Review ASUS ExpertBook B9450, Laptop Bisnis Ringan dengan Military Grade Review ASUS ExpertBook B9450, Laptop Bisnis Ringan dengan Military Grade ~ Teknogav.com

Review ASUS ExpertBook B9450, Laptop Bisnis Ringan dengan Military Grade


Teknogav.com – Awal Juni 2020 lalu, ASUS meluncurkan laptop bisnis mereka yang super ringan, yaitu ASUS ExpertBook B9450. Keistimewaan laptop ini terletak pada bobotnya yang begitu ringan, bahkan kurang dari 1 kg, tetapi tetap tangguh. Ketangguhan bukan hanya dari fitur-fitur yang mumpuni untuk kegiatan bisnis, tetapi juga sudah memenuhi standar Military Grade. Nah, tim Teknogav.com pun beruntung, dari beberapa varian yang ada, kami bisa menjajal varian dengan spesifikasi paling tinggi. Jika dibandingkan dengan varian lain, spesifikasi paling tinggi menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke-10 yang dipadukan SSD ganda.

Sekilas melihat ASUS ExpertBook B9450, tampilannya tampak simple dan begitu ringkas. Layar laptop ini bisa diputar sampai 180 derajat dan juga memiliki mekanisme yang dapat mengangkat bodi laptop saat layar dibuka. Touchpad laptop ini bisa dijadikan number pad layaknya beberapa laptop bisnis ASUS lain, tetapi memang bukan berupa ScreenPad. Alasan ASUS tak menggunakan ScreenPad karena kalangan bisnis dianggap tak terlalu membutuhkan fitur tersebut.

ASUS ExpertBook B9450
Layaknya laptop bisnis terkini yang menggunakan prosesor Intel, maka ExpertBook B9 ini sudah dibekali dengan Intel Core generasi ke-10. Varian yang tersedia saat laptop ini diluncurkan mencakup pilihan Intel Core i7 dan Intel Core i5. Kisaran harga laptop ini sepantaran dengan ASUS ZenBook S UX392 yang menggunakan Intel Core generasi ke-8 ketika pertama kali diluncurkan.

Jika dilihat dimensinya maka ASUS ZenBook UX392 lebih kecil tetapi bobotnya lebih berat atau masih melebihi 1 kg. Tetapi perlu diingat bahwa ukuran layar ExpertBook B9450 ini lebih besar, yaitu 14 inci, sedangkan ZenBook S UX392 13,9 inci. Beda tipis sih memang ya, karena keduanya pun menggunakan teknologi NanoEdge Display.

Produksi prosesor Intel Core i7-10510U pada laptop ini dilakukan menggunakan metode proses 14 nm. Kode nama prosesor ini adalah Skylake, yang sebelumnya disebut Comet Lake. Prosesor ini terdiri dari empat inti dengan delapan thread. Frekuensi dasar prosesor ini adalah 1,8 GHz. tetapi bisa dioptimalkan menjadi 4,9 GHz. Canggihnya, kinerja prosesor ini dibekali dengan RAM yang tak tanggung-tanggung kapasitasnya, yaitu 16 GB.

Pada varian yang kami uji coba, media penyimpanan ExpertBook B9 ini menggunakan SSD ganda. Teknologi SSD yang digunakan adalah PCIe NVMe M2, jika dilihat pada windows explorer, tampak kapasitas SSD sekitar 1 TB dan 512 GB. Kecanggihan teknologi SSD PCIe NVMe adalah kemampuan untuk mengakses dan memuat aplikasi dan data secara lebih cepat.

Grafis ExpertBook B9 didukung prosesor Intel UHD Graphics 620. Prosesor grafis ini memiliki frekuensi dasar grafis 300 MHz dan frekuensi Max Dynamic 1,15 GHz. Kinerja prosesor grafis ini didukung memori grafis berkapasitas 32 GB. Grafis ini juga sudah mendapat dukungna DirectX 12 dan 4K. ExpertBook B9 hanya mengandalkan satu prosesor grafis saja, beda dengan ASUS ZenBook UX334F yang memiliki tambahan prosesor grafis dari NVIDIA.
kelengkapan ASUS ExpertBook B9450
Kelengkapan paket laptop ini terdiri dari unit ExpertBook B9450, adaptor dengan kabel dayanya, dan dongle micro HDMI ke LAN. Dongle berfungsi untuk mendukung koneksi menggunakan LAN walau tak tersedia port RJ45 pada laptop ini layaknya laptop tipis ASUS lainnya. Sistem operasi yang digunakan pada laptop dalam paket penjualan sudah Windows 10 Pro sesuai yang direkomendasikan.

ASUS ExpertBook B9450 sangat cocok bagi pebisnis maupun pekerja kantoran yang membutuhkan mobilitas tinggi. Bobotnya yang ringan kurang dari 1 kg dan dimensinya yang ringkas memudahkan untuk dibawa-bawa. Pengguna bahkan bisa bekerja sambil menopang laptop ini dengan satu tangan! Tak perlu khawatir jatuh juga, karena laptop ini sudah diuji dengan berbagai terpaan sesuai standar militer Amerika Serikat. Apalagi baterai laptop ini pun sangat tahan lama.

Desain ASUS ExpertBook B9

ASUS ExpertBook B9450
ExpertBook B9 memiliki desain yang ringkas dan ringan, dimensinya hanya 320 x 203 x 14,9 mm dan bobot 995 gram. Dimensi laptop ini 302,96 mm x 189,3 mm x 17,9 mm dengan bobot 1,22 kg, sehingga nyaman dibawa-bawa. Bobot laptop yang ringan memudahkan untuk dibawa bepergian. Bekerja sambil jalan pun bisa hanya dengan menopang laptop dengan satu tangan, sementara tangan lainnya bekerja pada laptop.

Kendati ringkas, namun layar ExpertBook B9 cukup lapang dengan ukuran diagonal 14 inci. Chassis laptop ini bahkan seukuran dengan laptop dengan layar 13 inci. Hal ini dicapai berkat teknologi Nano Edge Display yang digunakan. Lebar bingkai yang tipis hanya 4 mm, sehingga rasio layar-ke-bodi bisa cukup besasr, yaitu 94%.

Layar juga dilengkapi dengan anti-glare yang akan mengurangi pantulan yang tak diinginkan. Fitur ini menjamin tampilan yang jelas, bahkan pada lingkungan yang terang. Anti-glare ini juga bisa mengurangi kelelahan mata, bahkan ketika berjam-jam menatap layar.
kamera pada ASUS ExpertBook B9
Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak kegiatan dilakukan secara online menggunakan video conference. Nah, posisi webcam pada laptop ini begitu pas di pinggiran atas layar. Webcam ini dilengkapi juga dengan switch untuk menutup layar demi keamanan privasi saat tak digunakan.

Desain engsel layar pada ExpertBook B9 menggunakan ErgoLift yang otomatis akan mengangkat bodi dan memiringkan keyboard. Posisi keyboard akan lebih nyaman untuk mengetik. Keyboard ini juga memiliki jarak antar tombol yang membuat pengetikan lancar. Tersedia juga feedback tactile yang responsif untuk pengetikan yang lebih akurat.  Desain ErgoLift juga akan mendukung sistem pendinginan dan kinerja audio.
keyboard pada ASUS ExpertBook B9
Kerennya lagi, keyboard juga dilengkapi dengan backlit yang memudahkan untuk mengetik pada lingkungan yang gelap. Bagi yang sembrono suka menumpahkan minuman di dekat laptop pun tak perlu khawatir, karena keyboard dilengkapi spill-resistant yang bisa mengatasi 66 cc cairan. Jadi tumpahan air yang ringan bisa dengan mudah dikeringkan atau dibersihkan.

Susunan tombol pada keyboard cukup nyaman, walalu kadang suka salah tekan tombol daya karena menyatu dengan susunan tombol pada keyboard. Tetapi tak perlu khawatir, karena bisa dengan mudah kembali bekerja dengan menyentuhkan jari pada sensor sidik jari. Jarak antar keyboard sudah cukup nyaman. Hanya saja kendala terkadang terjadi pada tombol Ctrl yang bisa mendadak tak bisa digunakan.
touchpad merangkap number pad pada ASUS ExpertBook B9

Ukuran tombol panah pada keyboard lebih kecil jika dibandingkan tombol lain, sehingga kurang nyaman saat menggunakannya. Tombol Page Up dan Page Down pun juga merangkap dengan tombol panah tersebut. ExpertBook B9 juga tak menyediakan susunan tombol angka khusus yang kadang disediakan beberapa keyboard di sisi kanan. Tetapi peran susunan tombol angka tersebut bisa digantikan dengan touchpad yang bisa beralih menjadi number pad.

Grafis dan Daya

Prosesor yang digunakan pada ASUS ExpertBook B9 ini mengandalkan Intel UHD Graphics. Keandalan prosesor ini adalah kemampuannya dalam menghemat daya. Penghematan daya pada layar juga didukung teknologi Panel Self Refresh (PSR) yang dilengkapi memori khusus terintegrasi.

Memori khusus tersebut memungkinkan proses tampilan statis layar tak melalui prosesor grafis, sehingga mengurangi konsumsi daya sampai 1 watt. Jika pemrosesan tampilan layar menggunakan prosesor grafis, maka konsumsi daya mencapai 3 watt. Teknologi PSR cocok untuk penggunaan aplikasi bisnis dan kantoran seperti pembaca dokumen PDF, Microsoft Office dan gambar statis.
fitur Splendid dan Tru2Life

Pengoptimalan warna layar juga bisa dilakukan dengan fitur Splendid pada aplikasi MyASUS. Pada aplikasi MyASUS juga tersedia fitur Tru2Life untuk mengoptimalkan ketajaman dan kontras setiap bingkai video. Tampilan video pun bisa terlihat lebih jelas, detail dan realistis jika fitur Tru2Life diaktifkan.

Tak hanya layar yang berusaha mengurangi konsumsi daya, ExpertBook B9 juga dibekali dengan baterai yang mumpuni menggunakan bahan Lithium polimer. Kemampuan daya pada baterai 66 Wh ini mampu bertahan untuk membuat laptop tetap menyala sampai 24 jam. Laptop ini juga mendukung pengisian daya cepat dengan kemampuan mengisi baterai dari kosong sampai 66% hanya dalam 39 menit.

Konektivitas

sisi kiri ASUS ExpertBook B9
sisi depan ASUS ExpertBook B9
sisi kanan ASUS ExpertBook B9
Pada sisi kiri laptop, dari belakang ke depan terdapat dua port Thunderbolt 3 USB tipe-C, diikuti dengan port HDMI dan micro HDMI. Port micro HDMI tersebut dapat dijadikan port RJ45 menggunakan dongle yang disertakan pada paket pembelian. Di sisi depan terdapat lampu yang sekaligus menjadi indikator saat adaptor daya tersambung. Beralih ke kanan dari depan ke belakang terdapat slot penguncian Kensington, USB 3.1 Gen 2 dan jack audio 3,5 mm. Selain itu tak terlihat keberadaan slod SD card dan slot kartu pintar.

Sementara itu untuk koneksi nirkabel, laptop ini sudah didukung WiFi 6 (802.11ax). Kecepatan WiFi 6 ini tentu saja tiga kali lbeih cepat dibandingkan WiFi 5 (802.11ac). Konektivitas WiFi ini didukung dengan teknologi ASUS WiFi Master yang memungkinkan koneksi WiFi lebih andal dan cepat dengan jarak lebih luas. Sayangnya ketika laptop didiamkan agak lama, koneksi internet melalui WiFi sering terputus. Harus memutuskan koneksi secara manual dari laptop dan menghubungkannya kembali agar koneksi data pulih.

