Kaspersky Ungkap Konten Kegemaran Anak-anak selama Mei 2022-April 2023 Kaspersky Ungkap Konten Kegemaran Anak-anak selama Mei 2022-April 2023 ~ Teknogav.com

Kaspersky Ungkap Konten Kegemaran Anak-anak selama Mei 2022-April 2023


Teknogav.com – Seiring perkembangan teknologi, anak-anak masa kini pun sudah menggunakan perangkat digital dan menjelajahi ranah siber sejak dini. Anak-anak tersebut menjalin pertemanan, bermain game dan belajar di dunia siber tersebut. Secara rutin, Kaspersky pun menerbitkan laporan Kaspersky Safe Kids mengenai minat anak-anak dunia siber tersebut. Pada laporan periode Mei 2022-April 2023, diungkapkan bahwa Baby Shark, video ASMR dan Beluga merupakan tren anak-anak dalam setahun belakangan.

Laporan Kaspersky menunjukkan bahwa istilah ‘Baby Shark’ paling banyak dicari anak-anak di YouTube. Sementara itu, blogger gaming yang paling tren adalah Aphmau, Dream dan Technoblade. Lalu Miraculous: Tales of Ladybug & Cat Noir dan MSA previously My Story Animated merupakan kartun terpopuler yang ditonton online.

Baca juga: Ini Serial dan Game yang Digemari Anak-anak selama Agustus-November 2022

Dalam memahami minat dan ketertarikan anak-anak selama setahun terakhir, Kaspersky memeriksa pertanyaan online mereka. Dasar analisis baru tersebut menggunakan data anonim, kueri penelusuran, aplikasi Android terpopuler dan kategori situs web yang diminta. Data-data ini diberikan secara sukarela oleh pengguna Kaspersky Safe Kids.

Berikut ini adalah daftar aplikasi terpopuler untuk Android secara global dan di Indonesia selama periode Mei 2022-April 2023:
Global    Indonesia

Global
Indonesia
YouTube (33%)
YouTube (27,29%)
TikTok (18%)
WhatsApp (25,26%)
 WhatsApp (18%)
TikTok (17,81%)
Roblox (7%)
 

Baca juga: AV Comparatives Setujui Sertifikasi Kaspersky Safe Kids untuk Windows

Berikut ini adalah daftar aplikasi terpopuler untuk Windows secara global dan di Indonesia selama periode Mei 2022-April 2023:

Global

Indonesia

Google Chrome (46%)

Google Chrome (40,82%)

Microsoft Edge (13%)

Microsoft Edge (11,35%)

Discord (10%), aplikasi komunikasi favorit anak-anak

Roblox (10,5%)


Secara global, berikut ini adalah channel dan blogger yang paling sering ditelusuri anak-anak di YouTube:

  • Hiburan, tantangan atau gaya hidup (19%)
  • Kartun, acara TV dan anime (17%)
  • Pemain musik (15,7%)
  • Vlogger game (15,5%)
  • Konten Game (10%)

Blogger dan channel yang paling tren adalah MrBeast dan SSSniperWolf adalah yang paling tren. Penelusuran tersering kategori kartun (46%) adalah Miraculous: Tales of Ladybug & Cat Noir season 5, dan MSA previously My Story Animated. Anime dengan jumlah permintaan terdepan (16) adalah Chainsaw Man, Demon Slayer, dan One Piece. Film yang paling disukai anak-anak adalah Super Mario Bros., Black Panther: Wakanda Forever, Rock Dog 3: Battle the Beat. Lagu yang paling banyak dicari anak-anak adalh ‘Baby Shark’. Sedangkan musik yang paling menjadi preferensi adalah grup pop Korea BLACKPINK dan BTS, genre rap, dan artis Puerto Rico Bad Bunny.

Baca juga:  Inspirasi Kado Natal Bagi Anak Berdasarkan Analisis Kaspersky Safety Kids

Blogger game dengan tren teratas berdasarkan jumlah permintaan adalah Aphmau, Dream dan Technoblade. Selain Roblox dan Minecraft, game paling difavoritkan anak-anak adalah Brawl Stars, Fortnite, Genshin Impact, dan Stumble Guys. Tren populer lain mencakup kueri terkait Gacha Life, ini termasuk video dari game, TikTok, mini movies dan lain-lain. 'Beluga', 'skibidi bop', 'gigachad', dan 'countryhumans' merupakan meme paling populer di kalangan anak-anak. Video ASMR juga sangat populer, dengan suara yang paling banyak dicari adalah 'Asmr eating' dan 'asmr makeup'.

meme kucing Beluga

“Tahun lalu kaya akan acara yang menarik bagi penonton kalangan anak-anak. Selain tema Evergreen yang secara konsisten populer di kalangan anak-anak, ada banyak cerita ‘musiman’ yang terkait dengan rilis film animasi baru. Pada saat yang sama, semua tren ini sama pentingnya dan menarik bagi anak-anak. Ini berarti orang tua dapat bergabung dan melihat lebih dekat untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan sang buah hati. Dalam hal ini, solusi asisten orang tua yang andal sangat bermanfaat selain menjaga keamanan anak-anak di jaringan, itu juga dapat menampilkan apa yang mereka minati,” ucap Anna Larkina, pakar analisis konten web di Kaspersky.

Tips Dapatkan Pengalaman Online Positif bagi Anak-anak

Kaspersky memberikan beberapa rekomendasi berikut ini agar anak-anak senantiasa mendapatkan pengalaman online yang positif:

  • Ikut terlibat dalam kegiatan online anak sejak usia dini, sehingga menjadi norma rutin. Anak-anak pun dapat sambil dibimbing dalam praktik keamanan online
  • Manfaatkan aplikasi kontrol orang tua. Diskusikan juga topik tersebut dengan anak untuk menjelaskan cara kerja aplikasi dan alasan dibutuhkan agar tetap aman saat online
  • Buat percakapan mengenai ranah siber lebih menyenangkan dan menarik dengan pembahasan melalui permainan atau format hiburan lain bersama anak
  • Habiskan lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan anak mengenai tindakan keamanan online. Perhatikan kebiasaan diri. Apakah menggunakan smartphone saat makan atau mengobrol? Lihat apakah ada pola anak-anak yang meniru kebiasaan tersebut? Apakah mereka bereaksi dengan cara yang berbeda saat Anda menyimpan ponsel?
  • Minta anak untuk tidak menyetujui pengaturan privasi apa pun dan meminta bantuan dari orang tua. Orang dewasa harus membiasakan diri membaca semua perjanjian privasi

Demikianlah beberapa tips terkait pengalaman siber yang positif bagi anak-anak.

Share:

Artikel Terkini