DANA dan Great Nusa Berkolaborasi Persiapkan Talenta Digital Hadapi Dunia Kerja DANA dan Great Nusa Berkolaborasi Persiapkan Talenta Digital Hadapi Dunia Kerja ~ Teknogav.com

DANA dan Great Nusa Berkolaborasi Persiapkan Talenta Digital Hadapi Dunia Kerja


Teknogav.com
– Generasi muda merupakan aset penting untuk mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045. Dalam rangka mengoptimalkan potensi terbaik generasi muda di bidangnya, DANA berperan aktif mengedukasi dan memberikan wawasan untuk berlajar dan berinovasi. Salah satu kegiatan yang diinisiasi DANA adalah Festival DANAID8. Acara ini mengusung tema ‘Merdeka Berkarir di Dunia Digital, Karir di Masa Muda, Kini, dan Masa Depan’. Berbagai workshop dan talk show diisi oleh sejumlah pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang industri dan jenjang karir.

Sebelumnya Festival DANAID8 diselenggarakan virtual, kini ajang ini digelar langsung di tiga kota, yaitu Yogyakarta, Bandung dan puncaknya di Jakarta. Diskusi inspiratif dihadirkan bersama anak muda di berbagai daerah bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Para pembicara ahli yang relevan hadir di Festival DANAID8 untuk membahas berbagai topik sesuai kebutuhan anak muda saat ini. Beberapa topik tersebut mencakup karir, wirausaha, sampai strategi dalam memanfaatkan berbagai kemajuan digital.

Baca juga: DANA Gelar Webinar Rayakan Sumpah Pemuda Secara Virtual

Rangga Wiseno, Chief Product DANA Indonesia

“Festival DANAID8 merupakan wujud komitmen DANA dalam mendukung generasi muda Indonesia agar dapat merdeka dan sukses berkarir di dunia digital. Acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi anak muda untuk mengejar cita-cita dan meraih kesuksesan di masa depan. DANA ingin mengajak anak-anak muda untuk bisa mencapai puncak karir dengan kemampuan profesional yang optimal. Ajakan ini dilakukan melalui komitmen di bidang edukasi, dan upskilling talenta-talenta muda,” ucap Rangga Wiseno, Chief Product DANA Indonesia.

DANA Indonesia berkolaborasi dengan Great Nusa dari Bina Nusantara dalam menyelenggarakan Festival DANAID8, serta didukung juga oleh Kompas. Beberapa kegiatan mencakup Speed Career Coaching, Business Case Group Discussion dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan ini dilakukan untuk memberikan gambar mengenai apa yang harus dilakukan setelah lulus kuliah, karena dunia kerja dan dunia akademis sangat berbeda. Selain itu, tersedia juga hadiah dengan total senilai Rp4,5 juta.

"DANA tidak cuma melihat dari segi binis, tetapi juga dari segi kontribusi ke komunitas. Semua selalu dimulai dari diri sendiri. Eksplorasi karir, eksplorasi karya, semua dimulai dari saya. Selain program DANAID8, DANA juga memiliki program DANApprentice. Program tersebut merupakan kegiatan magang sekaligus mentorship selama setahun, kemudian dapat bekerja di DANA. Tujuan DANAID8 adalah untuk menutup celah ketidaktahuan saat masih di perkuliahan, agar tidak kaget saat memasuki dunia kerja. Jadi mereka bisa lebih siap," ucap Rangga.

Baca juga: DANA Dukung Program “Kampus Merdeka” Kemendikbud Ristek dengan DANApprentice 

Ikigai

Rangga menjelaskan bahwa letak keberhasilan yang selayaknya dapat dicapai ini sesuai dengan prinsip Ikigai. Prinsip ini adalah ketika minat cocok dengan keahlian dan dapat berdampak positif sekaligus dapat memenuhi kebutuhan hidup secara baik. Tren karir yang terus berkembang dinamis juga disampaikan oleh Nita Felia Pambudi, COO Great Nusa.

Berdasarkan proses penilaian dan pengamatan, kendala terbesar mahasiswa di era digital saat ini adalah komunikasi dan manajemen proyek. Terkadang programmer tidak memiliki nilai lebih dari programmer lain, hal yang dapat menjadikan mereka menonjol adalah kemampuan komunikasi. Jadi talenta digital pun harus menguasai softskill, karena kemampuan hardskill seperti pemrograman masih bisa dibantu oleh pemanfaatan chat GPT. Di DANA, ada proses onboarding untuk karyawan baru di hari pertama. Ada yang mendampingi untuk melakukan edukasi secara bertahap dan terus dipantau dengan buddy system.
Nita Felia Pambudi, COO Great Nusa
“Ada 6 skill wajib yang harus dimiliki oleh para first jobber yaitu time management, critical thinking, communication, teamwork, emotional management, digital leadership. Dibutuhkan kemampuan beradaptasi yang baik dan belajar berbagai hal baru untuk menghasilkan inovasi dalam berkarya dan kemampuan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk saling belajar demi masa depan Indonesia maju 2045,” ucap Nita.

Baca juga: DANA Lahirkan Inovasi dengan Berdayakan Pemuda-Pemudi Indonesia Berkompetensi Global 

Great Nusa ingin memberikan awareness juga, bahwa jika seseorang tidak berubah, maka bisa tertinggal. Seseorang harus mengetahui bahwa posisi mereka terancam dan dapat digantikan oleh AI, sehingga mau belajar untuk memiliki keahlian baru. Akademik tetap merupakan inti karena dapat mempertajam logika, tetapi dalam mempertajam penerapannya dibutuhkan pengalaman. Praktek pembelajaran terbaik adalah langsung di lapangan.

Andi Kurniawan, Content Creator dan CEO Bekal

Talk Show yang digelar juga menghadirkan Andi Kurniawan, Content Creator dan CEO Bekal. Menurutnya, kekuatan anak muda adalah kemampuan eksploratif dan berani melakukan sesuatu yang berbeda dan kreatif. Proses tersebut akan membawa dampak positif baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

“Dalam era digital yang terus berkembang, seorang konten kreator perlu lebih dari sekadar kreativitas. Salah satu poin yang perlu dikembangkan adalah personal branding yang kuat,” ucap Andi.

Puncak Festival DANAID8 digelar di Universitas Bina Nusantara Kampus Alam Sutera pada 28 Oktober 2023. Sekitar 2.000 anak muda kreatif ikut serta dalam rangkaian Festival DANAID8 di Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Serangkaian kegiatan Festival DANAID8 ini bertujuan untuk meningkatkan gagasan-gagasan untuk melakukan kolaborasi, networking dan lain-lain. Keberhasilan penyelenggaraan acara DANAID8 Festival memberikan harapan dalam mencetak talenta-talenta profesional andal di Indonesia. Harapannya, mereka dapat bersaing, merdeka berkreasi dengan menciptakan produk-produk dan inovasi yang berdampak positif bagi kemajuan bangsa dan negara.

Share:

Artikel Terkini