Review ROG Strix SCAR 17 SE (G733C) Laptop Gaming Tercanggih Review ROG Strix SCAR 17 SE (G733C) Laptop Gaming Tercanggih ~ Teknogav.com

Review ROG Strix SCAR 17 SE (G733C) Laptop Gaming Tercanggih


Teknogav.com – Setelah menghadirkan ROG Strix SCAR 17 (G733Z) yang ditenagai Intel® Core™ i9-12900H, ASUS ROG kembali menghadirkan varian yang lebih tangguh. Seri tersebut adalah ROG Strix SCAR 17 Special Edition (G733C) yang ditenagai Intel® Core™ i9-12950HX. Tak hanya dibekali dengan prosesor Intel Core generasi ke-12 tercanggih saat ini, laptop gaming ini juga dibekali sistem pendingin inovatif. Selain itu ada sedikit perbedaan pada desainnya, yaitu ‘invisible ink’ yang diukir pada bodi. Ukiran tinta tersebut baru bisa terlihat jika disorot dengan sinar ultraviolet.

Selebihnya desain ROG Strix SCAR 17 SE masih mirip dengan ROG Strix SCAR 17 yang sangat bernuansa gaming. Fitur-fitur khas ROG Strix seperti Keystone II dan Armor Cap yang bisa dikustomisasi, kembali hadir di ROG Strix SCAR 17 SE. Nuansa gaming pun diperkuat dengan RGB LED yang disematkan pada setiap tombol keyboard. Selain itu, pada bagian bawah bodi terdapat RGB bezel glow.

Baca juga: ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition, Laptop Gaming Tangguh

Kinerja grafis laptop gaming ini pun makin gahar dengan kartu grafis diskret sampai NVIDIA® GeForce RTX™ 3080 Ti. Namun pada review kali ini, kartu grafis yang digunakan adalah NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 Ti. Keandalan tampilan grafis juga ditunjang fitur inovatif MUX Switch dan teknologi Adaptive Sync yang menjamin tampilan game terlihat mulus. 

Istimewanya, kestabilan kinerja setiap komponen pada ROG Strix SCAR 17 SE dijaga oleh peningkatan pada sistem pendingin. Kelebihan sistem pendingin pada ROG Strix SCAR 17 SE dibandingkan ROG Strix SCAR 17 adalah keberadaan Vapor chamber. Tentu saja pada laptop gaming ini masih dibekali ROG Intelligent Cooling™ yang dirancang khusus untuk mendinginkan semua komponen penting.

Port pada ROG Strix SCAR 17 SE pun lengkap, mencakup USB 3.2 tipe-A, HDMI dan jack audio combo 3,5 mm. Konektivitas nirkabel juga sudah didukung teknologi Wi-Fi 6E yang merupakan teknologi W-Fi terkini.

Sistem Pendingin pada ROG Strix SCAR 17 SE

Seperti telah disinggung sebelumnya, keistimewaan sistem pendingin pada ROG Strix SCAR 17 SE adalah adanya Vapor chamber. Vapor chamber ini dirancang untuk membantu mendinginkan semua komponen dengan melapisi 48,8% bagian mainboard. Desain ini memungkinkan pendinginan setiap komponen yang mencakup CPU, GPU, VRM, dan VRAM secara optimal. Vapor chamber ini terhubung langsung dengan heatsink berbahan tembaga yang dirancang presisi untuk melepaskan panas secara optimal. 

ROG Intelligent Cooling pada ROG Strix SCAR 17 SE mencakup penggunaan liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU. Liquid metal ini menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme yang bisa menyajikan suhu operasional sampai 15⁰C dibandingkan dengan thermal compound standar berbahan silikon.

Selain itu, pelepasan panas pada ROG Intelligent Cooling didukung dua kipas Arc Flow Fans yang memperlancar aliran udara. Kipas ini mencakup 84 bilah kipas yang dapat mengurangi kebisingan sehingga dapat bekerja lebih hening. Tingkat kebisingan sistem pendingin ini pun lebih rendah dibandingkan teknologi kipas di laptop ROG generasi sebelumnya. 

