MT9638, Chip Smart TV 4K MediaTek yang Didukung AI MT9638, Chip Smart TV 4K MediaTek yang Didukung AI ~ Teknogav.com

MT9638, Chip Smart TV 4K MediaTek yang Didukung AI

Teknogav.com - MediaTek mengumumkan chip Smart TV 4K terkininya, yaitu MT9638 yang terintegrasi dengan AI processing unit (APU) berkinerja tinggi. Berbagai teknologi kecerdasan buatan (AI) dengan konektivitas dan teknologi tampilan terkini telah didukung pada chip ini. Para perancang TV dapat memanfaatkan fitur-fitur premium dari MT9638 untuk merancang Smart TV 4K yang bersaing tersebut.

“Ketika peralatan rumah tangga pintar menjadi makin canggih dan beragam, TV pintar menjadi pusat baru bagi rumah pintar. Ini karena para konsumen memanfaatkan fitur multimedia yang didukung AI untuk mengendalikan semua perangkat mereka langsung dari TV pintar mereka. Chip MT9638 baru ini meneruskan perjalanan kami sebagai penyedia chip No. 1 untuk TV pintar. Kami pun dapat memberikan pengalaman AI, multimedia, game, dan hiburan luar biasa kepada para konsumen dengan kualitas teater 4K,” ucap Alex Chen, General Manager of the TV Business Unit, MediaTek. 

Baca juga: MediaTek S900 Dukung TV dengan Resolusi 8K dan Edge AI

Keandalan Chip MT9638 dari MediaTek

Kecanggihan teknologi AI yang dimiliki MT9638 mencakup resolusi super AI, kualitas gambar AI dan asisten suara AI. Tampilan grafis pun lebih mulus bekat kecepatan variable refresh rate (VRR) dan motion estimation and motion compensation (MEMC). Chip MT9638 ini mampu mengoptimalkan kualitas visual dengan kinerja tinggi.

Chip MT9638 ini memiliki APU kustom MediaTek dengan komputasi AI berkinerja tinggi untuk berbagai Smart TV sehingga meningkatkan pengalaman pengguna. Teknologi kualitas gambar AI built-in memungkinkan untuk otomatis melakukan penyesuaian untuk meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan. Penyesuaian dilakukan pada saturasi warna, kecerahan, ketajaman, kompensasi gerakan dinamis dan pengurangan suara bising pintar. Hal ini dilakukan dengan pengenalan adegan dan tampilan konten secara real-time.

Baca juga: TV QLED 8K Wi-Fi 6 Besutan Samsung Ditenagai Chipset MediaTek 

Peningkatan resolusi dilakukan secara cerdas dengan penggabungan multi-frame sehingga menghasilkan gambar lebih jelas pada resolusi asli Smart TV. Hal ini dapat dilakukan dengan perpaduan teknologi resolusi super AI dengan teknololgi MEMC milik perusahaan. 

Kecepatan dan keandalan konektivitas disajikan oleh dukungan teknologi konektivitas terkini pada chip, termasuk Wi-Fi 6 dan HDMI 2.1. Teknologi tersebut mampu menghindari pecahnya gambar dengan mengintegrasikan dukungan untuk VRR agar sesuai dengan film atau kecepatan bingkai game konsol.

Berbagai aplikasi-aplikasi yang didukung pengenalan suara AI dan panggilan video berkemampuan AI pun didukung oleh chip MT9638 ini. Para konsumen pun memiliki cara baru untuk menggunakan Smart TV dan berinteraksi dengan keluarga dan teman. Pengguna pun bisa mendapatkan pengalaman imersif untuk bermain game, streaming konten dan hiburan lainnya. Smart TV yang menggunakan chip ini dapat menjadikan ruang keluarga sebagai pusat hiburan rumah.

Teknologi Canggih pada Chip MT9638

  • Keandalan kinerja dan hemat daya berkat integrasi CPU multi-core Arm Cortex-A55, GPU Arm Mali-G52 dan APU MediaTek dalam satu chip.
  • Dukungan resolusi layar sampai 4K60 dengan mesin multimedia decoding untuk HEVC, VP9 dan konten AV1 baru
  • Dukungan tampilan HDR10+ yang memungkinkan peredupan lokal serangkatian penuh backlight dengan lebih dari 2000 zona
  • Dukungan surround sound DTS Virtual X dan Dolby Atmos yang premium
  • Antarmuka HDMI 2.1 dan USB 3.0 terkini  sebagai tambahan pada konektivitas Wi-Fi 6 kelas gigabit
  • Kemampuan asisten suara yang mencakup seluruh ruangan dengan sampai empat mikrofon jarak jauh. Fitur ini sangat hemat daya (0,5 W) pada kondisi siaga dan responnya sangat cepat dengan mengucapkan kata untuk mengaktifkan asisten.

Baca juga: MediaTek MT5670 Siap Perkaya Fitur TV Cerdas 4K UHD

Lebih dari dua miliar unit chip TV telah dikirim Mediatek secara global. Chip ini digunakan untuk mentenagai berbagai produk, mulai entry level sampai flagship dengan solusi menyeluruh yang memenuhi spesifikasi TV global. MediaTek merupakan mitra penyedia solusi hiburan kelas dunia selama lebih dari 20 tahun untuk para produsen TV. Smart TV 4K yang ditenagai MT9638 diharapkan sudah dipasarkan pada kuartal kedua tahun 2021.

Share:

Artikel Terkini