Beli Asuransi Jiwa Syariah dari Prudential Lebih Praktis via OVO Beli Asuransi Jiwa Syariah dari Prudential Lebih Praktis via OVO ~ Teknogav.com

Beli Asuransi Jiwa Syariah dari Prudential Lebih Praktis via OVO

Teknogav.com – OVO dan PT. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) berkolaborasi untuk menghadirkan solusi membeli asuransi jiwa yang praktis melalui aplikasi OVO. Produk terkini hasil kolaborasi tersebut adalah PRUTect Care – Hospital Cash, yang merupakan produk asuransi jiwa syariah berbasis digital. Istimewanya, asuransi jiwa ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp5.000 saja.

PRUTect Care – Hospital Cash dari Prudential Indonesia ini dapat diakses langsung dari aplikasi OVO. Penyediaan asuransi ini dilakukan melalui pialang asuransi digital berlisensi penuh, PT. Salvus Inti. Tujuan diluncurkannya produk tersebut adalah untuk meningkatkan penetrasi keuangan digital dan asuransi di Indonesia di tengah pesatnya perkembangan ekonomi Syariah, Berdasarkan laporan The State of Global Islamic Economy (SGIE) tahun 2020/2021, Indonesia berada di peringkat 4 perekonomian syariah dunia.

Baca juga: Telkomsel dan OVO Menangkan Data Impact Awards yang Digelar Cloudera

Fitur-fitur PRUTectCare – Hospital Cash

Berbagai manfaat yang lengkap ditawarkan PRUTectCare – Hospital Cash bagi para nasabahnya. Asuransi ini menawarkan perlindungan manfaat dasar meninggal dunia dan manfaat pilihan lain. Manfaat pilihan lain tersebut mencakup sebagai berikut:
  • santunan harian rawat inap (non ICU-Intensive Care Unit)
  • santunan harian rawat inap (ICU)
  • santunan cacat total tetap akibat kecelakaan
  • santunan meninggal dunia akibat penyakit menular
  • total santunan meninggal dunia akibat kecelakaan hingga Rp63 juta untuk paket Platinum.

Ketika seseorang sakit dan harus diopname, tak hanya biaya rumah sakit yang perlu dipikirkan, biaya sehari-hari pun tetap ada. Nah, manfaat PRUTect Care dapat digunakan sebagai penggagnti pendapatan jika orang yang sakit merupakan tulang punggung keluarga. Prinsip-prinsip Syariah yang diterapkan asuransi ini pun menarik bagi mereka yang mengutamakan unsur dan nilai syariah dalam kehidupan.

Fitur-fitur PRUTect Care - Hospital Cash Plan

Masa kepesertaan PRUTect Care – Hospital Cash terdiri dari dua pilihan, yaitu bulanan dan tahunan. Kontribusi yang ditawarkan pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp5.000 per bulan. Pembelian PRUTect Care – Hospital Cash ini dapat dilakukan langsung dari aplikasi OVO dengan pembayaran menggunakan OVO Cash. Proses klaim asuransi PRUTectCare – Hospital Cash ini pun begitu mudah, yaitu menggunakan Pulse by Prudential. Aplikasi ini merupakan aplikasi kesehatan dan kebugaran dari Prudential Indonesia yang didukung kecerdasan buatan atau AI.

Baca juga: Pulse by Prudential, Kelola Kesehatan Menyeluruh Berbasis AI

Proses klaim PRUTect Care - Hospital Cash

Hasil Riset Mengenai Asuransi Syariah

Pentingnnya kehadiran produk asuransi berbasis syariah seperti PRUTectCare – Hospital Cash ini dipertegas oleh hasil survei OVO. Survei tersebut dilakukan terhadap 687 responden pengguna OVO untuk mengetahui persepsi mengenai asuransi kesehatan dan jiwa, khususnya yang berbasis syariah. Hasil survei menunjukkan bahwa rendahnya minat masyarakat pada asuransi karena persepsi proses klaim yang sulit dan lama. Para responden juga merasa bahwa asuransi belum perlu diprioritaskan sebagai pengeluaran rumah tangga.

Hasil Survei OVO

Temuan tersebut sesuai dengan data tingkat penetrasi asuransi yang rendah di Indonesia. Tingkat penetrasi tersebut masih belum mencapai 5% sesuai target para pelaku industri. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai tahun 2020 menunjukkan penetrasi industri asuransi Indonesia masih kurang dari 4%. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan penetrasi negara-negara ASEAN lain, contohnya adalah Singapura yang mencapai 6%-7%.

Kendati demikian, hasil survei OVO menunjukkan bahwa 3 dari 10 responden tertarik mempunyai asuransi berbasis syariah dalam waktu dekat.  Sekitar 50% dari jumlah tersebut spesifik ingin memiliki asuransi jiwa syariah, alasannya adalah untuk mengamankan tabungan dari pengeluaran tak terduga.

