Review Lenovo ThinkPad E14 Gen 2, Kinerja Profesional Laptop Tangguh Review Lenovo ThinkPad E14 Gen 2, Kinerja Profesional Laptop Tangguh ~ Teknogav.com

Review Lenovo ThinkPad E14 Gen 2, Kinerja Profesional Laptop Tangguh

Teknogav.com – Siapa yang tak kenal lini ThinkPad? Lini ini diluncurkan pada Oktober 1992 oleh IBM. Sejak Lenovo membeli IBM pada tahun 2005, secara otomatis lini ThinkPad menjadi lini andalan yang dimiliki Lenovo. Tradisi ketangguhan lini ThinkPad diteruskan Lenovo dengan mengharuskan lini ini lolos sertifikasi MIL-SPEC sesuai standar militer Amerika Serikat. Nah, kali ini Teknogav berkesempatan untuk mereview Lenovo ThinkPad E14 yang ditenagai AMD Ryzen 5 4500U.

Lenovo terus meningkatkan kualitas ThinkPad seri E yang terjangkau ini dari tahun ke tahun. Sekitar empat tahun lalu, ThinkPad seri E masih terbuat dari plastik, kini ThinkPad E14 terkini sudah menggunakan bahan aluminium. Bahan aluminium hitam ini digunakan pada bagian belakang layar dan bagian bawah. Kekokohan desain laptop Lenovo ThinkPad E14 ini diiringi dengan kinerja tangguh yang disajikan prosesor AMD Ryzen 5 4500U.

Baca juga: Review Lenovo ThinkPad X395, Kerja Lancar dan Aman di Lapangan

Keyboard pun tampak lebih ramah di mata dengan keberadaan backlit yang memudahkan mengenali tombol saat di tempat gelap. Tersedia dua pilihan untuk mengarahkan kursor, yaitu dengan menggunakan touchpad atau trackpoint. Touchpad disertai dengan tombol klik di bagian atas dengan aksen merah yang menjadi ciri khas ThinkPad.

Port yang tersedia pada Lenovo ThinkPad E14 ini pun cukup lengkap, dan sudah mengadopsi USB tipe-C. Port tersebut dapat digunakan untuk mengisi daya baterai, transfer data ke media penyimpanan eksternal maupun untuk menghubungkan ke perangkat lain. Selain itu tersedia juga dua port USB tipe-A, HDMI, RJ45, jack audio headphone/mic combo dan slot penguncian Kensington. Sementara itu untuk koneksi nirkabel, sudah menggunakan Intel Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1. Keamanan pada laptop ini juga didukung dengan sensor sidik jari yang dipadukan dengan tombol daya.

isi paket Lenovo ThinkPad E14 Gen 2

Kelengkapan pada paket Lenovo ThinkPad E14 ini mencakup unit laptop, baterai internal 3 cell 45 WH, dan adapter AC 65W. Tentu saja terdapat pelengkap seperti buku panduan dan garansi. Paket Lenovo ThinkPad E13 ini kini dibanderol dengan harga Rp11.385.000.

Prosesor AMD Ryzen 5 4500U

Seperti telah disinggung sebelumnya, Lenovo ThinkPad E14 generasi terkini sudah menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 4500U. AMD Ryzen 5 4500U merupakan prosesor yang ditujukan untuk laptop yang tipis dan ringan berdasarkan arsitektur Renoir. Chipset ini menggunakan enam inti prosesor dengan mikroarsitektur Zen 2 dan 6 thread. Produksi chipset ini menggunakan metode 7 nm dan kinerjanya dua kali lebih baik per watt.

Kecepatan dasar AMD Ryzen 5 4500U adalah 2,3 GHz yang bisa dimaksimalkan dengan boost sampai 4,0 GHz. Jika dibandingkan dengan AMD Ryzen 5 4600U ,maka kinerjanya hampir sama. Tetapi lebih lambat pada beban kerja multi threaded jika dibandingkan AMD Ryzen 7 4700U dan 4800U yang memiliki delapan inti. Kendati demikian, prosesor ini masih bisa mengalahkan Intel Core i7-1065G7.

Baca juga: Review Lenovo IdeaPad S340, Laptop Murah Andalkan Kinerja AMD Ryzen

Prosesor ini didampingi prosesor grafis AMD Radeon Graphics yang memiliki 6 inti dengan kecepatan sampai 1500 MHz. Turut mendampingi kemampuan grafis laptop ini adalah sistem audio dengan Dolby Audio dan 2 x 2W speaker by Harman Kardon. Thermal Design Power (TDP) dari AMD Ryzen 5 4500U ini ditentukan pada 15 watt. Ini berarti chipset ini ditujukan untuk laptop tipis dan ringan yang diertai kipas.

Pengendali memori dual-channel yang terintegrasi mendukung penggunaan memori RAM DDR4-3200. Media penyimpanan notebook ini lapang dan dapat diakses dengan cepat berkat SSD PCIe berkapasitas 512 GB. Selain itu tersedia juga pilihan media penyimpanan ganda.

Lini ThinkPad biasanya menjadi andalan para profesional untuk bekerja, sehingga Lenovo ThinkPad E14 ini pun dibekali Windows 10 Pro. Berbagai aplikasi standar pun sudah disertakan pada laptop. Beberapa aplikasi tersebut mencakup Calculator, Calendar, Camera, Connect, Film & TV, One Drive, Realtek Audio console, Voice recorder dan lain-lain.

Keamanan dan Ketangguhan

Keberadaan chip discrete Trusted Platform Module (dTPM) 2.0 menjamin data penting aman karena dienkripsi moul tersebut. Kenyamanan dari sisi privasi pun dijamin dengan keberadaan penutup fisik webcam agar tak diintip selama tak digunakan. Selain itu tersedia juga tambahan keamanan berupa sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya.

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa Lenovo ThinkPad E14 telah diuji dengan standar militer. Pengujian durabilitas dilakukan agar laptop ini tetap dapat bertahan terhadap lingkungan paling berbahaya. Persyaratan uji ketangguhan ini dilakukan dengan pengujian 12 persyaratan tingkat militer dan lebih dari 200 pemeriksaan kualitas.

Pengujian ini dilakukan untuk menjamin laptop ini tak mengecewakan. ThinkPad E14 ini bisa bekerja dengan kinerja prima di mana saja, mulai dari kondisi sangat dingin sampai panasnya gurun. Selain itu juga bisa menangani benturan, jauh dan tumpahan air yang tak disengaja.

Desain Lenovo ThinkPad E14

Lenovo ThinkPad E14 Gen 2
Layar laptop ini berukuran 14 inci dengan teknologi IPS dan resolusi FHD atau 1920 x 1080 piksel. Tingkat kecerahan layar 250 nits dan sudah dilengkapi dengan anti-glare sehingga tidak silau atau bias. Bezel di sekeliling layar tampak ramping dengan tampilan yang memperlihatkan keseriusan. Di bezel sebelah atas disematkan kamera HD 720p yang dilengkapi dengan penutup ThinkShutter untuk melindungi privasi. Serunya, layar laptop juga bisa diputar sampai 180 derajat sampai sejajar dengan keyboard.

cover belakang layar Lenovo ThinkPad E14 Gen 2

Pada cover belakang layar, tentu saja terdapat logo ThinkPad. Pada logo tersebut terdapat LED merah yang bisa menyala di bagian titik huruf ‘i’. Desain Lenovo ThinkPad E14 ini cukup ramping dengan dimensi 32,4 x 22 x 1,79 cm dan bobot 1,59 kg.

keyboard, trackpoin dan touch pada pada Lenovo ThinkPad E14 Gen 2

Keyboard pada Lenovo ThinkPad E14 ini sudah dilengkapi dengan backlit yang membantu memudahkan mengenali tombol saat gelap. Cara menyalakan dan mematikan backlit ini dapat dilakukan dengan menekan tombol Fn dan spasi secara berbarengan. Tombol daya pada laptop ini terpisah dengan susunan tombol keyboard. Posisi tombol daya ada di sisi kanan atas yang juga merangkap dengan sensor sidik jari.

