Berbagai Teknologi Tanggap Bencana Dipamerkan di EDRR Indonesia 2023 Berbagai Teknologi Tanggap Bencana Dipamerkan di EDRR Indonesia 2023 ~ Teknogav.com

Berbagai Teknologi Tanggap Bencana Dipamerkan di EDRR Indonesia 2023



Teknogav.com
– Pameran dan Konferensi ‘Emargency Disaster Reduction & Rescue (EDRR) Indonesia 2023, resmi dibuka di pada 19 Oktober 2023. Penyelenggaraan acara ini dilakukan di Hall B Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran sampai 21 Oktober 2023. Ajang ini  memamerkan berbagai solusi menyeluruh di bidang tanggap bencana dan kesiapsiagaan darurat di sektor publik dan swasta di Asia-Pasifik. Misi EDDR Indonesia 2023 adalah untuk menghadapi meningkatnya tantangan pada faktor keselamatan publik dan infrastruktur nasional, seiring meningkatnya berbagai ancaman. Saat ini, ancaman pun terasa makin rawan akibat perubahan iklim dan ketidakpastian kestabilain global.

Lebih dari 10.000 profesional lokal dan internasional, serta 150 delegasi VIP dari Indonesia dan kawasan Asia Pasifik. Berbagai lembaga dan organisasi juga turut mendukung EDRR Indonesia secara resmi, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
  • Badan Nasional Pencarian & Pertolongan (BNPP/BASARNAS)
  • Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  • Kepolisian Republik Indonesia (POLRI)
  • Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta
  • Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI)
  • Otoritas Ibu Kota Negara (OIKN)
  • Biro Pengembangan Perdagangan dari Kementerian Perdagangan Republik Rakyat Tiongkok (TDB)

Selain itu, hadir juga berbagai lembaga lain yang berkepentingan.

Baca juga: Global Sources Electronics Indonesia 2019 Siap Pertemukan Supplier dan Pebisnis

suasana pameran EDRR Indonesia 2023

“EDRR ini bisa menjadi platform holistik untuk membangun persepsi publik dan kesadaran atas peningkatan resiliensi nasional terhadap penanganan bencana melalui kerjasama antara pemerintah, lembaga internasional, serta masyarakat,” ucap Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/BASARNAS).

Marsekal Madya TNI Kusworo, S.E., M.M, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/BASARNAS).

Apresiasi terhadap EDRR Indonesia 2023 tersebut juga disampaikan Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si., Kepala Deputi Bidang Sistem dan Strategi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Teknologi dibutuhkan dalam seluruh siklus penanggulangan bencana, dari pra-bencana, persiapan dan kesiapsiagaan, lalu saat terjadi bencana, dan juga di masa rekonstruksi dan rehabilitasi. Menuju Indonesia Emas 2045, menuju bangsa yang memiliki ketahanan (resilience nation) di tahun 2045, Indonesia bisa maju dengan berbasis pada teknologi dan kolaborasi dengan berbagai negara lain seperti yang terlihat saat ini,” ucap Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si.

Dr. Raditya Jati, S.Si., M.Si., Kepala Deputi Bidang Sistem dan Strategi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Para ahli dari sektor-sektor pemerintahan dan berbagai badan usaha swasta hadir dalam acara ini untuk berbagi pengalaman berharga. Mereka dapat saling belajar menggunakan studi kasus, praktik-praktik terbaik yang pernah dilakukan dan berbagai keahlian terpenting untuk membahas berbagai masalah-masalah penting dalam bidang tanggap bencana.

Baca juga: Jelang Hari Terakhir, Pameran GSEI di JCC Terus Layani Business-Matching

Sejumlah 180 perusahaan berpartisipasi dalam pameran ini, mereka memamerkan berbagai produk, layanan dan teknologi canggih sesuai misi EDDR Indonesia 2023. Beberapa di antaranya adalah Blu-Med; GS Technology; Guodong Network Communication Group Co, Ltd; Hefei Insititute for Public Safety Research TSINGHUA University; MADE-IN-CHINA; MPMC POWERTECH CORP; SAIC MAXUS; dan Zhongnei Power.

salah satu robot untuk mengatasi situasi darurat yang dipamerkan

“Kami hadir di sini mengusung kerjasama untuk meningkatkan kemampuan kita semua dalam melindungi kehidupan, melindungi negara kita masing-masing melalui pencegahan bencana dan pertukaran pengetahuan. Platform ini merupakan bentuk kerja sama internasional untuk memperkuat kerjasama kedua negara ini,” ucap Minhao Zhou, Ketua Dewan Promosi Perdagangan Internasional Shanghai (Chairman of Council for the Promotion of International Trade Shanghai).

Baca juga: Bertepatan dengan Ulang Tahun ke-10, GSMA MWC Shanghai Resmi Dibuka

Menurut Minhao Zhou, misi EDDR adalah meningkatkan kemampuan pengelolaan bencana, dan mempromosikan teknologi keamanan untuk antisipasi dan penanganan pasca-bencana. Sesuai misi tersebut, pameran ini memiliki cakupan luas yang terkait dengan hal-hal berikut ini:

  • pengetahuan dan teknologi untuk pencegahan dan mitigasi bencana darurat
  • peralatan penyelamatan dan layanan-layanannya
  • peralatan pelindung
  • layanan industri keamanan
  • lmu keselamatan
  • peralatan penyelamatan darurat kebakaran
  • solusi penyelamatan komprehensif terbarukan, keamanan publik dan peralatan polisi

Pameran EDRR Indonesia 2023 juga akan membahas beberapa hal berikut ini:

  • solusi pengendalian banjir dan drainase perkotaa
  • perlindungan keselamatan industri
  • pencegahan epidemi
  • pelayanan darurat untuk industri
  • pembagian pengalaman darurat keselamatan

Baca juga: Huawei Dukung Infrastruktur Jaringan Kereta Cepat Indonesia China

Serangkaian sesi yang dihadirkan di EDRR Indonesia 2023 dapat diikuti secara gratis, termasuk berbagai seminar teknologi. Pameran ini juga membuka peluang bisnis yang luas, termasuk untuk membangun jaringan bisnis di berbagai sektor terkait. Berbagai komponen lain juga ikut serta dalam EDRR Indonesia 2023, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Forum KTT Kereta Api Internasional Asia dan Transit Kereta Api Perkotaan 2023 (The 2023 Asia International Railway and Urban Rail Transit Summit Forum)
  • Forum Investasi Ekonomi dan Perdagangan Tiongkok-Indonesia (The China-Indonesia Economic and Trade Investment Forum)

maket kereta di booth CRRC

Pameran Komoditas Merek Tiongkok (Indonesia) (The China Brand Commodity Show (Indonesia))
Serangkaian kegiatan penting EDRR Indonesia 2023, menjadikan ajang ini sebagai wadah pertemuan yang menyeluruh dan eksklusif bagi para pemangku kepentingan. Termasuk para pemimpin industri pun dapat memanfaatkan acara ini untuk memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

Share:

Artikel Terkini