Selain itu tersedia juga konektivitas Bluetooth 5.0 yang bisa menghubungkan dengan perangkat lain dengan tidak banyak mengonsumsi daya. Ketika kami mencoba menghubungkan ExpertBook B9 dengan perangkat lain, proses pairing terasa begitu mulus dan cepat.
Aplikasi MyASUS
fitur Link to MyASUS
Aplikasi MyASUS memudahkan untuk menghubungkan ExpertBook B9 ke smartphone. Transfer file dan URL pun mudah dilakukan, termasuk untuk menerima notifikasi pop-up. Selain itu bisa juga untuk membaca dan mengirim pesan, menerima dan melakukan panggilan dan lain-lain. Pengiriman file yang baru saja dibuat di smartphone ke laptop dapat dilakukan sekejap.

Cara menghubungkan perangkat dengan MyASUS adalah dengan login ke MyAsus, kemudian gunakan menu Link to MyASUS. Pada smartphone instal aplikasi Link to MyASUS yang tersedia untuk platform Android dan iOS. Atur perizinan akses perangkat pada smartphone lalu hubungkan melalui Bluetooth. Transfer file dengan akses jarak jauh juga bisa dilakuakn melalui koneksi internet dengan cara menggeser slide pengaturan menjadi aktif.

Ketangguhan Military Grade

ASUS ExperBook B9450 boleh terlihat mungil dan ringan, tetapi ketangguhannya sudah memenuhi standar militer. Kami sudah mencoba menguji layar dengan membuka dan menutupnya dengan cukup sangar dan juga menjadikannya alas beban yang berat. Tentu saja tak ada efek sama sekali pada laptop, karena memang sudah melalui uji engsel, dan durabilitas port.

Demi memperoleh sertifikasi military grade, laptop juga menjalani uji tekanan pada panel sampai 30 kg, dan uji tekan tombol keyboard. Selain itu juga sudah dilakukan uji guncangan, uji jatuh dari ketinggian 1,2 meter, uji getaran, uji kelembapan dan uji ketinggian. Pada pengujian suhu, laptop ini dapat bertahan pada suhu 50˚ C dan 0˚ C dalam keadaan menyala selama 20 jam.

Dukungan Bisnis dan Keamanan

ASUS Business Manager
Tak hanya ketangguhan fisik, ExpertBook B9450 juga tangguh untuk bisnis berkat solusi manajemen ASUS. Solusi ini memungkinkan tim TI perusahan dapat mengendalikan dan mengelola aset perusahaan jarak jauh, sehingga lebih hemat waktu dan biaya. Laptop ini didukung oleh ASUS Control Center, ASUS Business Manager dan ASUS UEFI BIOS. ASUS Business Manager terdiri dari serangkaian utilitas program untuk menyajikan pemeliharaan dan optimasi pada laptop.

Keamanan tingkat enterprise tentunya sangat dibutuhkan bagi bisnis. Nah, inilah mengapa ASUS ExperBook B9450 dibekali begitu banyak itur keamanan. Telah disinggung sebelumnya bahwa webcam laptop ini dilengkapi dengan perisai atau menutup yang dapat dengan mudah digeser. Kamera juga bisa digunakan untuk login secara biometrik, dukungan IR pada kamera memungkinkan untuk bisa login dalam sekejap walau di tempat gelap. Selain pengenalan wajah, login secara biometri juga bisa dilakukan melalui sensor sidik jari.

Tentu saja fungsi slot penguncian Kensington adalah untuk mencegah pencurian laptop secara fisik. Kerennya lagi, bahkan bisa melakukan pengendalian port USB untuk mengendalikan akses flashdisk atau media penyimpanan lain yang dihubungkan melalui port tersebut.

Audio

Layaknya laptop ASUS lain, ASUS memiliki tim ASUS Golden Ear untuk bekerja sama dengan para pakar Harman Kardon untuk menjamin audio berkualitas sinema. ASUS menempatkan mikrofon pada tepi atas layar untuk menangkap suara dengan jelas dan menyingkirkan kebisingan. Video conference pun bisa berjalan lebih lancar. Audio yang dihasilkan terasa luar biasa berkat perpaduan mikrofon omnidirectional far-field, speaker yang disertifikasi Harman Kardon dan teknologi amplifier pintar.

