Huawei Ajak Pengembang Ciptakan Native Apps untuk Ramaikan Ekosistem HarmonyOS Huawei Ajak Pengembang Ciptakan Native Apps untuk Ramaikan Ekosistem HarmonyOS ~ Teknogav.com

Huawei Ajak Pengembang Ciptakan Native Apps untuk Ramaikan Ekosistem HarmonyOS

Teknogav.com – Keseriusan Huawei dalam membangun ekosistem sistem operasi HarmonyOS disampaikan Eric Xu, Rotating Chairman Huawei pada Huawei Analyst Summit ke-21. Pada ajang di Shenzhen, Tiongkok tersebut, Eric Xu menyatakan akan terus berkolaborasi dan mengajak pengembang menciptakan native apps untuk HarmonyOS. Sistem operasi HarmonyOS dapat berjalan di berbagai perangkat pintar, termasuk smartphone, tablet, smart TV dan perangkat wearable. Di akhir tahun 2023, sudah ada 800 juta perangkat yang mengadopsi sistem operasi HarmonyOS.

“Kami mengajak semua pengembang dan pemilik aplikasi di Tiongkok untuk segera bergegas bergabung dengan ekosistem native apps HarmonyOS kami, serta bekerja sama menyajikan pengalaman yang lebih baik dan makin mengesankan bagi konsumen,” ucap Xu. 

Baca juga: Huawei Mobile Services Prioritaskan Pengembangan Ekosistem Demi Tingkatkan Kenyamanan Pengguna

Pangsa pasar HarmonyOS berdasarkan Counterpoint Research sudah mencapai 4% secara global. Sementara itu, pangsa pasar di Tiongkok sudah melampaui 16% di kuartal keempat tahun 2023.

Pengembangan ekosistem HarmonyOS yang dilakukan Huawei telah mengalami kemajuan substansial. Hal ini ditandai dengan adanya lebih dari 4.000 aplikasi yang sedang dalam proses porting ke HarmonyOS dari target 5.000 aplikasi. Target Huawei adalah memiliki setidaknya 1.000.000 aplikasi yang dikonfigurasi untuk ekosistem HarmonyOS. 

Baca juga: Laporan Tahunan Huawei 2022 Ungkap Peningkatan Pengeluaran Litbang

Xu juga mengungkapkan arsitektur baru HarmonyOS dan memperkenalkan sistem operasi terebut sebagai satu sistem untuk semua perangkat. Sistem operasi ini terinspirasi dari Internet of Things (IoT). Sejak awal, sistem operasi ini dirancang untuk semua jenis perangkat, termasuk perangkat IoT, smartphone, perangkat smart home, laptop, dan desktop.
 
“Sebelumnya, fokus utama kami adalah mengadaptasikan HarmonyOS untuk berbagai jenis perangkat. Namun untuk aplikasi, mereka masih beroperasi dalam ekosistem Android. Di pasar Tiongkok, pengguna smartphone Huawei menghabiskan 99% waktu mereka untuk melakukan interaksi pada sekitar 5.000 aplikasi. Jadi, kami memutuskan sepanjang tahun 2024 berfokus untuk porting aplikasi-aplikasi tersebut ke HarmonyOS terlebih dulu agar antara OS dan ekosistem aplikasi benar-benar menyatu,” tutur Xu.

Salah satu tujuan utama Huawei di tahun 2024 adalah membangun ekosistem native apps HarmonyOS. Misi yang sangat besar ini telah memperoleh dukungan dari industri dan banyak pengembang aplikasi. Setelah memiliki 5.000 aplikasi Android pertama dan ribuan aplikasi lain di HarmonyOS, sistem operasi diharapkan menjadi sistem operasi ketiga dunia. Saat ini, sistem operasi perangkat bergerak yang mendominasi adalah Apple iOS dan Google Android.

Baca juga: Mengulik Fitur-fitur Unggulan Sistem Operasi Terkini Huawei

Kendati fokus awal Huawei adalah pasar Tiongkok, pasar HarmonyOS akan diperluas bertahap ke negara-negara lain dengan pendekatan negara demi negara. Investasi besar telah ditanamkan Huawei dalam mengembangkan talenta untuk ekosistem HarmonyOS. Lebih dari 380 ribu pengembang telah menyandang sertifikasi HarmonyOS. Jumlah program kemitraan industri-universitas di HarmonyOS juga mencapai lebih dari 150 ribu program. Laporan tahunan Huawei tahun 2023 yang diterbitkan akhir Maret 2024 mengungkapkan bahwa lebih dari 135 perguruan tinggi di Tiongkok telah menghadirkan kelas yang mengajarkan HarmonyOS.
 
Pada Agustus 2023, HongMeng (Harmony) Kernel Huawei dianugerahi sertifikat Evaluation Assurance Level 6 Augmented (EAL6+). Penganugerahan ini merupakan yang pertama di industri ini dan bagian dari Common Criteria for Information Technology Security Evaluation (CC). Ini adalah tingkat keamanan tertinggi dalam hal kernel sistem operasi untuk kebutuhan umum. Huawei menjadi produsen perangkat pintar pertama di dunia yang menerima sertifikasi di bidang ini.
 
Xu mengakui bahwa membangun ekosistem HarmonyOS adalah tantangan yang sangat berat. Sebelumnya, pengembangan HarmonyOS bukan bagian dari strategi Huawei. Namun, saat ini Huawei berkomitmen untuk mengemban tugas tersebut dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dan upaya terbaik.

Share:

Artikel Terkini