PermataBank Dukung Digitalisasi Pasar dan UMKM dengan PermataQR PermataBank Dukung Digitalisasi Pasar dan UMKM dengan PermataQR ~ Teknogav.com

PermataBank Dukung Digitalisasi Pasar dan UMKM dengan PermataQR


Teknogav.com – PermataBank mendukung Bank Indonesia (BI) dalam mewujudkan target 12 juta merchant pengguna QRIS di tahun 2021. Dukungan tersebut dilakukan PernataBank dengan menyediakan solusi metode pembayaran PermataQR untuk pasar tradisional dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Penetrasi dan akusisi pasar tradisional dan UMKM tersebut dilakukan PermataBank bekerja sama dengan Bank Indonesia dan PD Pasar Jaya.

Kesadaran masyarakat mengenai pentingnya teknologi digital perbankan terlihat pada peningkatan penggunaan transaksi cashless. Pada Oktober 2020, PermataBank meluncurkan PermataQR sebagai salah satu alternatif metode pembayaran transaksi digital. Sejak diluncurkan sudah lebih dari 150 ribu merchant yayng menggunakan PermataQR. Banyaknya merchant yang memakai solusi ini karena kemudahan pengajuan aplikasi merchant yang bisa dilakukan secara digital. 

Baca juga: Pembayaran Digital dengan QR Code Kini Bisa Lintas Platform

Transaksi dengan metode QR juga memberikan berbagai manfaat bagi merchant, yaitu:

  • Meningkatkan penjualan
  • Menurunkan biaya pengelolaan uang tunai atau receh karena tidak membutuhkan uang kembalian
  • Pencatatan transaksi otomatis
  • Pencegahan menerima pembayaran dengan uang palsu
  • Menurunkan risiko hilangnya uang tunai atau pencurian

Dukungan PermataBank kepada Bank Indonesia

BI menyelenggarakan Festival Ekonomi Keuangan Digital Imdomesia (FEKDI) 2021 yang didukung juga oleh PermataBank. PermataQR merupakan solusi yang mendukung BI mewujudkan target 12 juta merchant QR di tahun 2021. Kebutuhan merchant dapat dipenuhi media QR yang dimiliki PermataQR, yaitu aplikasi PermataQR, stiker, EDC dan API. Solusi tersebut merupakan wujud komitmen PermataBank dalam mendukung inklusifitas transaksi cashless

ki-ka: Eric Sutanto Tang (Head of Consumer Landing Sales and Nasional Sales Exhibition PermataBank), Vivi Budijanto (Head Merchant Business PermataBank), Irma Sismilia (Manager Area Pasar Tomang Barat), Onny Widjanarko (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jakarta), Indra Gunawan (Head Digital Channel PermataBank), dan Ria Swandito (Asisten Direktur Kantor Perwakilan BI Jakarta) di Pasar Tomang Barat

Dukungan mewujudkan target BI tersebut dilakukan PermataBank dan PD Pasar Jaya dengan menggelar akuisisi pasar tradisional modern. Kegiatan ini dilakukan pada hari Minggu, 11 April 2021 di Pasar Tomang Barat (Kopro), Tanjung Duren, Jakarta Barat. Di dalam kegiatan tersebut dilakukan sosialisasi QR Indonesian Standard (QRIS) di kios-kios pasar yang sudah menerapkan QRIS. Para merchant terutama dalam skala UMKM pun lebih mudah bertransaksi menggunakan Permata QRsebagai salah satu platform transaksi digital mereka.

Baca juga: Penerapan QRIS Percepat Inklusi Transaksi Non Tunai dengan DANA

Sebelumnya sosialisasi mengenai QRIS dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dilakukan pada talkshow yang digelar oleh PermataBank, BI dan pelaku UMKM. Tema yang diangkat pada talkshow tersebut adalah “Bicara QRIS dan GPN serta Optimisme Pelaku UMKM di Kawasan Wisata DKI Jakarta”. Pembicara yang hadir dalam talkshow pada 9 April 2021 tersebut adalah sebagai berikut:

  • Indra Gunawan, Head of Digital Channel PermataBank
  • Onny Widjanarko, Kepala Perwakilan KPw Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta
  • Fregiansyah, pengusaha UMKM
  • Nala Jati, pengusaha UMKM

Mereka membahas mengenai penggunaan dan manfaat QRIS bagi pelaku UMKM di Indonesia, terutama di masa pandemi.

“PermataBank fokus menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional melalui PermataQR. Kami berharap bisa menjadi mitra terdepan bagi BI  untuk mencapai target 12 juta merchant QRIS. Tujuannya adalah untuk menciptakan inklusi keuangan digital di masyarakat,” ucap Indra Gunawan.

Baca juga: Jenius QR Dukung Pembayaran di Merchant Offline secara Contactless

Promo PermataQR

PermataBank juga menggelar promo cashback 30% bagi pengguna PermataMobile X untuk setiap transaksi di merchant PermataQR. Selain itu selama periode Februari-Juli 2021 juga tersedia program undian berhadiah bagi merchant.  Hadiah mencakup 1 unit mobil Toyota Calya, 2 unit motor Honda dan 120 tabungan senilai total Rp300 juta. Informasi lebih lanjut mengenai Permata QR ini dapat dilihat pada situs resmi PermataBank.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email