Huawei Cloud E-commerce Summit Bahas Peluang yang Dihadirkan Teknologi Cloud Huawei Cloud E-commerce Summit Bahas Peluang yang Dihadirkan Teknologi Cloud ~ Teknogav.com

Huawei Cloud E-commerce Summit Bahas Peluang yang Dihadirkan Teknologi Cloud

Teknogav.com – Ajang Huawei Cloud E-commerce Summit resmi dibuka Huawei pada 31 Mei 2023 di Jakarta. Tema yang diusung ajang tersebut adalah ‘Mendorong Pertumbuhan Baru di Sektor E-commerce dengan Huawei Cloud’. Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) serta lebih dari 100 perusahaan e-commerce, layanan pembayaran dan logistik hadir di ajang tersebut. Seputar topik perkembangan e-commerce di Indonesia di masa depan dibahas Huawei Cloud bersama para mitranya. Selain itu, dibahas pula berbagai peluang baru yang ditawarkan oleh teknologi cloud.

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Huawei Cloud untuk meluncurkan serangkaian solusi E2E dan praktik terbaik untuk pembuatan situs web e-commerce. Selain itu, dibahas juga mengenai akuisisi pengguna, penempatan pesanan selama promosi, serta hal-hal yang berkaitan dengan logistik dan distribusi. Berbagai pandangan para pimpinan industri, eksekutif berbagai perusahaan dan pakar teknis disampaikan meraka di konferensi e-commerce ini.

James Tan, Solution and Sales Director, Huawei Cloud APAC

Perkembangan e-commerce di Indonesia dibahas oleh Budi Primawan, Wakil ketua idEA. Beliau mengungkapkan bahwa jumlah penduduk Indonesia yang banyak dan tingkat pertumbuhan yang tinggi mendorong besarnya potensi pasar Indonesia. Menurutnya, perusahaan-perusahaan e-commerce perlu memanfaatkan teknologi digital cloud untuk mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi. Ini karena pemanfaatan teknologi digital cloud dapat meningkatkan daya saing e-commerce, baik dari aspek orang, barang, maupun saluran.

Budi Primawan, Wakil Ketua idEA

James Tan, Solution and Sales Director Huawei Cloud APAC mengungkapkan sejumlah solusi yang dimiliki Huawei Cloud untuk menghadapi situasi tersebut.

"Solusi e-commerce yang dihadirkan Huawei Cloud bertujuan untuk membantu pelanggan di sektor e-commerce mencapai tingkat pertumbuhan baru. Kami telah membantu IDOL GROUP untuk memperoleh wawasan 360° yang menyeluruh terhadap kelompok-kelompok konsumen. Wawasan ini memungkinkan mereka meningkatkan efisiensi strategi penjangkauan pelanggan, dan mendukung VMALL dalam membangun platform yang dinamis, lincahdan elastik. Dukungan ini untuk menciptakan pengalaman pengguna yang fantastis selama periode promosi. Sekaligus dilakukan untuk membantu CARRO mengembangkan sejumlah model inovatif untuk meningkatkan angka konversi pelanggan,” ucap James Tan.

Bryan Tan, Chief Datascientist di CARRO Group dan CEO CARRO Indonesia

Banyak pelaku e-commerce yang berhasil mempercepat pertumbuhan bisnisnya dengan dukungan Huawei Cloud. Hal ini dilakukan melalui penggunaan teknologi digital berbasis cloud. CARRO telah mengembangkan berbagai model yang inovatif dengan mengandalkan teknologi AI dari Huawei Cloud.

"CARRO mengembangkan model inovatif ‘160 Point Inspection’ berbasis AI Huawei Cloud. Model ini sukses memangkas waktu proses pendeteksian mutu mobil hingga 80%. Kami dapat melakukan inspeksi mobil secara lebih akurat, terotomatisasi sepenuhnya, lebih cepat, menyeluruh, dan lebih profesional dengan cara ini,” ucap Bryan Tan, Chief Datascientist di CARRO Group yang merangkap CEO CARRO Indonesia.

Hal serupa dialami SIRCLO yang telah meningkatkan kapabilitas pembangunan situs web omnichannel dengan dukungan layanan cloud native dari Huawei Cloud.

"Guna memperkuat kapabilitas SIRCLO dalam aktivasi dan operasional niaga omnichannel, kami berkolaborasi dengan Huawei Cloud untuk mengeksplorasi berbagai inovasi mutakhir. Inovasi-inovasi ini mencakup mesin pencarian generasi terbaru, layanan pelanggan virtual dengan tingkat presisi tinggi, serta kecerdasan buatan atau AI,” ucap Muliadi Jeo, CTO SIRCLO. 

Baca juga: Usung Slogan Baru, SIRCLO Group Dukung Digitalisasi Pelaku Usaha

Muliadi Jeo, CTO SIRCLO

Big data e-commerce yang disediakan Huawei Cloud juga mendukung SiCepat menyempurnakan operasi logistik dan meningkatkan efisiensi. SiCepat adalah perusahaan logistik ekspres di Indonesia.

"SiCepat berkomitmen untuk menggunakan teknologi digital guna mengoptimalkan pengalaman pengguna dan meningkatkan layanan. Kami berkomitmen untuk menghadirkan produk yang lebih baik serta mengoptimalkan operasional, pengiriman, dan infrastruktur. Kami ingin menjadi mitra jasa pengiriman nomor satu bagi jutaan UMKM di seluruh Indonesia,” ucap Reska Donaga, VP of Product, SiCepat Ekspres Indonesia.

Baca juga: Pemanfaatan Cloud Optimalkan Kontribusi Startup dalam Mendukung UMKM

Reska Donaga, VP of Product SiCepat Ekspres Indonesia

Huawei Cloud merupakan perusahaan teknologi global yang bekerja sama dengan mitra e-commerce di berbagai belahan dunia untuk membangun ekosistem e-commerce. Ekosistem hasil kerja sama ini dapat membuka batasan-batasan antar-proses binis.Tim layanan global Huawei juga siap membantu e-commerce untuk melakukan transisi layanan mereka ke cloud.
 
Sejumlah perwakilan pelanggan Huawei Cloud dalam ekosistem e-commerce melakukan diskusi mendalam dengan eksekutif Huawei Cloud. Diskusi tersebut terkait dengan tren perkembangan e-commerce dan kontribusi teknologi Cloud dalam perkembangan tersebut. Budi Primawan berperan sebagai moderator dalam diskusi panel ini.

Diskusi panel Huawei Cloud E-Commerce Summit 2023 bertajuk “Unlock New Growth in E-Commerce with Huawei Cloud”

Konferensi ditutup dengan pengumuman peluncuran proyek Joint Innovation Camp yang dilakukan Sara, virtual human dari Huawei Cloud. Peluncuran ini dihadiri oleh para eksekutif Huawei Cloud, idEA, dan Lazada. Joint Innovation Camp merupakan platform untuk mengupas berbagai tren dalam industri, berbagi pengalaman manajemen dan meningkatkan pemahaman teknis.

Baca juga: HUAWEI CLOUD Tawarkan Model E3 untuk Percepat Pertumbuhan Industri Media

Investasi untuk penelitian dan pengembangan akan ditingkatkan Huawei Cloud ke depannya. Upaya ini dilakukan untuk menjaga keandalan inovasi Huawei Cloud dalam industri e-commerce. Selain itu, Huawei Cloud juga akan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Indonesia untuk memicu pertumbuhan baru di e-commerce. Dukungan bagi perkembangan industri e-commerce Indonesia pun akan senantiasa diberikan Huawei Cloud secara stabil dan sehat.

Share:

Artikel Terkini