Benchmark

Rasanya kurang meyakinkan menceritakan kehebatan ASUS ExpertBook B9 tanpa adanya benchmark. Nah, kami akan menggunakan beberapa aplikasi benchmark untuk menguji kinerja laptop ini. Pertama adalah dengan menggunakan PC Mark, skor yang diperoleh ASUS ExpertBook B9 adalah 3293. Sayangnya ternyata angka ini masih di bawah ASUS ZenBook UX334F dan ZenBook S UX 392F, walau beda tipis sih. Masing-masing laptop tersebut memperoleh skor 3400 dan 3329.

Jika dilihat dari segi Essential, skor yang diperoleh adalah 7877, ini menunjukkan keandalan dalam mengerjakan berbagai tugas sederhana. Angka ini terlihat luar biasa jika dibandingkan dua laptop yang disebutkan sebelumnya yang masing-masing memperoleh skor 6796 dan 6621. Berikut ini adalah rincian skor lain berdasarkan kategori jenis kerja.
PC Mark 10 - ASUS ExpertBook B9450
Mari beralih pada pengujian kedua yang menggunakan Pass Mark. Sayangnya lagi-lagi ExpertBook B9 memperoleh skor yang kecil dibandingkan dua laptop sebelumnya, yaitu 2727. Nilai ini bahkan sedikit di bawah rata-rata nilai seluruh dunia, yaitu 2793. Angka yang diperoleh kinerja CPU pun rendah, yaitu 6356 padahal rata-rata dunia 7183. Padahal ZenBook UX334F dan ZenBook S UX392F mendapatkan nilai masing-masing 7983 dan 8282 yang di atas rata-rata.
skor uji kinerja dengan PassMark
skor CPU Mark
Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel Core i7-10 ternyata masih di bawah AMD Ryzen 5 3500U. Angka yang diperoleh Intel Core i7-10510U adalah 7116, sedangkan AMD Ryzen 5 3500U mendapat skor 7150. Jika dibandingkan dengan sesama Intel Core, nilai CPU Mark Intel Core i5-8279U dan Intel Core i5-8257U bahkan lebih tinggi. Masing-masing skor yang diperoleh Intel Core i5 generasi ke-8 tersebut adalah 7917 dan 8191.

peringkat dengan CPU Mark
Mari melanjutkan benchmarking menggunakan PassMark, nilai yang diperoleh untuk kinerja 2D Mark adalah 505. Sayangnya angka tersebut juga di bawah rata-rata dunia saat ini, yaitu 604. Nilai tersebut jauh di bawah skor yang diperoleh ZenBook UX 334F yang 694 dan ZenBook S UX392F yang 692. Pada kinerja 3D, ExperBook B9 memperoleh nilai sangat anjlok, yaitu 841, padahal rata-rata dunia 3816.
Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D
Nah, ExpertBook B9 kembali menjadi juara dalam hal memori dengan memperoleh nilai 1942. Nilai ini cukup tinggi jika dibandingkan nilai rata-rata dunia di 1774.

Ketika melakukan benchmarking dengan GeekBench, tampak kinerja untuk single-core adalah 3416 dan multi-core adalah 13366. Sayangnya kedua skor tersebut juga lebih rendah dari skor yang didapat ZenBook UX334F, yaitu 4566 dan 14978. Demikian juga jika dibandingkank dengan ZenBook S UX392F yang memperoleh nilai single-core 4659 dan multi-core 14253.
Uji CPU GeekBench 4
Uji Open CL Geekbench 4
Jika menggunakan pengujian dengan CPU-Z dapat diperoleh informasi sebagai berikut.
CPU-Z
ASUS ExpertBook B9450 yang menggunakan prosesor Intel Core i7 gen-10 dan SSD ganda ini adalah Rp36.999.000. Jika dilihat dari nilai kinerja, laptop ini memang terasa cukup mahal. Sepertinya ASUS menganggap bobot yang ringan dan keandalan kelas militer yang diusung nilai ini sebagai hal yang sangat bernilai.

Kelebihan ASUS ExpertBook B9

Keistimewaan utama ExpertBook B9 ini tentu saja terletak pada bobot laptop yang begitu ringan dan desainnya yang ringkas. Fitur-fitur yang diusung laptop ini pun cukup canggih dengan keamanan kelas enterprise dan tentu saja ketangguhan kelas militer.

