Review ASUS ROG Zephyrus G15 (GA503R), Kinerja Andal untuk Kreator Review ASUS ROG Zephyrus G15 (GA503R), Kinerja Andal untuk Kreator ~ Teknogav.com

Review ASUS ROG Zephyrus G15 (GA503R), Kinerja Andal untuk Kreator

Teknogav.com –  Pada Juni 2022, ASUS menghadirkan serangkaian laptop gaming yang sudah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 6000 Series. Salah satunya adalah penyegaran dari ROG Zephyrus G15.  Nah, pada review kali ini, tim Teknogav.com akan menjajal ROG Zephyrus G15 yang ditenagai AMD Ryzen 7 6800HS. Laptop ini menggunakan dua prosesor grafis, yaitu AMD Radeon dan NVIDIA GeForce RTX 3070Ti.

Keistimewaan ROG Zephyrus G15 ini masih pada desainnya yang stylish dan dimensi yang ringkas. Sebagai laptop dengan layar berukuran 15,6 inci, bobot ROG Zephyrus G15 cukup ringan, tidak sampai 2 kg. Ketebalannya juga kurang dari 2 cm. 

sisi belaknag ROG Zephyrus G15 (GA503R)

Kinerja grafis pada laptop gaming ini pun sudah didukung kartu grafis diskret yang mumpuni, yaitu GeForce RTX 3070Ti. Dukungan fitur MUX Switch memungkinkan jalur data visual dari kartu grafis diskret tersebut dipintas langsung ke layar. Kemampuan ini membuat kinerja gaming lebih canggih, karena data visual tak perlu melewati prosesor atau GPU internal terlebih dahulu. Peningkatan kinerja grafis tersebut sekitar 10-30%.

Kestabilan kinerja perangkat keras tersebut dijaga oleh sistem pendingin ROG Intelligent Cooling. Sistem pendingin tersebut didukung Liquid Metal Thermal Compound dari Thermal Grizzly yang mengurangi panas sampai 5% ketimbang thermal paste standar. Mekanisme ErgoLift yang mengangkat bodi utama laptop pun mampu menambah rongga udara untuk mengoptimalkan pendinginan.

Layar pada ROG Zephyrus G15 dirancang untuk mendukung kegiatan gaming dan pembuatan konten dengan reproduksi warna yang kaya dan akurat. Kebutuhan gaming dapat dipenuhi oleh refresh rate tinggi 165 Hz dan waktu respons 3 milidetik. Sementara itu untuk berkolaborasi saat pekerja, layar juga dapat diputar sampai 180⁰.

Kebisingan suara yang mengganggu juga dapat disingkarkan dengan teknologi Two Way AI Noise-Cancelling. Teknologi ini dapat mendukung kolaborasi saat meeting online dan juga saat bermain game yang membutuhkan komunikasi online.

Kinerja AMD Ryzen 7 6800HS dan NVIDIA GeForce RTX 3070Ti

ROG Zephyrus G15 (GA503R) yang direview Teknogav.com ini ditenagai AMD Ryzen 7 6800HS dengan prosesor grafis AMD Radeon terintegrasi. AMD Ryzen 7 6800HS memiiki delapan inti dan 16 thread. dengan kecepatan clock prosesor 3,2 GHz. Kendati demikian, kecepatan clock prosesor tersebut dapat di-boost sampai 4,7 GHz. Delapan inti prosesor ini dibangun menggunakan arsitektur 3+ dan teknologi 6 nm. Arsitektur Zen3+ merupakan penyegaran dari Zen 3 dan tidak menawarkan banyak perubahan.  

Prosesor tersebut mendukung kinerja laptop sekelas desktop, tetapi dengan rentang TDP yang cukup rendah, hanya 35 watt. Kinerja prosesor tersebut didukung memori DDR5 4800 MHz berkapasitas 16 GB. Kegiatan proses render video pun dapat berjaan lancar berkat kinerja tersebut. Sementara itu, media penyimpanan pada ROG Zephyrus G15 (GA503R) didukung teknologi PCIe 4.0 Performance SSD dengan kapasitas 512 GB. Teknologi tersbut memiliki kecepatan baca dan tulis sampai 7 Gbps. 