ROG Intelligent Cooling juga dilengkapi dengan Self-Cleaning Cooling 2.0, modul ini menjaga kinerja pendinginan dari waktu ke waktu. Desain laptop yang ditingkatkan memiliki terowongan anti debu yang lebih pendek, sehingga menyisakan 5% ruang lebih besar di sekitar kipas. Kondisi ini meningkatkan aliran udara sampai 15% sehingga mencegah debu yang menumpuk di bilah kipas, sirip heatsink dan komponen pendingin lainnya. Hal ini akan menjamin kesetabilan dan keandalan sistem secara jangka panjang.

Berbagai teknologi canggih pada sistem pendingin ROG Intelligent Cooling™ membuat ROG Strix SCAR  17 SE beroperasi optimal dengan kinerja maksimal. Ketika suhu CPU dan GPU kedua laptop ini berada di bawah 50⁰C, kipas akan otomatis berhenti berputar. Pada kondisi tersebut pendinginan dilakukan secara pasif.

Desain dan Konektivitas ROG Strix SCAR 17

Dimensi ROG Strix SCAR 17 SE cukup besar, yaitu 395 x 282 x 23,4 mm dengan bobot 3,1 kg. Kendati demikian dimensi dan bobot tersebut sepadan dengan ukuran layar yang memang cukup besar, yaitu 17 inci. Nuansa gaming pada ROG Strix SCAR 17 SE ini terasa kental dengan keberadaan RGB LED di setiap tombol keyboard. Warna translucent black menghiasi bodi sisi kanan tempat tombol keyboard tertanam, dan di bagian kanan terdapat Keystone II.

Seperti telah disinggung di awal, keistimewaan laptop gaming ini terdapat pada fitur 'invisible ink' yang diukir pada bodi. Tinta ukiran ini dapat terlihat saat menyorot bodi ROG Strix SCAR 17 Special Edition dengan sinar ultraviolet. Tampilan invisible ink di bodi ROG Strix SCAR 17 Special Edition dirancang secara khusus dan memiliki petunjuk bagi gamer untuk menyelesaikan tantangan SCAR Runner yang ada di dalam game ROG Citadel XV. Game tersebut tersedia secara gratis di Steam.

Bagian belakang layar ASUS ROG Strix SCAR 17 SE yang dibubuhi pesan dengan invisible ink

Pada bagian bawah bodi terdapat RGB bezel glow yang menegaskan kehadiran ROG Strix SCAR 17 sebagai laptop gaming. Di sisi bawah, terdapat bantalan udara yang terbuat dari 75% translucent rubber yang menyajikan kestabilan tangguh. Desain laptop gaming ini memudahkan pengguna untuk melakukan upgrade sendiri. Cukup gunakan obeng biasa untuk melepas sekrup di bagian bawah sasis. Pop-open screw akan menaikkan satu sudut panel bawah sehingga memudahkan untuk melepas panelnya. RAM dan SSD pun bisa ditingkatkan dengan mudah. 

sisi bawah ROG Strix SCAR 17 SE (G733C)

Beralih ke bagian belakang, terdapat Armor Cap yang bisa diganti. Tersedia tiga pilihan Armor Cap untuk dipasang, yaitu Stealth Silver, Translucent Speckled Black, dan Prismatic Black. Fasilitas konektivitas pun lengkap sesuai kebutuhan para gamer. Port yang tersedia pada bagian belakang ROG Strix SCAR 17 SE (G733C) mencakup port Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 2 tipe-C, HDMI 2.1 dan 2,5 Gbe LAN. Pada port USB 3.2 Gen 2 tipe-C ini tersedia dukungan untuk mengisi daya cepat 100 W dan port display. Sementara itu di sisi kiri terdapat 2 port USB 3.2 Gen 1 tipe-A dan jack audio 3,5 mm. Dan di sisi kanan terdapat slot Keystone II.

