Kulon Progro Terapkan Small Village dengan Layanan OneTouch UC Kulon Progro Terapkan Small Village dengan Layanan OneTouch UC ~ Teknogav.com

Kulon Progro Terapkan Small Village dengan Layanan OneTouch UC

Teknogav.com –One Touch Unified Conferencing (OneTouch UC) merupakan layanan hasil kolaborasi Smartfren Business dan Zoom. Layanan tersebut kini diterapkan untuk mengembangkan konsep Smart Village di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Konsep Smart Village selaras dengan komitmen Smartfren dalam menjadikan internet sebagai sarana memudahkan kegiatan digital dan membuka peluang baru. Kegiatan tersebut tentu saja termasuk belajar jarak jauh bagi anak sekolah.

Saat awal pandemi COVID-19 melanda, pemerintah kabupaten setempat mengalami kendala melakukan koordinasi untuk melaksanakan agenda pemerintahan dan penyelenggaraan pendidikan. Kini OneTouch UC mendukung penyelenggaraan kegiatan rapat antar operasi perangkat desa (OPD), kepala desa dan pengawasan perkembangan desa. Penyuluhan bagi UMKM di seluruh desa di Kulon Progo pun dapat digelar menggunakan layanan OneTouch UC. 

Baca juga: DANA Bersama Jajaran Instansi Pemerintah Gelar Webinar ‘Transformasi Digital UMKM’

Ari Wibowo, anggota Dewan Pengurus Sinergi Karangsari Mandiri, Kabupaten Kulon Progo

Koordinasi dan penyuluhan UMKM yang diselenggarakan secara virtual juga mendukung dilaksanakannya kegiatan produktif masyarakat. Protokol kesehatan pun tetap bisa diterapkan karena kegiatan tersebut dilakukan secara virtual. Sudah ada 29 desa yang saling terhubung secara virtual secara digital selama tahun 2020. Di tahun 2021 ini rencananya akan ada 45 desa tambahan yang akan terhubung.

“Kami berhasil membuka peluang baru dengan mengimplementasikan konsep Smart Village di Kulon Progo. Video teleconference OneTouch UC dari Smartfren Business kami pilih karena kecepatan layanannya mengensankan dan mudah digunakan. Manfaat ini dapat dirasakan terutama ketika menyelenggarakan telekonferensi antara OPD di seluruh wilayah Kulon Progo,” ucap Ari Wibowo, anggota Dewan Pengurus Sinergi Karangsari Mandiri, Kabupaten Kulon Progo.

Baca juga: Smartfren Business Berkolaborasi dengan HPE Sajikan Solusi Bagi Pelanggan Korporasi

Rangga, CEO Smartfren Business pun menyampaikan rasa terima kasihnya karena sudah diberi kepercayaan untuk membantu Kabupaten Kulon Progo. Penerapan layanan OneTouch UC sanggup membuka peluang dan memberikan manfaat besar dari teknologi digital.

“OneTouch UC merupakan salah satu layanan kebanggaan kami yang menawarkan pertemuan virtual. Layanan ini memungkinkan seluruh pihak dapat berkoordinasi dan berkomunikasi dengan baik walau sambil tetap berada di rumah masing-masing. Kami berkomitmen terus menghadirkan layanan yang lebih inovatif dan memberikan  dampak positif untuk masyarakat di tahun 2021 ini,” ucap Rangga.

Baca juga: Inovasi Teknologi AI dan IoT Dukung Ekosistem Smart City Qlue

Sebelum diterapkan di Kabupaten Kulon Progo, layanan OneTouch UC juga sudah banyak digunakan untuk mendukung masyarakat. Salah satunya adalah di Universitas Airlangga, Surabaya untuk menerapkan digitalisasi kampus. Layanan OneTouch UC dimanfaatkan untuk memperlancar proses pendidikan di kampus tersebut. 

Kegiatan yang didukung termasuk kegiatan pengujian laboratorium bahasa dan penerimaan mahasiswa baru secara online, serta koordinasi rektorat. Keberhasilan penerapan OneTouch UC di Universitas Airlangga menjadikan perguruan tinggi tersebut menjadi panutan bagi lembaga pendidikan lain di Jawa Timur.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email