Dunia Games Raih Penghargaan pada IGA 2020 dan IEA 2020 Dunia Games Raih Penghargaan pada IGA 2020 dan IEA 2020 ~ Teknogav.com

Dunia Games Raih Penghargaan pada IGA 2020 dan IEA 2020


Teknogav.com - Dunia Games merupakan salah satu ekosistem layanan digital Telkomsel. Pada tahun 2020 ini, Dunia Games mendapat dua penghargaan sekaligus. Pertama adalah sebagai ‘The Most Favorite Gaming Media of The Year’ pada Indonesia Gaming Awards (IGA) 2020. Penghargaan ini diraih Dunia Games atas keberhasilannya sebagai media game dengan 17 juta pengguna. Lalu penghargaan lain adalah sebagai ‘The Most Favorite Non-Publisher Esports Tournament’ pada Indonesian Esports Awards (IEA) 2020. Dunia Games diganjar penghargaan ini atas keberhasilan menggelar Indonesia Game Championship 2020.

Baca juga: Dunia Games dan Garena Gelar Turnamen “Indonesia Games Championship” 2020

Telkomsel memahami pentingnya produk digital dan layanan telekomunikasi bagi kehidupan sehari-hari, terutama selama pandemi. Hal tersebut terlihat pada peningkatan penggunaan broadband Telkomsel sebesar 49%. Data tersebut pun sebanding degan kenaikan pemakaian layanan mobile game sebesar 231% oleh pelanggan Telkomsel. 

Berpijak pada hal tersebut, Telkomsel konsisten menyajikan lebih banyak produk dan layanan. Langkah ini dilakukan melalui Dunia Games untuk menjadi solusi hiburan digital di bidang esports. Komitmen untuk terus mendukung dan memperkuat ekosistem gaming dan esports di Indonesia tersebut diperkokoh dengan penghargaan yang diraih Dunia Games.

“Telkomsel memiliki komitmen untuk terus bergerak maju mendorong ekosistem digital di Indonesia secara inklusif dan berkesinambungan. Upaya tersebut salah satunya dengan meletakkan fokus untuk mendukung kemajuan industri esport dan gaming Tanah Air melalui platform Dunia Games. Kami memaknai kedua penghargaan tersebut sebagai pendorong tambahan bagi Telkomsel dan Dunia Games untuk terus menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi penggiat game Indonesia,” ucap Nirwan Lesmana, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel.

Empat Pilar Utama Dunia Games

Dunia Games mendorong perkembangan industri game dan esports Indonesia dengan menjalankan empat pilar utama layanan. Empat pilar tersebut mencakup penerbit game, payment gateway, media komunitas dan penyelenggara kompetisi. Secara bersinergi keempat fungsi tersebut dilakukan secara konsisten agar dapat berperan nyata pada pertumbuhan industri esports Indonesia. Hal ini juga dilakukan Dunia Games untuk kemajuan seluruh pemangku kepentingan secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Penerbit Game

Berbagai pilihan game menarik disediakan Dunia Games bagi masyarakat Indonesia. Pada tahun 2020 ini ada tiga game yang diluncurkan, yaitu:

  • Rise of Nowlin pada Februari 2020
  • Kolak Express 3 pada Mei 2020
  • Three Kingdoms: Quest of Infinity pada Desember 2020

Baca juga: Three Kingdoms: Quest of Infinity, Game Ringan Penuh Strategi Pertempuran  

Sementara itu pada tahun 2018, Dunia Games telah menerbitkan ShellFire. Kemudian disusul oleh Lord of Estera pada tahun 2019, sehingga totalnya ada lima game yang sudah diterbitkan Dunia Games. Seluruh game tersebut mencakup berbagai genre, sesuai minat penggemar mobile game di Indonesia.

Payment Gateway

Ekosistem Dunia Games diperkuat dengan menyediakan layanan payment gateway untuk memudahkan membeli game dan voucher game. Metode pembayaran yang disediakan beragam, termasuk Direct Carrier Billing (DCB) Telkomsel. Sebanyak 6 juta pengguna sudah bertransaksi menggunakan Dunia Games DCB sampai November 2020.  Saat ini sudah lebih dari 150 penerbit game dan pengembang game yang sudah terkoneksi dengan Dunia Games DCB.

Transaksi di Dunia Games terus tumbuh sepanjang 2020 secara keseluruhan. Salah satu pendorong peningkatan tersebut adalah naiknya kebutuhan terhadap hiburan digital berkualitas akibat pandemi. Selama periode Januari-November 2020, transaksi meningkat 166% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada Desember 2020 pun terjadi peningkatan 231% dibandingkan Januari 2020 saat pandemi belum melanda Indonesia.

Portal Media Game

Pada portal media game, berbagai informasi berkualitas ditayangkan Dunia Games. Kontennya mencakup lebih dari 100 artikel setiap minggu dan lebih dari 1.800 video yang ditayangkan. Ketekunan ini menghasilkan pertumbuhan basis pengguna sampai 17 juta orang. Jumlah times views pun meningkat 150% atau menjadi 57 juta times views dari 20 juta times views pada tahun sebelumnya. Pencapaian inilah yang menjadi penilaian utama IGA 2020.

Penyelenggara Turnamen Esports

Berbagai jenis turnamen esports tahunan bergengsi pun telah digelar Dunia Games sebagai penyelenggara kompetisi. Beberapa kompetisi tersebut mencakup Dunia Games League dan Indonesia Games Championship (IGC). Pada penyelenggaraan IGC 2020, lebih dari 34 ribu peserta dari 457 kabupaten/kota dan tiga negara Asia Tenggara ikut serta. Penyelenggaraan turnamen esports ini dilakukan Telkomsel bersama dengan Garena Indonesia dengan total hadiah lebih dari Rp1,6 miliar. Turnamen tersebut berhasil mencapai 14 juta views dan 1,7 juta jam waktu tonton (watch time). Keberhasilan ini menjadi penilaian utama yang dilakukan IEA 2020.

Baca juga: Enam Tim Esport Juarai Indonesia Games Championship 2020

“Kedua penghargaan tersebut merupakan pencapaian spesial bagi kami. Penghargaan ini menjadi apresiasi terhadap komitmen kami dalam memajukan industri esports dan gaming di Indonesia. Kami pun akan memaknainya dengan terus memperkuat prinsip customer-centric dalam menghadirkan berbagai macam inovasi terbaru di segmen gaming. Hal ini dilakukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan seluruh pemangku kepentingan di industri esports Tanah Air,” lanjut Nirwan.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email