Aplikasi Dompet Dhuafa Kini Hadir dengan Berbagai Fitur Baru Aplikasi Dompet Dhuafa Kini Hadir dengan Berbagai Fitur Baru ~ Teknogav.com

Aplikasi Dompet Dhuafa Kini Hadir dengan Berbagai Fitur Baru

Teknogav.com – Pengembangan aplikasi Dompet Dhuafa telah dilakukan sejak tahun 2011 untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi. Seiring dengan era digitalisasi, masyarakat makin akrab dengan teknologi untuk mendukung berbagai kegiatan. Dompet Dhuafa pun berusaha menghadirkan inovasi untuk memenuhi kebutuhan para donatur demi memudahkan mereka menyalurkan jiwa kedermawanannya. Kini aplikasi Dompet Dhuafa menyediakan fitur untuk berdonasi, ibadah, pendaftaran relawan, konsultasi, sampai mengakses laporan publik.

Aplikasi Dompet Dhuafa merupakan proses transformasi digital. Awalnya donasi dihimpun secara manual maupun melalui aplikasi pihak ketiga. Kemudian timbul gagasan dari Dompet Dhuafa yang bertujuan untuk memudahkan donasi langsung dan cepat memberi notifikasi bagi donatur. Sasaran dari aplikasi Dompet Dhuafa ini adalah generasi milenial dan generasi Z yang masing-masing memiliki porsi 44% dan 6%. Saat ini aplikasi Dompet Dhuafa tersedia untuk platform Android dan iOS.

Baca juga: Bayar Zakat di Baznas dan Dompet Dhuafa Bisa Pakai DANA

“Kehadiran aplikasi Dompet Dhuafa melengkapi perjalanan inovasi teknologi di Dompet Dhuafa. Aplikasi ini tidak hanya menjadi platform penghimpunan saja, tetapi juga menjadi pemenuh kebutuhan ibadah masyarakat. Ini karena Dompet Dhuafa tidak hanya menghimpun dana, tetapi juga mengelolanya menjadi program-program pemberdayaan. Tentu transparansi pelaporan penggunaan dana, turut kami sajikan di DD Apps. Keterlibatan masyarakat untuk menjadi relawan dan menikmati sajian liputan berupa artikel dan video juga kami tanamkan di aplikasi ini,” ucap Etika Setiawanti, Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa.

Etika Setiawanti, Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa

Aplikasi Dompet Dhuafa memiliki dua fitur utama, yaitu Donasi dan Ibadah. Berbagai jenis donasi yang tersedia termasuk zakat, infak, sedekah, wakaf, cicilan hewan kurban dan sumbangan kemanusiaan. Metode pembayaran pun beragam, termasuk transfer, dompet digital, virtual account dan kartu kredit. Khusus untuk pembayaran menggunakan kartu kredit, tidak berlaku untuk pembayaran zakat karena tidak boleh berzakat dengan utang. 

Baca juga: DANA dan Dompet Dhuafa Dukung Idul Adha dengan Kurban Digital

Sementara itu, fitur Ibadah mencakup Jadwal Shalat, Al Quran digital yang disertai audio, Kalkulator Zakat, Jemput Zakat dan Tanya Ustaz. Fitur Tenya Ustaz ini dapat dimanfaatkan untuk berkonsultasi seputar agama, khususnya zakat, infak, sedekah dan wakaf. Konsultasi ini dilayani oleh Ustaz yang siap menjawab berbagai pertanyaan. 

“Fitur Berita Terbaru menyediakan informasi seluruh kegiatan kelembagaan Dompet Dhuafa. Tersedia juga bantuan kemudahan dalam berdonasi seperti layanan jemput zakat, penghitungan zakat sampai konsultasi ziswaf,” ucap Adi Kurniawan, Senior Officer Penghimpunan Digital Dompet Dhuafa.

Adi Kurniawan, Senior Officer Penghimpunan Digital Dompet Dhuafa

Selain itu, aplikasi Dompet Dhuafa juga menyediakan fitur untuk mengakses Laporan Publik Dompet Dhuafa. Para donatur yang ingin ikut serta dalam kegiatan program-program pemberdayaan Dompet Dhuafa, maka bisa mendaftarkan diri melalui fitur Care Visit. Selain itu, tersedia juga fitur pendaftaran untuk menjadi bagian dari gerakan kegiatan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV). 

Berbagai fitur yang dihadirkan aplikasi Dompet Dhuafa tentunya akan memudahkan untuk menunjang kebaikan di bulan Ramadan nanti. Apalagi Dompet Dhuafa juga berkolaborasi dengan fintech, yaitu DANA Indonesia untuk menghadirkan fitur populer Donasi Rutin Sebelum Subuh. Fitur ini akan diluncurkan sebelum bulan Ramadan yang memudahkan donatur untuk mendebet saldo yang ada di DANA.

Baca juga: Berdana Kini Lebih Mudah dengan DANA

Serangkaian fitur yang dihadirkan oleh aplikasi Dompet Dhuafa pun didampingi keamanan yang ketat. Martin Adiyono, Direktur PT Ozip Teknologi Nusantara mengungkapkan bahwa perlu melakukan beberapa langkah sebelum login, termasuk memakai kode OTP.

Saat ini jumlah pengguna Dompet Dhuafa mencapai sekitar 5.000 pengguna. Aplikasi Dompet Dhuafa diharapkan dapat memperluas peluang bagi masyarakat Indonesia untuk berkontribusi dalam gerakan kebaikan. Kolaborasi dengan berbagai pihak senantiasa dijalin Dompet Dhuafa untuk memperkuat gerakan kebaikan.

Share:

Artikel Terkini