port di sisi belakang ROG Strix SCAR 17 SE (G733C)

sisi kiri ROG Strix SCAR 17 SE (G733C)

 
sisi kanan ROG Strix SCAR 17 SE (G733C)

Koneksi nirkabel laptop gaming ini pun sudah didukung teknologi Wi-Fi 6E dengan teknologi jaringan lebih cepat dan dapat diandalkan. Jika dibandingkan dengan Wi-Fi 5, maka kecepatan ROG Strix SCAR 17 SE lebih cepat tiga kali lipat. Kapasitas jaringan pun dapat menampung lebih banyak perangkat sampai empat kali lipat. Latensi yang terjadi juga lebih rendah, sampai 75%.
ROG Strix Scar 17 SE (G733C) juga menghadirkan multi-antenna Wi-Fi. Teknologi ROG Rangeboost yang memanfaatkan perangkat keras dan algoritma unik akan memicu Wi-Fi throughput. Jangkauan Wi-Fi pun lebih luas 30% dibandingkan konfigurasi dua antena. Hal ini menyajikan hadiah utuk koneksi jaringan yang lebih stabil.

Nuansa gaming pada ROG Strix SCAR 17 SE terasa kental dengan keberadaan RGB LED di setiap tombol keyboard. Tombol pada keyboard ini menggunakan desain chiclet berwarna hitam. Setiap tombol memiliki backlit RGB yang nyalanya dapat diatur per zona dengan aplikasi Armoury Crate. Keyboard ini sangat responsif dan cepat, demikian juga touchpad yang terletak di bawahnya yang responsif dan akurat saat digunakan menelusuri website atau dokumen.

tampilan keyboard pada ROG Strix SCAR 17 SE (G733C)

Tampilan Layar dan Audio

Layar pada ROG Strix SCAR 17 SE memiliki resolusi 2.560 x 1.440 piksel dengan refresh rate 240 Hz. Selain itu tersedia juga opsi layar dengan resolusi FHD dengan refresh rate 360 Hz. Layar memiliki waktu respons 3 milidetik dan didukung teknologi Dolby Vision dan Adaptive Sync yang mencegah efek tearing dan stuttering.

Tampilan layar ini terlihat tajam dan kaya warna dengan 100% DCI-P3 yang menyajikan pengalaman tingkat sinema. Akurasi warna yang tinggi ini juga cocok digunakan pembuat konten untuk bekerja secara efisien.. Kegiatan yang dapat dilakukan dengan lancar menyangkut penyuntingan video, desain grafis, desain interior dan lain-lain.

Kinerja tampilan layar pun terlihat mulus dan maksimal saat digunakan untuk main game dan nonton video. Layar juga memungkinkan streamer untuk berbagai tampilan dengan penonton mereka dan menampilkan konten kinerja terbaiknya.  

Baca juga: Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Dukung Kreativitas

Bezel di sekeliling layar ini pun begitu tipis. Sayangnya pada tepi atas layar belum disematkan webcam. Audio pada ROG Strix SCAR 17 SE pun menyajikan kinerja yang mengesankan. Saat memutar musik, suara bass yang dihasilkan terdengar dalam, kencang dan jernih. Algoritma DAX3 akan melakukan tuning speaker secara ahli untuk meningkatkan kekencangan dan kejernihan suara.

Teknologi Dolby Atmos memberikan suara spatial yang kaya dengan pengalaman kedalaman 360° dan arah dengan virtual 5.1.2-channel surround sound. Dolby Atmos memperkaya pengalaman mendalam spatial dengan efek suara berlapis-lapis baik pada headphone maupun speaker. Suara ini dapat dioptimalkan dengan mode preset yang dituning khusus untuk nonton film dan main game.

