Proyek Pikachu’s Indonesia Journey Siap Tingkatkan Pariwisata Indonesia Bersama Pokémon Proyek Pikachu’s Indonesia Journey Siap Tingkatkan Pariwisata Indonesia Bersama Pokémon ~ Teknogav.com

Proyek Pikachu’s Indonesia Journey Siap Tingkatkan Pariwisata Indonesia Bersama Pokémon

Teknogav.com – The Pokémon Company berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Garuda Indonesia dan AKG Entertainment menghadirkan proyek Pikachu’s Indonesia Journey. Proyek tersebut akan menggelar berbagai ajang di Indonesia yang dapat meningkatkan pariwisata di Indonesia bersama dengan Pokémon. Ajang pertama akan diselenggarakan di Bali pada bulan Maret. Pada ajang tersebut juga akan digelar Pokémon GO dan Pokémon Run. Selain itu, hadir juga Pikachu yang mengenakan kemeja batik dan proyek lain.

“Pada bulan Mei 2023, kami menjalin kemitraan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Garuda Indonesia dan Niantic. Saya sangat gembira mengumumkan proyek yang kami persiapkan setelah pengumuman dimulainya program untuk menghantarkan kenangan yang luar biasa bersama Pikachu dan kawan-kawan. Sebagaimana Pikachu yang melakukan perjalanan di seluruh Indonesia dan berjumpa dengan beragam daya tarik Indonesia, kami ingin agar orang-orang dapat menemukan berbagai daya tarik Indonesia tersebut dan menambah jumlah penggemar Pokémon maupun Indonesia melalui proyek ini,” ucap Susumu Fukunaga, Corporate Officer The Pokémon Company.

Susumu Fukunaga, Corporate Officer The Pokémon Company

Pikachu’s Indonesia Journey merupakan bagian dari proyek ‘Pokémon Air Adventures’ yang dipicu oleh pelonggaran pembatasan perjalanan. Harapannya, proyek ini dapat memberikan kegembiraan saat melakukan perjalanan di dunia Pokémon. Filosofi Pikachu’s Indonesia Journey adalah menghubungkan manusia dengan manusia dan manusia dengan wilayah. 

Baca juga: Netflix akan Tayangkan Film Animasi "Pokémon: Mewtwo Strikes Back - Evolution" 

Pikachu Jet GA

Kolaborasi The Pokémon Company dengan Garuda Indonesia akan menghadirkan ‘Pikachu Jet GA’ dengan gambar 10 jenis Pokémon di badan pesawat. Penerbangan Pikachu Jet didasari kesamaan pemikiran terkait filosofi ‘Pokémon Air Adventure’ yang terinspirasi dari keindahan budaya dan kekayaan alam Indonesia. Ade R. Susardi, Director of Service & Commercial PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. mengungkapkan harapan kehadiran ‘Pikachu Jet GA’ ini dapat berkontribusi pada pariwisata Indonesia.

Ade R. Susardi, Director of Service & Commercial PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk.

Pesawat ‘Pikachu Jet GA’ mulai diterbangkan pada 23 Februari 2024 dengan tujuan Denpasar. Sebelumnya, di tanggal 22 Februari 2024 akan dilakukan presentasi pesawat di hanggar Garuda Indonesia. Nantinya, Pikachu Jet GA1 akan melayani seluruh rute domestik Garuda Indonesia dan beberapa rute internasional. Beberapa rute internasional tersebut mencakup Bangkok, Hong Kong, Kuala Lumpur dan Singapura. Informasi mengenai jadwal detail penerbangan dan dekorasi dalam pesawat, amenity kit yang bisa diperoleh dan lain-lain akan diumumkan kemudian.

Event Pokémon di Bali

Ajang resmi Pokémon akan digelar secara besar-besaran di Lapangan Renon, Denpasar, Bali selama dua hari, yaitu 2-3 Maret 2024. Berbagai kegiatan dalam ajang ini dapat diikuti secara gratis, kecuali Pokémon GO dan Pokémon Run. Pertunjukan di atas panggung akan digelar selama siang dan malam hari. Pada siang hari, meriam air akan memancarkan air yang melimpah dengan intens di Pikachu Spash Show. Pengunjung pun dapat menikmati kegembiraan mandi air bersama Pikachu. Sedangkan di malam hari dapat berdansa bersama Pikachu diiringi musik dan chaya bertema Pikachu EDM. Lagu yang dialunkan tentu saja mengandung konten orisinal dengan unsur khas Indonesia.

