Review Canon Pixma G4770, Printer Multitasking yang Efisien Review Canon Pixma G4770, Printer Multitasking yang Efisien ~ Teknogav.com

Review Canon Pixma G4770, Printer Multitasking yang Efisien

Teknogav.com - Canon PIXMA G4770 merupakan printer multitasking yang dapat digunakan untuk mencetak, memindai, mengopi dan melakukan faksimili. Printer ini pun dapat mencetak dengan efisien berkat penggunaan ink tank atau tangki tinta yang mudah diisi ulang. Pengoperasiannnya pun praktis, bisa menggunakan smartphone, laptop atau melalui panel di bagian depan printer tanpa harus terhubung dengan perangkat lain. Berikut ini adalah review Canon Pixma G4770, mulai dari unboxing, pemasangan sampai penggunaan.

Paket printer Canon PIXMA G4770 ini cukup bobot printer ini memang cukup berat, sekitar 7 kg. Ketika kemasan dibuka, terlihat satu unit printer, empat botol tinta, tiga kabel, dua print head, CD Driver dan tentu saja buku manual. Tiga kabel yang tersedia tersebut mencakup kabel daya, kabel RJ 422 dan kabel USB tipe-B 2.0 ke USB tipe-A.

isi paket Canon PIXMA G4770

Baca juga: Empat Printer Ink Tank Canon Terkini Efisien untuk Cetak Banyak

Desain Canon PIXMA G4770

Kendati memiliki bobot yang cukup berat, desain printer tidak memakan banyak tempat dan cocok di tempatkan di mana saja. Dimensi printer ini 416 x 337 x 212 mm. Tray untuk meletakkan kertas yang akan dicetak berada di bagian belakang printer dan bisa disesuaikan ukurannya sampai kertas Legal. Lebar maksimal untuk dicetak adalah 216 mm, dan bisa mencetak tanpa tepi. Kapasitas maksimum tray ini adalah 100 lembar untuk kertas polos dan 20 lembar untuk kertas foto.

Di bagian atas printer, terdapat tray untuk meletakkan kertas yang akan dikopi atau dipindai dalam jumlah banyak secara otomatis. Kapasitas tray ini sampai 35 lembar kertas dokumen. Tepat di bawah tray kertas tersebut terdapat ruang untuk menampung keluaran kertas yang telah dikopi atau dipindai. Jika bagian ini diangkat, terdapat permukaan scanner untuk pemindaian secara manual. Di bawahnya lagi, terdapat ruang untuk pemasangan print head dan tangki tinta di setiap pojoknya. Tangki tinta hitam terdapat di pojok kiri depan dan tiga tangki tinta warna berada di pojok kanan depan. Isi tangki mudah dilihat dari bagian wadah yang berwarna bening, sehingga bisa mengetahui saat tinta akan habis.

Canon Pixma G4770

Pada bagian depan printer terdapat panel untuk mengendalikan printer langsung. Di kiri depan terdapat tombol daya untuk menyalakan dan mematikan printer. Tombol untuk menampikan kode QR di panel berada di bawah tombol daya tersebut. Di bawahnya lagi merupakan tombol untuk menghubungkan printer ke smartphone. Bergeser ke kanan, terdapat tombol untuk menampilkan menu Home di panel dan tombol ‘Undo’ atau kembali di bawahnya. Di sampingnya, terdapat panel LCD monokrom berukuran 1,3 inci untuk menampilkan menu.  

Tampilan menu di LCD Canon PIXMA G4770

Baca juga: Canon PIXMA G570 dan G670 Hadirkan Sistem Tangki 6 Warna

Bergeser ke kanan LCD, terdapat numpad yang dapat digunakan untuk memasukkan nomor tujuan faksimili. Selanjutnya, di sebelah kanannya terdapat dua pilihan tombol Start, yaitu hitam putih di atas dan warna di bawahnya. Di bagian paling kanan, terdapat tombol Stop yang bisa digunakan untuk menghentikan operasi sewaktu-waktu, misalnya saat kertas menyangkut. Di bagian paling bawah printer, terdapat tray untuk mengeluarkan hasil cetak.

posisi port pada bagian belakang Canon Pixma G4770

Dua port RJ 422 berada di bagian belakang untuk mendukung fungsi faksimili di jaringan telepon PSTN. Sedangkan port daya dan port USB tipe-B 2.0 terdapat di sisi samping yang menghadap belakang.

Instalasi Printer

Lepaskan semua pita segel pada printer, lalu pasang kabel daya dan hubungkan ke sumber listrik. Kemudian nyalakan printer dan buka printer untuk memasang print head. Pada paket, terdapat dua print head, yaitu print head untuk warna hitam dan warna. Pasang print head sesuai dengan slot di kompartemen print head tersebut. Setelah itu, isi tangki tinta ke 4 tangki berbeda, masing-masing warnanya adalah hitam, cyan, kuning dan magenta. Uniknya masing-masing kepala botol tinta GI71 ini memiliki pola yang berbeda, sehingga tidak akan tertukar saat menuang tinta. Tentu saja desain botolnya pun anti tumpah. 

tempat print head

kepala botol masing-masing botol tinta

Pilihan konektivitas yang tersedia di printer ini cukup lengkap, bisa langsung ke port USB atau dengan Wi-Fi. Pada review ini, laptop dihukungkan ke printer menggunakan kabel USB. Sedangkan smartphone dihubungkan ke printer secara nirkabel dengan Wi-Fi menggunakan aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY.

Pencetakan

Saat printer Canon PIXMA G4770 dihubungkan ke PC atau laptop melalui kabel USB, printer dapat langsung terdeteksi tanpa harus menginstal driver dari CD. Pencetakan dokumen atau foto pun dapat langsung dilakukan dengan memilih Canon PIXMA G4770 pada menu Print. Serunya, printer ini dapat mencetak borderless atau tanpa tepi dengan margin 0 di setiap sisi.

Pencetakan dokumen dan foto dapat juga dilakukan langsung dari smartphone secara nirkabel menggunakan koneksi Wi-Fi. Caranya dengan menginstal aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY dari Google Play atau App Store. Saat awal mencoba, sayangnya pairing agak tersendat. Dari menu di printer nyalakan koneksi Wi-Fi, demikian juga di smartphone. Lalu buka aplikasi Canon di smartphone dan tekan tombol pairing yang posisinya ada di paling bawah tombol daya selama tiga detik  sampai terdeteksi di smartphone

tampilan notifikasi sedang memproses dokumen

Ketika panel stuck terus menerus menampilkan informasi processing atau kembali ke menu utama, kami harus mematikan printer dan menyalakannya lagi. Kemudian tekan kembali tombol pairing lalu ikuti langkah selanjutnya. Menu utama aplikasi Canon Inkjet/SELPHY pada smartphone hanya dapat tampil setelah pairing berhasil. 

hasil cetak foto

Setelah itu pencetakan pun dapat dilakukan langsung baik dari PC maupun smartphone. Hasil pencetakan dokumen menggunakan laptop dan smartphone cenderung sama. Kecepatan pencetakkannya pun tak jauh berbeda. Sementara itu untuk pencetakan foto lebih mudah menggunakan aplikasi Canon untuk pengaturan ukuran dan posisi di kertas. Hasil cetak menggunakan aplikasi Paint di PC, cenderung geser atau berbeda dari Print Preview. Sedangkan hasil cetak dari smartphone langsung sangat pas dan sesuai dengan tampilan di layar smartphone. Hasil cetak cukup tajam tergantung dari resolusi dan kualitas gambar yang dicetak. Di review ini kami menjajal mencetak foto-foto band, baik dari kamera smartphone, hasil pemindaian dan pencarian di internet. Jadi tak perlu repot ke tukang cetak foto lagi saat ingin meminta tanda-tangan para artis di foto.

Pengkopian Dokumen

Nah, ini fungsi yang paling praktis, karena pengkopian dapat dilakukan langsung melalui menu di printer tanpa harus terhubung dengan perangkat lain. Tak perlu repot memasukkan kertas satu per satu dalam pemindai, cukup gunakan fitur Automatic Document Feeder. Caranya, letakkan dokumen yang akan dikopi di tray bagian atas printer kemudian pilih menu Copy dari panel. Kemudian tekan tombol Black untuk mengopi hitam putih atau Colour untuk mengopi berwarna. Praktis kan! Bagai memiliki mesin fotokopi pribadi dan bisa untuk mengopi secara berwarna pula. 

Canon PIXMA G4770

 
contoh kopi berwarna dengan Canon PIXMA G4770, dua halaman di kiri merupakan dokumen asli, dan dua halaman di kanan merupakan hasil kopi

Pemindaian Dokumen

Awalnya, tim Teknogav.com menguji pemindaian dokumen secara otomatis juga dari menu di panel printer, tetapi tidak berhasil. Akhirnya kami pun mencoba memindai dari menu di aplikasi Canon, di aplikasi tersebut dapat memilih format file hasil pemindaian, bisa berupa JPG atau PDF dan menentukan lokasi penyimpanam file. Cukup praktis ya, tidak perlu repot memotret dokumen satu per satu dari smartphone, cukup letakkan semua dokumen di tray, dan pemindaian pun dapat dilakukan dengan cepat. 

Pemindaian secara manual juga kami uji menggunakan PC, kami menggunakan aplikasi GIMP. Hasilnya tak jauh berbeda dengan layaknya menggunakan scanner khusus. 

menu pemindaian otomatis di panel Canon PIXMA G4770

tampilan menu di aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY

Printer Canon PIXMA G4770 ini dipasarkan oleh PT Datascrip. Harga yang dibanderol pada printer ini berada di kisaran Rp4,7 juta. Saat ini penjualan di Blibli berada di kisaran harga Rp3 jutaan. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

Klik untuk membeli Canon PIXMA G4770 di Shopee
Klik untuk membeli Canon PIXMA G4770 di Bhinneka
Klik untuk membeli Canon PIXMA G4770  di Tokopedia
https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Canon PIXMA G4770 di Blibli

Kelebihan

  • Mencetak dengan efisien
  • Multifungsi bisa untuk mencetak, mengopi, memindai dan faksimili
  • Praktis mencetak langsung dari smartphone 
  • Pemasangan tinta tidak mungkin tertukar karena kepala botol memiliki pola yang berbeda

Kekurangan

  • Instalasi awal agak membingungkan bagi yang baru menggunakan printer seri terkini
  • Pairing dengan smartphone agak tersendat di awal, tetapi setelah berhasil akan otomatis terhubung jika kembali dinyalakan
  • Pemindaian otomatis dari menu panel printer masih sulit dilakukan

Kesimpulan

Printer Canon PIXMA G4770 dapat menunjang produktivitas kerja. Berbagai kegiatan perkantoran mulai dari mencetak, mengopi, memindai sampai faksimili dapat dilakukan dari satu perangkat dan tidak memakan tempat layaknya mesin cetak multifungsi perkantoran yang berukuran besar. 

Share:

Artikel Terkini