ASUS ExpertBook B9400, Laptop Bisnis Premium Bagi Profesional Dinamis ASUS ExpertBook B9400, Laptop Bisnis Premium Bagi Profesional Dinamis ~ Teknogav.com

ASUS ExpertBook B9400, Laptop Bisnis Premium Bagi Profesional Dinamis

Teknogav.com - ASUS ExpertBook B9400 merupakan anggota terkini lini ExpertBook B9 yang merupakan laptop bisnis paling premium ASUS. Laptop bisnis ini ditujukan bagi para pebisnis dengan mobilitas tinggi dan dinamis. Bodi ExpertBook B9400 ini sangat ringan dan tangguh dengan standar militer Amerika Serikat. Prosesor yang digunakan sudah Intel Core generasi ke-11 yang disertai modul TPM 2.0 untuk menyajikan kinerja dan keamanan yang mumpuni.

Dinamisnya dunia bisnis menuntut pebisnis untuk bisa merespon setiap dinamikanya dengan lebih cepat. Mereka perlu perangkat yang cepat, mudah dibawa bepergian dan mampu mengakomodasi kegiatan bisnis ketika berada di luar kantor. Kemampuan tersebut tentunya termasuk untuk menunjang konferensi video.

Baca juga: 9 Alasan ASUS ExpertBook B9450 Jadi Laptop Bisnis Ringan Andalan

“ASUS ExpertBook B9400 merupakan laptop yang dirancang khusus untuk mengakomodasi kegitan bisnis. Laptop ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membuat sesi berbisnis lebih produktif dan tanpa gangguan,” ucap Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. 

Desain ASUS ExpertBook B9400

Bodi ExpertBook B9400 memiliki dimensi 32 x 20,3 cm yang lebih kecil jika dibandingkan ukuran kertas A4. Keringkasan laptop ini tentu saja karena ditunjang oleh teknologi NanoEdge Display pada layar 14 inci yang diusungnya. Teknologi ini memungkinkan layar untuk memiliki bezel yang sangat tipis. Layar ini pun bisa diputar sampai 180° sehingga memudahkan berbagi tampilan layar dengan mudah dan cepat.

ASUS ExpertBook B9400

Ketebalan ExpertBook B9400 pun hanya 1,49 cm, tak lebih tebal dari baterai AA. Dimensi ringkas ini merupakan hasil rancangan para ahli di ASUS sehingga lebih ringkas dari laptop pesaing, tetapi tetap nyaman digunakan. Selain ringkas tentu saja bobot laptop ini ringan, kurang dari 1 kg, yaitu hanya 880 gram, sehingga enteng dibawa bepergian. ASUS juga merancang agar baterai mengisi setiap ruang di ExpertBook B9400 sehingga bodi laptop sangat ringan walau kapasitas baterai besar.

Baca juga: Review ASUS ExpertBook B9450, Laptop Bisnis Ringan dengan Military Grade

Desain keyboard dan touchpad pada ExpertBook B9400 juga turut berperan dalam menunjang produktivitas kerja. Ketika bekerja dalam kondisi pencahayaan yang kurang, karakter pada keyboard tetap terlihat jelas berkat backlight yang bisa diatur tingkat kecerahannya. Pengaturan kecerahan backlight ini dapat dilakukan melalui tombol pintasan di barisan atas keyboard. Tombol pintasan lain yang tersedia mencakup tangkapan layar, aplikasi MyASUS, logout dari akun Windows dan mematikan webcam

ASUS ExpertBook B9400

Kenyamanan mengetik pada laptop ExpertBook B9400 juga ditunjang desain ErgoLift. Desain ini akan mengangkat bodi utama dan keyboard saat digunakan sehingga membentuk kemiringan 5°. Posisi tersebut juga akan membentuk rongga udara tambahan di bagian bawah laptop yang mengoptimalkan sistem pendinginan. Pengoptimalan sistem pendinginan ini juga akan mengoptimalkan kinerja Keberadaan rongga udara tersebut juga mendukung speaker di bagian bawah bodi  mengeluarkan suara yang lebih kencang dan jelas.

Sistem Pendingin dengan Advanced Thermal Module

Dimensi sistem pendingin Advanced Thermal Module ini lebih kecil 25% dibandingkan sistem pendingin laptop lain, sehingga menunjang bodi yang ringkas. Kendati demikian kinerja pendinginan tetap prima untuk mempertahankan kinerja secara optimal sepanjang waktu. 

Sistem pendingin Advanced Thermal Module ini memiliki tiga kelebihan utama. Kelebihan pertama adalah desain tilted heatsink yang mengoptimalkan aliran udara. Kemudian  kelebihan kedua adalah struktur sistem pendingin yang terdiri dari heatpipe, heatsik dan case untuk kipas yang merupakan satu bagian. Struktur tersebut merupakan satu bagian atau bukan sambungan beberapa bagian sehingga meningkatkan kinerja pendinginan. Peningkatan kinerja tersebut terutama pada proses pelepasan panas dari komponen pendingin. Kelebihan ketiga adalah penggunaan bahan aluminium alloy pada sirip heatsink yang bobotnya lebih ringan dari tembaga tetapi kinerjanya sama.

Kinerja Prima dengan Sertifikasi Intel EVO

Prosesor yang digunakan pada ExpertBook B9400 ini adalah Intel Core generasi ke-11 yang tangguh dan hemat daya. Kinerja prosesor ini tentu saja lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya dan dilengkapi berbagai fitur modern. Fitur-fitur tersebut termasuk konektivitas terkini dengan Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Thunderbolt 4. 

Kinerja grafis pada ExpertBook B9400 didukung GPU Intel Iris Xᵉ Graphics yang terintegrasi dengan prosesor. Keandalan GPU ini mencakup hemat daya dan kinerja grafis lebih baik. Keandalan kinerja prosesor didukung RAM LPDDR4X berkapasitas 16 GB dan penyimpanan berupa NVMe PCIe SSD 3.0 berkapasitas 2 TB. Perpaduan RAM dan media penyimpanan SSD tersebut tentu saja membuat proses data dan aplikasi penunjang bisnis dapat berjalan dengan gesit.

ASUS ExpertBook B9400

Sertifikasi Intel EVO pada ExpertBook B9400 menjamin laptop ini memenuhi standar kualifikasi dari intel sebagai laptop modern. Standar tersebut mencakup kinerja gesit dan responsif dengan Intel Core generasi ke-11, konektivitas terkini dan ketahanan baterai minimal 10 jam. Daya tahan baterai pada ExpertBook B9400 ini bahkan sampai 20 jam. Hal ini berkat perpaduan teknologi terkini, mulai dari prosesor sampai layar. Layar yang digunakan laptop bisnis ini memang menggunakan Panel Self Refresh (PSR) yang konsumsi dayanya sangat rendah dibanding layar standar.

Baca juga: ASUS ExpertBook B9400 vPro, Laptop Bisnis Profesional Bersertifikasi Intel EVO

Memori khusus yang terintegrasi melengkapi layar berteknologi PSR tersebut untuk memproses tampilan statis pada layar tanpa chip grafis. Metode tersebut akan mengurangi konsumsi daya sampai ke angka 1 watt. Sementara pemrosesan tampilan layar dengan chip grafis membutuhkan daya sampai 3 watt. Layar dengan teknologi PSR cocok untuk tampilan aplikasi bisnis dan kantoran seperti Microsoft Office, dokumen PDF dan gambar statis. 

Kecanggihan konektivitas Wi-Fi 6 (802.11ax) juga didukung teknologi Wi-Fi Master Premium untuk menangkap dan mengirim sinyal lebih stabil. Konektivitas pada ExpertBook B9400 juga didukung oleh port yang lengkap. Port ini mencakup USB 3.2 Gen 2 Type-A, HDMI 2.0b, dan 3,5 mm combo audio jack. Selain itu tentu saja dua port USB Type-C dengan teknologi Thunderbolt 4 dan power delivery untuk pengisian daya yang fleksibel.

Ketangguhan ExpertBook B9400

Sertifikasi berstandar militer Amerika Serikat (MIL-STD 810H) disandang ExpertBook B9400 setelah lolos berbagai uji ketahanan. Sejumlah 21 uji ketangguhan ekstrem pun telah dilewati oleh laptop ini.  Pengujian mencakup durabilitas engsel, durabilitas port, tekanan ekstrem pada bagian layar, durabilitas keyboard, jatuh dari ketinggian tertentu, dan getaran. Selain itu juga dilakukan pengujian penggunaan di ketinggian dan suhu ekstrem.

ASUS ExpertBook B9400

Konstruksi pelindung ekstra pada struktur internal ExpertBook B9400 memastikan setiap engsel, port dan bagian rentan lain terlindungi. Desain grid pada struktur rangka laptop ini pun memperkokoh keseluruhan bodi. Pada komponen-komponen sensitif termasuk motherboard juga dilengkapi dengan peredam getaran. Sementara itu fitur spill resistant pada keyboard akan melindungi saat terkena tumpahan air. 

Baca juga: ASUS ExpertBook B9, Laptop Bisnis Flagship Paling Ringan

Durabilitas engsel pada ExpertBook B9400 menggunakan bahan baja anti karat berbahan tebal dan dihubungkan dengan sekrup yang lebih besar. Perancangan ini memungkinkan layar untuk bertahan sampai 50 ribu kali buka-tutup dengan kekuatan tekanan sampai 50 kg. Port pun sudah teruji  untuk bertahan sampai 5000 kali pasang lepas.

Kekokohan bodi ExpertBook B9400 ditunjang penggunaan bahan magnesium lithium yang diproduksi dengan teknik CNC milling dengan 21 tahap manufaktur. Teknik tersebut juga membuat laptop ini memiliki detail yang presisi. Metode Micro-Arc Oxidation (MAO)  Composite Coating pun digunakan untuk melapisi bodi untuk mencegah oksidasi dan korosi.

Keamanan dan Privasi

Serangkaian fitur keamanan kelas enterprise melengkapi ASUS ExpertBook B9400. Keamanan dan privasi akses ditunjang Windows Hello, sehingga pengguna bisa masuk ke sistem tanpa perlu mengetik kata sandi. Duo opsi login menggunakan sistem biometrik yang bisa digunakan pada laptop ini mencakup sensor sidik jari dan sensor pengenalan wajah.

Pengenalan wajah dilakukan oleh IR camera dengan resolusi HD yang juga menunjang kegiatan konferensi video. Kamera tersebut juga sudah dilengkapi webcam shield untuk menutup kamera secara fisik sehingga privasi dapat tetap terjaga.

ASUS ExpertBook B9400

Sistem proteksi kata sandi pada ExpertBook B9400 memungkinkan pengguna untuk mengunci BIOS dan SSD. Ketika sistem ini diaktifkan, segala pengaturan BIOS atau akses data di SSD hanya bisa dilakukan setelah mengetik kata sandi. Fitur USB Storage Block juga dapat mencegah penggunaan USB flash disk atau penyimpanan eksternal lain tanpa izin dari administrator. Pencegahan ini dilakukan untuk mencegah masuknya malware melalui perangkat portabel tersebut ke jaringan internal perusahaan.

Pengguna juga bisa menghancurkan file digital menggunakan fitur Secure File Shredder. File yang dihancurkan dengan fitur tersebut tak bisa dipulihkan menggunakan metode apa pun. Fitur ini akan mencegah peretas mengakses dan memulihkan data yang sudah dihapus.

Sistem manajemen TI pada ExpertBook B9400 didukung sistem operasi sampai Windows 10 Pro. Tim TI dapat mengatur koneksi laptop ke jaringan intranet perusahaan dengan cepat dan aman, setiap saat dan di berbagai tempat. Pengendalian dan manajemen ExpertBook mudah dilakukan dengan aplikasi ASUS Control Center dan ASUS Business Center, bahkan dari jarak jauh.

