan ukuran yang 9,5% lebih besar. Dengan perubahan ini, navigasi menjadi lebih mudah, nyaman, dan responsif, ditambah dengan lapisan anti-sidik jari yang memudahkan proses pembersihan.

Baca juga: ASUS Zenbook S 13 OLED (UM5302), Ringan Hanya 1,1 kg!

Desain Ramah Lingkungan

Zenbook S 13 OLED (UX5304) dirancang dengan teknik dan material yang inovatif sehingga tampil lebih ringkas dan ringan dibandingkan pendahulunya. Tim engineering ASUS berhasil menyematkan kamera IR FHD yang berukuran lebih kecil langsung ke dalam bagian layar. Penyematan kamera yang memiliki fitur lengkap ini ke layar diproses dengan teknik CNC. Layar laptop pun menggunakan panel OLED yang lebih ramping, sehingga bagian layar 30% lebih tipis.

Proses CNC yang presisi juga digunakan pada bodi utamanya sehingga ruang komponen menjadi lebih luas tanpa mengorbankan durabilitas. Papan sirkuit laptop ini menggunakan lebih sedikit lapisan, kerapatan kabel lebih tinggi, dan lebih banyak transistor. Hasilnya, kinerja lebih baik dengan bobot lebih ringan di ruang yang lebih ringkas. Motherboard dirancang presisi untuk menampung dua kipas yang sangat tipis untuk meningkatkan aliran udara sehingga pendinginan lebih baik. Semuanya membuat bagian bodi utama laptop dapat hadir dengan ukuran 25% lebih tipis.

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Bodi laptop menggunakan bahan plasma ceramic aluminium yang diproses dengan teknik eksklusif menggunakan air murni dan listrik. Proses ini hanya membutuhkan air murni dan listrik tanpa kebutuhan senyawa organik berupa asam kuat dan logam berat. Teknik khusus ini menghasilkan bodi laptop yang tahan korosi, durabilitas lebih baik dan masa pakai yang panjang. Hal ini tentu saja mengurangi dampak kerusakan pada lingkungan.

Bobot ringan laptop ini didukung penggunaan material magnesium-aluminium yang juga diproses dengan teknik CNC. Bahan ini digunakan pada penutup keyboard, rangka dan bagian layar sehingga mengurangi jejak karbon lebih dari 50%. Hasilnya, laptop ini memiliki struktur yang kokoh tanpa membutuhkan penyangga tambahan. Pada touchpad pun digunakan penutup kaca yang sangat tipis sehingga mengurangi ketebalan sampai 25% di bagian keyboard deck. Perpaduan teknik produksi dan bahan berkualitas tinggi ini menghasilkan laptop yang sangat ultraportabel. Tombol dan speaker pada Zenbook S 13 OLED juga diproduksi dengan plastik daur ulang.

Kepedulian ASUS terhadap lingkungan diwujudkan dengan proses produksi laptop yang ramah lingkungan dan penggunaan bahan daur ulang. Hal ini sesuai dengan komitmen ASUS pada prinsip ‘Do More with Less’. Siklus hidup Zenbook S13 OLED (UX5304) yang ramah lingkungan dan hemat energi berhasil membuat laptop menyandang sertifikasi EPEAT Gold. 

ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Penilaian sertifkasi dilakukan terhadap bahan dan proses pembuatan, perakitan, penggunaan sampai proses daur ulang di akhir masa pakai. Kemasan laptop ini pun menggunakan 100% kertas bersertifikat FSC Mix. Sertikat diberikan pada hutan yang dikelola secara bertanggung jawab, kayu terkontrol dan sumber daya daur ulang. Kertas ini dapat didaur ulang 100% dengan bahan yang bisa dipakai sebagai kompos. Bahan penyangga dalam kemasan laptop bahkan bisa dipakai kembali sebagai dudukan laptop.

Hal ini menjadikan Zenbook S13 OLED (UX5304) cocok untuk pengguna yang peduli pada lingkungan. Siklus hidup laptop ini dirancang untuk mengurangi jejak karbon, menjadikannya laptop yang ramah lingkungan.

Pembelian laptop ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304MA) dapat dilakukan melalui situs resmi ASUS dan beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304MA) di Blibli
Klik untuk membeli ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304MA) Tokopedia

Klik untuk membeli ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304MA) di Shopee

Spesifikasi Zenbook S 13 OLED (UX5304)

CPU

Intel® Evo™ Platform

Intel® Core™ i7-1355U 1,7 GHz (12 MB Cache, sampai 5,0 GHz, 10 cores, 12 Threads)

Sistem Operasi

Windows 11 Home

Memori

DDR5 16  GB

Media Penyimpanan

SSD Performance PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 1 TB

Layar

13,3-inch ASUS Lumina OLED, 2,8K (2880 x 1800) 16:10, 60Hz, 0,2  ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, 550nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light, Anti-Flicker

Grafis

Intel® Iris® Xe Graphics

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Konektivitas

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.3

Kamera

1080P FHD IR Camera for Windows Hello

Audio

AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology

Baterai

63WHrs, 2S2P, 4-cell Li-ion

Dimensi

29.62 x 21.63 x 1.09 ~ 1.18 cm

Bobot

1 kg

Warna

Basalt Grey

Harga

Rp23.999.000

Garansi

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini