BelajarAWS.com Tawarkan Solusi Belajar AWS dengan Pilihan Format yang Fleksibel BelajarAWS.com Tawarkan Solusi Belajar AWS dengan Pilihan Format yang Fleksibel ~ Teknogav.com

BelajarAWS.com Tawarkan Solusi Belajar AWS dengan Pilihan Format yang Fleksibel


Teknogav.com - AWS mendukung hadirnya berbagai inovasi dengan teknologi yang ditawarkan oleh layanan cloud AWS. Berbagai inovasi dan keberhasilan para pelanggan memanfaatkan solusi AWS dipaparkan dalam acara AWS Summit Online ASEAN 2021. Pada salah satu sesi, Rio Astamal, pendiri BelajarAWS berbagi wawasan mengenai komunitas developer AWS di Indonsia. Selain itu Rio juga memaparkan mengenai BelajarAWS, solusi untuk belajar AWS dengan fleksibilitas pilihan format dan topik.

Konsep awal BelajarAWS yang dibangun pada 2016 berbeda dengan yang akan diluncurkan kembali tahun 2021 ini. Awalnya BelajarAWS hanya untuk menerima konsultasi dan pengerjaan proyek yang menggunakan infrastruktur AWS. Kemudian pada tahun 2021 ini, BelajarAWS pun bermetamorfosa menjadi platform pembelajaran infrastruktur AWS dengan konsep kursus online. Lika liku Rio pun cukup panjang sejak awal menggunakan AWS di tahun 2013. 

Baca juga: AWS Summit Online ASEAN 2021 Paparkan Cara Cloud Kembangkan Inovasi

Rio Astamal, pendiri BelajarAWS

Pada tahun 2019, Rio bertemu dengan Donnie Prakoso, Developer Advocate, AWS. Sejak pertemuan tersebut, Rio pun aktif dan menjadi salah satu AWS group leader di Surabaya.  Kemudian Rio rutin mengadakan pertemuan dengan AWS di kota Pahlawan tersebut. Kiprah tersebut berlanjut dengan bergabung dalam AWS Community Builder yaitu program resmi yang diprakarsai AWS untuk saling berbagi. Rio pun terpilih mewakili Indonesia menjadi community builder.

AWS Community Builder

AWS memberi berbagai dukungan dalam AWS Community Builder, beberapa dukungan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Dalam mengembangkan suatu solusi atau inovasi, ada perwakilan dari AWS langsung yang akan membantu dan memberikan wawasan
  • Akses ke layanan beta yang sedang dibangun AWS atau anggota dapat menjadi beta tester
  • Mentorship dari pakar atau AWS Hero
  • Credit semacam voucher untuk menggunakan solusi AWS tanpa perlu membayar sebagai imbalan melakukan eksperimen. Penggunaan credit tersebut bisa untuk promo, demo atau giveaway ke peserta suatu pertemuan
  • Para anggota yang berasal dari berbagai negara pun bisa saling belajar dan memberikan masukan

Durasi keanggotaan Community Builders ini selama satu tahun dan bisa diperpanjang. 

BelajarAWS

Seperti telah disinggung sebelumnya, sejak tahun 2021, BelajarAWS menjadi media pembelajaran melalui jalur studi kasus. Konten pada platform BelajarAWS bersifat berbayar, jadi harus membeli terlebih dahulu untuk bisa mendapat akses ke buku atau video tertentu, Kendati demikian pembelian beli kursus bisa lebih irit, karena peserta cukup membayar per item, tanpa perlu berlangganan.

BelajarAWS menawarkan banyak pilihan yang fleksibel dalam pemilihan format dan judul pelatihan, sehingga bisa dipilih sesuai kemampuan dan kebutuhan. Format yang tersedia untuk belajar adalah melalui ebook, video on demand (vod) , workshop dan bootcamp. Topik yang tersedia pun beragam dan bisa memilih sesuai format belajar yang diinginkan. Satu judul pelatihan bisa tersedia dala empat format, tetapi ada juga dalam satu judul hanya ada satu format yang tersedia.

Fleksibilitas pilihan format dan fitur BelajarAWS.com

Fleksibilitas pemilihan format disediakan karena menyadari perbedaan kebutuhan dan minat setiap orang. Bagi peserta yang tidak suka membaca, maka bisa membeli paket VoD saja. Sebagian orang perlu belajar dengan pendampingan mentor, maka peserta bisa memilih workshop atau bootcamp agar bisa langsung bertanya dengan pengajar. Belajar AWS juga menyediakan diskusi kelompok privat untuk bisa saling bertanya jika saat belajar ada masalah. Peserta lain yang lebih mengerti pun bisa memberi bantuan ke anggota lain.

Pembelian satu judul di suatu format bersifat selamanya, sehingga kontennya dapat menyesuaikan dengan pesatnya perubahan teknologi yang cepat. Konten suatu tema yang sudah dibeli dapat diperbarui sesuai dengan perkembangan teknologi yang cepat. Pengguna layanan BelajarAWS juga bisa memanfaatkan skema afiliasi. Pada skema afiliasi ini, pengguna bisa memperoleh komisi jika mereferensikan layanan BelajarAWS.com ke rekan lain. Ketika rekan memasukkan kode afiliasi saat checkout, maka otomatis akan mendapat diskon. Pemberi referensi pun akan mendapat komisi atas pembelian tersebut.

Saat ini tidak tersedia sistem pembelian paket tertentu yang mencakup empat format sekaligus. Namun pada pembelian suatu format, misalnya e-book, tersedia hadian tiga kupon yang bisa digunakan untuk membeli format lain berjudul sama. Ketika pengguna memilih format workshop atau bootcamp, BelajarAWS menyediakan akun untuk mengakses AWS dan bereksperimen. Jadi pengguna tak harus memiliki akun AWS sendiri jika ingin mengikuti workshop atau bootcamp.

contoh pilihan judul di BelajarAWS.com

Harga setiap format kursus pun variatif, pada e-book, harga yang dibanderol mulai dari Rp290 ribu. Tentu harga yang dikenakan untuk format video sedikit lebih mahal. Sementara itu untuk kisaran harga workshop adalah Rp400-500 ribu, dan harga bootcamp di atas biaya untuk workshop. Metode pembayaran pada pembelian format masih sebatas transfer bank, tetapi akan dicek otomatis ketika mendapat transfer dalam jumlah tertentu. 

Baca juga: Traveloka Terus Berinovasi Mengandalkan Teknologi Cloud dari AWS

Alasan Mengapa Belajar Cloud Computing Penting

Cloud computing merupakan hal yang penting untuk mengatasi tantangan di masa depan. Di masa depan, developer tak perlu lagi dibebani untuk memikirkan hal-hal penting. Waktu mereka dapat dialihkan untuk memikirkan solusi bagi perusahaan dan masyarakat.

Pada sistem tradisional, dalam membangun perusahaan harus berinvestasi pada infrastruktur. Nah, ketika mengguunakan layanan cloud maka perusahaan rintisan tak perlu lagi berinvestasi pada infrastruktur. Gagasan bisa cepat dieksekusi dan dilepas ke pasaran, serta berbagai masalah pun bisa cepat dipecahkan. Nantinya developer dituntut untuk melakukan inovasi atau fokus ke proses bisnis ketimbang melakukan konfigurasi server dan lain-lain,

Developer bisa membuat aplikasi, namun ketika aplikasi diakses banyak orang, aplikasi bisa hang dan tak semua developer paham cara mengatasinya. Contohnya adalah ketika pemerintah menghadirkan layanan pemerintahan. Layanan tersebut sering ambruk ketika baru diumumkan karena kaget saat diakses jutaan pengguna. Lain halnya jika menggunakan cloud computing, ketika aplikasi diakses jutaan pengguna, semua konfigurasi bisa disesuaikan dengan mudah.

Pada layanan cloud, tim Teknologi Informasi (TI) tak perlu menghabiskan banyak waktu. Ini karena cloud computing menyediakan hal yang tak tersedia di data center tradisional atau on-premise. Hal-hal yang tak berkaitan dengan bisnis bisa langsung diserahkan ke vendor cloud computing. Kini ada profesi cloud engineer yang memahami cara menggunakan cloud untuk mempercepat pembuatan aplikasi.

Keuntungan dari layanan cloud adalah cukup membayar sesuai penggunaan. Ketika trafik ramai pada pukul 7 malam, maka tak perlu membayar kapasitas besar selama 24 jam. Pelanggan cukup meningkatkan kapasitas di kisaran jam 7-8 malam sehingga hanya perlu membayar penggunaan selama satu jam.

Ketika ingin melakukan eksperimen di cloud pun bisa lebih hemat. Ini karena pembayaran sewa server di AWS hanya sesuai pemakaian, misalnya 1-2 menit saja. Suatu organisasi pun bisa mudah melakukan eksperimen tanpa harus repot melakukan konfigurasi server dan lain-lain.  Jika pengguna meningkat pesat, cukup lakukan scale up untuk mengimbangi. Manfaat-manfaat yang diberikan cloud tersebut juga menjadi alasan pemilihan cloud oleh para perusahaan rintisan, ini karena kelincahan aplikasi yang dibuat.

Baca juga: Solusi Cloud Computing AWS Dukung Pelanggan Pecahkan Masalah Dunia

Hal-hal terkait skalabilitas tersebut sangat mudah dilakukan di cloud, sehingga pengembangan teknologi cloud sangat penting dipelajari. Belandaskan hal ini, maka Rio pun berinisiatif untuk mengubah BelajarAWS menjadi kursus online.

BelajarAWS menggunakan sekitar 10 layanan AWS yang mencakup AWS Lambda, database Dynamodb, Amazon S3, CDN menggunakan cloudfront dan lain-lain. Saat ini konsep baru BelajarAWS.com belum diluncurkan, tetapi bagi yang berminat bisa subscribe untuk mendapat notifikasi ketika layanan sudah aktif.


Share:

Artikel Terkini

Follow by Email