Kinerja ROG Strix SCAR 17 SE

Seperti telah disebutkan di awal, ROG Strix SCAR 17 SE dibekali dengan prosesor Intel® Core™ i9-12950HX. Peluncuran prosesor ini dilakukan pada kuartal kedua tahun 2022. Prosesor ini menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7 dengan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). P-core bertugas memproses tugas-tugas berat, sedangkan E-core akan menjalankan tugas-tugas ringan secara efisien dan hemat daya. Perpaduan P-Core dan E-core menghasilkan prosesor hybrid yang berkinerja tinggi dan optimal untuk gaming dan pembuatan konten, sekaligus hemat daya. 

Intel® Core™ i9-12950HX memiliki 16 inti yang terdiri dari 8 P-core dan 8 E-core, serta 24 thread. Kecepatan clock prosesor ini dapat dimaksimalkan sampai 5 GHz. Prosesor ini memiliki base power 65W dan Performance-core yang dapat berjalan di frekuensi sampai 5,2 GHz. Spesifikasi ini memastikan ROG Strix SCAR 17 SE menyajikan kinerja CPU single-thread terbaik di setiap skenario, khususnya saat bermain game. Kinerja Intel Core i9-12950HX di ROG Strix SCAR 17 SE juga dapat ditingkatkan performanya melalui Manual Mode di Armoury Crate. Pengaturan ini memungkinkan prosesor dapat di daya 175 W sehingga kinerjanya dapat menandingi kinerja PC desktop.

Baca juga: Review TUF Dash F15 (FX517), Laptop Gaming Ringkas, Harga Terjangkau

Kinerja prosesor juga didukung oleh RAM DDR5 4800 MHz berkapasitas 32 GB. Kapasitas RAM ini dapat ditingkatkan sampai 64 GB. Tentu saja teknologi DDR5 ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari DDR4, sehingga dapat meningkatkan frame rate. Kemampuan ini juga turut mendukung pengalaman gaming yang lancar tanpa stuttering.

Beralih ke grafis, ROG Strix SCAR 17 SE yang diuji ini menggunakan dua prosesor grafis. Kedua prosesor grafis tersebut adalah Intel® UHD Graphics yang terintegrasi dan NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti. Kendati demikian tersedia varian dengan kartu grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti. Kartu grafis tersebut kinerjanya ditingkatkan dengan TGP maksimal di angka 175 W melalui Dynamic Boost. Spesifikasi tersebut memungkinkan ROG Strix SCAR 17 SE dapat menjalankan semua game PC dengan sangat baik bahkan pada resolusi tinggi.

NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti adalah kartu grafis high end yang diluncurkan pada akhir Mei tahun 2021. Kartu grafis diskret ini diproduksi menggunakan proses 8 nm dan berbasis prosesor grafis GA104 yang mendukung DirectX 12 Ultimate. Teknologi ini menjamin seluruh game modern berjalan mulus di kartu grafis GeForce RTX 3070Ti. Kendati kartu grafis ini sama dengan yang digunakan pada ROG Strix SCAR 17 (G733Z), namun kinerjanya lebih maksimal pada ROG Strix 17 SE (G733C).

Kemampuan DirectX 12 Ultimate juga menjamin dukungan hardware-raytracing, variable-rate shading dan lain-lain. Pada kartu grafis ini terdapat 48 raytracing acceleration core dan dipasangkan dengan memori GDDR6X berkapasitas 8 GB. Kecepatan clock kartu grafis ini 1.575 MHz yang bisa di-boost sampai 1.770 MHz dengan memori yang berjalan di 1.188 MHz. Tentu saja GeForce RTX 3770 Ti ini memiliki kinerja lebih baik jika dibandingkan GeForce RTX 3770.

Media penyimpanan pada ROG Strix SCAR 17 SE menggunakan SSD PCIe Gen 4 x 4 NVMe. Kinerja media penyimpanan ini dapat dimaksimalkan dengan pengkonfigurasian secara RAID 0.

