Pertamina Geothermal Energy dan Schlumberger Berkolaborasi Optimalkan Potensi Panas Bumi Pertamina Geothermal Energy dan Schlumberger Berkolaborasi Optimalkan Potensi Panas Bumi ~ Teknogav.com

Pertamina Geothermal Energy dan Schlumberger Berkolaborasi Optimalkan Potensi Panas Bumi

Teknogav.com – PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) menjalin kerja sama dengan PT Schlumberger Geophysics Nusantara yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman. Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut dilakukan pada ajang Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (ConEX) 2023 yang digelar di ICE BSD Serpong. Berdasarkan Nota Kesepahamanan, PGE dan PT Schlumberger Geophysics Nusantara akan melakukan joint study. Joint study tersebut akan fokus pada upaya pengembangan sumur panas bumi yang akan menghasilkan pre-feasibility study.

Nota Kesepahaman ditandatangani Julfi Hadi, Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy dan Scott Cremin, Managing Director Indonesia PT Schlumberger Geophysic Nusantara. Penandatanganan Nota Kesephamanan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 13 Juli 2023.

Baca juga: Huawei Luncurkan Serangkaian Produk dan Solusi untuk Energi Terbarukan

“Kerja sama ini menjadi salah satu agenda penting terhadap kehadiran PGE di EBTKE ConEx 2023. Kami berharap rangkaian kerja sama yang sudah kami lakukan ini akan makin menguatkan posisi kami sebagai world class green energy company. Selain itu juga akan bermanfaat bagi pengembangan potensi panas bumi di Tanah Air,” ucap Julfi Hadi, Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy.

Baca juga: Solusi Teknologi Huawei Dukung Indonesia Atasi Masalah Pemanasan Global

Skema kerja sama tersebut juga akan diterapkan Area Karaha, Jawa Barat; Area Sibayak, Sumatera Utara; dan Area Lahendong, Sulawesi Utara. Kerja sama ini tak hanya sebatas aspek teknis, keuangan dan risiko. Kolaborasi antara PGE dan Schlumber ini merupakan yang kesepakatan strategis kelima yang dilakukan PGE di ajang EBTKE ConEx. PGE juga melakukan telah membuat kesepakatan kerja sama strategis dengan beberapa pihak lain demi mengembangkan bisnis. Upaya ini ijuga merupakan bagian dari strategi PGE dalam mencapai tingkat peningkatan kapasitas terpasang yang dikelola secara langsung. Targetnya kapasitas tersebut mencapai 1 gigawatt (GW).

Baca juga: Peduli Lingkungan, Huawei Kurangi Pencemaran dan Manfaatkan Energi Terbarukan

Julfi juga mengungkapkan antusiasme PGE akan kerja sama dengan Schlumberger tersebut. Menurutnya, keahlian teknologi Schlumber dan portofolio PGE dalam mengelola potensi panas bumi di Indonesia dapat bermanfaat bagi kedua pihak.

Share:

Artikel Terkini