Kartu grafis diskret NVIDIA GeForce RTX 3070Ti merupakan penyegaran dari RTX 3070 yang diumumkan pada awal tahun 2021 di CES. Layaknya kartu grafis diskret RTX 3070, kartu grafis RTX 3070Ti juga dibangun pada chip Ampere GA 104. Kinerja kartu grafis ini sangat cocok untuk gaming dengan detail maksimum. Raytracing dan tensore core pada chipset juga ditingkatkan dibanding generasi sebelumnya. Chip Ampere juga mencakup enkoder video generasi kelima yang ditingkatkan dan dekoder  generasi ke-7.  Chip GA104 diproduksi oleh Samsung dengan metode 8 nm. Kartu grafis ini memiliki 6144 CUDA cores, 48 Ray Tracing cores dan 192 Tensor cores.

Fitur MUX Switch pada ROG Zephyrus G15 (GA503R) memungkinkan untuk memintas jalur data dari kartu grafis RTX 3070Ti langsung ke layar. Data visual pun dapat langsung ditampilkan tanpa harus melalui GPU terintegrasi sehingga kinerja bisa dimaksimalkan. Saat digunakan untuk bermain game, data visual yang ditampilkan langsung ini menunjang kinerja game yang lebih baik. Peningkatan kinerja pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Sistem Pendingin ROG Intelligent Cooling

Kestabilan kinerja perangkat keras yang tangguh tersebut dijaga oleh sistem pendingin inovatif ROG Intelligent Cooling. Sistem pendingin ini didukung senyawa termal logam chair Thermal Grizzly agar CPU tetap dingin. Thermal Grizzly dapat mengurangi suhu CPU sampai 10˚ C jika dibandingkan dengan pasta termal standar.

Sistem pendingin pada ROG Zephyrus G15 ini mengadopsi Internal Blast Cooling, yaitu pemotongan yang dihitung secara tepat di ruang kipas untuk mengarahkan aliran udara ke komponen internal. Jika dibandingkan dengan desain yang lebih tradisional, maka pendinginan dengan metode ini lebih efisien mengurangi suhu CPU dan GPU sampai 6˚C. Suhu yang lebih rendah berarti dapat memainkan game yang intens dalam jangka waktu lebih lama.

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G15, Laptop Gaming Stylish dengan ErgoLift 180°

Kipas Arc Flow yang dirancang dengan 84 bilah dengan ketebalan yang bervariasi dari dasar ke ujung untuk memaksimalkan aliran udara. Desain tersebut dapat mengalirkan udara lebih lancar dan hening karena dibatasi pola gelombang aerodinamis khusus yang mengurangi turbulensi dan kebisingan.

Teknologi 0dB akan mematikan kipas sepenuhnya ketika suhu CPU dan GPU turun di bawah 50˚C dan masuk mode operasi Whisper. Mode ini melakukan pendinginan yang benar-benar tak terdengar saat mengerjakan beban kerja ringan. Perangkat lunak ROG Armory Crate memungkinkan untuk beralih antar-mode operasi dengan mulus untuk mengoptimalkan kinerja. 

Penggunaan enam heatpipe untuk menarik panas tak hanya ditempatkan di CPU, GPU dan VRAM tetapi juga VRM yang mencatu daya. Solusi tersebut memungkinkan untuk mengurangi suhu pada komponen tersebut sehingga membantu meningkatkan stabilitas dan keandalan jangka panjang.

Kehadiran empat heatsink dengan sirip yang ketebalannya hanya 0,15 mm juga mendukung pembuatan panas. Total ada 247 sirip heatsink yang luasnya mencapai 93.354 m2 untuk memandu aliran udara ke berbagai arah.