MUX Switch

Pengalaman gaming pada ROG Strix SCAR 17 SE makin baik dengan kehadiran fitur MUX Switch. Fitur ini merupakan chip khusus untuk mengatur jalur data visual. MUX Switch dapat menampilkan data visual dari kartu grafis diskret langsung di layar tanpa melalui prosesor atau kartu grafis terintegrasi. Ketika laptop sedang bekerja dengan kartu grafis diskret seperti saat bermain game, maka MUX Switch dapat meningkatkan kinerja sekitar 10-30%.

Benchmark

Kini saatnya menguji ROG Strix SCAR 17 SE dengan beberapa aplikasi Benchmark. Pada uji coba menggunakan PC Mark 10, skor keseluruhan yang diperoleh ROG Strix SCAR 17 SE adalah 6.546. Nilai Essential yang diperoleh ROG Strix SCAR 17 SE sedikit di atas nilai yang diperoleh ROG Strix SCAR 17, yaitu 11.224. Sementara itu nilai yang diperoleh ROG Strix SCAR 17 adalah 11.126. Skor tersebut menunjukkan keandalan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Keduanya meraih nilai yang luar biasa tinggi jika dibandingkan nilai batas kinerja baik, yaitu 4100. Jika dilihat dari kategori jenis kerja, berikut ini adalah rincian skornya.

Hasil benchmarking dengan PC Mark 10

Pada pengujian benchmarking menggunakan PassMark, nilai keseluruhan sistem yang diperoleh sangat luar biasa yaitu 9.696, sedangkan skor rata-rata hanya 2.711. Jika dilihat dari benchmarking CPU, nilai yang diperoleh ROG Strix SCAR 17 SE adalah 34.732. Nilai ini bahkan hampir 2x nilai yang diperoleh ROG Strix SCAR 17, yaitu 19.034. Sementara nilai rata-rata kinerja CPU secara global hanya 6.872.

skor uji kinerja dengan PassMark
skor uji CPU dengan PassMark

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel® Core™ i9-12950HX berada di posisi teratas.

peringkat prosesor yang disusun PassMark


Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari ROG Strix SCAR 17 SE adalah 1.249. Nilai dua kali lipat nilai rata-rata perangkat secara global, yaitu 602. Sedangkan untuk 3D Mark nilai yang diperoleh adalah 19.911. Nilai ini bahkan dua kali lipat dari nilai yang diperoloeh ROG Strix SCAR 17 (G733Z) yaitu 8.505. Tentu saja nilai ini jauh lebih tinggi dari nilai rata-rata dunia yang hanya 3.607.

uji grafis 2D
uji grafis 3D

Baca juga: Review ROG Strix SCAR 17 (G733Z), Tangguh dengan Intel® Core™ i9-12900H

Jika dilihat dari kinerja memori, skor yang diperoleh adalah 3.591. Nilai tersebut juga lebih tinggi dari ROG Strix SCAR 17 (G733Z) yang memperoleh nilai 2.412. Nilai rata-rata dunia adalah 1.743. Beralih ke pengujian DiskMark, skor yang diperoleh ROG Strix SCAR 17 SE (G733C) adalah 46.747. Nilai tersebut juga lebih tinggi dari yang diperoleh ROG Strix SCAR 17 (G733Z), yaitu 30.842. Keduanya memperoleh nilai jauh di atas rata-rata dunia 1.743.

uji memori
uji diskmark

Ketika melakukan uji coba dengan GeekBench 4, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 7.871 dan multi core 54.756. Kedua nilai tersebut jauh lebih tinggi dari yang diperoleh ROG Strix SCAR 17 (G733Z), yaitu 4.428 untuk single core dan 32.142 untuk multi core. Nilai yang diperoleh untuk uji Open CL dengan GPU terintegrasi Intel UHD Graphics adalah 67.620. Sedangkan skor yang diperoleh GPU diskret Nvidia GeForce RTX 3070Ti adalah 330.951.

