Proyek Desanova Gunakan Smartphone Nokia 5.3 untuk Digitalisasi Pedesaan Indonesia Proyek Desanova Gunakan Smartphone Nokia 5.3 untuk Digitalisasi Pedesaan Indonesia ~ Teknogav.com

Proyek Desanova Gunakan Smartphone Nokia 5.3 untuk Digitalisasi Pedesaan Indonesia

Tedy Tri Tjahyono, CEO PT Kiniku Nusa Kreasi dan Karel Holub, General Manager, Indonesia, HMD Global; menandatangani perjanjian kerja sama untuk Desanova Project disaksikan oleh Suntoro, Sekretaris Umum Koperasi Satelit Desa Indonesia (KSDI); Shannedy Ong, Managing Director, Qualcomm Indonesia; Budiman Sudjatmiko, Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia.

Teknogav.com - HMD Global berkolaborasi dengan PT. Kliniku Nusa Kreasi untuk mengembangkan Desanova untuk mengembakan rencana konten digital khusus dan platform berbasis teknologi, Deanova. Kolaborasi ini dimaksudkan untuk membantu transformasi digital pedesaan di Indonesia. Desanova sendiri merupakan proyek kolaborasi antar forum Koperasi Satelit Desa Indonesia (KSDI), perusahaan teknlogi, institusi dan komunitas. Sementara itu PT. Kliniku Nusa Kreasi adalah perusahaan penyedia solusi teknologi dan komunikasi.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan PT. Kiniku Nusa Kreasi di Indonesia. Kolaborasi ini menunjukan kepercayaan terkait produk smartphone Nokia di Indonesia pada kalangan enterprise. Baru-baru ini, smartphone Nokia dinobatkan sebagai yang terdepan dalam Counterpoint Research Trust rangkings. Penilaian peringkat tersebut dilakukan berdasarkan pada empat pilar, yaitu: software, security, build quality dan perangkat yang direkomendasikan untuk enterprise. Smartphone Nokia memimpin untuk keempat parameter tersebut,” ucap Karel Holub, General Manager HMD Global Indonesia.

Baca juga: Riset Counterpoint Tunjukkan Ponsel Nokia Paling Terpercaya

Kolaborasi antara HMD Global dan PT. Kiniku Nusa Kreasi ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan di Desa Bojong Koneng, Bogor, Jawa Barat. Penandatanganan dilakukan oleh Tedy Tri Tjahyono, CEO PT. Kiniku Nusa Kreasi dan Karel Holub, General Manager Indonesia, HMD Global. Turut menyaksikan penandatanganan tersebut adalah Suntoro, Sekretaris Umum Koperasi Satelit Desa Indonesia (KSDI); Shannedy Ong, Managing Director, Qualcomm Indonesia; dan Budiman Sudjatmiko, Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia.

“Kami sangat antusias melakukan kolaborasi ini bersama dua pemain besar di industrinya. Kedua pemain besar tersebut adalah HMD Global, the home of Nokia phones dan Qualcomm, pemimpin di dunia untuk inovator nirkabel. Selain itu juga tentunya bersama KSDI dan Inovator 4.0. Indonesia. Tahap pertama adalah pengembangan konten digital khusus dan platform berbasis komunitas bermana Desanova, pada smartphone Nokia 5.3,” Tedy Tri Tjahyono, CEO PT. Kiniku Nusa Kreasi.

Baca juga: Resmi Hadir di Indonesia, Nokia 5.3 Dukung Cara Lain Berkreasi

Layanan yang ditawarkan oleh PT. Kliniku Nusa Kreasi mencakup platform bisnis digital, aplikasi smartphone, infrastruktur TI dan teknologi-teknologi lain. Proyek Desanova sendiri didukung oleh Inovator 4.0 Indonesia melalui gerakan literasi digital, pelatihan dan transfer teknologi. Organisasi tersebut mengumpulkan para pelaku teknologi berbakat dari berbagai pedesaan di Indonesia di bawah forum KSDI. Forum KSDI sendiri dibentuk pada Juli 2020. Jumlah anggota KSDI sekitar 10 ribu anggota komunitas pedesaan yang tersebar di 15 provinsi di seluruh Indonesia.

“Kami melihat kolaborasi ini sebagai suatu solusi ekosistem dari hulu ke hilir. Elemen utama dari kolaborasi ini adalah solusi berbasis komunitas. Selama pandemi ini, transformasi digital bukan hanya menjadi sebuah solusi namun juga keharusan bagi semua sektor. Qualcomm sebagai penyedia teknologi untuk smartphone Nokia sangat bangga dapat bermitra dengan KSDI dan Inovator 4.0. Kami berharap ini menjadi batu loncatan untuk membuka sebuah babak baru dalam transformasi digital di masa mendatang. Kami percaya akan ada lebih banyak lagi pencapaian dan inisiatif berbasis komunitas bagi pedesaan di Indonesia,” ucap Shannedy Ong, Managing Director Qualcomm Indonesia.

Baca juga: Video Unboxing Nokia 5.3 dan Uji Quad Camera

Nokia 5.3, Smartphone dengan Layar dan Kinerja Besar

Chipset yang digunakan pada Nokia 5.3 adalah Snapdragon 665 Mobile Platform besutan Qualcomm. Kinerja prosesor tersebut memastikan grafis yang halus dan perpindahan aplikasi yang mulus. Smartphone ini dibekali dengan konfigurasi empat kamera yang menyajikan hasil foto memukau.  Sistem operasi Android smartphone ini akan terus mendapatkan pembaruan selama dua tahun dan pembaruan keamanan bulanan rutin selama tiga tahun. Smartphone ini juga sudah siap menggunakan Android 11 dan yang akan datang.



Layar smartphone ini berukuran 6,55 inci yang nyaman digunakan untuk menonton konten favorit. Daya pada baterai smartphone tahan sampai dua hari, sehingga bisa melakukan banyak tanpa harus sering melakukan pengisian daya. Smartphone ini dirancang dengan desain khas Nordic dengan bagian belakang yang terbuat dari bahan komposit dan bagian depan yang  mulus.


Android Enterprise Recommended

Jajaran smartphone Nokia dengan Android Enterprise Recommended (AER) merupakan yang terbesar di industri smartphone. Sampai November 2020, portofolio 20 smartphone AER menghadirkan pengalaman bagi kalangan enterprise dalam beragam segmen harga. Sistem operasi pure Android pada smartphone Nokia siap menyajikan sejumlah solusi Enterprise Mobility Management (EMM). Smartphone Nokia mudah didaftarkan ke solusi EMM berkat kompatibilitas lengkap dengan Android enterprise management API. Kemudahan dalam melakukan kustomisasi tersebut akan  lebih menghemat waktu dan biaya.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email