Desain ASUS ROG Zephyrus G15

Cover di belakang layar memiliki desain dot matrix asimetris dengan proses mesin CNC presisi. Film prismatik yang tampak bersinar pun menambah efekhalus saat terpapar cahaya dari sudut tertentu. Di bawah tatakan tangan terdapat struktur sarang lebah yang menjaga sasis tetap ringan dan kuat. Desain ini tahan terhadap tekanan dan sensasi lebih kokoh saat mengetik atau menjinjing laptop.
Material yang digunakan pada cover tersebut adalah magnesium aluminium yang tahan lama dan melindungi dari benturan dan guncangan. Penggunaan material tersebut membuat sasi tetap ringan dan portabel.

ROG Zephyrus G15 (GA503R)

Keyboard pada laptop gaming ini memiliki blok fungsi terpisah untuk identifikasi intuitif. Empat tombol pintas game khusus, ditempatkan secara khusus di atas keyboard, sehingga memudahkan menjangkau akses ke volume, mute dan Armory Crate. Teknologi ROG Overstroke menyajikan keyboard yang lebih responsif saat main game dengan memicu penekanan tombol yang lebih tinggi. Aktuasi lebih cepat juga meningkatkan akurasi. Sementara itu jarak travel tombol keyboard 1,7 mm membuat pengetikan lebih nyaman. Selain itu, setiap tombol juga sudah dilengkapi dengan backlit yang memudahkan mengenali karakter dan fungsi tombol pada keyboard.

Jika dibandingkan dengan ROG Zephyrus G15 generasi sebelumnya, maka pada edisi tahun 2022 ini, ukuran touchpad 20% lebih lapang. Ini berarti tangan bisa lebih leluasa di ruang yang lebih luas dan gestur lebih nyaman saat menjelajahi web dan menavigasi aplikasi. Permukaan kaca baru pun membuat input sangat halus. Pengendali touchpad juga 40% lebih cepat sehingga dapat mendeteksi lebih cepat, akurat dan latensi lebih rendah untuk menyajikan pengalaman yang mulus.

ROG Zephyrus G15 (GA503R)

Sementara itu desain layar masih menggunakan mekanisme ErgoLift yang memungkinkna untuk memutar layar sampai 180° derajat. Hal ini memudahkan untuk melihat dari berbagai posisi dan ketika berkolaborasi dengan rekan.

Audio

Suara surround yang imersif dihasilkan oleh enam speaker dengan teknologi Dolby Atmos yang disematkan pada bodi ROG Zephyrus G15. Tweeter kembar diarahkan ke depan untuk menembakkan suara langsung, sehingga menyajikan volume lebih keras. Sepasang woofer di bawah tatakan telapak tangan pun bertugas menyeimbangkan akustik sehingga mengurangi resonansi yang tak diinginkan. Teknologi Two-Way AI Noise-Cancelling membuat ROG Zephyrus G15 dapat meredam suara bising yang mengganggu di sekitar pengguna laptop gaming ini.

Layar

ROG Zephyrus G15 memiliki layar yang dapat mereproduksi warna yang kaya dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3. Akurasi warna pada laptop ini dijamin dengan sertifikasi PANTONE Validated Display. Layar tersebut memilki resolusi WQHD (2560 x 1440) dan sudah didukung teknologi dari Dolby Vision HDR. Seperti telah disinggung di awal, refresh rate layar adalah 165 Hz dengan waktu respons 3 milidetik dan teknologi adaptive sync. Perpaduan kemampuan tersebut memungkinkan tampilan game disajikan dengan mulus tanpa efek tearing dan stuttering.

Konektivitas

Port yang tersedia pada ROG Zephyrus G15 cukup lengkap. Di sisi kanan terdapat port USB 3.2 Gen 2 tipe-A, slot microSD (UHS II) dan slot penguncian Kensington. Sementara itu di sisi kiri terdapat port daya, HDMI 2.0b, RJ45, USB 3.2 Gen 2 tipe-A, dua port USB 3.2 Gen 2 tipe-C dan jack audio 3,5 mm. Istimewanya, port USB tipe-C sudah didukung teknologi Display Port 1.4 dan Power Delivery 3.0.

jajaran port di sisi kanan ROG Zephyrus G15 (GA503R)

port pada sisi kiri ROG Zephyrus G15 (GA503R)

Konektivitas nirkabel pada laptop gaming ini pun sudah menggunakan teknologi terkini, yaitu Wi-Fi 6E. Kecepatan teknologi ini sampai tiga kali leih cepat dibandingkan Wi-Fi 5.

Benchmark

Kini saatnya menguji ROG Zephyrus G15 (GA503R) dengan beberapa aplikasi Benchmark. Pada uji coba menggunakan PC Mark 10, skor keseluruhan yang laptop gaming ini adalah 6.701. Skor tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan ROG Flow X16 (GV601) yang memperoleh nilai 6.760 dengan prosesor yang sama.

Baca juga: Review ASUS ROG Flow X16 (GV601), Laptop Gaming Convertible Layar Besar

Nilai Essential yang diperoleh ROG Zephyrus G15 (GA503R) adalah 9.458. Juga sedikit lebih rendah dari ROG Flow X16 (GV601) dengan prosesor sama yang meraih skor 10.284. Skor tersebut menunjukkan keandalan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Jika dibandingkan nilai batas kinerja baik, yaitu 4100, maka nilai tersebut luar biasa tinggi. Berikut ini adala rincian skor berdasarkan kategori jenis kerja:

Hasil benchmarking dengan PC Mark 10

Pada pengujian benchmarking menggunakan PassMark, nilai keseluruhan sistem yang diperoleh ROG Zephyrus G15 (GA503R) adalah 5.139. Angka ini juga sedikit di bawah skor yang diperoleh ROG Flow X16 (GV601) dengan prosesor sama, yaitu 6.150. Kendati demikian, nilai keduanya jauh di atas skor rata-rata yang hanya 2.814.

skor uji kinerja dengan PassMark

Jika dilihat dari benchmarking CPU, nilai yang diperoleh ROG Zephyrus G15 (GA503R) adalah 19.952. Angka tersebut sedikit lebih rendah dari yang diperoleh ROG Zephyrus G14 dengan prosesor AMD Ryzen 9 6900HS, yaitu 21.136. Sementara nilai rata-rata kinerja CPU secara global hanya 7.271.

skor uji kinerja CPU dengan PassMark

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja AMD Ryzen 7 6800HS berada di atas Apple M1 Max 10 Core dan Apple M1 PRo 10 Core. Selisih skor ketiga prosesor tersebut tak terlalu besar.

peringkat dengan CPU Mark

Baca juga: Review ASUS ROG Zephyrus G14, Andalkan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series 

Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari ROG Zephyrus G15 (GA503R) adalah 654. Angka tersebut cukup rendah jika dibandingkan nilai yang diperoleh ROG Flow X16 (GV601), yaitu 828. Kendati demikian, jika dibandingkan nilai rata-rata perangkat secara global, skor kedua laptop gaming masih di atas rata-rata 604.

Uji Video Card 2D

Beralih ke nilai 3D Mark, skor yang diperoleh ROG Zephyrus G15 (GA503R) adalah 15.868. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan ROG Flow X16 (GV601) dengan skor 13.086. Tentu saja nilai ini jauh lebih tinggi dari nilai rata-rata dunia yang hanya 3.858.

Uji Video Card 3D

Jika dilihat dari kinerja memori, skor yang diperoleh ROG Zephyrus G15 (GA503R) adalah 1.799. Sayangnya angka tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan ROG Flow X16 (GV601) yang memperoleh nilai 2.060. Nilai rata-rata dunia adalah 1.781. Beralih ke pengujian DiskMark, skor yang diperoleh ROG Zephyrus G15 (GA503R)adalah 24.739. Angka tersebut juga lebih rendah dibandingkan nilai yang diperoleh ROG Flow X16 (GV601), yaitu 28.459. Keduanya memperoleh nilai jauh di atas rata-rata dunia 3.669.

Uji Memori

Uji disk mark

Ketika melakukan uji coba dengan GeekBench 4, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 5.738 dan multi core 29.383. Kedua nilai tersebut lebih rendah dari yang diraih ROG Flow X16 (GV601) yaitu single core 6.185 dan multi core 35.145. Nilai yang diperoleh untuk uji Open CL dengan GPU terintegrasi AMD Radeon adalah 101.513. Sedangkan skor yang diperoleh GPU diskret NVIDIA GeForce RTX 3070Ti adalah 279.970.

Benchmarking CPU dengan GeekBench

Benchmarking Open CL AMD Radeon Vega

Benchmarking Open CL NVIDIA GeForce RTX 3070Ti

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z

Harga dan Ketersediaan

ROG Zephyrus G15 (GA503R) dibanderol dengan harga Rp36 jutaan. Harga tersebut berlaku untuk varian dengan AMD Ryzen 7 6800HS dan NVIDIA GeForce RTX 3070Ti. Harga tersebut cukup sepadan, mengingat prosesor dan kartu grafis diskret yang diusung sangat mumpuni. Pembelian dapat dilakukukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G15 2022 di Blibli
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G15 2022 dengan NVIDIA GeForce RTX 3060 di Bhinneka
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G15 2022 di Tokopedia
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G15 2022 dengan NVIDIA GeForce RTX 3060 di Shopee

Kelebihan

Keistimewaan ROG Zephyrus G15 (GA503R) ini tentu saja pada penggunaan seri HS yang merupakan prosesor AMD Ryzen yang canggih saat ini. Kinerja grafis laptop gaming ini pun didukung prosesor grafis yang mumpuni, yaitu dengan NVIDIA GeForce RTX 30 series. Hebatnya, semua itu dikemas dalam desain yang ringkas dan bobot ringan untuk ukuran laptop gaming.
Keandalan kinerja ROG Zephyrus G15 (GA503R) tak hanya ditujukan bagi gamer, tetapi juga para pembuat konten. Kolaborasi pun lebih mudah dengan desain layar yang bisa diputar sampai 180˚.

Kekurangan

Ketika digunakan untuk mengerjakan tugas berat terasa agak panas.

Spesifikasi ROG Zephyrus G15 (GA503R)

CPU

AMD Ryzen™ 9 6900HS Processor (8-core/16-thread, 16MB cache, up to 4.9 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 7 6800HS Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.7 GHz max boost)

Sistem Operasi

Windows 11 Home

Memori

DDR5 4800 MHz 1 x 16 GB

DDR5 4800 MHz 2 x 8 GB

Media Penyimpanan

1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

512GB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

Layar

15.6”, WQHD (2560 x 1440) 16:9, IPS, 165Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, Dolby Vision HDR, PANTONE Validated, 100% DCI-P3, 300 nits

Grafis

NVIDIA® GeForce® RTX™ 3060

NVIDIA® GeForce® RTX™ 3070Ti

Input/Output

1x RJ45 LAN port, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 1x card reader (microSD) (UHS-II), 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Kamera

Kamera IR 720P HD IR dengan Windows Hello facial recognition

Konektivitas

Wi-Fi 6E (802.11ax) + Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2

Audio

2x 2W dual-force woofer with Smart Amp Technology, 2x 2W tweeter, AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology

Baterai

90 WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

35.5 x 24.3 x 1.99 ~ 1.99 cm

Bobot

1.90 Kg

Warna

Eclipse Gray, Moonlight White

Harga

Rp24.499.000 (Ryzen™ 7/RTX 3060/QHD+ 165Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)

Rp31.999.000 (Ryzen™ 9/RTX 3060/QHD+ 165Hz/2x8GB RAM/1TB SSD)

Rp36.999.000 (Ryzen™ 7/RTX 3070Ti/QHD+ 165Hz/2x8GB RAM/1TB SSD)

Rp38.999.000 (Ryzen™ 9/RTX 3070Ti/QHD+ 165Hz/2x8GB RAM/1TB SSD)

Garansi

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini