Alomedika Wadahi Lebih dari 90.000 Dokter di Indonesia Alomedika Wadahi Lebih dari 90.000 Dokter di Indonesia ~ Teknogav.com

Alomedika Wadahi Lebih dari 90.000 Dokter di Indonesia

Teknogav.com - Alomedika adalah komunitas digital dokter di Indonesia yang hadir sejak tahun 2018. Komunitas ini merupakan bagian integral dari Alodokter dan berperan penting dalam menyediakan akses terkini mengenai praktik medis dan telemedisin. Keberhasilan Alomedika dalam meraih kepercayaan para dokter di Indonesia terlihat dari jumlah dokter yang bergabung sudah melebihi 90.000 dokter. Jumlah tersebut dicapai hanya dalam lima tahun. 

Platform komunitas dokter berbasis digital berperan penting dalam membuat layanam telemedisin menjadi lebih efektif dan efisien. Pada akhirnya, hal ini akan meningkatkan kualitas perawatan medis yang diberikan kepada pasien. Tentu saja, Alomedika berada di bawah pengawasan regulator dan Ikatan Dokter Indonesia. 

Baca juga: Alomedika eCourse, Kampus Online Khusus Dokter dari Alodokter

“Alomedika kami bangun menjadi bagian tak terpisahkan dari Alodokter karena kami ingin semua konten serta layanan yang ada di platform Alodokter telah diverifikasi dengan benar oleh dokter. Misi besar Alodokter adalah ingin menghadirkan ekosistem kesehatan lengkap, tidak hanya untuk pasien tapi juga untuk para dokter. Pengembangan Alomedika diharapkan dapat menjawab kebutuhan dokter masa kini bukan hanya menyajikan informasi medis terkini, tetapi juga memudahkan bertukar ilmu dengan sesama rekan dokternya. Alomedika mengedepankan interaksi nyaman dalam berbagi study case,  pandangan medis, guna mencapai peningkatnya kualitas layanan kesehatan di Indonesia yang merata, " ucap Suci Arumsari, Co-Founder & President Direktur Alodokter.

Kunci sukses berkembangnya Alomedika adalah kolaborasi. Salah satunya adalah kolaborasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai salah satu institusi yang menaungi. 

“Hadirnya komunitas dokter secara digital seperti Alomedika baik sekali adanya, karena dapat mendukung usaha pemerintah serta asosiasi seperti IDI mendistribusikan ilmu pengetahuan kedokteran bagi seluruh dokter di Indonesia. Ini semua sejalan dengan visi dan misi IDI yang salah satunya adalah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas profesi medis melalui pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan ilmu kedokteran, ” ucap dr. Ulul Albab, SpOG, Sekretaris Jenderal PB Ikatan Dokter Indonesia.  

Visi IDI tersebut sejalan dengan visi Alomedika yang mendukung para dokter di Indonesia untuk terus memperbarui ilmu kedokteran. Hal ini penting agar dokter tetap terdepan dalam pelayanan dan pengobatan pasien. 

Baca juga: Alodokter, IDI dan Dinkes Berkolaborasi Gelar Pelatihan Vaksinator

"Banyak  dokter yang praktik di lokasi yang cukup sulit dijangkau di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Kami berharap dapat mewujudkan pemerataan pengetahuan dengan kehadiran Alomedika di bawah naungan regulator dan asosias. Harapannya, masyarakat di seluruh Indonesia dapat memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas, termasuk pencegahan, diagnosis, dan pengobatan. Besar harapan Alomedika akan terus berkembang sehingga bisa merangkul seluruh dokter di Indonesia dalam semangat meningkatkan pelayanan kesehatan negara ini. Tentunya sembari terus mempromosikan prinsip etika medis yang tinggi dan integritas profesi, serta menjaga kehormatan dan martabat profesi dokter," ucap Dr Andi Marsali, Senior Vice President Alomedika Media Business. 

Fitur-fitur Unik Alomedika 

Pengembangan Alomedika dilakukan dengan teknologi yang memberikan kenyamanan layaknya platform media sosial lain. Bedanya, platform ini disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dokter. Algoritma dan fotur dirancang untuk meningkatkan kualitas interaksi pengguna sehingga nyaman bagi dokter untuk bertanya dan berdiskusi seputar kasus-kasus kesehatan. Mereka juga dapat membahas jurnal terkini di bidang medis. 

Berikut ini adalah beberapa fitur yang dikembangkan dalam platform Alomedika:

  • Fitur Personalisasi Home Feed untuk mengakses berbagai konten foto dan video di halaman utama. Pada fitur ini terdapat berbagai informasi medis, termasuk produk dan layanan untuk mendukung profesi kedokteran.
  • Fitur Konten Diskusi untuk melihat konten baru berupa foto dan video yang menyajikan berbagai informasi di halaman channel. Personalisasi fitur ini dilalulam dengan algoritma sehingga dapat memberikan rekomendasi diskusi yang sesuai dengan profil dokter
  • Fitur Follow yang mungkinkan untuk mengikuti suatu profil layaknya media sosial umum sehingga mudah mendapatkan informasi terkini 
  • Fitur E-course yang berisi e-course dari berbagai spesialisasi dengan biaya terjangkau. Pilihan modul-modul e-course dapat diakses setiap saat sesuai dengan jadwal praktik dokter. 
  • Fitur Specialist only post untuk membuat diskusi yang hanya bisa dibaca dokter-dokter dengan spesialisasi yang sama

Baca juga: Alodokter Hadirkan Aloproteksi Corporate untuk Lindungi Kesehatan Karyawan Perusahaan

Manfaat Alomedika ini telah dirasakan para dokter, salah satunya adalah dr. Raymond Suryaatmadja Sp.KK yang telah bergabung sejak tahun 2020. 

"Posisi praktik saya di kota Surabaya, sehingga terbatas untuk mengikuti simposium atau kursus perkembangan kedokteran yang sedang terjadi. Jika harus memghadiri secara fisik dan mencari  sendiri jurnal kesehatan terbaru di internet pastinya memakan waktu. Saya sangat terbantu dengan fitur diskusi antar-dokter di platform Alomedika, karena saya bisa bertanya dengan membuka diskusi dengan anonimus, sehingga tidak ragu untuk bertanya sampai hal sedetail  apa pun, " ucap dr Raymond. 

Share:

Artikel Terkini