Huawei Cloud Indonesia Fintech Summit 2023 Giatkan Inklusi Keuangan Digital Huawei Cloud Indonesia Fintech Summit 2023 Giatkan Inklusi Keuangan Digital ~ Teknogav.com

Huawei Cloud Indonesia Fintech Summit 2023 Giatkan Inklusi Keuangan Digital

Teknogav.com – Huawei bersama dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menyelenggarakan Huawei Cloud Indonesia FinTech Summit 2023. Tema yang diusung pada Summit tersebut adalah ‘Unlocking New Growth in FinTech with Huawei Cloud’. Percepatan inklusi keuangan digital di Indonesia didiskusikan para partisipan yang mencakup lebih dari 80 perwakilan fintech, mitra, regulator dan perbankan.

Inisiatif baru yang berkenaan dengan Program Inovasi Keuangan pun diluncurkan Huawei Cloud, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sejumlah institusi keuangan. Beberapa misi bersama berikut ini diusung melalui inisiatif tersebut:

  • Eksplorasi dan penyelenggaraan berbagai layanan dan solusi keuangan digital terkini
  • Memperkuat kerja sama antar perusahaan fintech
  • Mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)
  • Memperkuat ekosistem keuangan digital di Indonesia

Baca juga: Gelar Huawei Cloud Indonesia Summit, Jakarta Region Segera Meluncur

“Huawei Cloud bertujuan untuk menjadi pemimpin generasi cloud baru.  Membangun landasan cloud yang kokoh adalah inisiatif utama untuk mencapai visi kami. ” Kami bermaksud menjadi kontributor yang kuat untuk transformasi digital Indonesia melalui pusat data lokal, layanan lokal, dan ekosistem lokal kami.” ucap James Zhang, CEO Huawei Cloud Indonesia.

James Zhang, CEO of Huawei Cloud Indonesia

Kontribusi Huawei sebagai perusahaan teknologi yang terlibat dalam pengembangan inovasi keuangan digital di Indonesia pun diapresiasi oleh Bambang W. Budiawan, Deputi Komisioner Pengawas Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK. Tahun 2023 ini, OJK memiliki sasaran indeks inklusi keuangan Indonesia di tingkat 90%. Cara paling efektif dalam mewujudkan sasaran ini adalah dengan membangun ekosistem digital keuangan.

Bambang W. Budiawan, Deputi Komisioner Pengawas Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK

“Guna memitigasi risiko yang terdapat di cloud, salah satu elemen krusial yang perlu diperhatikan oleh perusahaan jasa keuangan adalah kelengkapan kerangka program manajemen risiko dan pengawasan yang ditawarkan oleh penyedia cloud. Kerangka program tersebut meliputi uji tuntas (due diligence) dan monitoring, metrik evaluasi performa, keamanan, kontrol risiko dan perencanaan tanggap darurat,” ucap Bambang.

Satwika Daksawardhana, Vice President PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC)

Apresiasi terhadap Huawei juga disampaikan oleh Satwika Daksawardhana, Vice President PT Bank Neo Commerce Tbk. (BNC). Menurutnya, BNC sangat beruntung memiliki mitra Huawei Cloud yang andal dan terpercaya sehingga dapat memastikan mulusnya semua proses. Bekerja sama dengan para mitra untuk melayani berbagai nasabah merupakan salah satu strategi BNC. Sementara strategi tersebut memiliki risiko keamanan dan tidak fleksibelnya arsitektur yang dibangun. Mitra yang andal dan terpercaya dapat mengatasi hal tersebut sehingga semua proses berjalan lancar.

Baca juga: Ayoconnect Jalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri dan ICON+

James Huang, Direktur Global Fintech Solution Huawei Cloud

"Huawei Cloud telah memiliki pengalaman panjang selama bertahun-tahun dalam menyediakan layanan kepada pelanggan dari sektor keuangan di seluruh dunia. Dengan data center yang berada di berbagai lokasi utama di dunia, Huawei Cloud menawarkan layanan full-stack cloud dan platform kerja sama berkualitas tinggi yang menjadikannya sebagai pilihan ideal bagi seluruh penyedia layanan keuangan yang membutuhkan mitra cloud yang andal dan tepercaya,” ucap James Huang, Direktur Global Fintech Solution Huawei Cloud.

Komitmen Huawei Cloud untuk senantiasa mendukung pertumbuhan digital dipertegas dengan motto layanan ‘Everything-as-Service’. Huawei Cloud menawarkan kepada perusahaan fintech layanan-layanan komputasi, penyimpanan, dan jaringan sumber daya dari jaringan global tunggal, serta fitur layanan terdepan yang di dalamnya terdapat konvergensi pengolahan big data dengan teknologi kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI). Berbagai solusi keuangan digital pun disediakan Huawei di beberapa kategori berikut ini:

  1. Inovasi tangkas: aplikasi cloud-native Huawei Cloud untuk mendukung perusahaan fintech menangani transaksi dalam jumlah besar di tengah ketatnya persaingan bisnis.
  2. Pengelolaan risiko cerdas: pengendalian risiko yang lebih cerdas pada bisnis pinjaman kecil untuk mengurangi risiko kredit macet dengan konvergensi big data dan AI
  3. Solusi operasional cerdas: solusi ini mencakup call center, untuk membantu perusahaan fintech meningkatkan akuisisi nasabah dan retensi.
  4. Kepatuhan dan keamanan: Huawei Cloud memiliki lebih dari 100 sertifikasi keamanan dan kepatuhan untuk membantu memenuhi kepatuhan dan regulasi. Solusi Huawei Cloud Geo-Redundant Disaster Recovery (DR) memiliki level keamanan yang tinggi bagi data nasabah yang tersimpan di cloud.  

Baca juga: Product Tech Connect by Ayoconnect Bahas Prediksi Ekosistem Fintech 2023

Keandalan serangkaian produk Huawei Cloud dan dukungan profesional berkelanjutan memberikan pengalaman layanan cloud yang baik dan produktif bagi perusahaan fintech. Huawei berkomitmen untuk bekerja sama dengan perusahaan fintech dan regulator untuk meningkatkan dan memperkuat inklusi keuangan digital. Hal ini dilandasi teknologi cloud yang canggih dan dilengkapi solusi keuangan digital yang menyeluruh. Upaya ini juga berperan dalam memberikan kekuatan baru dalam ekonomi digital di Indonesia.

Share:

Artikel Terkini