Di tengah keyboard terdapat trackpoint untuk membantu mengarahkan kursor dengan presisi. Posisi trackpoint ini ada di antara huruf, G, H dan B dengan cekungan khusus di sekitarnya. Desain tersebut membuat trackpoint tidak terlalu menonjol sehingga tidak menjiplakkan bekas pada layar.

Selain itu kursor juga bisa dikendalikan melalui touchpad berukuran 10 x 5,6 cm. Tombol pada touchpad ini masih mengusung desain khas ThinkPad dengan aksen merah. Pengoperasian menggunakan tiga tombol di atas touchpad ini juga bisa dilakukan bersama trackpoint. Selain menggunakan tombol di bagian atas touchpad, klik juga bisa dilakukan langsung pada bidang sentuh touchpad.

Keyboard pada ThinkPad E14 berukuran penuh dengan jarak travel antal tombol 1,8 mm sehingga memberikan pengalaman mengetik yan nyaman. Titik tekan tombol pun tak terlalu lembut dan tak terlalu keras. Setiap tombol memberikan jumlah penahanan yang tepat.

Letak beberapa tombol yang agak berbeda adalah tombol Fn dan Ctrl yang terkadang memang bertukar tempat di model laptop lain. Demikian juga tombol PrtSc yang kini sejajar dengan tombol spasi, sementara di keyboard model lama biasanya di pojok kanan atas.

Pada bagian bawah laptop terdapat lubang ventilasi yang memadai untuk membuang panas sehingga menjaga laptop tetap stabil.                     

Grafis

Prosesor grafis yang digunakan adalah AMD Radeon Graphics yang terintegrasi dengan AMD Ryzen 5 4500U. GPU ini memiliki enam inti prosesor dan menggunakan arsitektur Vega generasi kelima. Kinerja dari GPU ini didukung oleh RAM DDR4-3200. Tampilan grafis saat digunakan main game dan menonton film terasa mulus.


Kami juga menguji grafis pada laptop ini dengan menyunting video pendek menggunakan OpenShot Video Editor. Sayangnya jika digunakan terlalu lama, aplikasi terkadang tersendat atau terjadi freeze pada video. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan menutup aplikasi dan membukanya kembali.

Baterai dan Konektivitas

Daya pada baterai ini cukup memadai dengan kemampuan untuk bertahan sampai 13 jam ketika digunakan dalam kondisi penuh. Berbagai aplikasi pun bisa dibuka dengan cepat walau laptop baru dinyalakan. Tersedia juga fitur Battery Saver bawaan Windows yang bisa memperpanjang masa pakai baterai dengan membatasi kegiatan yang berjalan di latar. Fitur ini pun bisa dinyalakan otomatis dengan menentukan batas persentase baterai.

port pada sisi kiri Lenovo ThinkPad E14 Gen 2

Port yang tersedia pada Lenovo ThinkPad E14 Gen 2 ini cukup lengkap. Pada sisi kiri terdapat USB-C Gen 1, lubang Novo, USB 3.2 Gen 1, HDMI dan jack audio headphone/mic combo. Port USB-C Gen-1 ini digunakan untuk mengisi daya dan juga bisa untuk transfer data atau menghubungan ke perangkat lain.

Sementara itu lubang Novo berfungsi untuk melakukan pemulihan jika terjadi kegagalan boot secara normal. Di dalamnya terdapat tombol yang jika ditekan akan memulai Lenovo OneKey Recovery. Cara menekannya dengan menusukkan ujung klip kertas yang sudah diluruskan atau pin dengan bentuk serupa.

port pada sisi kanan Lenovo ThinkPad E14 Gen 2

Di sisi kanan dari belakang ke depan terdapat slot pengunci Kensington, port RJ45 dan USB 2.0. Kami pun melakukan pengujian setiap port USB dengan menggunakan media penyimpanan SSD eksternal. Sayangnya kecepatan transfer data masih tergolong lambat karena port USB masih merupakan generasi pertama. Demikian juga dengan port USB tipe-C yang masih USB 3.2 gen 1 dan tidak didukung teknologi Thunderbolt.

