Dukung Pariwisata, Indosat Gelar Kegiatan SheHacks 2023 di Labuan Bajo Dukung Pariwisata, Indosat Gelar Kegiatan SheHacks 2023 di Labuan Bajo ~ Teknogav.com

Dukung Pariwisata, Indosat Gelar Kegiatan SheHacks 2023 di Labuan Bajo

Teknogav.com  - Indosat Ooredoo Hutchison (Indonesia) menyelenggarakan lokakarya kewirausahaan perempuan di bidang teknologi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan SheHacks 2023. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan dukungan Indosat kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tujuan kegiatan ini adalah untuk memaksimalkan pemberdayaan sumber daya manusia dalam pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, termasuk Labuan Bajo.

Labuan Bajo merupakan destinasi prioritas wisata nasional, dan pada Mei 2023 telah menjadi tuan rumah ASEAN Summit. Berikutnya, kegiatan CSR Indosat di pilar Pemberdayaan Perempuan juga akan diselenggarakan di Borobudur, Jawa Tengah. Di kedua destinasi super prioritas ini, Indosat akan mengadakan program SheHacs Innovate, yaitu workshop offline dua hari bersama Kemenparekraf. Kegiatan ini ditujukan bagi para peaku pariwisata di kedua daerah tersebut. Pelatihan wirausaha pemula ini mencakup pemecahan masalah dan pengembangan inovasi yang berfokus pada pelanggan.

Baca juga: Majukan Perempuan, Indosat Gelar SheHacks 2023 dengan Tiga Program Baru

“Peluang UMKM Indonesia untuk go digital akan makin tumbuh dengan proyeksi sekitar 64% hingga tahun 2027. Perempuan, yang mayoritas menjadi pengelola UMKM, perlu dibekali dengan keterampilan pemanfaatan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia. Kami ingin memfasilitasi mereka dengan pendampingan dan pelatihan, khususnya di Labuan Bajo. Tujuan fasilitasi ini untuk mengembangkan solusi inovatif dari tantangan yang mereka hadapi di industri pariwisata. Kami ingin terus memberdayakan perempuan Indonesia untuk peran penting mereka dalam keluarga, lingkungan sekitar, dan juga kemajuan bangsa,” ucap Steve Saerang, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison.

Tiga hal yang perlu menjadi fokus pariwisata telah disampaikan Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia pada KTT ke-42 ASEAN 2023. Ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan infrastruktur, terutama konektivitas
  • Penguatan branding yang inovatif
  • Pengembangan pariwisata digital untuk meningkatkan pelayanan

Penyelenggaraan SheHacks Innovate bersama Kemenparekraf selaras dengan hal tersebut. Tujuan dari SheHacks Innovate adalah untuk mempersiapkan masyarakat sekitar dalam memperkokoh ekosistem pariwisata yang tangguh, inklusif dan berkelanjutan.

Baca juga: AWS Asah Kemampuan ML Perempuan dengan AWS DeepRacer Women's League

"Pada bidang kewirausahaan, Perempuan memiliki peranan dan potensi yang luar biasa di dalam perekonomian. Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5% dari total UMKM di Indonesia. Ini menjadi bukti bahwa perempuan di Indonesia khususnya Womenpreneur memiliki peran yang strategis terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Walaupun kondisi saat ini, masih ada pandangan stereotip yang kuat terhadap peran dan kemampuan wanita dalam dunia kerja, khususnya di bidang Teknologi. Terdapat studi dalam industri Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika (STEM) hanya 2 dari 10 perempuan memilih berkarir secara profesional di bidang STEM. Kami mengapresiasi program SheHacks 2023 yang telah mendukung perkembangan talenta digital khususnya pada perempuan,” ucap Yuana Rochma Astuti, Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf.

Menurutnya, SheHacks 2023 membuka peluang bagi para wanita untuk mendapat pelatihan, jaringan bisnis dan pendampingan dalam mengembangkan gagasan dan inovasi. Kegiatan tersebut juga mengembangkan komunitas yang tersebar, khususnya di 5 Destinasi Super Pariwisata. Program SheHacks ini selaras dengan arahan presiden pada ASEAN Summit untuk memperkkoh ekosistem pariwisata yang tangguh, inklusif dan berkelanjutan.

Lebih dari 75 pelaku usaha lokal ikut serta dalam SheHacks Innovate di Labuan Bajo, mereka bergabung dan berbagi pengalaman bisnis. Tingginya antusiasme terhadap program ini terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar melalui website yang jumlahnya lebih dari 9.250 user. Pada tahap ideation, jumlah peserta lebih dari 8.750 dan 500 di antaranya merupakan startup pada tahap Most Viable Product MVP. Agenda berupa workshop offline selama dua hari dibagikan dalam tiga tahap, yaitu Formation Team, Building Solution dan Showcase.

Pembicara dalam workshop tersebut adalah Klemens Rahardja, Founder The Entrepreneurs Society dan Andi Iwaniswanto, Founder PT Adi kreasi Insan Fokus. Mereka berkecimpung di bidang training, coaching SDM dan Tour and Travel. Harapannya, program tersebut dapat membantu 15 perusahaan rintisan UMKM melalui kesempatan belajar mengenai Business Model, Market Validation, Prototyping & Pitching. Di setiap lokasi, di akhir program akan dipilih tiga bisnis terbaik oleh publik (People’s Choice).

Selain SheHacks Innovate, terdapat juga dua program lainnya yakni SheHacks Impacts dan SheHacks Improve. SheHacks Impacts merupakan program enam bulan untuk startup yang sudah meluncurkan produk dan berada di tahap MVP. Sedangkan, SheHacks Improve mencakup video pembelajaran untuk startup dalam mempelajari lebih lanjut mengenai membangun bisnis, sampai dipilih sebagai ide terbaik.

Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison Berkolaborasi dengan Kemenkominfo Luncurkan SheHacks 2022

SheHacks 2023 didukung oleh Indosat Digital Ecosystem (IDE), platform Business yang membantu entrepreneur dan pelaku bisnis dari Indosat. IDE by Indosat Business memberikan akses komunitas dan solusi kelas enterprise untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia. Ada tiga fitur dalam platform ini, yaitu IDE Academy, IDE Advisory, dan IDE Marketspace. 

“Indosat menjaga layanannya selama penyelenggaraan ASEAN Summit lalu di Labuan Bajo. Kali ini kami juga ingin terus memberikan manfaat kepada masyarakat lewat program pemberdayaan perempuan, SheHacks. Kegiatan kolaborasi dengan Kemenparekraf ini menjadi wujud komitmen kami dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” pungkas Steve.

Share:

Artikel Terkini