Tips Aman dan Nyaman Belanja Online Selama Liburan Hari Raya Tips Aman dan Nyaman Belanja Online Selama Liburan Hari Raya ~ Teknogav.com

Tips Aman dan Nyaman Belanja Online Selama Liburan Hari Raya

Teknogav.com – Hari lebaran merupakan momen istimewa bagi umat muslim di Indonesia. Mudik dan belanja merupakan tradisi yang biasa dilakukan dalam menyambut hari raya ini. Diperkirakan, puncak belanja akan tiba musim lebaran yaitu pada kuartal kedua tahun 2024. Seiring perkembangan teknologi, kini tradisi belanja pun telah beralih ke toko online yang memudahkan transaksi. Pelanggan disuguhi dengan berbagai pilihan metode pembayaran dan penawaran digital menarik lainnya. Saat berbelanja secara online, Kaspersky menyarankan untuk tetap waspada dengan adanya jebakan penawaran menarik.

Distribusi organisasi yang menjadi sasaran phisher, berdasarkan kategori, 2023

Kenyamanan berbelanja ini terkadang diiringi juga oleh kerentanan dalam platform berbelanja. Penjahat siber dapat menebar jebakan melalui pesan phishing dari berbagai platform. Jebakan tersebut bisa berupa tautan online atau lampiran yang berisi malware, kode QR palsu, penipuan akun toko online dan lain-lain. Teknologi anti-phishing Kaspersky mendeteksi hampir 500 ribu upaya phishing melalui tautan di perangkat bisnis di Asia Tenggara selama tahun 2023. Di Indonesia, jumlah tersebut mencapai 97.465 insiden. Jumlah tautan phishing tersebut terkait dengan keuangan, e-commerce, perbankan dan sistem pembayaran.

Baca juga: Ungkap Maraknya Penipuan Belanja Online, ESET Beri Tips Menghindarinya

Toko Online Tempati Peringkat Ketiga Terbanyak Ditiru Penjahat Siber

Seiring tren phishing yang terjadi, permintaan belanja online terbukti masih tinggi di tahun 2023. Berdasarkan jumlah upaya pengalihan tautan, phishing yang meniru portal internet global menempati posisi teratas dengan proporsi 16,46%. Pengguna layanan web juga menjadi sasaran pelaku ancaman dengan jumlah persentase 14,65%. Peringkat selanjutnya ditempati serangan phishing yang menjadikan pengguna toko online sebagai sasarannya dengan persentase 12,22%.

Distribusi organisasi yang menjadi sasaran phisher, berdasarkan kategori, 2023

“Pelanggan, terutama mereka yang belum terlalu aktif secara digital, kurang memiliki kesadaran terhadap risiko paling sederhana seperti phishing dan spam. Belanja online dan pembayaran elektronik menjadi bagian penting dari kegiatan hari raya, sehingga kami menghimbau masyarakat Indonesia untuk waspada. Kewaspadaan ini terutama terhadap pengumuman penjualan yang disampaikan melalui email, pesan teks, postingan media sosial, atau bahkan panggilan telepon. Cerrmati dengan teliti sebelum mengklik. Ancaman bisa datang dari mana saja. Namun kita dapat melindungi diri kita dengan kewaspadaan dan solusi keamanan kuat yang terpasang di perangkat,” ucap Yeo Siang Tiong, General Manager Asia Tenggara di Kaspersky.

Baca juga: Tips Tetap Aman dan Praktis Belanja di Mal

Tips Aman Berbelanja Online Saat Hari Raya

Kaspersky memberikan beberapa tips berikut ini agar terhindar dari ancaman siber saat berbelanja online di hari raya:

  • Pilih merek-merek yang sudah dikenal atau sudah tidak asing lagi. Jika membeli dari lapak baru, teliti terlebih dahulu. Cari tahu apakah toko tersebut bisa dihubungi jika terjadi kesalahan pesanan dan kebijakan pengembalian barang. Temukan kontak berupa email, nomor telepon atau alamat, telaah rekam jejak toko melalui tinjauan untuk mengetahui keaslian dan keandalan lain.
  • Gunakan kartu kredit sementara saat melakukan pembelian online, jangan kartu kredit utama. Kecanggihan teknik dan malware yang dikembangkan penjahat siber kadang dapat menembus keamanan saat berbelanja online.
  • Berbelanja di situs atau platform yang aman. Jika berbelanja melalui website, pastikan alamat tautan diawali https:// bukan http://. Pada bilah alamat situs, cari gembok tertutup, lalu lihat rincian keamanan situs dengan mengklik gembok tersebut dua kali.
  • Kelola dan lindungi kata sandi online menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun online. Hal ini penting dilakukan untuk berbelanja online dengan nyaman dan aman. Kata sandi yang kuat dapat dijaga dengan pengelola kata sandi agar aman saat berbelanja online
  • Waspada terhadap permintaan jenis informasi. Jangan memberikan informasi lebih dari yang dibutuhkan saat menyelesaikan transaksi pembelian. Jangan berbagi informasi pribadi melalui telepon atau membalas segala permintaan informasi pribadi. Informasi pribadi tersebut bisa mencakup kata sandi, nomor kartu kredit atau rekening bank.
  • Gunakan Virtual Private Network (VPN) dengan cara menginstal solusi VPN terlebih dahulu jika harus berbelanja menggunakan koneksi Wi-Fi publik
  • Perbarui program dan perangkat lunakan keamanan secara rutin dan sebelum berbelanja
  • Setelah berbelanja, jangan lupa logout. Langkah ini perlu dilakukan terutama jika berbagi komputer dengan seseorang atau pernah menggunakan komputer umum atau jaringan Wi-Fi umum
  • Cetak dan simpan riwayat transaksi olnine. Baca laporan transaksi dengan teliti ketika mendapatkannya dan periksa tagihan yang tidak sah. Buat laporan jika ada sesuatu yang tidak biasa.

Baca juga: Tips Aman Berbelanja Online di Liburan Akhir Tahun 

Demikianlah berbagai tips untuk mengenali ancaman siber dan cara agar senantiasa aman dari serangan siber.

Share:

Artikel Terkini