Indofun Games Andalkan Layanan Adjust untuk Susun Strategi Marketing Indofun Games Andalkan Layanan Adjust untuk Susun Strategi Marketing ~ Teknogav.com

Indofun Games Andalkan Layanan Adjust untuk Susun Strategi Marketing



Teknogav.com - Indofun Games merupakan publisher game yang didirikan tahun 2015 dan berharap akan menjadi publisher game nomor 1 di Indonesia. Demi mencapai hal tersebut tentu saja Indofun menyusun strategi dengan pertimbangan yang matang, termasuk dalam pemilihan game dan strategi marketing. Dalam menyusun strategi marketing, Indofun memanfaatkan layanan analisa data marketing dari Adjust setelah game diluncurkan.

Sebelum melunurkan game yang tepat di pasar dilakukan Indofun dengan menguji lebih dari 200 game di seluruh dunia setiap bulannya. Setelah menemukan game yang sesuai, maka Indofun pun membuat kesepakatan dengan developer dan melakukan serangkaian proses untuk merilis game. Prosedur perilisan game tersebut mencakup penerjemahan, peningkatan antarmuka dan pengalaman pengguna, rencana event dan lain-lain. Sampai saat ini sudah ada sekitar 30 judul yang dikembangkan oleh Indofun. Belakangan ini Indofun juga mengembangkan tim untuk merilis game casual. Pada proyek pengembangan game tersebut, Indofun juga mengembangkan talenta-talenta muda Indonesia. 

Baca juga: Indofun Games Tingkatkan Konversi dengan Adjust Audience Builder Tool

Industri game merupakan industri yang dinamis dan bergerak cepat, sehingga Indofun merasa membutuhkan mitra yang dapat dipercaya dan diandalkan. Bagi Indofun, dukungan Adjust cukup luar biasa dengan data yang memungkinkan untuk membuat kampanye dengan tepat. Data tersebut dapat menghemat uang dan meningkatkan tingkat konversi. Indofun berhasil menghemat biaya sekitar 20%-30% menggunakan data Adjust yang presisisi dan akurat.

Haekhel, Fachrialdy, Digital Marketing Manager Indofun Digital Technology

“Proses perencanaan marketing campaign dilakukan Indofun dengan banyak penelitian di market, pesaing dan tren konsumen yang umum. Setelah data-data tersebut dikumpulkan, maka kami mulai membuat acuan untuk produk kami, mengumpulkan data dari semua sumber. Hal ini dilakukan untuk memastikan marketing campaign kami tepat. Ketika produk dirilis, kami memulai kampanye kami dan mulai membandingkan kinerja lintas jaringan iklan. Langkah ini untuk memahami lebih baik kanal mana yang memicu pertumbuhan,” ucap Haekhel, Fachrialdy, Digital Marketing Manager Indofun Digital Technology.

Penggunaan Adjust untuk Marketing Strategy

Sebelum menggunakan Adjust, Indofun menggunakan metode konvensional yang mengandalkan fitur-fitur yang diberikan jaringan iklan. Setelah mulai bekerja sama dengan Ajust, ada lebih banyak sarana yang bisa dimanfaatkan. Adjust berperan dalam memandu Indofun dalam menyusun marketing campaign. Indofun dapat memilih materi iklan yang tepat dan menyasar pada pengguna smartphone yang setia, keduanya merupakan jurus penting dalam kampanye.

Baca juga: Gunakan Adjust Automate, Melsoft Games Tingkatkan Efisiensi Pengelolaan Kampanye

Data yang jelas dan akurat dari Adjust membantu untuk membangun kampanye yang kuat dan menarik lebih banyak pengguna. Game yang dirilis pun dapat ditingkatkan berdasarkan wawasan yang diterima dari Adjust. Beberapa kampanye yang dilakukan Indofun di Facebook menggunakan fitur Audiences Builders dari Adjust.

Ketika suatu game tidak memberikan kinerja pendapatan yang baik, maka data pun menjadi unsur penting dalam memperbaiki produk tersebut. Pendalaman pada data akan membentu menemukan hal yang perlu diperbaiki, apakah itu tingkat retensi, keseluruhan pengelaman game dan lain-lain. Setelah masalah diperbaiki, maka bisa dilakukan promosi game kembali dan menganalisa data untuk membantu memutuskan perbaikan lebih lanjut jika dibutuhkan.

Layanan-layanan Adjust yang Digunakan Indofun

Saat ini Indofun menggunakan Audience Builder, Fraud Prevention Suite dan Uninstall and Reinstall tracking dari Adjust. Berikut ini adalah fungsi dari masing-masing produk tersebut.

  • Audience Builder memungkinkan untuk membangun,mengunduh dan berbagi daftar pengguna yang dikustomisasi langsung dari dashboard Adjust. Indofun dapat menentukan kondisi untuk membuat segmentasi pengguna kemudian membuat daftar grup untuk dibagi dengan mitra. Data yang diperoleh tersebut dapat digunakan untuk retargeting campaign dan pengujian alfa dan beta.
  • Fraud Prevention Suite akan mencegah kecurangan trafik dari kanal berbayar Indofun. Ini berarti biaya yang dikeluarkan dibayarkan pada kanal yang tepat dan meningkatkan user engagement. Dataset Indofun pun tetap bersih sehingga bisa melakukan peninjauan perencanaan dan kampanye berdasarkan data yang sepenuhnya akurat.
  • Uninstall and Reinstall tracking akan membantu memahami kapan dan mengapa pengguna melakukan uninstal suatu game. Selain itu dapat diketahui juga kampanye mana yang membuat mereka melakukan instal ulang. Informasi ini akan memberikan wawasan bagi Indofun dalam seseluruhan siklus pengguna. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan marketing campaign dan melakukan penargetan ulang dengan presisi.

Baca juga: AppsFlyer: Remarketing Aplikasi Penting untuk Pertahankan Pengguna dan Lifetime Value 

Indofun mendapatkan pemahaman lebih baik mengenai seberapa efisien belanja yang dikeluarkan pada anggaran pemasaran dengan memiliki informasi jelas asal pengguna. Penggabungan data dapat dilakukan dengan mudah dengan melakukan pengaturan event dalam dashboard Adjust untuk mencocokkan dengan kanal pengguna. Data tersebut kemudian dipecah ke jaringan, kampanye, kelompok iklan dan tingkat kreatif. Analisa pengguna lebih mendalam pun bisa dilakukan menggunakan data mentah yang bisa diperoleh dari fitur Adjust. Saat ini sudah ada lebih dari 30 aplikasi dari Indofun yang menggunakan produk-produk Adjust.

Selama pandemi terjadi peningkatan besar pada penginstalan game karena masyarakat banyak yang di rumah saja. Kegiatan pun beralih ke smartphone dan menjadikan game smartphone sebagai hiburan. Pada satu minggu di bulan Maret 2020, secara global terjadi peningkatan pengunduhan yang mencapai 1,2 miliar game smartphone. Ini merupakan puncak penginstalan aplikasi yang juga menguntungkan Indofun.

Produk lain yang ditawarkan Adjust untuk industri game adalah Unbotify yang membantu mendeteksi kecurangan in-app bot. In-game bot merupakan masalah dalam industri game. Gamer akan menggunakan bot untuk curang agar bisa meraih nilai tinggi atau untuk mendapatkan sumber daya. Hal ini merusak ekonomi in-game dan merusak pengalaman gamer sejati. Para gamer pun akan kehilangan minat untuk membeli in-app, sehingga LTV, nilai retensi dan reputasi pun akan turun. 

Baca juga: Adjust Ungkap Perilaku Gamer yang Memanfaatkan Bot dan Proporsinya

Sebelumnya hampir tak ada solusi yang kredibel untuk mengatasi kecurangan in-app bot. Unbotify merupakan aplikasi yang telah mendapatkan penghargaan dalam keamanan siber dan merupakan perusahaan rintisan AI. Fitur-fitur canggih yang dibelikan inilah yang membuat Adjust memutuskan untuk mengakuisisi perusahaan rintisan tersebut. 

“Unbotify dapat membantu developer aplikasi dan pemasar untuk membedakan antara bot berbahaya dan gamer sejati. Langkah ini akan membantu pemasar mengamankan brand dan pendapatan mereka,” ucap April Tayson, Regional VP INSEA di Adjust.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email