PGE dan Universitas Pertamina Berkolaborasi Persiapkan SDM Berwawasan Keberlanjutan Energi PGE dan Universitas Pertamina Berkolaborasi Persiapkan SDM Berwawasan Keberlanjutan Energi ~ Teknogav.com

PGE dan Universitas Pertamina Berkolaborasi Persiapkan SDM Berwawasan Keberlanjutan Energi

Teknogav.com – Di masa depan, Indonesia menghadapi tantangan besar berupa keberlanjutan energi. Tantangan tersebut dapat dihadapi dengan keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Tentu SDM tersebut harus siap bersaing secara global dalam pengoptimalan ketersediaan energi yang bersih dan berkelanjutan. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) berkolaborasi dengan Universitas Pertamina yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman. Berdasarkan Nota Kesepahaman tersebut, tujuan kolaborasi ini adalah untuk menghasilkan SDM berkualitas di industri Energi Beru dan Terbarukan (EBT).

Baca juga: Terus Maksimalkan Potensi Panas Bumi, Ini Persiapan Pertamina Geothermal Energy 

Nota Kesepahaman antara PGE dan Universitas Pertamina ditandatangi di Jakarta pada Senin, 31 Juli 2023. Pada kesempatan tersebut, Julfi Hadi, Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk menyampaikan bahwa SDM berkualitas dapat menjawab tantangan keberlanjutan. Menurut penilaian Julfi, kerja sama tersebut merupakan bentuk saling mendukung tercapainya proses transisi energi yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Pertamina Geothermal Energy dan Schlumberger Berkolaborasi Optimalkan Potensi Panas Bumi

"Sebagai salah satu pelaku industri Energi Baru dan Terbarukan (EBT), masalah SDM menjadi perhatian besar kami. Dengan terciptanya SDM berkualitas yang lahir dari ekosistem pendidikan yang berkualitas, kompetitif dan berwawasan sustainability, maka separuh langkah menghadapi tantangan di masa depan sudah terjawab. Saya berharap kerjasama ini bisa membuat kedua belah pihak bisa mendukung tercapainya dekarbonisasi dan bisa menjadi bentuk dukungan terhadap agenda net zero emission 2060," ucap Julfi.

Pentingnya kolaborasi kedua pihak untuk mempersiapkan SDM siap pakai juga disampaikan Prof. Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, M.S., Rektor Universitas Pertamina. Beliau menekankan bahwa persiapan SDM berkualitas merupakan langkah strategis dalam menjawab tantangan energi. 

Baca juga: PGE Gunakan Teknologi Screw Expander PT Kaishan Orka Indonesia

"Kerjasama ini akan difokuskan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia. Universitas Pertamina sangat mendukung pembangunan SDM dalam aspek keberlanjutan melalui Sustainability Center. Semoga seluruh pekerja Pertamina memiliki mindset keberlanjutan dalam setiap kegiatannya dengan pembelajaran dan pelatihan aplikatif," ucap Prof. Wawan.

Menurut Prof. Wawan, kerja sama antara PGE dan Universitas Pertamina penting dilakukan demi mendukung visi sustainability Pertamina.

Share:

Artikel Terkini