Benchmarking ROG Strix SCAR 17 SE G733C dengan Geekbench 4
Benchmarking Open CL Intel UHD Graphics dengan Geekbench 4
Benchmarking Open CL NVidia GeForce RTX 3070Ti dengan Geekbench 4

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z ASUS ROG Strix SCAR 17 SE (G733C)

Harga dan Ketersediaan

ROG Strix SCAR 17 SE (G733C) dibanderol dengan harga mulai dari Rp48 jutaan. Harga tersebut berlaku untuk varian dengan kartu grafis diskret Nvidia GeForce RTX 3070Ti. Selisih harga laptop gaming ini hanya Rp2 jutaan dengan ROG Strix SCAR 17 (G733Z). Tentunya nilai ini sangat sepadan mengingat peningkatan kinerja yang luar biasa. Jangan sampai kehabisan ya, karena laptop ini hanya tersedia 20 unit di Indonesia.

Klik untuk membeli ROG Strix SCAR 17 SE di Shopee
Klik untuk membeli ROG Strix SCAR 17 SE di Bhinneka
Klik untuk membeli ROG Strix SCAR 17 SE di Tokopedia
https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Strix SCAR 17 SE di Blibli

Kelebihan

Keistimewaan ROG Strix SCAR 17 ini tentu saja pada penggunaan seri HX yang merupakan prosesor Intel tercanggih saat ini. Prosesor yang digunakan tepatnya adalah yaitu Intel® Core™ i9-12950HX. Kinerja grafis laptop gaming ini pun didukung prosesor grafis yang mumpuni, yaitu NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti. Keandalan ROG Strix SCAR 17 SE tak hanya ditujukan bagi gamer, tetapi juga para pembuat konten. Teknologi RAM yang menunjang kinerja prosesor pun tercanggih dengan DDR5. Kapasitas RAM tersebut pun begitu lapang dengan kapasitas 32 GB. Kapasitas tersebut pun dapat ditingkatkan sampai 64 GB. Media penyimpanan dan konektivitas pun sudah menggunakan teknologi terkini.

Tampilan layar pun luar biasa menyajikan pengalaman yang begitu mendalam, ditambah audio yang didukung Dolby Atmos. Keyboard pun begitu nyaman digunakan dan tampil dengan dukungan RGB khas gaming. Daya tahan baterai pun cukup mumpuni untuk laptop gaming. Tentu saja pesan rahasia dengan tinta yang tak terlihat juga menjadi keunikan tersendiri laptop ini.

Kekurangan

ROG Strix SCAR 17 SE belum dibekali dengan webcam internal. Bobotnya pun lebih berat dari ROG Strix SCAR 17 (G733Z), sehingga kurang nyaman untuk ditenteng ke mana-mana

Spesifikasi ROG Strix SCAR 17 SE (G733C)

CPU

Prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12950HX 2,3 GHz (30M Cache, up to 5.0 GHz, 16 cores: 8 P-cores and 8 E-cores)

Sistem Operasi

Windows 11 Home

Memori

LPDDR5 2 x 16 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe®4.0 NVMe™ M.2 2230 2 TB

SSD PCIe®4.0 NVMe™ M.2 2230 1 TB

Layar

17,3 inci, WQHD (2560 x 1440) 16:9, 100% DCI-P3, 240Hz 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, Dolby Vision

Grafis

NVIDIA® GeForce RTX™ 3080Ti

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.1, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™

Konektivitas

Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2

Audio

Dolby Atmos, AI noise-canceling technology, Hi-Res certification, Built-in array microphone, 4-speaker system with Smart Amplifier Technology

Baterai

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

39.5 x 28.2 x 2.34 ~ 2.83 cm

Bobot

3,10 kg

Warna

Off Black

Harga

Rp48.999.000 (Core i9 / RTX 3070Ti / 2x16GB RAM / 1TB SSD / QHD 144Hz)

Rp66.999.000 (Core i9 / RTX 3080Ti / 2x16GB RAM / 2TB SSD / QHD 144Hz)

Garansi

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini