Tips Kembangkan Keterampilan Memasak dengan 5 Peralatan Ini Tips Kembangkan Keterampilan Memasak dengan 5 Peralatan Ini ~ Teknogav.com

Tips Kembangkan Keterampilan Memasak dengan 5 Peralatan Ini

Image by Werner Heiber from Pixabay

Teknogav.comAmerican Harvest Ventures, suatu jaringan koki dan pemilik restoran di Amerika mengatakan bahwa masak merupakan keterampilan terpenting dalam hidup. Selain untuk memenuhi kebutuhan pangan, serangkaian kegiatan dalam proses memasak dapat menstimulasi kreativitas seseorang. Kegiatan ini mulai dari peracikan bumbu, pemilihan bahan makanan, menciptakan cita rasa, memilih topping, sampai menghias makanan atau garnishing.

Serangkaian kegiatan dalam proses memasak sampai penyajian yang menarik tentunya melibatkan proses berpikir dan kreativitas. Kegiatan memasak pun semakin populer saat pandemi karena menjadi cara terapi untuk mengurangi stres. Keahlian memasak bahkan bisa dimanfaatkan untuk berbisnis masakan rumahan selama diberlakukan pembatasan kegiatan. Hobi memasak ini pun bisa disalurkan menjadi konten di berbagai kanal seperti Instagram, Likee, TikTok dan YouTube. Berbagai peluang usaha banyak terbuka dari hobi memasak di rumah dengan memanfaatkan platform online dan teknologi.

Baca juga: Diskon dan Cashback Meriahkan Kampanye ShopeePay Big Ramadan Deals

Tips Memilih Peralatan Pendukung Hobi Masak

Nah, bagi yang ingin mengasah karir memasak dan mendapat peluang dari hobi memasak, tentunya harus memiliki alat memasak dong. Sebaiknya memilih alat memasak yang berkualitas baik dan mendukung berbagai jenis masakan. Pentingnya kualitas adalah demi menjamin makanan juga tetap sehat tidak terkontaminasi dari bahan yang digunakan oleh alat memasak. Impian menjadi koki andal pun bisa terwujud dengan mempersiapkan lima alat masak berikut ini.

1.    Wajan atau Penggorengan

Setiap rumah biasanya memiliki wajan atau penggorengan sebagai alat masak wajib. Kata wajan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya besi atau baja yang kuar dan kokoh. Bahan tersebut memungkinkan untuk proses memasak dengan tingkat panas yang tinggi. Istilah lain dari wajan ini adalah bajan, pan dan penggorengan.

Jenis-jenis wajan ini ada banyak, tergantung kebutuhan memasak. Fry pan memiliki permukaan yang lebih datar, sedangkan wok pan berbentuk cekung. Lapisan wajan pun bermacam-macam, ada granit, keramik, sampai stainless steel. Sebaiknya sih membeli wajan yang benar-benar dari keramik dan bukan lapisan ya, agar lebih sehat. Wajan yang berkualitas bisa bertahan lebih lama sampai tahunan, dan lebih sehat karena tak ada lapisan yang mengelupas mencemari makanan.

2.    Panci

Proses memasak makanan berkuah seperti rebusan atau saus membutuhkan panci sebagai alat masak. Sebaiknya pilih panci yang kualitasnya bagus. Biasanya koki menggunakan panci untuk memasak dengan kisaran suhu 2400°-3000°F (1315°-1648° C). Pemula juga sebaiknya memiliki satu panci dengan kualitas yang baik dengan mempertimbangkan fungsi dan ketahanan. Beberapa jenis panci yang menjadi favorit banyak orang adalah panci stainless dan kaca yang bisa diperoleh dengan harga terjangkau. Demi menjaga ketahanan panci secara jangka panjang, jangan lupa juga merawat panci tersebut agar tak lekas rusak.

Baca juga: Masak Gampang dengan Tiarapot, Smart Multicooker Portabel dari Polytron

3.    Spatula

Salah satu cara merawat panci dan wajan adalah menggunakan spatula saat memasak, sehingga tak melukai lapisannya. Spatula berbahan dasar silikon atau nilon banyak sering direkomendasikan banyak chef. Ini karena bahan tersebut lebih lembut sehingga tak melukai lapisan wajan atau panci sampai mengelupas dan mengkontaminasi makanan. Panjang gagang spatula biasanya juga sudah disesuaikan pada jarak aman dari panas api dan kompor, tak seperti sendok makan. Jika wajan atau panci menggunakan bahan murni dan bukan lapisan, maka bisa juga menggunakan spatula dengan bahan stainless steel dan kayu. Pemilihan spatula ini harus disesuaikan dengan jenis wajan atau pan yang dimiliki.

4.    Pisau

Pisau berkualitas tinggi pun merupakan pelengkap dalam proses memasak. Sebaiknya memiliki satu set pisau khusus untuk setiap bahan masakan. Hal ini agar proses memasak lebih lancar dari ketimbang hanya memakai satu pisau untuk semua bahan makanan. Setiap pisau memiliki fungsi masing-masing, untuk mengupas, merajang, memotong, mengiris, mencacah, mengukir dan lain-lain. Jenis pisau yang digunakan pun perlu disesuaikan dengan bahan makanan yang akan diproses. Tentu perlu pisau berbeda saat ingin mengiris halus bawang dan memotong-motong daging.

Mata pisau yang tajam dimiliki oleh pisau berbahan dasar stainless steel. Koleksi pisau ini bisa ditemui di Ace Hardware, Informa dan Modena Home Center, juga platform e-commerce seperti Shopee.

5.    Talenan

Salah satu alat masak yang kerap dianggap remeh adalah talenan, padahal perangkat ini melengkapi fungsi pisau saat memotong bahan makanan. Proses mencacah, mengiris atau merajang bahan makanan bisa lebih cepat dengan beralaskan talenan yang rata. Bahan dasar talenan ini tersedia dalam pilihan kayu dan plastik. Fungsi masing-masing berbeda tergantung dari bahan makanan yang akan diproses, apakah itu daging atau sayuran. Talenan juga perlu dirawat lho agar tak mudah rusak, jadi pastikan melakukan langkah-langkah yang tepat saat membersihkan dan menyimpannya.

Ketika memilih peralatan memasak, jangan hanya mempertimbangkan harga saja, tetapi juga kualitas bahan, ketahanan dan fungsi alat masak tersebut. Perlu diingat bahwa alat masak dipakai sehari-hari, sehingga jangan terlalu membatasi anggaran, sehingga bisa memenuhi ketiga kriteria tersebut. 

Baca juga: Meriahkan Momen Gajian Saat Ramadan, ShopeePay Mantul Sale Tawarkan Promo Rp1

Berbagai alat masak bisa dibeli secara offline dan online. Beberapa toko offline yang bisa dikunjungi adalah Ace Hardware, Informa dan Modena Home Center. Tetapi bila masih membatasi kegiatan keluar rumah, bisa juga membeli secara online di aplikasi Shopee. Jika ingin berhemat, tentunya bisa menggunakan metode pembayaran ShopeePay untuk berbelanja di toko-toko tersebut yang terkadang menawarkan berbagai promo menarik.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email