Huawei MateBook, Laptop Ringan dengan Opsi Prosesor Intel atau AMD Huawei MateBook, Laptop Ringan dengan Opsi Prosesor Intel atau AMD ~ Teknogav.com

Huawei MateBook, Laptop Ringan dengan Opsi Prosesor Intel atau AMD

Teknogav.com – Huawei meluncurkan dua laptop ringan, yaitu Huawei MateBook D 14 dan Huawei MateBook D 15. Selain berbeda dari ukuran layar, kedua laptop ini juga memiliki perbedaan dalam hal prosesor yang digunakan. Sesuai nama, ukuran layar MateBook D 14 adalah 14 inci, prosesor yang digunakan adalah Intel Core i5-1240P. Sedangkan MateBook D 15 menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 5700U, dan tentu saja layarnya berukuran 15 inci.

Desain kedua laptop ini menggunakan bahan metal, sehingga cukup ringan dan memiliki durabilitas tinggi dengan tampilan yang terlihat premium. Bahan metal tersebut dapat meredam suhu panas dibandingkan dengan laptop yang menggunakan bahan plastik. Bobot Huawei MateBook D 14 hanya 1,39 kg dengan ketebalan 15,9 mm. Sedangkan bobot MateBook D 15 sekitar 1,63 kg. Kedua laptop tersebut terlihat cantik dengan warna Mystic Silver. 

Baca juga: Siap Meluncur 12 April, Ini Fitur-fitur Andalan HUAWEI MateBook D14 dan D15

Patrick Ru, Country Head of Huawei Device Indonesia

“Huawei memegang teguh komitmen untuk terus berinovasi menghadirkan terobosan mutakhir pada teknologi dan desain setiap produk yang diluncurkan. Seperti halnya pembaruan yang dilakukan pada kedua laptop ini dengan keandalan berupa desain full metal yang ringan dan premium. Laptop ini mengusung fungsi dan durabilitas terbaik di kelasnya. Hadir dengan spesifikasi tinggi untuk performa terbaik, kedua laptop ini hadir dengan harga terjangkau terutama bagi pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Hal ini memperkuat upaya berkelanjutan Huawei untuk menghadirkan berbagai perangkat yang mengakomodasi kebutuhan semua kalangan,” ucap Patrick Ru, Country Head of Huawei Device Indonesia.

Huawei MateBook D14

Prosesor Intel Core i5-1240P yang diusung pada Huawei MateBook D 14 adalah prosesor Intel Core generasi ke-12. Pemrosesan grafis pada laptop ini didukung prosesor grafis terintegrasi Intel Iris Xe graphis. Kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM 8 GB dan media penyimpanan berkapasitas 512 GB. 

Huawei MateBook D 14

Layar Huawei MateBook D 14 berukuran 14 inci dengan rasio layar ke bodi 90% dan rasio aspek 16:10. Kendati memiliki bezel yang tipis, Huawei masih bisa menyematkan kamera di bezel atas. Rasio aspek juga sangat cocok untuk mendukung produktivitas karena membuat ruang kerja terasa lebih luas. Tampilan data terlihat lebih banyak saat membuat dokumen atau mengolah data. Layar tersebut juga didukung anti-glare sehingga tetap nyaman dilihat walau di tempat silau. Kesehatan mata pun dijamin oleh sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland.

Baca juga: Huawei Tunda Luncurkan MateBook Terbarunya Akibat Perang Dagang

Desain laptop memungkinkan untuk memutar layar sampai 180˚, sehingga laptop terlihat rata di permukaan. Port yang tersedia cukup lengkap dengan USB tipe-C, USB 3.2 Gen 1, USB 2.0, HDMI dan jack audio 3,5 mm.

port di sisi kanan Huawei MateBook D 14

Konektivitas yang disajikan pun mumpuni berkat dukungan teknologi Metaline Antenna yang dapat menangkap sinyal Wi-Fi lebih baik. Jangkauan teknologi tersebut sampai 270 meter, sehingga menyajikan koneksi yang stabil dan luas. Kelancaran koneksi ini mendukung pengunduhan dokumen, mengurangi lag saat main game dan juga konferensi video. Kamera pada laptop juga didukung fitur Follow Cam yang memungkinkan untuk mengikuti pengguna saat bergerak. Kemampuan identifikasi tersebut memungkinkan posisi pengguna tetap di tengah layar sehingga terlihat profesional.

Perekaman suara 360° dari jarak hingga 5 meter juga dapat dilakukan dngan Personal Voice Enhancement yang kompatibel dengan earphone nirkabel. Suara pun terdengar tetap jernih berkat fitur AI noise cancelling yang immersif dan dua mikrofon di setiap sisi laptop. Kemampuan identifikasi suara juga memanfaatkan algoritma AI Model.

sensor sidik jari yang terintegrasi di tombol daya

Sumber daya laptop didukung baterai berkapasitas 56 Wh yang mampu bertahan sampai 13 jam sesuai dengan pengaturan dan penggunaan laptop. Login juga bisa dilakukan lebih cepat dengan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya. Pengalaman transfer file lintas perangkat Huawei juga dapat dilakukan dengan mudah memakai Huawei SuperHub. Fitur tersebut mendukung berbagai jenis file, kapasitas penyimpanan file sementara yang besar dan transfer data antar perangkat. Selain itu, terdapat fitur AI Search yang memudahkan pencarian file dengan cepat, bahkan bisa menampilkan pratinjau tanpa harus membuka dokumen.

Huawei MateBook D 15

Prosesor AMD Ryzen 7 5700U yang digunakan pada Huawei MateBook D 15 ini diproduksi dengan metode 7 nm. Kinerja prosesor ini didukung oleh RAM berkapasitas 8 GB dan sistem operasi Windows 11. Berbagai pengalaman khas Huawei disajikan oleh Huawei MateBook D 15, termasuk konektivitas Super Device dan recessed camera untuk privasi. Berbeda dengan Huawei MateBook D 14, posisi kamera pada Huawei MateBook D 15 ini masih disematkan pada salah satu tombol keyboard.

Baca juga: Review Lenovo IdeaPad Slim 3 15ALC6, Andalkan Ryzen 7 5700U

Huawei MateBook D 15

Layar laptop juga sudah menyandang  sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland yang menjamin dapat menjaga kesehatan mata. Rasio aspek layar 16:9 dengan dukungann Eye Comfort FullView. Laptop ini juga sudah didukung dengan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya untuk mempercepat login.

Harga dan Ketersediaan

Baik Huawei MateBook D 14, maupun Huawei MateBook D 15 akan tersedia mulai 23 Juni 2023. Harga Huawei MateBook D 14 adalah Rp10.499.000 dengan opsi cicilan mulai dari Rp3.499.667 per bulan selama tiga bulan. Sementara, Huawei MateBook D 15 dibanderol dengan harga Rp8.999.000 dengan opsi cicilan mulai dari Rp2.999.667 per bulan selama tiga bulan.

Jika ingin merasakan langsung menggunakan laptop ini, maka dapat mengunjungi Huawei Authorized Experience Store, gerai Erafone dan toko rekanan Huawei.

Pembelian Huawei MateBook D 14 dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Huawei MateBook D 14 di Blibli
Klik untuk membeli Huawei MateBook D 14 di Tokopedia

Klik untuk membeli Huawei MateBook D 14 di Shopee

Pembelian Huawei MateBook D 15 dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Huawei MateBook D 15 di Blibli
Klik untuk membeli Huawei MateBook D 15 di Tokopedia

Klik untuk membeli Huawei MateBook D 15 di Shopee

Huawei juga menawarkan early bird voucher sebesar Rp100 ribu yang dapat dibeli di platform Marketplace selama periode 16-22 Juni 2023. Voucher tersebut dapat digunakan pada periode penjualan perdana di tanggal 23 Juni – 9 Juli 2023. Selain itu, tersedia juga program cicilan 0% untuk pembayaran melalui SpayLater sampai 6 bulan. Tersedia juga cashback sampai Rp500 ribu untuk pembelian menggunakan kartu kredit. Khusus pembelian melalui Shopee dan Blibli, tersedia gratis ongkos kirim sampai Rp100 ribu. Sedangkan di Tokopedia tersedia voucher Tukar Tambah sampai dengan Rp1 juta.

Setiap pembelian laptop, tersedia bonus printer Canon PIXMA TS207, backpack Huawei, Microsoft 365 Personal dan mouse nirkabel. Total bonus tersebut adalah Rp1,9 juta. Tentu saja Huawei juga menyediakan layanan purna jual berupa garansi dua tahun. 

Huawei juga menyediakan program tukar tambah laptop lama dengan Huawei MateBook D 14 dan D 15 melalui program Trade-In Huawei. Nilai total yang bisa diperoleh dengan program ini lebih dari Rp11 juta. Program ini tersedia di HUAWEI Authorized Experience Store.

Telkomsel Orbit

Huawei juga berkolaborasi dengan Telkomsel menghadirkan Telkomsel Orbit Pro H2 yang menggunakan perangkat dengan teknologi modem 4G CPE. Perangkat tersebut mendukung jaringan Telkomsel 4G/LTE sehingga tangkapan sinyal lebih kuat. Kemampuan mengunduh perangkat tersebut sampai 300 Mbps dan mengunggah sampai 100 Mbps. Model tersebut telah mendapatkan pembaruan teknologi dan dibekali chipset andal Huawei yang menjamin transmisi jaringan internet lebih stabil.

Telkomsel Orbit

Kolaborasi antara Huawei dan Telkomsel juga mendukung kepraktisan saat memasang modem dan memilih paket internet melalui aplikasi myOrbit. Modem ini dapat terhubung sampai 64 perangkat, dan keamanannya didukung Huawei AI Life. Fitur tersebut dapat memutus perangkat yang tak diinginkan atau tak dikenal, dan juga didukung pengaturan Parental Control Setting.

Share:

Artikel Terkini