Review ASUS ZenBook Duo (UX482), Optimalkan Produktivitas dengan Dua Layar Review ASUS ZenBook Duo (UX482), Optimalkan Produktivitas dengan Dua Layar ~ Teknogav.com

Review ASUS ZenBook Duo (UX482), Optimalkan Produktivitas dengan Dua Layar


Teknogav.com – ASUS ZenBook Duo (UX482EG) resmi diluncurkan hari ini, 26 Maret 2021. Tim Teknogav.com berkesempatan untuk menjajal kinerja dari laptop yang menggunakan dua layar ini. Ada begitu banyak peningkatan yang dirasakan dibandingkan generasi sebelumnya, terutama terkait dengan layar kedua dan prosesor. Layar kedua ini merupakan ScreenPad Plus yang bisa digunakan untuk menampilkan beberapa aplikasi, atau bisa menjadi Control Panel. Berbagai peningkatan yang ada tentu saja siap memacu produktivitas penggunanya.

Prosesor yang digunakan pada ZenBook Duo (UX482EG) ini tentu saja merupakan prosesor Intel Core generasi ke-11 yang merupakan generasi terkini. Sebenarnya tersedia dua pilihan prosesor pada ZenBook Duo ini, yaitu Intel Core i7-1165G7 dan Intel Core i5-1135G7. Pada varian yang kami review, prosesor yang digunakan adalah Intel Core i7-1165G7 dengan dukungan RAM berkapasitas 16 GB.
Kendati canggih menggunakan dua layar, tak lantas membuat ZenBook Duo (UX482EG) ini menjadi bongsor atau berat. ASUS mampu merancang laptop ini dengan ringkas dan ringan sehingga mudah dibawa tanpa membebani dan mendukung mobilitas. Ketebalan ZenBook Duo (UX482EG) ini hanya 1,69 cm dan bobotnya 1,6 kg. Tampilan desain pun tampak elegan dengan warna Celestial Blue.

Paket ASUS ZenBook Duo (UX482EG)

Isi kotak paket ASUS ZenBook Duo (UX482EG) ini terdiri dari unit laptop, ASUS pen dan adapter charger. Tombol pada ASUS pen ini juga agak berbeda, karena tombol untuk menulis dan menghapus menyatu.

isi paket ASUS ZenBook Duo (UX482EG)

ScreenPad Plus

Layar kedua ZenBook Duo (UX482EG) ini berukuran 12,6 inci dan merupakan ScreenPad Plus. Penggunaan ScreenPad Plus ini dapat untuk memperluas bidang pandang atau bisa juga sebagai sarana pengendali aplikasi. Kecerahan layar ini pun ditingkatkan menjadi 400 nits dan peningkatan pengalaman layar sentuh.

ScreenPad Plus

ScreenPad Plus ini kini dilengkapi dengan perangkat lunak ScreenXpert 2 baru yang telah ditingkatkan. Peningkatan ini terdapat pada antarmuka dan shortcut baru, serta menu untuk memindahkan aplikasi antar layar. Antarmuka Control Center kini lebih mudah dioperasikan. Kehadiran peningkatan ini lebih memudahkan berkreativitas dan multitasking antar layar.

Baca juga: Review ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E), Laptop Convertible Dukung Mobilitas

Lokasi Control Center ini pun bisa disesuaikan, cukup geser ke kanan, kiri atau bawah sesuai selera. Tombol Control Center yang baru memungkinkan untuk meminimalkan task bar ke dalam tombol yang mengambang. Hal ini memungkikan fungsi untuk menyembunyikan taskbar seluruhnya. Tombol-tombol di task bar Control Center yang baru juga bisa ditambahkan atau dipindahkan untuk kustomisasi.

Control Center

Berikut ini adalah fitur-fitur pada ScreenPad Plus

  • Link to MyAsus untuk mengintegrasikan Link to MyASUS ke ScreenPad Plus sehingga bisa memakai fungsi panggilan telepon dan Mirror
  • Task Swap untuk mengalihkan antar aplikasi antar layar utama dan Screen Pad Plus
  • Keyboard lock untuk menyalakan atau mematikan keyboard
  • Back to Desktop untuk meminimalkan ukuran seluruh jendela aplikasi
  • Activate touchpad mode untuk menjadikan ScreenPad Plus sebagai touchpad yang sangat besar. Jika ingin mematikan mode ini, cukup tekan ikon X pada mode touchpad ini.
  • Task group untuk meluncurkan Task gorup melalui Quick access
  • All app untuk meluncurkan segala aplikasi di ScreenPad Plus melalui shortcut ini
  • Settings untuk mengkonfigurasikan tampilan ScreenPad Plus

