Jenius Pay Mudahkan Pembayaran Transaksi di 29 Merchant Jenius Jenius Pay Mudahkan Pembayaran Transaksi di 29 Merchant Jenius ~ Teknogav.com

Jenius Pay Mudahkan Pembayaran Transaksi di 29 Merchant Jenius


Teknogav.com – Jenius Pay merupakan salah satu metode pembayaran transaksi online menggunakan $Cashtag yang diperkenalkan pada tahun 2017. $Cashtag merupakan istilah yang digunakan Jenius untuk menyebut identitas pengganti nomor rekening. Kini Jenius Pay sudah diterapkan di 29 merchant sehingga memudahkan masyarakat digital savvy untuk bertransaksi online. Kolaborasi BTPN dengan para merchant tersebut mendukung ekonomi digital dan transaksi online dan cashless.

”Jenius percaya kolaborasi dari berbagai pihak dibutuhkan untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Sejalan dengan semangat kokreasi dan kolaborasi diusung sejak awal, kami bersama-sama dengan mitra menghadirkan kemudahan bagi masyarakat digital savvy Indonesia. Kemudahan tersebut adalah dalam bertransaksi online melalui fitur Jenius Pay,” ucap Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN.

Baca juga: Kelola Cash Flow di Jenius Lebih Simpel dengan Fitur Moneytory

Tersedia tiga cara mudah untuk melakukan transaksi online dengan Jenius Pay. Ketiga cara tersebut adalah dari website atau aplikasi merchant yang bekerja sama, menggunakan $Cashtag dan mengonfirmasi pembayaran di aplikasi Jenius. Pada cara pertama, fitur Jenius Pay dapat ditemukan ketika memilih metode pembayaran pada halaman checkout di website atau aplikasi merchant. Pembayaran menggunakan Jenius Pay dapat dilakukan tanpa menggunakan kartu debit atau kartu kredit, e-Wallet atau transfer antar bank.

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN

“Jenius selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan partner dan merchant, sehingga masyarakat digital savvy bisa mendapatkan pengalaman baru dan makin lengkap. Semoga Jenius Pay bisa menjadi solusi bagi pengguna Jenius untuk bertansaksi online dengan cara yang mudah, cerdas, dan aman,” lanjut Waasi.

Kolaborasi Jenius dengan Merchant

Beberapa merchant yang sudah menggunakan fitur Jenius Pay ini adlah JD.ID, Kitabisa.com dan Kopi Kenangan. Perwakilan dari mereka pun berbagi pengalaman mengenai kolaborasi yang dilakukan dengan Jenius menggunakan Jenius Pay.

Baca juga: Jenius QR Dukung Pembayaran di Merchant Offline secara Contactless

“Sebesar 70% transaksi di Kopi Kenangan merupakan transaksi digital atau cashless, sehingga kami menyambut baik kolaborasi dengan Jenius Pay. Kehadiran Jenius Pay di aplikasi Kopi Kenangan merupakan bentuk komitmen kami untuk memberi layanan lebih kepada setiap pelanggan. Layanan lebih ini termasuk menambah jenis platform digital baru yang bisa dipilih saat melakukan pembayaran di aplikasi kami,” tambah Marsela Limesa, VP of Product & Growth Kopi Kenangan Marsela Limesa.

Hal Senada juga diungkapkan oleh Abraham Luhska Harahap, Head of Partnership and Alliance & Head of Digital Category JD.ID. Data JD.ID menunjukkan peningkatan rata-rata penjualan mingguan sampai 50% sejak Maret 2020 jika dibandingkan era nomal tahun 2020. Pada festival belanja akhir tahun 9.9, 10.10 dan 11.11, juga terjadi serangkaian peningkatan penjualan dibandingkan periode sama tahun lalu. Pada 9-11 November 2020 terjadi peningkatan jumlah pesanan sampai 60%. Kategori produk yang paling laris adalah Groceries & Health Care.

Abraham Luhska Harahap, Head of Partnership and Alliance & Head of Digital Category JD.ID

“Kami berharap para pelanggan kami bisa berbelanja dan bertransaksi dengan mudah, aman dan nyaman melalui kolaborasi dengan Jenius Pay. Harapannya kerja sama ini bisa mendatangkan ‘joy’ bagi seluruh pelanggan dengan segala benefit dan fasilitas yang ditawarkan. Joy ini dirasakan sebelum, sesaat dan setelah berbelanja di JD.ID,” ucap Abraham.

Metode pembayaran Jenius Pay hadir di berbagai merchant. Fitur ini bisa digunakan untuk berbelanja online, membeli kopi, membeli sayur, mengisi pulsa atau paket data, berdonasi dan investasi emas. Selain Kopi Kenangan, JD.ID dan Kitabisa.com, ada begitu banyak merchant lain yang sudah bekerja sama. Merchant-merchant tersebut mencakup Al Hamidiyah, Blibli.com, Ciputra Life, Dinomarket, Doku, Dompet Dhuafa, E-mas, Fore, Interskill, Kirim Email, Lakuemas, Lemonilo, Lifepal, Mau Belajar Apa, MyHartono, Pluang, Sayurbox, Siabos, SoftPro, Tokpedia, Tamasia, Treasury, Twenty Milli Coffee Roastery, UniPin dan lain-lain.

Baca juga: Jenius Dampingi Kelola Usaha dengan Akun Bisnis dan BisnisKit

“Kitabisa hadir karena kami percaya Indonesia tidak pernah kekurangan #OrangBaik, apalagi sejak pandemi melanda, jutaan kebaikan tercipta setiap hari. Kehadiran Jenius Pay mendorong ekosistem donasi digital menjadi lebih mudah dan aman. Mayoritas donatur Kitabisa adalah mereka yang juga melek teknologi digital.” ucap Rahelyna Mairing, VP of Finance and Compliance Kitabisa.com.

Peningkatan Transaksi Digital Sebagai Dampak Pandemi

Pandemi memicu transisi kegiatan, baik berbisnis maupun mengkonsumsi yang kini banyak dilakukan secara digital. Pembayaran secara digital menjadi solusi untuk menghindari kontak fisik yang sesuai dengan penerapan protokol kesehatan. Penggunaan Jenius Pay meningkat pesat selama pandemi, peningkatan volume transaksi dari bulan Maret 2020 ke Oktober 2020 mencapai 212%. Kenaikan nilai nominal transaksi bahkan lebih tinggi lagi, yaitu sampai 401%.

Data pada Jenius Study: Perilaku Digital Savvy Selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru pun menunjukkan peningkatan selama pandemi. Studi ini dilakukan pada 267 responden dengan rentang usia 16-40 tahun pada Mei 2020. Hasil studi menunjukkan bahwa mobile banking merupakan kanal perbankan yang paling sering dipakai selama masa adaptasi kebiasaan baru (79%).

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email