Baca juga: 5 Tips Optimalkan Hasil di Pokémon GO Community Day: Poliwag

Selain pertunjukan panggung, akan ada parade lebih dari 10 Pikachu di lapangan dan Meet & Greet dengan Pokémon. Para Pokémon tersebut mencakup Pikachu, Fuecoco, Sprigatito dan Quaxly yang berperan di seri animasi terkini Pokémon. Tersedia juga Photo Spot untuk mengabadikan keseruan dengan para Pokémon. Anak-anak juga bisa mengikuti Pokémon Kid Carnival untuk menjajal tantangan permainan sederhana Pokémon yang tentu saja berhadiah. Bagi yang ingin membeli merchandise asli, tersedia juga tempat penjualan merchandise Pokémon.

Ajang Pokémon juga akan digelar di mal Living World selama 21 Februari 2024 sampai 3 Maret 2024. Mal ini dapat ditempuh sekitar 20 menit menggunakan mobil dari Lapangan Renon. Berbagai program yang digelar di mal Living World mencakup Sudut menonton anime, Sudut bermain kartu dan lain-lain.

Pikachu Berkemeja Batik dan Pokémon GO

Salah satu keunikan yang dapat ditemui pada proyek ‘Pikachu’s Indonesia Journey’ adalah Pikachu yang mengenakan kemeja batik. Motif batik ini pun mengandung gambar Pikachu dan Monster Ball karya desainer batik Indonesia. Desain tersebut hanya dapat ditemui di Indonesia dan nantinya akan hadir desain batik lain.

Haruka Nakagawa bersama dengan Pikachu berkemeja batik

Kemeriahan proyek ‘Pikachu’s Indonesia Journey’ juga didukung oleh Niantic dengan game Pokémon GO yang menghadirkan tema khusus. Hal ini disampaikan oleh Refael Siregar, Emerging Markets Head of APAC, Niantic Inc.

“Perusahaan rintisan Niantic Labs didirikan pada 2010 dan menghadirkan game pertamanya yaitu Ingress yang berbasis lokasi. Kemudian pada tahun 2016, Pokémon GO diluncurkan pertama kali, dan hadir dalam bahasa Indonesia di tahun 2022. Di tahun 2022, Pokémon  Air Adventure telah hadir di beberapa negara. Proyek tersebut telah digelar di Okinawa, Jepang; Taipei, Taiwan; Singapura; dan Juju, Korea. Pada Pikachu’s Indonesia Journey, Pikachu berkemeja batik akan muncul di alam liar di Bali mulai Sabtu, 2 Maret 2024. Kehadiran Pikachu berkemeja batik ini akan terus muncul selama setahun,” ucap Refael Siregar.

Baca juga: Kolaborasi McD dan Pokémon GO Tawarkan Promo dan Tingkatkan Keseruan

Refael Siregar, Emerging Markets Head of APAC, Niantic Inc

Pemilik tiket Pikachu’s Indonesia Journey dapat menantikan Penelitian Spesial menarik, Pokémon berkostum baru dan game lain sambil menjelajahi Bali. Tiket Pokémon GO  Pikachu’s Indonesia Journey ini sudah dapat dibeli dari sekarang.

Pokémon Run

Penyelenggaraan Pokémon Run dilakukan di beberapa kota besar di Indonesia yang diawali di Denpasar pada 3 Maret 2024. Ajang lari ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu Fun Run sejauh 5 km dan Family Run sejauh 3 km. Selain itu, digelar juga berbagai kegiatan dan hiburan lain. Setelah itu, Pokémon Run juga akan digelar di Surabaya dan Jakarta.

Restog Krisna Kusuma, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersalaman dengan Susumu Fukunaga, Corporate Officer The Pokémon Company

“Kolaborasi beberapa perusahaan ini diharapkan dapat menggerakkan wisatawan mancanegara dan domestik. Semoga Pokémon dapat menjadi contoh bagi IP-IP lokal sehingga bisa mendongkrak dan mendunia seperti Pokémon. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif selalu mendukung kolaborasi dengan berbagai pihak untuk bisa mendatangkan wisatawan,” ucap Restog Krisna Kusuma, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Share:

Artikel Terkini