ASUS utilites juga membuat penggunaan ScreenPad Plus lebih mudah digunakan. Fitur-fiturnya mencakup:

  • Handwriting untuk memasukkan teks melalui tulisan tangan yang dilakukan di ScreenPad Plus
  • Number Key untuk memasukkan angka menggunakan ScreenPad Plus
  • Quick Key untuk membuat hot key sendiri yang akan meningkatkan efisiensi
  • Control Panel yang baru kini bisa dikustomisasi untuk perangkat lunak Adobe. Beberapa di antaranya adalah Adobe Premier, After Effects, Lightroom Classic dan Photoshop. Ketika salah satu aplikasi dibuka, aplikasi Control Panel akan membuka panel yang sesuai untuk setiap perangkat lunak. Panel ini memungkinkan untuk memakai fungsi-fungsi yang biasa digunakan seperti zoom, kecerahan, kontras dengan slider, tombol dan tombol putar. Kreator dapat melakukan kustomisasi posisi ikon dan fungsi-fungsi sepenuhnya untuk setiap dek aplikasi Control Panel akan otomatis membuka dek yang ditujukan untuk setiap aplikasi yang didukung.

Control Panel
Ketika memindahkan jendela aplikasi, maka akan tampil menu pilihan, yaitu Switcher dan ViewMax. Switcher akan memungkinkan untuk menentukan jendela yan akan digeser ke ScreenPlus dengan empat pilihan lokasi yang tersedia. Sementara itu ViewMax memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan ruang kerja dengan menggabungkan layar utama dan kedua menjadi satu layar virtual besar. Kini ScreenPad Plus juga mencakup fungsi window-flicking untuk memindahkan jendela dari layar utama ke ScreenPad Plus atau sebaliknya.

Switcher dan ViewMax

Keberadaan dua layar ini sangat cocok juga bagi yang kini harus melakukan konferensi video. Layar utama bisa digunakan untuk tampilan video, dan layar kedua untuk membuat catatan meeting. Tim
Teknogav.com pun sangat memanfaatkan fungsi ini saat harus melakukan liputan secara online dengan menampilkan video di layar utama dan catatan di layar kedua. Tampilan ScreenPad Plus ini juga memiliki kecerahan maksium 400 nits untuk visibilitas lebih baik di segala sudut. Sementara untuk menghemat daya baterai, kecerahan bisa diatur ke 150 nits yang hanya memakan daya 1 W. Konsumsi daya ini lebih rendah 50% dibandingkan konsumsi daya panel sebagian besar laptop.

Desain ErgoLift dengan Engsel AAS Plus

Serunya lagi, kini layar kedua juga bisa terangkat sehingga membentuk kemiringan yang nyaman untuk dioperasikan sampai 7º. Hal ini dimungkinkan oleh desain engsel Active Aerodynamic System (AAS) Plus yang mendukung fitur ErgoLift baru. Jadi tak hanya mengangkat bodi layar, engsel tersebut juga mengangkat layar kedua. Desain ini meningkatkan pengalaman menggunakan layar sentuh dan melihat tampilan layar. Jarak antara layar pertama dan kedua pun lebih dekat dan aliran udara pun meningkat 49%.

ASUS ZenBook Duo (UX482EG)

Sayangnya penyesuaian kemiringan layar kedua terintegrasi dengan layar pertama, sehingga agak sulit jika ingin membuat layar kedua dan layar pertama sama-sama lebih tegak. Jika ingin mempertajam kemiringan layar kedua, maka otomatis bukaan layar pertama akan makin lebar.

Kinerja ASUS ZenBook Duo (UX482EG)

Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7-1165G7 yang juga mempunyai nama kode Tiger Lake yan diproduksi dengan proses 10 nm. Prosesor ini memiliki empat inti dan delapan thread dan cocok untuk ultrabook karena kinerja yang cepat dan irit daya. 

Baca juga: ASUS ZenBook Duo 14, Lebih Ringkas dengan Intel Core Gen-11

Kecepatan dasar prosesor adalah 2,8 GHz, tetapi bisa ditingkatkan dengan boost sampai di 4,7 GHz. Prosesor ini menyajikan kinerja komputasi yang lebih baik dan memungkinkan untuk bermain game FHD sampai 60 fps. Kendati demikian baterai bisa tetap awet. Prosesor ini juga meningkatkan alurkerja kreatif dengan percepatan Intel Deep Learning Boot AI dan teknologi enkoding dan dekoding media AV1.

Kinerja prosesor Intel Core i7-1165G7 ini didampingi RAM LPDDR4X berkapasitas 16 GB. Jika dibandingkan dengan LPDDR3X, kecepatan LPDDR4X lebih cepat sehingga membuat laptop makin gesit. Berbagai aplikasi pun bisa dijalankan dengan sangat lancar, dan optimal untuk multitasking.
Grafis pada ASUS ZenBook Duo 14 ini didukung oleh GPU Intel Iris Xe dan NVIDIA® GeForce® MX450. Kinerja GPU NVIDIA® GeForce® MX450 dua kali lipat lebih cepat dibandingkan GeForce® MX250 untuk aplikasi 3DMark Time Spy applications. Ketika digunakan untuk bermain game dan membuat konten pun akan lebih mulus dan cepat. 

Ketika mode AIPT dialihkan ke Performance mode, maka kinerja GPU akan meningkat 20% dibandingkan mode standar berkat peningkatan pada TGP. Teknologi NVIDIA® Optimus® juga akan menyeimbangkan daya pada baterai dengan sempurna untuk mengaktifkan GPU MX450 jika dibutuhkan, dan mematikan untuk menghemat baterai.

Kinerja prosesor pada ZenBook Duo didukung oleh RAM LPDDR4C dengan kapasitas 16 GB. Kecepatan clock pada RAM ini 4266 MHz yang cepat untuk menyajikan kekuatan pemrosesan yang banyak. Media penyimpanan SSD PCIe 3.0 x4 NVMe berkapasitas 512 GB pun turut mendukung kecepatan memuat aplikasi dan booting. Kecepatan dalam mengakses data yang disimpan di dalam media penyimpanan SSD ini pun tak perlu diragukan lagi. Jika dibandingkan HDD, teknologi SSD ini pun lebih tahan banting karena tak memiliki komponen bergerak dan mengandalkan chip NAND Flash.

AIPT - ASUS Intelligent Performance Technology

Pengaturan daya CPU pada ZenBook Duo dapat ditingkatkan dari 15 W ke 28 W menggunakan ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT). Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja. AIPT juga menyesuaikan konsumsi daya secara dinamis sesuai status dan suhu sistem. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan konsumsi daya, efisiensi dan mencapai operasi lebih hening dan suhu lebih dingin.

Perpaduan desain suhu dan AIPT akan meningkatkan efisiensi prosesor untuk meningkatkan kinerja sampai 40%. Sistem pendingin dan desain kipas pada laptop ini memungkinkan CPU untuk bisa bekerja 28 W tanpa henti.

AIPT tak hanya menyajikan AAS Plus untuk pembuangan panas tetapi juga sensor pintar pada motherboard. Sensor ini memungkinkan pendeteksian suhu di berbagai komponen secara real time. Berdasarkan data suhu, algoritma eksklusif ASUS secara akurat menghitung konsumsi daya yang dibutuhkan CPU. Laptop pun dapat mencapai efisiensi daya yang optimal.

Berdasarkan hasil uji benchmark H.264(X264) and H.265(X265) dapat dilihat bahwa AIPT mempersingkat waktu pemrosesan secara signifikan dibandingkan pengaturan 5 W. Konsumsi daya yang dibutuhkan pun hampir sama. Mode yang tersedia pada AIPT ini mencakup mode Whisper, Balanced, dan Performance. Pemilihan mode ini bisa dilakukan dengan mudah melalui MyASUS atau dengan menekan tombol Fn+F.

Benchmark H.264(X264)
Benchmark H.265(X265)

Ketika laptop berada dalam mode Performance, sistem akan otomatis menetapkan batas daya CPU dari 15 ke 28 watt. Kecepatan kipas pun disesuaikan untuk mencapai kinerja lebih baik. Berdasarkan hasil uji, mode Performance dapat meningkatkan kinerja CPU 20% lebih tinggi dibandingkan mode Standard. Sedangkan jika dibandingkan generasi CPU 15 W sebelumnya meningkat 40%. 

AIPT juga menyediakan mode Whisper yang membatasi tingkat kebisingan kipas sampai 22 dB(A) saja. Pembatasan ini akan menyajikan operasi yang lebih hening ketika mengerjakan tugas-tugas yang tak membutuhkan kinerja tinggi. Tugas-tugas yang tak perlu kinerja tinggi tersebut seperti menjelajahi website, menonton video dan membuat laporan.

Konektivitas ZenBook Duo (UX482EG)

ZenBook Duo (UX482EG) menggunakan konektivitas yang didukung teknologi ASUS Wi-Fi Master dengan jaringan nirkabel Intel Wi-Fi 6. Koneksi Wi-Fi 6 tentu saja memiliki kinerja transmisi nirkabel yang lebih cepat. ASUS Wi-Fi Master tersebut juga menambahkan fungsi Wi-Fi Smart Connect yang menyajikan pengalaman jaringan lebih mulus dan stabil.

Kecepatan yang disajikan kartu jaringan nirkabel Intel® AX201 WiFi 6 (802.11ax) sampai 2,4 Gbps. Selain itu juga menyediakan throughput tiga kali lipat lebih tinggi dan kapasitas jaringan 4 kali lipat dibandingkan Wi-Fi 5. Kartu jaringan tersebut juga memiliki Bluetooth 5.0 untuk menghubungkan berbagai aksesori dengann koneksi Bluetooth.

Fungsi Wi-Fi Smart Connect akan menghubungkan laptop secara otomatis ke router dengan sinyal terbaik ke lingkungan saat ini. Hotspot yang pernah terhubung akan tercatat dan memprioritaskan koneksi ke jaringan tersebut saat terdeteksi. Jadi ketika di suatu ruangan terdiri dari beberapa router, ketika berpindah posisi maka koneksi akan dialihkan otomatis ke sinyal terbaik. Aktivasi Wi-Fi SmartConnect ini dapat dilakukan pada perangkat lunak MyASUS.

sisi kanan ASUS ZenBook Duo (UX482EG)

Selain itu tersedia dua port USB tipe-C yang didukung teknologi Thunderbolt 4 untuk menghubungkan ke berbagai perangkat. Kedua port USB tipe C dengan dukungan teknologi Thunderbolt 4 tersebut terletak di sisi kiri laptop, berdampingan dengan port HDMI. Sementara itu di sisi kanan terdapat slot microSD card reader, jack audio 3,5 mm dan port USB 3.2 Gen 1 tipe-A.

sisi kiri ASUS ZenBook Duo (UX482EG)

Ketika port USB tipe-C digunakan untuk transfer data, maka kecepatannya bisa sampai 40 Gbps. Selain itu port tersebut juga bisa untuk menyambungkan laptop ke display output 8K seperti proyektor, monitor atau TV. Ini berarti ZenBook Duo 14 dapat dihubungkan ke proyektor, monitor atau TV tanpa menggunakan dongle atau adapter

Port USB tipe-C pada ZenBook Duo ini juga mendukung pengisian daya cepat, monitor eksternal dan media penyimpanan eksternal. Pengisian daya baterai dari kondisi kosong sampai 60% dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 49 menit. Sementara itu saat terisi penuh, daya pada baterai bisa bertahan 17 jam untuk penggunaan harian.

Sistem Operasi dan Aplikasi

Sistem operasi yang digunakan pada laptop ini menggunakan Windows 10 Home. Windows 10 Home ini juga memiliki fitur Windows Hello untuk keamanan yang terintegrasi dengan kamera untuk login dengan pengenalan wajah. Kamera HD IR yang terintegrasi ini menggunakan teknologi infra merah untuk login dapat melihat dalam gelap. Pengenalan wajah dengan Windows Hello pun bisa dilakuakn dengan cepat dan diandalkan walau kondisi remang-remang.

Pada laptop terdapat perangkat lunak MyASUS yang menaungi aplikasi-aplikasi ASUS yang penting untuk pengendalian sistem dari satu tempat. Hal ini akan memaksimalkan ruang yang tersedia pada laptop. Berikut ini adalah beberapa fitur pada MyAsus.

  • System Diagnosis untuk mengecek laptop hanya dengan sekali klik ketika terjadi masalah perangkat keras. Fungsi ini akan secara otomatis membantu mengidentifikasi sumber masalah.
  • Customer Service untuk menghubungi ASUS customer support melalui telpon, email atau chat online. Status perbaikan pun bisa dilacak secara realtime ketika perangkat sedang diperbaiki.


Desain dan Layar ASUS ZenBook Duo (UX482EG)

Sasis dan cover pada ASUS ZenBook Duo (UX482EG) ini terbuat dari magnesium aluminium alloy dengan polesan warna Celestial Blue. Pola lingkaran asimetri yang merupakan trademark dari ZenBook memberikan penampilan yang modern dan canggih. Ketebalan ZenBook Duo (UX482EG) ini hanya 1,69 cm dan bobotnya 1,6 kg, lebih ringan 50 gram dibandingkan generasi sebelumnya. Dan dimensinya adalah 324 x 222 x 16,9 mm.

ASUS ZenBook Duo menggunakan layar sentuh berukuran 14 inci dengan desain NanoEdge display yang mampu membuat dimensi laptop tetap ringkas. Ukuran bezel tersebut hanya 4 mm di sisi samping dan 7mm di sisi atas sehingga memaksimalkan rasio layar-ke-bodi sampai 93%. 

layar utama ASUS ZenBook Duo (UX482EG)

Baca juga: ASUS ZenBook Flip S (UX371), Laptop Convertible Tipis dan Feksibel

Validasi PANTONE pada layar ZenBook Duo menjamin akurasi warna yang sangat presisi. Selain itu juga menyajikan teknologi Low Blue light dan Anti-Flicker yang akan mengurangi kelelahan mata. Kenyamanan layar untuk mata pun dijamin oleh sertifikasi TÜV Rheinland Eye Care.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya ZenBook Duo didesain ulang untuk memungkinkan keberadaan desain ErgoLift dan engsel AAS plus. Desain ini memungkinkan sudut ScreenPad Plus yang lebih ergonomis. Selain memberikan kenyamanan mengetik, desain tersebut juga memberikan ruang lebih untuk memaksimalkan sistem pendinginan.

keyboard dan touchpad ASUS ZenBook Duo (UX482EG)

Di bawah ScreenPad Plus terdapat keyboard yang sangat ringkas, dengan touchpad di sisi kanan. Susunan tombol pada keyboard ini normal, namun ukurannya terasa lebih kecil. Keyboard ini dilengkapi dengan backlit yang memudahkan untuk mengenali karakter saat dalam kondisi pencahayaan kurang. Jarak key travel adalah 1,4 mm.

Beberapa hotkey yang terdedikasi tersedia pada keyboard yang bisa dipakai untuk menangkap layar dengan sekali tekan. Tersedia juga tombol untuk mematikan webcam atau mengunci sistem dengan cepat untuk privasi tambahan. Setidaknya tombol ini mengatasi absennya shutter pada webcam. Pada keyboard juga terdapat tombol Fn dengan opsi penguncian yang memungkinkan untuk mengalihkan fungsi hotkey dengan fungsi umum F1-F12. Cara mengalihkannya hanya dengan menekan Fn + Esc secara berbarengan.

Pada touchpad, terdapat tombol klik di bawah touchpad dan tiga tombol fungsi di atasnya. Tombol klik sangat nyaman digunakan, sementara dua tombol fungsi di atas touchpad justru membuat canggung jika tak sengaja ditekan. Dua tombol tersebut adalah tombol untuk menukar tampilan layar pertama dan kedua, dan tombol untuk mematikan atau menyalakan layar kedua. Tombol ketiga adalah tombol daya yang posisinya tidak mengganggu.

Ketangguhan laptop ini pun terjamin dengan melewati pengujian standar militer Amerika Serikat sehingga menyandang sertifikasi MIL-STD 810H.

Audio

Sistem audio pada ZenBook Duo ini dirancang secara hati-hati oleh para pakar dari tim ASUS Golden Ear. Kemudian sertifikasi dilakukan oleh spesialis audio Harman Kardon untuk menjamin suara terbaik dari segala jenis konten. Audio yang dihasilkan pun lebih keras, kedalaman dan efek surround yang lebih kaya jika dibandingkan laptop berukuran sama.

Speaker ganda pada laptop ini menggunakan amplifier pintar dual channel yang menghasilkan suara semaksimum mungkin. Kendati demikian dengan tetap mencegah kerusakan jangka panjang pada kumparan suara pada speaker.

Bagi yang terbiasa bekerja menggunakan konferensi video, maka kualitas suara sangat penting untuk efisiensi dan komunikasi yang jelas. ZenBook Duo pun dilengkapi ASUS AI Noise-Cancelling Audio yang menjamin pengguna bisa mendengar dan terdengar secara jelas di segala scenario. Fungsi ClearVoice mic memungkinkan untuk memilih mode Normal. Balance. Single presenter atau Multi-presenter.

Ketika menggunakan mode Single Presenter, seluruh kebisingan sekitar kecuali suara manusia akan disaring. Ketika pengguna memilih mode Multi-Presenter, suara individual dari berbagai posisi atau jarak akan dinormalisasi oleh sistem. Seluruh suara pun akan terdengar dengan volume yang sama. Fungsi ClearVoice Speaker akan menyaring seluruh kebisingan sekitar kecuali suara manusia. Hasilnya adalah suara dan rekaman yang dapat terdengar lebih jelas walau ada kebisingan di latar.

ASUS Pen

ZenBook Duo (UX482EG) ini sudah dilengkapi dengan ASUS Pen yang dayanya mengandalkan baterai AAA. Pen ini sangat mudah diganti baterainya. Jika Pen tidak bereaksi, sebaiknya coba untuk membuka dan memasang kembali baterai. Pada Pen terdapat tombol untuk menulis dan menghapus. Penggunaannya bagai menulis dengan pena di atas kertas. Kami pun melakukan uji coba menulis menggunakan Pen ini. Bodi ASUS Pen ini juga bersifat magnetis, jadi bisa menempel pada bodi laptop, tak perlu khawatir Pen akan tercecer.

uji coba menulis dengan ASUS Pen

Benchmark

Tim Teknogav.commelakukan beberapa benchmarking pada mode Balanced atau tidak dimaksimalkan ke mode Performance. Pada uji coba menggunakan PC Mark 10, nilai total yang diperoleh adalah 4832. Sementara itu nilai Essential yang diperoleh adalah 8.853 yang menunjukkan keandalannya untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Berikut ini adalah rincian skornya.

PC Mark 10 ASUS ZenBook Duo (UX482EG)

Pada pengujian benchmarking menggunakan Pass Mark, nilai yang diperoleh cukup lumayan yaitu 5348, sedangkan skor rata-rata 2803. Jika dilihat dari benchmarking Pass Mark ini, kinerja ZenBook Duo (UX482EG) ini di atas ZenBook 13 (UX325) dengan prosesor sama yang meraih nilai 4954. Beralih ke benchmarking CPU, nilai yang diperoleh adalah 11336. 

Baca juga: Review ASUS ZenBook 13 (UX325), Laptop Mungil Elegan dengan Intel Core Gen-11

skor uji kinerja dengan PassMark

skor uji CPU dengan PassMark
peringkat dengan CPU Mark

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel Core i7-1165G7 ini masih di atas Intel Core i7-8750H. Sayangnya peringkat yang diraih masih di bawah Intel Core i7-9750H dan AMD Ryzen 5 4500U.

Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D

Uji Memori

rangkuman hasil benchmark PassMark

Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D adalah 934. Nilai ini jauh di atas rata-rata yang hanya 604. Sedangkan untuk 3D Mark nilai yang diperoleh adalah 3605. Sayangnya nilai ini masih di bawah rata-rata yang mencapai 3837. Jika dilihat dari kinerja memori, skor yang diperoleh adalah 2619. Nilai ini pun di atas rata-rata yang hanya 1777. Sementara itu nilai yang diperoleh untuk Disk Mark adalah 12333.

Pada benchmarking CPU menggunakan GeekBench skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 6648 dan multi core 21192. Sedangkan untuk uji Open CL dilakukan pada masing-masing GPU. Ketika menggunakan Intel Iris Xe nilai yang diperoleh adalah 99148. Sementara untuk pengujian menggunakan NVIDIA GeForce MX450, hasilnya 88863.

Benchmarking CPU dengan GeekBench

Benchmarking Open CL Intel Iris Xe Geekbench
Benchmarking Open CL NVIDIA GeForce MX450 dengan Geekbench

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU - Z

Harga yang dibanderol pada ASUS ZenBook Duo (UX482EG) yang kami review ini adalah Rp24.999.000. Pembelian dapat dilakukan pada beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Blibli
Lazada
Bukalapak
Bhinneka
Shopee



Sekarang ASUS juga sedang melangsungkan program Incredible Reward Program. Bagi yang sudah membeli produk ASUS di e-commerce, maka bisa melakukan review pembelian di e-commerce tersebut. Tersedia hadiah voucher senilai Rp100 ribu setelah melakukan review, caranya dengan melakukan klaim di tautan ini.

#Intel #11thGen #ASUSAja #TheLaptopOfTomorrow #ZenBookSeries #ZenBookDuo14


Kelebihan

Sesuai nama, tentu saja keberadaan layar kedua menjadi kelebihan utama dari ASUS ZenBook Duo. Selain bisa digunakan untuk menayangkan beberapa aplikasi sekaligus, layar kedua ini juga bisa digunakan sebagai Control Panel. Serunya lagi, kini layar kedua dapat terangkat otomatis untuk memudahkan pengoperasian, berbeda dengan generasi sebelumnya yang sejajar dengan keyboard.

Layar kedua ini pun tak lantas membuat bodi laptop menjadi besar atau bobot menjadi berat. Sekilas laptop ini nampak seperti laptop tipis pada umumnya.

Kinerja ZenBook Duo (UX482EG) ini sudah pasti prima dengan dukungan prosesor Intel Core i7-1165G7. Prosesor ini adalah Intel Core generasi ke-11 atau terkini. Konektivitas yang disediakan pun begitu lengkap dengan teknologi terkini. Port USB tipe-C pada laptop ini sudah didukung Thunderbolt 4 dan pengisian daya cepat. Sementara itu untuk koneksi nirkabel sudah didukung Wi-Fi 6.

Grafis yang didukung Intel Iris Xᵉ Graphics pun memberikan peningkatan yang luar biasa dengan konsumsi daya rendah. ZenBook Duo (UX482EG) ini bahkan dilengkapi GPU tambahan NVIDIA GeForce MX450 yang cocok untuk gaming. 

Kinerja GPU ini lebih tinggi 33,5% dibandingkan generasi sebelumnya. Berbagai kinerja yang tinggi dari laptop ini pun berhasil dibuktikan dari hasil benchmarking yang memperoleh nilai sangat tinggi.

Kekurangan

Kamera tidak dilengkapi dengan shutter untuk menjaga privasi atau mencegah keteledoran menyalakan kamera saat penampilan belum siap. Mekanisme Ergolift pada layar kedua terintegrasi dengan layar pertama. Jadi jika ingin membuat kemiringan layar kedua lebih tajam, maka layar pertama harus dibuka lebih lebar.

Desain keyboard pun agak membuat canggung saat mengetik karena ukuran yang diperkecil dan tak ada ruang untuk tatakan tangan. Tombol untuk mematikan layar kedua dan tombol untuk mengalihkan antar layar di atas touchpad posisinya kurang pas. Posisi tersebut berisiko tak sengaja ditekan saat ingin menekan Delete atau Backspace, sehingga menghambat kelancaran kerja. Tetapi tentunya ini hanya masalah kebiasaan saja seiring dengan makin seringnya menggunakan laptop ini.


Spesifikasi ASUS ZenBook Duo (UX482EG)

Prosesor

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz, 4 cores)

Sistem operasi

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Memori

RAM LPDDR4X 4266 MHz 16 GB (on board), bisa ditambah sampai 32 GB

Media Penyimanan

SSD PCIe® NVMe 3.0 x4 512 GB

Display

14” LED-backlit FHD (1920 x 1080) 400 nits

4 mm-thin2 bezels with 93% screen-to-body ratio

Grafis

NVIDIA® GeForce® MX450 dengan memori GDDR6 2 GB

Intel® Iris® Xe Graphics

Input/Output

2 x Thunderbolt 4 USB-C® with full range (5~20V) of charging

1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A

1 x full size HDMI 1.4

1 x 3.5 mm audio jack

1 x MicroSD Reader

Kamera

HD infrared (IR) webcam (supports Windows Hello)

Konektivitas

WiFi 6 + Bluetooth 5.0

Audio

Certified by Harman Kardon

Array microphone with Cortana voice-recognition support

AI Noise-Canceling

Baterai

70 Wh lithium-polymer battery with up to 17-hour3 battery life

Adapter Charger

65 W type-C power adapter, Output: 20 V/3.42 A, Input: 100-240 V/50/60 Hz universal

Dimensi

324 x 222 x 16.9 mm

Bobot

Sekitar 1,6 kg

Warna

Celestial Blue

Harga

Rp24.999.000 (Core i7 / GeForce MX450 / 16 GB / 512 GB PCIe SSD)

Garansi

2 tahun garansi global


Share:

Artikel Terkini

Follow by Email