Tunjukkan Kepedulian pada Wanita, Jenius Gelar Program Month of Women Tunjukkan Kepedulian pada Wanita, Jenius Gelar Program Month of Women ~ Teknogav.com

Tunjukkan Kepedulian pada Wanita, Jenius Gelar Program Month of Women



Teknogav.com – Semangat peringatan hari Kartini masih bergaung di bulan April ini. Jenius yang merupakan solusi keuangan bagi masyarakat yang melek digital dari BTPN pun menggelar program Month of Women. Berbagai kisah-kisah inspiratif dihadirkan pada program ini untuk menyebarkan semangat membangun sistem saling mendukung  bagi lebih banyak perempuan Indonesia.

Tujuan program Month of Women adalah mengajak perempuan Indonesia mewujudkan impian dan tujuan hidup, karir, bisnis dan keuangan mereka. Program ini juga merupakan bentuk apresiasi Jenius pada peran penting perempuan Indonesia dalam mengelola banyak hal, termasuk hal-hal terkait keuangan.

Baca juga: Jenius Tawarkan Fleksibilitas Kelola Keuangan dalam Program #LakukanDenganCaramu

Studi Jenius

Jenius juga menyelenggarakan penelitian menggunakan jajak pendapat yang diikuti 4.354 responden. Hasil studi menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut:

  • 93% responden mengakui bahwa penting untuk memiliki penghasilan sendiri bagi perempuan.
  • 94% responden sepakat bahwa perempuan bisa tetap meneruskan karir dan mewujudkan impiannya setelah meningkah
  • Berikut ini adalah lima tujuan utama yang ingin dicapai:
    • Memiliki aset properti (30%)
    • Financial freedom (26%)
    • Menyiapkan dana pension (18%)
    • Investasi (17%)
    • Tujuan pribadi lain, seperti memulai bisnis dan melanjutkan pendidikan (9%)
  • Sebanyak 60% yang sudah menikah setuju pengelolaan keuangan keluarga oleh perempuan. Sedangkan pengelolaan masing-masing hanya 4%.
Hasil Studi Jenius

Selain itu, Jenius juga melakukan studi lebih lanjut dengan 278 responden perempauan berusia 26-40 tahun. Hasil studi tersebut dituangkan dalam laporan bertajuk Adaptasi Masyarakat Digital Savvy Selama Pandemi. Berikut ini adalah temuan-temuan berdasarkan hasil studi tersebut:

  • lima topik pencarian terbanyak selama pandemi adalah investasi (26%), COVID-19 (22%), perencanaan keuangan (12%), memasak (11%) dan bisnis (11%)
  • cara-cara perempuan melek digital beradaptasi dan tetap bahagia selama pandemi mencakup:
    • pencarian hiburan (18%)
    • bersyukur (16%)
    • berpikir positif (16%)
    • menekuni hobi (11%)
    • olahraga (9%)
  • tiga barang yang paling sering dibeli secara online selama pandemi mencakup:
    • tata rias dan perawatan kulit (50%)
    • produk fesyen (39%)
    • produk kesehatan (26%)
Hasil Survei Jenius

“Berdasarkan jajak pendapat dan Jenius Study yang telah kami lakukan, digital savvy perempuan memiliki keinginan yang kuat untuk mewujudkan cita-cita. Mereka tahu tujuan finansial yang ingin dicapai, berperan penting dalam mengelola keuangan keluarga, dan ingin terus mengembangkan diri setelah menikah. Selain itu, mereka juga memiliki caranya masing-masing untuk beradaptasi dan tetap bahagia di tengah pandemi. Berdasarkan hal tersebut, Jenius ingin menghadirkan berbagai inovasi yang memungkinkan untuk digunakan sesuai kebutuhan hidup mereka, atau #LakukanDenganCaramu,” ucap Anita Ekasari, Digital Banking Acquisition, Service & Marketing Head Bank BTPN.

Kisah-kisah Inspiratif

Dua orang teman Jenius yaitu Maureen Hitipeuw dan Tiara berbagi kisah inspiratif dalam menemukan cara-cara beradaptasi dengan situasi baru. Pengembangan diri pun dilakukan oleh mereka dalam membangun komunitas dan bisnisnya. Maureen Hitipeuw adalah pendiri komunitas Single Moms Indonesia (@singlemomsindonesia), sedangkan Tiara, merupakan pendiri bisnis produk perawatan Lenthick (@Lenthick).

Komunitas Single Moms Indonesia (SMI) dibentuk Maureen pada tahun 2014 dengan hanya beberapa orang anggota saja. Awalnya komunitas ini ditujukan sebagai wadah bagi ibu tunggal untuk berbagi cara, cerita dan saling mendukung. Sebelum pandemi, berbagai program digelar secara rutin di beberapa kota. Kegiatan dalam program mencakup pelatihan dasar untuk mengasah keterampilan ibu tunggal, sharring session dan talkshow.

Maureen Hitipeuw pendiri komunitas Single Moms Indonesia

Selama pandemi, komunitas SMI bisa menjangkau lebih banyak ibu tunggal karena seluruh program digelar secara online. Kini komunitas tersebut sudah memiliki 5.500 anggota yang tersebar di seluruh dunia. Program terkini yang diluncurkan komunitas tersebut adalah SMI Kuliner untuk membantu pendanaan usaha, mentoring dan pelatihan pengembangan usaha. Maureen mengungkapkan bahwa pengelolaan keuangan komunitas Single Moms sangat terbantu layanan Jenius.

“Seluruh komunikasi dan program yang dilaksanakan secara online, mengharuskan kami berlangganan beberapa platform digital untuk bisa tetap terhubung dengan anggota. Kartu Debit Jenius Visa sangat membantu kami dalam berlangganan platform digital tersebut dengan lebih simpel dan aman,” ucap Maureen. 

Baca juga: Kelola Cash Flow di Jenius Lebih Simpel dengan Fitur Moneytory

Beralih ke Tiara, bisnis Lenthick didirikannya pada tahun 2020 dengan mengusung slogan “self love better. Produk-produk yang ditawarkan Lenthick memang untuk memenuhi kebutuhan memanjakan diri. Beberapa produk tersebut mencakup garam mandi, minyak esensial, Lavandula Sleeep Spray dan lilin aroma terapi. Tujuan bisnis ini adalah mengajak masyarakat tampil lebih baik yang dimulai dengan mencintai diri sendiri.

Awalnya Tiara melakukan pengelolaan produksi sampai pemasaran sendiri, tetapi kini dia sudah mempekerjakan tiga orang karyawan. Pertumbuhan bisnis berkat kesuksesannya membangun sistem dukungan, salah satunya adalah berkolaborasi dengan Mad With Love (@madwithlove.co). Hasil kolaborasi tersebut adalah scented candle edisi khusus bertema self love.

Pengelolaan keuangan bisnis dilakukan Tiara menggunakan Jenius untuk Biisnis yang mencakup Akun bisnis Jenius dan Bisniskit. BisnisKit otomatis mencatat hasil penjualan, pemasukan pun langsung tercatat di rekening bisnis Jenius sehingga mudah mengelola pemasukan dan pengeluaran bisnis. Pelanggan pun bisa mendapat bukti transaksi berupa struk atau tanda terima dari Bisniskit.

Baca juga: Jenius Dampingi Kelola Usaha dengan Akun Bisnis dan BisnisKit

“Akun bisnis Jenius membantu saya dalam memisahkan keuangan pribadi dan bisnis dalam satu aplikasi. Proses pembukaan akunnya sangat mudah dan cepat. Sementara aplikasi Bisniskit membantu saya untuk mencatat inventori produk dan pembelian yang tidak melalui e-commerce, atau membeli langsung,” ucap Tiara.

Cara perempuan Indonesia mewujudkan impian, beradaptasi dan berdampak bagi sekitar dapat dilihat dari kisah Maureen dan Tiara tersebut. Berbagai kisah-kisah inspiratif lain dari para perempuan inspiratif bisa diikuti dalam serangkaian acara Month of Women melalui Jenius Women Talks. Para tokoh perempuan tersebut akan berbagi cara dalam mewujudkan impian dan beradaptasi selama pandemi. Tiga topik yang disajikan oleh Jenius Women Talks adalah sebagi berikut:

  • Cara Mendapatkan Ide Bisnis dengan pembicara Najla Bisyir (Founder Bittersweet by Najla) dan Felysya Fabian (Co-Founder Alegre’s Kitchen)
  • Menemukan Potensi Diri di Dunia Kerja Digital, dengan narasumber Jenius’s women leaders
  • Pentingnya Rencana Keuangan untuk Perempuan dengan pembicara Ghita Argasasmita (Director Integrita Financial Planning) dan Kadek Arini (Travel Blogger)

Bagi yang ingin ikut serta mengikuti webinar tersebut, dapat mengunjungi tautan ini.

“Semoga melalui program Month of Women ini, Jenius dapat membantu perempuan Indonesia lainnya untuk menemukan cara mereka dengan saling menginspirasi dan mendukung,” ucap Anita.

Share:

Artikel Terkini