Baca juga: Review WD My Passport™ SSD, Storage Mungil Nan Ngebut

Koneksi nirkabel pada Lenovo ThinkPad E14 sudah canggih dengan Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1. Seluruh hot spot yang tersedia dapat terdeteksi dengan baik walau sinyal cukup lemah jika dideteksi menggunakan laptop lain. Sayangnya walau dalam kondisi terhubung kadang koneksi data terputus dan harus memutuskan koneksi dan menyambungan kembali untuk menyegarkan koneksi tersebut.

Beralih ke Bluetooth 5.1, kinerja koneksi nirkabel tersebut di laptop ini cukup luar biasa. Transfer data menggunaan Bluetooth bisa dengan lancar dilakukan karena pairing yang mulus. Demikian juga saat menghubungkan dengan perangkat wireless headphone Bluetooth, semua bisa dilakukan tanpa ada kendala.

Benchmark

Beberapa aplikasi Benchmark digunakna untuk menguji coba Lenovo ThinkPad E14 ini. Uji coba pertama menggunakan PC Mark 10, dan memperoleh nilai keseluruhan 4402. Nilai ini jauh lebih tinggi dari Lenovo ThinkPad X395 yang menggunakan AMD Ryzen Pro 7 3700U dengan skor 3278.

Nilai Essential yang diperoleh cukup tinggi, yaitu 8877, jauh di atas nilai batas kerja baik, yaitu 4100. Jika dibandingkan dengan Lenovo ThinkPad X395 pun selisihnya cukup tinggi dengan skor yang diraih 7584. Parameter Essential ini menunjukkan keandalan saat mengerjakan tugas-tugas sederhana. Berikut ini adalah rincian skor berdasarkan kategori jenis kerja.

Benchmarking Lenovo ThinkPad E14 Gen 2 dengan PC Mark 10

Benchmarking berikutnya dilakukan menggunakan Pass Mark. Skor yang diperoleh untuk kinerja sistem sangat memuaskan, yaitu 3336, yang di atas rata-rata di 2799. Beralih ke kinerja CPU, skor yang diperoleh adalah 11298, tentu saja nilai ini jauh di atas nilai rata-rata 7208. Nilai ini juga sangat jauh jika dibandingkan dengan yang diperoleh HP EliteBook 735 G6 yang hanya 7972.

Uji kinerja dengan PassMark

skor CPU Mark

Baca juga: Review HP EliteBook 735 G6, Notebook Profesional Kaya Port

PassMark juga membuat peringkat prosesor dari beberapa data prosesor yang ada. Tampak bahwa kinerja AMD Ryzen 5 4500U di atas Intel Core i7-8750H dan Intel Core i5-9400F. Kendati demikian masih di bawah Intel Core i7-9750H dan Intel Core i7-10750H.

peringkat dengan CPU Mark

Dari sisi grafis, skor benchmarking menggunakan PassMark menghasilkan skor 562 untuk 2D Mark dan 1302 untuk 3D Mark. Sementara kinerja memori meraih skor 1509. Sayangnya ketiga skor tersebut masih di bawah rata-rata.
Uji Video Card 2D

Uji Video Card 3D
Uji RAM
Kinerja inti prosesor juga diuji dengan aplikasi benchmark Geekbench. Nilai yang diperoleh adalah 4504 untuk single core dan 16708 untuk multi core.
Uji CPU GeekBench 4

Uji Open CL Geekbench 4

Ketika menggunakan aplikasi CPU-Z diperoleh rincian nilai hasil uji sebagai berikut.  

