ROG Ally, Konsol Gaming Portabel Rasa Desktop Modular ROG Ally, Konsol Gaming Portabel Rasa Desktop Modular ~ Teknogav.com

ROG Ally, Konsol Gaming Portabel Rasa Desktop Modular

Teknogav.com - ROG Ally adalah konsol gaming portabel yang akan segera dihadirkan ASUS Republic of Gamers (ROG) di Indonesia. Layaknya PC, konsol ini menggunakan sistem operasi Windows 11, sehingga bisa memainkan game dari berbagai platform, bahkan game AAA. Kinerjanya pun ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Z1 Series terkini. Kestabilan kinerja prosesor tersebut pun dijaga oleh sistem pendingin inovatif. Selain itu, hadir juga sistem kontrol intuitif, perangkat lunak khusus dan layar sentuh dengan fitur lebih baik dibandingkan konsol game lain.

Desain ROG Ally yang ringkas dan ringan begitu ergonomis untuk dipegang, bobotnya hanya 608 gram sehingga nyaman dibawa bepergian. Para engineer di ROG merancang ROG Ally sejak lama sebagai konsol gaming portabel yang mudah dan nyaman digunakan. Tekstur khusus pada perangkat ini mencegah mudah tergelincir dari tangan. Pada bagian belakang pegangan tangan, terdapat desain segitiga yang dapat berfungsi sebagai penyangga. Desain ini mendukung kenyamanan menggunakan ROG Ally dari berbagai sudut.

Baca juga: Intel Gandeng Synnex Metrodata Indonesia untuk Pasarkan IDNUC yang Inovatif

Kompatibilitas Game dan Kinerja Konsol

Seperti telah disebutkan sebelumnya, sistem operasi Windows 11 mendukung game dari berbagai platform untuk dimainkan pada konsol ini. Berbagai platform tersebut mencakup Xbox, Steam, Epic Games, EA Play, GoG Galaxy dan UbiSoft Game. Kemampuan ini menjadikan ROG Ally fleksibel dalam pilihan game. Semua game dapat diakses dari Armoury Crate Special Edition (SE), demikian juga pengaturan profil untuk setiap game. Selain itu, Armoury Crate SE ini tentu saja juga berperan sebagai pusat kendali seluruh sistem.

Kinerja ROG Ally mengandalkan AMD Ryzen Z1 Series yang dibangun menggunakan arsitektur Zen 4 dan AMD RDNA 3. Varian tertinggi prosesor yang digunakan adalah AMD Ryzen Z1 Extreme yang memiliki konfigurasi delapan inti prosesor dan 16 thread. Kinerja komputasi grafis konsol in sampai 8,6 teraflop. Prosesor juga mendukung teknologi AMD FidelityFX™ Super Resolution dan AMD Radeon Super Resolution. Serangkaian teknologi tersebut menyajikan kinerja dan visual terbaik untuk game AAA maupun indie. Kinerja prosesor juga didukung oleh memori LPDDR5 6400 MHz berkapasitas 16 GB.

Media penyimpanan pada konsol ini menggunakan teknologi SSD PCIe® generasi ke-4 dengan kapasitas 512. Jika kapasitas tersebut masih kurang, tersedia juga slot kartu microSD UHS-II. Konektivitas yang disajikan pun mulus dengan dukungan teknologi Wi-Fi 6E.

Baca juga: Dell OptiPlex 7070 Ultra, Desktop Modular yang Ringkas dan Fleksibel

Sistem Pendingin Inovatif

Kestabilan kinerja saat memainkan game AAA di ROG Ally didukung oleh sistem pendingin ROG Intelligent Cooling. Sistem ini memanfaatkan sistem termal anti gravitasi sehingga kinerja pendinginan selalu optimal walau digunakan dalam berbagai kemiringan atau posisi. Dua komponen utama pada sistem termal anti gravitasi ini mencakup heatpipe anti gravitasi dan fluid dynamic bearing. Berbeda dengan heatpipe pada laptop, heatpipe anti gravitasi dirancang khusus agar dapat mengalirkan panas dengan baik di berbagai kemiringan. Hal ini dilakukan dengan menempatkan sistem khusus dalam heatpipe agar tetap dapat mengalirkan cairan yang membawa panas walau melawan gravitasi.