Fitur Trusted Platform Module pada ExpertBook B9400 memungkinkan pemrosesan data diproses dengan sistem enkipsi. Pada laptop juga terdapat chip berisi RSA encryption key unik yang  hanya tersedia dan bisa digunakan oleh satu perangkat saja. Sistem enkripsi tersebut membuat data yang dienkripsi tak bisa dibaca atau diakses perangkat lain.

Fitur-fitur Pendukung Produktivitas Lain

Aplikasi MyASUS pada ExpertBook B9400 telah dilengkapi dengan fitur Link to MyASUS untuk menghubungkan smartphone ke laptop. Fitur ini memungkinkan untuk melihat berbagai kegiatan di smartphone langsung di layar ExpertBook B9400. Panggilan telepon dan pesan yang masuk ke smartphone dapat dilakukan dan dibaca tanpa harus menyentuh smartphone tersebut.

Selain itu pengiriman file dari dan ke smartphone dari laptop pun bisa dilakukan tanpa menggunakan kabel data dengan fitur ini. Fungsi-fungsi lainnya mencakup screen mirroring untuk mengendalikan smartphone. Sebaliknya tampilan layar ExpertBook juga dapat dihadirkan di smartphone menggunakan screen extender

Ketika melakukan konferensi video tentunya tak hanya mengandalkan video, tetapi audio pun harus jelas. Nah, ExpertBok B9400 dibekali dengan mikrofon yang dirancang khusus untuk kegiatan konferensi video. Empat mikrofon ditempatkan secara khusus dan dilengkapi 360° far field untuk menangkap suara lebih jelas. Selain itu teknologi AI Noise Cancelling akan meredam suara sekitar sehingga menyingkirkan kebisingan di latar, suara pengguna pun lebih jelas.

Sistem audio pada ExpertBook B9400 juga didukung speaker dengan kualitas sangat baik yang menyandang sertifkasi Harman/Kardon. Fitur Smart Amps Chip pada laptop ini memungkinkan untuk mengendalikan suara speaker dengan cerdas sehingga mencegah kerusakan fisik pada speaker. Nah, harga yang dibanderol pada ASUS ExpertBook B9400 ini mulai dari Rp27.999.000. 

Bagi yang tertarik, bisa melakukan pembelian di beberapa e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ASUS ExpertBook B9400 di Blibli

Klik untuk membeli ASUS ExpertBook B9400 di Tokopedia
Klik untuk membeli ASUS ExpertBook B9400 di Shopee

Spesifikasi ASUS ExpertBook B9400

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Sistem Operasi

Windows 10 Pro

Windows Home Solution

Memori

LPDDR4X 16 GB

Media Penyimpanan

NVMe PCIe® 3.0 M.2 1 TB 

NVMe PCIe® 3.0 M.2 2 TB

Layar

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare, 100% sRGB, 300 nits

Grafis

Intel Iris Xᵉ Graphics

Input/Output

2x Thunderbolt™ 4 Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 1x HDMI, 1 x RJ45 LAN via micro HDMI port, 1x Audio Jack, 1 x Kensington® lock slot

Kamera

720p HD camera with microphone; IR camera with Windows Hello Support

Konektivitas

Wi-Fi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0

Audio

2 Integrated stereo speakers certified by harman/ kardon, Array microphone with Cortana, Quad 360° far-field microphones (support noise cancellation)

Baterai

4 -Cell 66Wh lithium-polymer long life rechargeable battery

Keamanan

Trusted Platform Module TPM 2.0 embedded security chip, Windows Hello with facial recognition software, fingerprint sensor, webcam shield, kensington lock slot, ASUS Business Manager with secure drive setting and lock control to USB storage devices

Dimensi

32.0(W) x 20.2(D) x 1.49(H) cm

Bobot

0.88Kg

Warna

Star Black

Harga

Rp27.999.000 (Core i7 / 16GB RAM  / 1TB SSD / Windows 10 Home)
Rp29.999.000 (Core i7 / 16GB RAM  / 1TB SSD / Windows 10 Pro)
Rp31.999.000 (Core i7 / 16GB RAM  / 2TB SSD / Windows 10 Pro)

Garansi

3 tahun layanan garansi di tempat (on-site service)


Share:

Artikel Terkini