TEDˣSampoerna University “Perseverance”: Bahas Pentingnya Kesejahteraan Mental TEDˣSampoerna University “Perseverance”: Bahas Pentingnya Kesejahteraan Mental ~ Teknogav.com

TEDˣSampoerna University “Perseverance”: Bahas Pentingnya Kesejahteraan Mental

̽̽̽Teknogav.com - Sampoerna University menggunakan lisensi virtual inisiator konferensi global TEDx, untuk menyelenggarakan serangkaian webinar inspiratif TEDxSampoerna University “Perseverance”. Ajang ini akan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 20 dan 21 Maret 2021. Tema yang dibahas adalah kesejahteraan mental dan solusi bagi tantangan sosial generasi muda di era digital ini. Pembahasan yang mencakup 10 topik webinar akan dilakukan oleh para aktivis, edukator dan mentor.

Penggunaan teknologi digital makin meningkat sebagai dampak pandemi, demikian juga pada penggunaan media sosial di Indonesia. Laporan DataReportal.com 2021 menunjukkan bahwa selama periode Januari 2020 ke Januari 2021 terjadi peningkatan 10 juta pengguna atau setara 6,3%. Pada Januari 2021 jumlah pengguna media sosial aktif  di Indonesia mencapai 170 pengguna atau setara 61,8 total populasi.

Baca juga: Halodoc Berkolaborasi dengan IPK Indonesia untuk Tawarkan Konsultasi Kejiwaan

Sumber: Datareportal.com

Sayangnya berdasarkan laporan Digital Civility Index (Indeks Keberadaban Digital) yang dirilis Microsoft, Indonesia menempati peringkat ke-29 secara global. Tingginya angka diskriminasi dan pernudungan di media sosial yang tinggi menunjukkan adanya tantangan sosial yang bedampak pada kesehatan mental. Selain itu juga terdapat risiko munculnya krisis identitas.

Baca juga: Agate Luncurkan Konten Course Terapi Kesehatan Mental Mandiri

Dalam rangka mencetak para pemimpin abad 21, kesehatan mental yang fokus pada perkembangan sosial dan emosional siswa merupakan hal penting. Pentingnya perkembangan sosial dan emosional siswa sama dengan perkembangan kognitif. Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Sampoerna University menyusun strategi belajar efektif dan melatih pengajar adar dapat mendukung dan memotivasi siswa.

Dr. Marshall Schott, President of Sampoerna University

“Institusi pendidikan penting untuk membuka ruang pembahasan mengenai tantangan sosial generasi muda saat ini. Tantangan sosial tersebut berupa rintangan dalam menggapai impian di masa depan dan menemukan solusi bagi kesejahteraan mental generasi muda. Ini alasan utama kami mendukung inisiatif Badan Eksekutif Mahasiswa untuk melanjutkan diskusi kreatif berkolaborasi dengan TEDx,” ucap Dr. Marshall Schott, President of Sampoerna University.

Para Pembicara TEDxSampoerna University “Perseverance”

Aidil Pananrang, Co-Founder @DARISKRG (Dari Sekarang) mengungkapkan bahwa tantangan generasi muda tak hanya isolasi sosial, tetapi juga di media sosial. Tantangan yang dihadapi bisa mempengaruhi kesehatan mental dan menimbulkan krisis identitas di kalangan generasi muda. Padahal masa muda merupakan masa penting dalam pencarian identitas. Institusi pendidikan dan komunitas generasi muda penting untuk bekerja sama dalam ruang diskusi dan mencari solusi bersama masalah ini.

Baca juga: ChatAja Sediakan Konseling Psikologi Gratis dan Stiker Edisi Covid-19

Hal serupa mengenai pentingnya ketahanan mental dalam menghadapi tantangan sosial juga disampaikan Caecillia Maria Natasha. Natasha merupakan seorang penyintas penyakit Thalassemia dan guru sekolah internasional. Topik yang akan dibawakan Natasha sebagai pembicara adalah Beyond the Title that Others Have Given to You: Who are You?

Caecillia Maria Natasha. Natasha, penyintas Thalessmia dan guru sekolah internasional

”Sebagai pejuang Thalassemia, Perseverance atau ketangguhan mental menjadi kunci yang terus saya bawa hingga hari ini. Tantangan sosial apa pun yang saya lalui bahkan bullying tidak membuat goyah dan berhenti mengejar mimpi yang ingin dicapai. Semoga di sesi saya nanti generasi muda bisa terinspirasi dan termotivasi, bahkan ikut berbagi kisah. Harapannya mereka pun dapat menemukan kembali jati dirinya,” ucap Natasha.

Penyelenggaraan Diskusi Kreatif TEDxSampoernaUniversity “Perseverance” 

Diskusi Kreatif TEDxSampoernaUniversity “Perseverance” dapat diikuti oleh umum. Bagi yang ingin bisa ikut serta dalam 10 sesi webinar inspiratif, maka bisa mendaftar dan membeli tiket. Harga tiket berada dalam kisaran Rp75 ribu sampai Rp110 ribu. Informasi mengenai acara ini dapat diliat di www.tedxsampoernauniversity.com atau melalui media sosial Instagram @tedxsampoernauniversity.

“Tema "Perseverance" memiliki arti kegigihan, sesuai dengan dibutuhkannya kegigihan selama pandemi. Kegigihan dibutuhkan pada masa sulit ini dan menjadi karakter integral manusia sebagai salah satu cara mencapai kesuksesan. Kami harap melalui diskusi kreatif ini, kami dapat memotivasi seluruh peserta khususnya sesama mahasiswa dan generasi muda. Motivasi ini dilakukan agar siap menghadapi berbagai tantangan sosial sosial di era digital. Mereka pun bisa menemukan kembali jati dirinya,” ucap Yoga Herdi Adinugraha, Project Leader TEDxSampoerna University.

Share:

Artikel Terkini