Sementara itu, fluid dynamic bearing ditempatkan di setiap kipas sehingga kipas dapat bekerja optimal di berbagai skenario penggunaan. Kipas juga dirancang tak mudah tersangkut saat ROG Ally digunakan dalam berbagai posisi. Selain itu, juga hadir penyaring debu khusus di bagian kipas demi menjaga kinerja pendinginan dalam jangka waktu panjang.

Layar Mumpuni

Layar konsol ini memiliki tingkat kecerahan, resolusi dan refresh rate yang sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan gamer. Resolusi layar tersebut adalah Full HD 1080p dengan refresh rate 120 Hz dan kecerahan maksimum 500 nits. Tingkat kecerahan tersebut mendukung untuk bermain game di luar ruangan. Tampilan visial yang berkualitas tanpa tearing atau stuttering didukung oleh teknologi AMD FreeSync™ Premium. Layar sentuh juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan navigasi pada Windows 11 jika dibutuhkan.

ROG Ally memungkinkan gamer memainkan game AAA, baik secara portabel maupun dengan menghubungkannya ke televisi atau layar eksternal lain. Perangkat ini bahkan dapat dioperasikan layaknya PC desktop dengan menyambungkannya ke GPU eksternal ROG XG Mobile.
 

Baca juga: Pre-order Portable Gaming PC AYANEO Geek Telah Dibuka

Pre-order ROG Ally akan mulai dibuka pada 27 Juni 2023 di ASUS Online Store. Tersedia MicroSDXC 128 GB untuk pemesanan ROG Ally selama masa pre-order. Selain itu, tersedia juga bonus tambahan berupa ROG Ally Travel Case untuk 100 orang pertama yang melakukan pre-order. Harga yang dibanderol pada ROG Ally dengan prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme adalah Rp11.299.000. Sedangkan untuk varian dengan prosesor AMD Ryzen Z1 adalah Rp10.099.00 yang kehadirannya akan menyusul/

Spesifikasi ROG Ally (RC71)

APU

AMD Ryzen™ Z1 Extreme Processor

CPU: “Zen4” architecture with 4nm process, 8-core / 16-threads, 24 MB total cache, up to 5.10 GHz boost

GPU: AMD Radeon™ Graphics (AMD RDNA™ 3, 12 CUs, up to 2.7 GHz, up to 8.6 Teraflops)

AMD Ryzen™ Z1 Processor

CPU: “Zen4” architecture with 4nm process, 6-core /12-threads, 22MB total cache, up to 4.90 GHz boost

GPU: AMD Radeon™ Graphics (AMD RDNA™ 3, 4 CUs, up to 2.5GHz, up to 2.8 Teraflops)

TDP: 9-30W

Sistem Operasi

Windows 11 Home

Memori

DDR5 (6400MT/s dual channel) 16 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 512 GB

Layar

7 inci, FHD (1920 x 1080) 16:9, IPS-level, glossy display, sRGB:100%, Gorilla® Glass DXC, Gorilla® Glass Victus™, Touch Screen (10-point multi-touch), Refresh Rate:120Hz, Response Time:7ms, Brightness:500nits, AMD FreeSync™Premium

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x ROG XG Mobile Interface and USB Type-C combo port (with USB 3.2 Gen2, support DisplayPort™1.4), 1x card reader (microSD) (UHS-II)

Konektivitas

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Triple band) 2*2 + Bluetooth® 5.2

Kontrol dan Input

Gamepad controls: A B X Y buttons, D-pad, L & R Hall Effect analog triggers, L & R bumpers, View button, Menu button, Command Center button, Armoury Crate button, 2 x assignable grip buttons

Thumbsticks: 2 x full-size analog sticks

Haptics: HD haptics

Gyro: 6-Axis IMU

Audio

AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Built-in array microphone, 2-speaker system with Smart Amplifier Technology

Baterai

40WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

28.0 x 11.1 x 2.12 ~ 3.24 cm

Bobot

608 g

Warna

Putih

Harga

Rp11.299.000 (AMD Z1 Extreme APU)

Rp10.099.000 (AMD Z1 APU – akan tersedia di kemudian hari)

Garansi

2 tahun garansi internasional

Share:

Artikel Terkini