Gelar Media Gathering, Epson Paparkan Kinerja dan Kegiatan Tahun 2023 Gelar Media Gathering, Epson Paparkan Kinerja dan Kegiatan Tahun 2023 ~ Teknogav.com

Gelar Media Gathering, Epson Paparkan Kinerja dan Kegiatan Tahun 2023


Teknogav.com – Epson Indonesia menggelar ‘Epson Media Gathering FY23' sebagai bentuk apresiasi atas dukungan media selama tahun fiskal 2023. Pada ajang yang diselenggarakan di Malang, Jawa Timur tersebut, Epson Indonesia memaparkan pencapaian-pencapaian dan kegiatan-kegiatan yang sepanjang tahun 2023. Kinerja Epson Indonesia yang positif dapat terlihat pada market share printer di kategori Inkjet dan Ink Tank yang masih mendominasi. Selain itu, Epson Indonesia juga terus mendukung program pemerintah dengan menghadirkan produk-produk bersertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Semangat pelestarian lingkungan juga terus diusung Epson Indonesia dengan menggelar program-program yang mendukung keberlanjutan.

Penjualan Epson Indonesia tumbuh 14% pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Kondisi ini dipicu positifnya perekonomian Indonesia, dimulainya kembali bisnis pascacovid, belanja pemerintah, tingginya permintaan dari pasar korporat dan penurunan inflasi. Printer masih menjadi penyumbang utama kinerja Epson di tahun 2023 yang mencapai 80%. Tren pertumbuhan juga terlihat pada segmen Visual Instrument (VI) dan Consumer & Imaging (C&I). Produk-produk Epson di kategori VI mencapai 12% kacamata pintar dan perangkat augmented reality (AR). Sedangkan pada kategori C&I termasuk proyektor dan pemindai mengambil porsi 8%.

Baca juga: Gelar Media Gathering, Epson Indonesia Paparkan Keberhasilan Bangun Brand Awareness

Data International Data Corporation (IDC) menunjukkan bahwa printer InkTank mendominasi pasar printer di tahun 2023. Jumlah penjualan printer Ink Tank di tahun 2023 sebesar 1,152 juta, sedangkan penjualan printer cartridge sebesar 442 ribu. Pangsa pasar printer Ink Tank yang sebesar 72% ini diproyeksikan akan terus tumbuh mencapai 85% di tahun 2024. Epson memang menghadirkan printer Ink Tank sejak tahun 2010, di tengah pasar masih didominasi printer cartridge.

Posisi Epson juga tetap nomor satu di pasar printer InkJet dan pasar printer Ink Tank. Pangsa pasar Epson di segmen printer secara keseluruhan adalah 60%. Epson juga menempati posisi pertama dalam pasar scanner atau pemindai dengan pangsa pasar 45%. 

“Adopsi digitalisasi di sektor perusahaan dan pemerintah turut memicu ukuran pasar Epson yang meningkat terus menerus. Epson juga terus konsisten menjadi yang terdepan dengan pangsa pasar 45%. Kegiatan-kegiatan Epson mencakup dukungan secara Above the Line dan Below Below the Line, penerapan TKDN dan keberlanjutan,” ucap Riswin Li, Head of Marketing Epson Indonesia.

Baca juga: Epson Jadi Mitra Korporat Internasional Pertama Earth Hour 2024

Epson Indonesia Tekankan sebagai Brand dengan The Real TKDN

TKDN merupakan inisiatif pemerintah untuk melindungi produksi dalam negeri dan menstimulasi pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan UU No. 3/2014 dan Peraturan Presiden 16/2018 jo 12/2021, segala pembelian yang dilakukan oleh pemerintah harus mengutamakan produk TKDN. TKDN bertujuan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, meningkatkan peluang kerja, meningkatakn utilitas nasional, efisiensi industri, mengurangi ketergantungan dari pihak lain. Pemerintah terus fokus mendukung produk-produk lokal dan menggunakan lebih banyak komponen-komponen lokal. TKDN pun menjadi faktor penting dalam pengadaan barang pemerintah. 