CPU-Z

Lenovo ThinkPad E14 yang ditenagai AMD Ryzen 5 4500U ini dibanderol dengan harga Rp11.383.000. Harga ini sangat terjangkau dan memberikan nilai yang lebih jika melihat fitur-fitur canggih dari ThinkPad E14 dan hasil benchmark. Laptop ini bahkan lebih murah dari Lenovo ThinkPad X395 dan HP EliteBook 735 G6 yang keduanya menggunakan AMD Ryzen Pro 7 3700U. Harga masing-masing laptop tersebut adalah Rp13,5 juta.

Kelebihan

Kelebihan Lenovo ThinkPad E14 tentu saja dari kekokohan desain dan kinerjanya yang didukung AMD Ryzen 5 4500U. Ketangguhannya sudah teruji oleh standar militer. Kinerja yang diberikan pun memperoleh skor sangat tinggi dari berbagai benchmark yang dilakukan. Dukungan RAM DDR 4 berkapasitas 8 GB dan media penyimpanan SSD 512 GB pun turut mempermulus kinerja pada laptop ini.

Pilihan port yang tersedia pun cukup beragam, bahkan masih menyediakan port RJ45 untuk koneksi LAN dan internet menggunakan kabel. Tersedia juga Novo hole yang memudahkan recovery jika terjadi masalah boot. Keberadaan sensor sidik jari dan ThinkShutter pun memperkuat keamanan dan privasi pada laptop.

Desain keyboard sangat nyaman untuk mengetik, apalagi pada Lenovo ThinkPad E14 Gen 2 ini sudah disertai juga dengan backlit. Keberadaan backlit ini sangat membantu mengenali tombol saat berada di kondisi pencahayaan kurang. Pilihan untuk mengoperasikan kursor pun beragam, bisa dengan trackpoint ataupun touchpad, demikian juga untuk melakukan klik.

Kekurangan

Port USB yang disediakan Lenovo ThinkPad E14 Gen 2 ini cukup bervariasi. Sayangnya port tersebut bukan generasi terkini, sehingga kurang maksimal saat transfer data menggunakan memori eksternal SSD yang bisa berkecepatan tinggi. Tentu akan lebih memuaskan jika USB 3.2 yang tersedia merupakan Gen 2 bukan Gen 1. Selain itu juga tidak tersedia slot memori eksternal untuk micro SD ataupun SD. Terkadang casing pun terasa agak panas, namun tidak sampai mempengaruhi kinerja.

Spesifikasi Lenovo ThinkPad E14 Gen 2

Sistem Operasi

Windows 10 Pro

Prosesor

AMD Ryzen 5 4500U

Form Factor

Laptop

Memori

DDR4 3200 MHz 8 GB sampai 24 GB

Memori Internal

SSD PCIe NVMe M.2 512 GB

Layanan awan

OneDrive

Layar

14.0" FHD (1920 x 1080) IPS, anti-glare, 250 nits

Grafis

AMD Radeon Graphics

 

Port

USB-C Gen 1 (PD + DP), USB 3.2 Gen 1 (Always On), USB 2.0, HDMI, RJ45, jack audio headphone/mic combo

Audio

2 x 2W speakers by Harman Kardon®

Webcam

HD 720p with ThinkShutter privacy cover

Opsional: Hybrid Infrared (IR) & HD 720p with ThinkShutter

Keyboard

Spill resistant

Backlit with white LED lighting

New FN row F9-F11

Nirkabel

Intel® Wi-Fi 6 AX200 802.11AX (2 x 2)

Bluetooth® 5.1

 

Jenis Catu Daya

65 W AC Adapter

Baterai

3 Cell 45Wh sampai 13 jam

Dimensi

32,4 x 22 x 1,79 cm (WxDxH)

Bobot

1,59 kg

Warna

Black

Aplikasi

Microsoft Store, One Drive, Xbox Console Companion, Xbox Game Bar, Microsoft Office 365 30-day trial

Garansi

1 tahun dengan tambahan sampai 3 tahun

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email