Hasil Survei OVO

Kemitraan OVO dan Prudential Indonesia

Strategi ekosistem terbuka yang sudah dibangun OVO digunakan untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki visi sama. Visi OVO sendiri adalah untuk memberikan layanan yang memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia yang berkembang. Kemitraan strategis OVO dan Prudential Indonesia sudah dilakukan sejak tahun 2019. Pada awal 2020, Prudential Indonesia memberikan produk asuransi jiwa kecelakaan dan COVID-19 bebas premi bagi pengguna OVO. Produk tersebut merupakan bagian dari komitmen untuk meringankan beban masyarakat yang membutuhkan perlindungan tambahan dari COVID-19 selama pandemi.

Jason Thompson, CEO OVO

“Peluncuran produk PruTect Care – Hospital Cash oleh OVO dan Prudential Indonesia sangat tepat waktunya  terutama karena pandemi COVID-19. Produk ini mampu memberikan perlindungan kepada diri sendiri dan keluarga terhadap virus. Perlindungan juga terhadap faktor-faktor tidak terduga yang menyebabkan rawat inap, cacat tetap atau kematian,” ucap Jason Thompson, CEO OVO.

Jason juga mengatakan bahwa OVO mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan penetrasi keuangan digital di Indonesia, termasuk di bidang asuransi.. Dia berharap asuransi ini dapat memenuhi kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan bagi masyarakat. Inovasi ini juga dihadirkan untuk menekankan komitmen OVO yang sejak awal mendukung pemerintah mempercepat masyarakat non-tunai.

Inovasi Prudential Indonesia Bersama OVO

Pandemi COVID-19 justru membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya asuransi jiwa. Pembatasan interaksi fisik yang diterapkan pun membuat peralihan berbagai kegiatan ke ranah digital. Tak hanya bekerja dan belajar saja yang dilakukan secara digital, tetapi juga dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan lain.

Perubahan perilaku ini menjadikan kemudahan akses ke produk dan layanan digital menjadi hal yang penting. Prudential Indonesia pun berusaha memudahkan akses pengajuan asuransi secara digital bagi masyarakat. Prudential Indonesia merasa penting untuk memprioritaskan fleksiblitas, premi atau kontribusi yang terjangkau sesuai kebutuhan nasabah.

Baca juga: Tips Cek Status Kepesertaan BPJS Kesehatan dan Registrasi Ulang

Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia

“Kemitraan dengan OVO merupakan langkah strategis kami untuk menjadikan layanan kesehatan dan keuangan terjangkau dan dapat diakses semua orang Indonesia. Besarnya basis pengguna dan luasnya jangkauan OVO diharapkan dapat mendukung kami untuk melindungi makin banyak masyarakat Indonesia. Produk ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan perlindungna masyarakat yang terus berubah dan membantu mendapat yang terbaik dalam kehidupan.,” ucap Jens Reisch, President Director Prudential Indonesia

Aspirasi Prudential Indonesia adalah menghadirkan produk yang terjangkau, mudah diakses dan relevan bagi masyarakat Indonesia. Produk PRUTect Care - Hospital Cash di aplikasi OVO selaras dengan aspirasi tersebut. Kolaborasi Prudential Indonesia dan OVO pun sesuai dengan komitmen Prudential Indonesia untuk menyajikan solusi proteksi jiwa dan bernilai tambah bagi masyarkat Indonesia.

Baca juga: Beli AVA iFamily Protection di PermataMobile X, Premi Kembali 100%

Pengalaman Nasabah Pengguna Asuransi Prudential Indonesia

Salah seorang selebriti yang juga merupakan nasabah Prudential Indonesia, yaitu Ananda Omesh pun mengungkapkan pengalamannya saat berhasil pulih dari COVID-19. Menurutnya ancaman kesehatan makin nyata di masa pandemi, risiko ketidakpastian pun makin tinggi, apalagi yang merupakan pekerja lepas. Omesh mengatakan bahwa perlindungan asuransi sudah menjadi kebutuhan utama dirinya.

Ananda Omesh

“Di tengah berbagai pilihan produk asuransi, PRUTect Care – Hospital Cash yang berbasis Syariah dan digital menjadi alternatif yang menarik. Ini karena produk tersebut accessible anytime anywhere di genggaman tangan. Selain itu produk ini pun sesuai dengan nilai-nilai Syariah. Manfaat lengkap dan harganya yang terjangkau membuat produk ini juga cocok untuk keluarga saya. Produk ini saya gunakan untuk memastikan mereka pun terproteksi dengan baik,” ucap Omesh.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email