X9 Pro Audio, dari Pulau Dewata untuk Indonesia X9 Pro Audio, dari Pulau Dewata untuk Indonesia ~ Teknogav.com

X9 Pro Audio, dari Pulau Dewata untuk Indonesia

Teknogav.com, Denpasar, Bali – Pada Desember 2020 ini, tim Teknogav.com berkesempatan untuk melakukan liputan khusus ke beberapa brand audio kawakan di Pulau Dewata. Salah satu brand yang kami kunjungi adalah X9 Pro Audio. Kami menemui Sony Indra di rumahnya yang terletak di kawasan Ubung Kaja, Denpasar Bali. Pria berperawakan tinggi kurus ini menyambut kami dengan hangat dan mempersilahkan duduk di ruang dengar yang berbentuk joglo. Di ruangan yang terletak di teras utama tersebut, Sony bercerita mengenai awal ketertarikan memulai usaha Professional Speaker di Bali.
rumah joglo tempat ruang dengar
Baca juga: Vermöuth Audio Reference Loudspeaker Cable, Kabel Audio Premium Asal Bali
ruang dengar di X9 Pro Audio
Nama Sony Indra tidak bisa dipisahkan dari brand X9, karena dia merupakan pendiri sekaligus mastermind dari merek dalam negeri ini. Pria asal Tulungagung, Jawa Timur ini mengawali perjalanannya di dunia audio sejak tahun 1999. Berawal dari perkembangan bisnisnya yang lain yaitu catering. Sering sekali para pelanggan yang kenal dekat dengannya, memesan paket makanan sekaligus meminjam alat musik untuk sekedar meramaikan acara.
Sony Indra sang pendiri X9 Pro Audio

Baca juga: Q’labs #4, Earphone Asal Semarang yang Ludes dalam Sekejap 

Awalnya alat musik tersebut dipinjamkan secara gratis, tapi ternyata menimbulkan biaya tambahan karena harus melibatkan tenaga dan transportasi. Sony pun berinisiatif untuk membuka divisi baru di bidang rental alat musik dan sound system. Di awal bisnis rentalnya, Sony menyediakan sound system merek-merek yang sudah terkenal. 

Sambil mejalankan bisnisnya, pria yang pernah berprofesi sebagai ahli Teknologi Informasi (TI) ini melakukan riset dan pengembangan cikal bakal produknya. Beberapa karyanya yang sudah jadi dan dianggap memenuhi standar pun dirotasikan menjadi pilihan utama rental sound system-nya. Tanggapan konsumen sangat positif sehingga akhirnya semua peralatan rental menggunakan karya-karya hasil pemikiran dan risetnya.

jajaran perangkat X9 Pro Audio
jajaran perangkat audio besutan X9 Pro Audio

Baca juga: IHEAC Show 2016, Ajang Unjuk Kebolehan Brand Audio

Nama X9 dipilih karena proses yang panjang dan berliku. Sony menandai setiap selesai melakukan riset dan pengembangan dengan format “X” yang berarti Experience atau pengalaman. Jadi bisa dibayangkan suatu perjalanan yang cukup panjang untuk sampai pada experience untuk kesembilan kali. “Sebenarnya X itu selain bermakna experience juga eksperimen,” ucapnya sambil tersenyum.

Di ruang dengar joglo, Sony mempersilahkan para tamu yang datang untuk mencoba dan melihat secara langsung jajaran speaker hasil rancangannya. Speaker Coloumn dan Line Array mendominasi produk-produk X9, selain model stage monitor dan berbagai macam subwoofer.

Jajaran X9 Pro Audio
Speaker besutan X9 Pro Audio
Produk X9 sudah tersebar di seluruh pasar audio di Indonesia. Di Bali sendiri banyak dipakai di café dan restoran di sepanjang pantai, karena beberapa tipe speaker tahan terhadap cuaca ekstrem. Beberapa speaker tersebut bahkan pernah dicoba ketahanannya dimasukkan ke dalam air dalam waktu yang lama.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email