Prosesor Intel Core i7-10510U pada laptop ExpertBook B9 ini juga bisa dianggap kelebihan karena merupakan generasi terkini. Benchmarking pun membuktikan kedigdayaan memori pada laptop yang berkapasitas 16 GB ini. Laptop ini hemat daya yang didukung berbagai komponen, mulai dari baterai, sampai prosesor dan layar yang menggunakan teknologi hemat energi. Media penyimpanannya pun lapang dengan SSD ganda yang membuat segala proses mengakses dan memuat aplikasi lebih cepat.

Audio yang disajikan ExpertBook B9450 ini juga jagoan, terutama kemampuan untuk menghilangkan kebisingan saat video conference. Keandalan audio juga didukung desain ErgoLift yang tentu saja membuat pengetikan pun lebih nyaman dengan kemiringan keyboard yang tepat.

Kekurangan

Harga laptop ini cukup mahal jika dibandingkan dengan nilai hasil uji benchmark yang diperolehnya. Layar pada laptop ini pun belum dibekali dengan layar sentuh. Pengguna hanya bisa mengandalkan satu prosesor grafis, tetapi mungkin karena ExpertBook B9 lebih mengutamakan untuk bisnis dan hemat daya.

Beberapa tombol terkadang tidak bisa berfungsi, sehingga harus melakukan restart. Koneksi WiFi pun terkadang tiba-tiba mati saat tak digunakan, sehingga harus memutuskan dan menyambung ulang.

Tombol daya menyatu dengan susunan tombol pada keyboard dan belum terintegrasi dengan sensor sidik jari. ExpertBook B9450 juta tidak dilengkapi dengan slot card reader ataupun smart card reader.

Bagi yang ingin membeli laptop ini bisa melalui beberapa e-commerce berikut ini:

Spesifikasi ASUS ExpertBook B9450

Sistem Operasi
Windows 10 Pro
Prosesor
Intel® Core™ i7-10510U CPU @1,8GHz with Turbo Boost (up to 4.9GHz) and 8MB cache
Form Factor
Laptop
Memori
LPDDR3 2133MHz 16 GB Onboard memory
Memori Internal
SSD 2X 1 TB Dual M.2 NVMe PCIe® 3.0 x4
Layanan awan
OneDrive
Layar
14” LED-backlit, IPS Full HD (1920 x 1080), 16:9 aspect, anti-glare screen, 300nits brightness display
4mm-thin bezel with 94% screen-to-body ratio
Wide 100% sRGB color gamut (NTSC: 72%)
IPS-level wide-view technology
Grafis
Integrated Intel® UHD Graphics 620
Port
2 x Thunderbolt™ 3 USB-C™ (up to 40Gbps, DisplayPort and power delivery support)
1 x USB 3.1 Gen 2 Type-A
1 x HDMI
1 x RJ45 LAN via micro HDMI port
1 x Kensington® lock slot
1 x Audio combo jack
Audio
Array microphone with Cortana and Alexa voice-recognition support
Quad 360° far-field microphones (support noise cancellation)
2 integrated stereo speakers
Certified by Harman Kardon
Webcam
720p HD camera with microphone; IR camera
Keyboard
Full-size, backlit, spill-resistant, with 1.5mm key travel
Fingerprint sensor with Windows Hello support
Touchpad
127 x 65mm
Glass-covered with integrated NumberPad; intelligent palm-rejection
Precision Touchpad (PTP) technology supports up to four-finger smart gestures
Nirkabel
Wi-Fi 6 (802.11ax)
Bluetooth 5.0
LAN chip onboard with fixed Mac address
Jenis Catu Daya
5W AC adapter with fast charging support
65W AC adapter
Plug Type: USB Type-C
Output: 20V DC, 3.25A, 65W
(Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal)
Jenis Baterai
4 -Cell 66Wh lithium-polymer long life rechargeable battery
Dimensi
320  x 203 x 14,9 mm (WxDxH)
Bobot
995 gram dengan baterai 66W
Warna
Star Black
Apliksi
MyAsus
Garansi
3 tahun di tempat
Share:

Artikel Terkini

Follow by Email