Review ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E), Laptop Convertible Dukung Mobilitas Review ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E), Laptop Convertible Dukung Mobilitas ~ Teknogav.com

Review ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E), Laptop Convertible Dukung Mobilitas

Teknogav.com – ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) merupakan laptop convertible yang sangat ringkas dan ringan. Ketebalan laptop ini hanya 13,9 mm dan bobotnya 1,3 kg saja. Dimensi yang mungil ini tak bisa diremehkan, karena laptop ini sudah menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-11. ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) ini bahkan sudah menyandang sertifikasi Intel Evo yang menjamin keandalan dalam menyajikan pengalaman luar biasa.

Penampilan ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) ini tampak elegan dengan polesan warna Pine Grey. Tampilan layar pun tak kalah memikatnya dengan teknologi OLED dan layar sentuh yang memudahkan pengendalian langsung dengan menyentuh layar. Prosesor yang digunakan pada laptop convertible ini terdiri dari pilihan Intel Core i7-1165G7 dan Intel Core i5-1135G7. Teknogav.com berkesempatan menguji coba varian dengan prosesor Intel Core i7-1165G7 dan media penyimpanan SSD NVMe M2 berkapasitas 1 TB.

Baca juga: ASUS Segera Hadirkan Tiga Laptop ZenBook Terkini Bersertifikasi Intel EVO

Konektivitas pada ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) ini pun didukung port yang lengkap dan teknologi canggih terkini. Port USB tipe-C pada perangkat ini sudah didukung Thunderbolt 4 dan power delivery. Sementara itu untuk koneksi nirkabel sudah menggunakan Wi-Fi 6 dan Bluetooth. Canggihnya lagi fitur Wi-Fi pada laptop ini didukung Wi-Fi SmartConnect-Intelligent Connectivity. Fitur ini bisa otomatis pindah jaringan untuk mendapatkan sinyal dan koneksi yang lebih baik.

ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) dalam mode tablet

Desain convertible laptop ini sangat fleksibel, bisa diputar sampai 360⁰ sehingga bisa digunakan layaknya memakai tablet. Pengoperasiannya pun bisa menggunakan stylus di layar sentuh sehingga lebih presisi. Selain bisa diputar menjadi tablet, perangkat ini juga bisa dibuka dengsan mode tent atau stand. Ketika digunakan dengan mode laptop,

ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) ini didukung desain ErgoLift layaknya laptop ASUS seri ZenBook lain. Mekanisme ErgoLift ini akan mengangkat bodi laptop sehingga membentuk kemiringan yang nyaman untuk mengetik.

ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) dengan mode laptop

Pada kotak pembelian ASUS ZenBook Flip 13 sudah termasuk stylus untuk penggunaan layar sentuh lebih presisi. Selain itu terdapat juga konverter USB tipe-C ke jack audio dan konverter USB tipe-A ke port ethernet RJ45.

ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E


Desain ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E)

ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) memiliki desain yang ringkas dan ringan. Dimensi laptop ini sama persis dengan ASUS ZenBook 13 (UX371), yaitu 305 x 211 x 13,9 mm. Kendati demikian bobot ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) selisih 100 gram lebih berat, yaitu 1,3 kg. Sebagai laptop convertible, ZenBook Flip 13 (UX363E) bisa digunakan dalam berbagai mode, yaitu laptop, tablet, tent, dan stand. Tampilan laptop ini elegan dengan polesan warna Pine gray yang berkilau. Pada cover bagian belakang layar tanpa logo ASUS dengan pendar lingkaran ciri khas ZenBook yang merupakan simbol Zen. 

ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E)
Keyboard laptop ini memiliki desain Edge to edge yang memanjang dari sisi kiri ke kanan secara penuh. Desain key travel keyboard ini berukuran 1,4 mm. Pada kondisi kurang redup, keyboard dapat tetap terbaca berkat adanya backlit yang menerangi. Touchpad laptop ini pun bisa berfungsi sebagai NumberPad. Kerennya, saat NumberPad aktif, touchpad tetap dapat digunakan untuk menggerakkan kursor.

Kenyamanan mengetik pada laptop pun didukung desain ErgoLift yang senantiasa mengangkat bodi layar. Desain ini juga mendukung sistem pendinginan dengan membentuk ruang di bagian bawah laptop saat digunakan dalam mode laptop.

LayarASUS ZenBook Flip 13 (UX363E)

LayarASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) memiliki ukuran 13,3 inci dengan teknologi OLED dan NanoEdge design dengan lebar bezel 3,9 mm. Kemampuan layar sentuh ini mendukung 4096 level tekanan dan memiliki resolusi FHD atau 1920 x 1080 piksel.

Pada bingkai atas terdapat kamera 3D IR yang juga terintegrasi dengan fitur Windows Hello. Fitur ini memungkinkan untuk log in ke sistem dengan cepat dan aman. Kamera laptop ini dilengkapi teknologi IR camera-tuning yang mampu menampilkan gambar lebih baik.

Kualitas reproduksi warna pada layar OLED ini terbaik di kelasnya pada color space DCI-P3 sampai 100%. Panel OLED ini dapat mereproduksi warna hitam yang sesungguhnya dan menampilkan kontras warna lebih baik.

Layar ini juga menyandang sertifikasi PANTONE yang menjamin dapat mendukung kebutuhan para profesional kreatif. Selain itu fitur HDR layar yang mampu memberikan detail gambar lebih baik disertifikasi juga oleh VESA. Kemampuan menampilkan detail gambar lebih baik tersebut berkat rentang dinamis yang lebih luas.

Sertifikasi TÜV Rheinland juga dimiliki laptop ini yang menjamin bebas flicker dan pancaran sinar biru yang rendah. Kemampuan tersebut akan menjaga mata tetap nyaman saat menatap layar sehingga juga menjaga kesehatan mata.

Keandalan layar ini menjadikan ZenBook Flip (UX363E) cocok bagi para pekerja kreatif termasuk fotografer, desainer, komikus, dan ilustrator. Tentu saja pengguna lain pun tetap dapat menggunakan laptop ini untuk bekerja lebih leluasa karena desain yang ringkas.


Konektivitas ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E)

Port yang tersedia pada ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) cukup lengkap. Pada sisi kiri terdapat port HDMI dan dua port USB tipe-C yang didukung teknologi Thunderbolt 4. 

Sama halnya dengan Thunderbolt 3, kecepatan transfer menggunakan teknologi Thunderbolt 4 dengan meggunakan kabel mencapai 40 Gbps. Pada koneksi PCIe kecepatan Thunderbolt 4 bisa sampai 32 Gbps, sedangkan Thunderbolt 3 hanya sampai 16 Gbps. 

sisi kiri ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E)

Teknologi Thunderbolt 4 memungkinkan untuk menghubungkan laptop dengan berbagai perangkat yang sudah mendukung Thunderbolt 4, termasuk monitor eksternal. Selain itu kemampuan power delivery-nya memungkinkan untuk melakukan pengisian daya melalui power bank dengan konektor USB tipe-C.

Beralih ke sisi kanan terdapat port USB 3.2 gen 1 tipe-A dan tombol daya. ASUS juga menyertakan konverter USB tipe-A ke port ethernet RJ45 untuk menggunakan koneksi jaringan LAN. Selain itu tersedia juga konverter USB tipe-C ke jack audio yang memudahkan untuk menghubungkan headset yang masih memakai jack audo.

sisi kanan ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E)

Sementara itu untuk konektivitas nirkabel, tersedia Wi-Fi 6 (802.11ax) dengan dukungan Wi-Fi SmartConnect yang menyajikan konektivitas pintar. Fitur ini akan melakukan pengalihan koneksi Wi-Fi otomatis ke jaringan dengan sinyal yang lebih kuat. Konektivitas nirkabel canggih lain pada laptop pini adalah Bluetooth 5.0.

Kinerja ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E)

Prosesor yang digunakan pada ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) ini adalahIntel Core i7-1165G7 yang memiliki nama kode Tiger Lake. Proses produksi prosesor ini menggunakan metode 10 nm. Prosesor ini memiliki empat inti dan 8 thread dengan kecepatan clock dasar 2,8 GHz. Kecepatan clock prosesor tersebut dapat ditingkatkan atau dilakukan boost sampai di 4,7 GHz. Penggunaan prosesor Intel Core i7-1165G7 sangat cocok untuk ultrabook karena memiliki kinerja cepat namun irit daya.

Kinerja prosesor Intel Core i7-1165G7 ini didampingi RAM LPDDR4X berkapasitas 16 GB. Kecepatan LPDDR4X ini lebih cepat jika dibandingkan dengan LPDDR3X, sehingga membuat laptop semakin gesit. Berbagai aplikasi pun bisa dijalankan dengan sangat lancar, dan optimal untuk multitasking

Baca juga: Review ASUS ZenBook 14 (UX425), Elegan dan Tipis dengan Kinerja Gahar

Media penyimpanan laptop ini menggunakan teknologi SSD PCIe 3.0 x2 NVMe M.2 yang menyajikan akses cepat ke data yang disimpan. Penggunaan teknologi tersebut pun mendukung proses booting yang lebih cepat. Ruang penyimpanan yang disediakan media penyimpanan pun cukup lapang dengan kapasitas 1 TB.  Jika dibandingkan HDD, teknologi SSD ini juga lebih tahan banting karena tak memiliki komponen bergerak.

Grafis pada laptop ini didukung oleh GPU Intel Iris Xᵉ Graphics yang terintegrasi. Kinerja GPU Intel Iris Xᵉ Graphics ini memiliki lebih tinggi dibandingkan kinerja Intel HD Graphics. Keandalan dari GPU ini adalah hemat daya, sehingga menunjang laptop agar memiliki daya baterai yang tahan lama.

Kinerja baterai ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) ini pun tak kalah canggihnya berkat perpaduan prosesor dan GPU yang hemat daya. Kapasitas baterai ASUS laptop ini mencapai 67 Whr yang mampu bertahan sampai 14 jam. Ketika daya baterai sudah hampir habis pun tak perlu khawatir, karena kemampuan pengisian daya yang cepat. Baterai bisa terisi 60% dari kondisi kosong hanya dalam waktu 49 menit saja. Pengisian daya pun mudah dilakukan melalui port USB tipe-C.

Sertifikasi Intel Evo

Keandalan kinerja laptop ini pun diperkuat dengan sertifikasi Intel Evo. Sertifikasi ini hanya disandangkan pada laptop yang telah memenuhi persyarakat keandalan dari Intel. Persyaratan sertifikasi Intel Evo adalah responsif untuk digunakan di mana saja.

Daya baterai dapat bertahan lebih lama yaitu melampaui 9 jam untuk layar dengan resolusi FHD. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 detik untuk aktif dalam sekejap. Pengisian daya cepat yang hanya membutuhkan kurang dari 30 menit untuk dapat digunakan selama 4 jam. Dan tentu saja konektivitas canggih menggunakan Wi-Fi 6 dan Thunderbolt 4.


Sistem Audio

Sistem audio pada laptop ini pun didukung array microphone yang didukung teknologi AI Noice Cancelling. Fitur ini mampu untuk menghilangkan kebisingan latar saat melakukan panggilan video ataupun konferensi video.


Sistem Operasi dan Aplikasi

Windows 10 Home merupakan sistem operasi yang digunakan pada ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E). Kondisi pandemi yang mengharuskan bekerja dan belajar di rumah pun semakni mudah dengan ketersediaan perangkat lunak Office. Yup! ASUS sudah menyediakan Microsoft Office Home & Student 2019 Pre-Installed yang mencakup tiga aplikasi utama, yaitu Word, Excel dan PowerPoint. Perangkat lunak ini disediakan ASUS secara gratis. Microsoft pun akan memberikan pembaruan agar terhindar dari malware dan mencegah celah keamanan.

Benchmark

Nah, sekarang saatnya melakukan pengujian ASUS ZenBook Flip 13 (UX365E) menggunakan beberapa aplikasi Benchmark. Pada uji coba menggunakan PC Mark 10, Flip 13 (UX365E) memperoleh nilai total 4820. Nilai ini di atas dari skor yang diperoleh ZenBook 13 (UX325) yaitu 4355 padahal laptop tersebut menggunakan prosesor yang sama.

Nilai Essential dari ZenBook Flip 13 (UX365E) ini juga tinggi, yaitu 10.022 yang menunjukkan keandalan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Hebatnya skor ini mengalahkan ZenBook 13 (UX325) yang memperoleh nilai 9400. Keduanya masih cukup tinggi sih dibandingkan nilai batas kinerja baik, yaitu 4100. Jika dilihat dari kategori jenis kerja, berikut ini adalah rincian skornya.

PC Mark 10 ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E)


Pada pengujian benchmarking menggunakan Pass Mark, nilai yang diperoleh cukup lumayan yaitu 4814, sedangkan skor rata-rata 2801. Sayangnya nilai tersebut masih di bawah skor ZenBook 13 (UX325) dengan prosesor sama yang meraih nilai 4954. Jika dilihat dari benchmarking CPU, nilai yang diperoleh ZenBook Flip 13 (UX363E) adalah 10142. Nilai ini juga masih di bawah nilai yang diraih ZenBook 13 (UX325) yaitu 12260.