Nolly Dhanurendra, Head of Brand and Communications PT Epson Indonesia

“Dalam persaingan mengikuti pengadaan barang pemerintah, banyak brand berlomba-lomba bersaing mempromosikan produk-produk TKDN mereka. Namun tidak semua produk-produk tersebut benar-benar memenuhi standar TKDN. Epson merupakan brand yang menerapkan The Real TKDN karena memiliki pabrik lokal dan menggunakan suku cadang dari Indonesia,” ucap Nolly Dhanurendra, Head of Brand and Communications PT Epson Indonesia

Di Indonesia, Epson memiliki tiga perusahaan yang mendukung kehadiran produk-produk TKDN. Produk-produk Epson sendiri yang menyandang sertifikasi produk TKDN mencapai 22 SKU dan akan terus bertambah. 

Baca juga: Epson Dukung Industri Lokal dengan Tingkatkan Jumlah Produk Bersertifikat TKDN

Rencana di Tahun 2024

Di tahun 2024, Epson Indonesia juga akan terus berkomitmen untuk mengkampanyekan konsumsi yang bertanggung jawab untuk memenuhi aspirasi pelanggan. Upaya ini dilakukan dengan menghadirkan teknologi inkjet yang bebas panas dan ramah lingkungan. Epson juga akan mendukung produk-produk yang dibuat secara lokal dan berkolaborasi dengan WWF untuk konservasi lingkungan.

Riswin Li, Head of Marketing Epson Indonesia.

“Bisnis B2C akan terus menjadi bisnis utama Epson di tahun fiskal 2024. Hal ini krusial untuk mengambil langkah-langkah penting demi memperkuat posisi kepemimpinan kami di ruang B2C untuk memicu ekspansi yang cepat dalam bisnis B2B kami. Kami bermaksud untuk memicu pasar kami dengan meraih pertumbuhan tahunan sebesar 10%, melampaui pertumbuhan pasar keseluruhan. Kami berencana untuk melakukan hal ini dengan memanfaatkan keuntungan produk-produk TKDN kami dan mengkapitalisasi meningkatnya penerimaan dari bisnis inkjet kami. Kami akan memperluas rentang produk-produk TKDN kami sampai lingkup proyektor-proyektor bisnis dan printer CISS entry-level,” lanjut Riswin Li.

Pada tahun 2024, pertumbuhan penjualan Epson Indonesia diharapkan dapat naik sekitar 10% yang dipicu oleh perekonomian Indonesia yang kuat. Pertumbuhan dari produk-produk TKDN juga diharapkan turut menyumbang pertumbuhan penjualan tersebut. Berbagai kegiatan dan komunikasi juga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan penjualan tersebut.

Epson Media Gathering FY23

Berbagai kegiatan seru digelar pada Epson Media Gathering FY23, sambil menikmati keindahan alam dan kuliner di Malang. Para perwakilan dari media-media di Indonesia juga diajak menjajal langsung kebolehan printer-printer Epson untuk menuangkan kreativitas. Dalam beberapa kelompok, para peserta kegiatan diajak untuk merancang gambar untuk dicetak di mug, kaos, dan kartu ucapan. Printer yang digunakan untuk mencetak hasil desain mencakup Epson L18050 dan Epson F130. Kegiatan tersebut menunjukkan keandalan printer-printer Epson untuk pencetakan gambar kreatif pada mug dan kaos.

Nolly Dhanurendra, Head of Brand and Communications PT Epson Indonesia bersama dengan kelompok yang meraih juara pertama

Epson Indonesia juga menyediakan berbagai hadiah pada Epson Media Gathering FY23 tersebut demi mengapresiasi media yang turut berkontribusi pada pencapaian Epson dan menyampaikan pesan-pesan untuk meningkatkan awareness.

Share:

Artikel Terkini