Baca juga: Review ASUS ZenBook 13 (UX325), Laptop Mungil Elegan dengan Intel Core Gen-11

skor uji kinerja dengan PassMark

skor uji CPU dengan PassMark

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel Core i7-1165G7 ini masih di atas Intel Core i7-8750H. Sayangnya peringkat yang diraih masih di bawah Intel Core i7-9750H dan AMD Ryzen 5 4500U.

peringkat dengan CPU Mark

Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari ZenBook Flip 13 (UX363E) adalah 805. Nilai ini jauh di atas rata-rata yang hanya 604. Sedangkan untuk 3D Mark nilai yang diperoleh adalah 2906. Sayangnya nilai ini masih di bawah rata-rata yaitu 3835. Jika dilihat dari kinerja memori, skor yang diperoleh laptop ini adalah 2589. Nilai ini pun di atas rata-rata yang hanya 1777.

Uji Video Card 2D

Uji Video Card 3D
Uji RAM

Kerika melakukan uji coba dengan GeekBench, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 6306 dan multi core 18417. Nilai kinerja tersebut hanya sedikit di bawah ZenBook 13 (UX325) yang menggunakan prosesor sama. Nilai yang diperoleh ZenBook 13 (UX325) adalah 6564 untuk single core dan 21208 untuk multi core.

Uji CPU GeekBench 4
Uji Open CL Geekbench 4

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z

Harga yang dibanderol pada ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) yang kami review ini adalah Rp22.999.000. Harga ini lebih murah jika dibandingkan dengan ASUS ZenBook Flip S (UX371EA). Pembelian dapat dilakukan melalui beberapa e-commerce berikut ini:
https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) di Blibli
Klik untuk membeli ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) di Bukalapak
Klik untuk membeli ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) di Lazada
Klik untuk membeli ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) di Tokopedia
Klik untuk membeli ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) di Shopee
Bagi yang sudah membeli ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) ini di e-commerce, maka bisa ikutan membuat review pembelian di e-commerce tersebut. ASUS akan memberikan hadiah berupa voucher Rp100 ribu untuk review yang memenuhi syarat. Hadiah tersebut bisa diklaim melalui tautan ini

#1IntelEvo #Intel11thgen #ASUSAja #ZenBookSlimmestLaptop #LayarTerbaik #BuiltForBrilliance

Kelebihan

Kelebihan dari ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E) adalah desain yang ringkas dan bobot ringan untuk suatu laptop convertible. Kinerjanya pun luar biasa dengan Intel Core i7-1165G7 yang merupakan Intel Core generasi ke-11 atau terkini. Jaminan keandalan laptop ini pun diperkuat dengan sertifikasi Intel Evo. Sertifikasi ini hanya diberikan pada laptop yang telah memenuhi persyaratan keandalan dari Intel.

Konektivitas yang disediakan pun sudah didukung teknologi terkini, tersedia juga konverter untuk mendukung port yang tak tersedia pada laptop. Port USB tipe-C pada laptop ini sudah didukung Thunderbolt 4 dan pengisian daya cepat. Sementara itu untuk koneksi nirkabel sudah didukung WiFi 6.

Grafis yang didukung Intel Iris Xᵉ Graphics pun memberikan peningkatan yang luar biasa. Layar sentuh pada laptop ini pun cukup presisi dengan dukungan 4096 tingkat tekanan. Daya baterai pun cukup awet berkat penggunaan prosesor dan GPU yang memiliki konsumsi daya rendah.

Desain ErgoLift menyajikan kenyamanan mengetik menggunakan laptop ini. Selain itu desain ErgoLift juga menyediakan ruang tambahan di bawah bodi laptop sehingga mengoptimalkan sistem pendinginan dan kualitas audio. Produktivitas pengguna pun ditunjang oleh dukungan Microsoft Office, peningkatan desain keyboard dan touchpad.


Kekurangan

Bodi laptop ini sangat cepat panas, dan terkadang tersendat saat memutar video ketika sudah terlalu panas.

Spesifikasi ASUS ZenBook Flip 13 (UX363E)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

Sistem Operasi

Windows 10 Home

Memori

LPDDR4X 16 GB

LPDDR4X 8 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® 3.0 NVMe™ M.2 berkapasitas 1 TB  

SSD PCIe® 3.0 NVMe™ M.2 berkapasitas 512 GB

Layar

13.3" (16:9) OLED FHD (1920 x 1080), 400 nits, 100% DCI-P3, 133% sRGB, NanoEdge Display, Touchscreen, PANTONE® Validated display, TÜV Rheinland eye-care certified display

Grafis

Intel® Iris® X Graphics

Port I/O

1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery

Kamera

HD camera with IR function to support Windows Hello

Konektivitas

Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

SonicMaster, Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Baterai

67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

30.50 x 21.10 x 1.19 ~ 1.39 cm

Bobot

1.30 kg

Warna

Pine Grey

Harga

Rp22.999.000 (varian Core i7)

Rp18.999.000 (varian Core i5)

Garansi

2 tahun garansi global

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email